Cara Menghapus Downloadan di Telegram yang Benar

Cara Menghapus Downloadan di Telegram
Cara Menghapus Downloadan di Telegram

WIGATOS.com | Telegram banyak digunakan oleh penggunanya unduh mengunduh video-video maupun foto-foto yang memiliki ukuran file besar. Hal ini dapat menjadikan memori penyimpanan menjadi terlalu penuh. Oleh karena itu penting untuk pengguna Telegram mengetahui cara menghapus downloadan di Telegram.

Selain itu kamu juga bisa mengatur agar platform Telegram menghapus file unduhan secara otomatis saat batas waktu yang telah ditentukan tiba. Apabila kamu belum tahu langkah-langkahnya kamu dapat mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Read More

Cara Menghapus Downloadan di Telegram

Cara Menghapus Downloadan di Telegram
Cara Menghapus Downloadan di Telegram

Memori penuh bisa menjadi masalah pada perangkat yang kamu gunakan, seperti perangkat menjadi lebih lemot. Atau terjadi eror-eror seperti aplikasi yang tertutup sendiri karena memori yang penuh.

Jadi untuk mengatasinya kamu bisa menghapus downloadan atau dile-dile unduhan yang sudah tidak kamu gunakan lagi supaya memori perangkat yang kamu gunakan baik itu handphone maupun laptop menjadi tidak terlalu penuh lagi.

Dan salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk mengunduh file baik itu foto ataupun video yaitu Telegram kamu dapat menghapus semua file tang ada didalamnya jika kamu merasa jika unduhan tersebut sudah tidak kamu gunakan.

Untuk menghapus unduhan di aplikasi Telegram sendiri cukup mudah, kamu dapat melakukannya secara langsung melalui aplikasi ataupun menghapus file langsung di file manajer maupun di galeri jika kamu menggunakan perangkat handphone.

Jika kamu masih belum yakin mengenai langkah-langkah untuk menghapus semua file download di Telegram, maka kamu dapat mengikuti cara-cara yang dibahas berikut ini.

1. Cara Menghapus Downloadan di Telegram Secara Langsung di Aplikasi Telegram

Metode pertama untuk menghapus file yang sudah terunduh di aplikasi Telegram adalah dengan melakukannya secara langsung melalui aplikasi Telegram.

Dengan menggunakan langkah-langkah ini kamu tidak memerlukan aplikasi lain saat ingin membersihkan file hasil unduhan yang sudah tidak lagi digunakan.

Cara ini dapat kamu gunakan baik untuk pengguna perangkat handphone yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Berikut langkah-langkah untuk membersihkan hasil unduhan Telegram supaya memori tidak penuh di Android maupun iOS secara langsung pada aplikasi Telegram. Simak!.

  • Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Telegram yang sudah ada dihandphone kamu terlebih dahulu.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi Telegram, pastikan apabila kamu sudah login ke akun Telegram milikmu. Jika belum maka kamu bisa masuk menggunakan nomor telepon aktif.
  • Setelah itu, langkah berikutnya adalah dengan klik ikon garis tiga yang terletak disebelah kiri atas tampilan aplikasi Telegram.
  • Lalu ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, tekan opsi Settings (Pengaturan).
  • Kemudian pilih opsi Data and Storage (Data dan Penyimpanan). 
  • Jika sudah masuk ke opsi tersebut maka pilih opsi yang paling atas yaitu Storage usage (Pemakaian Penyimpanan).
  • Pada bagian Storage usage ini akan ditampilkan informasi mengenai penggunaan data pada beberapa media di ruang penyimpanan Telegram.
  • Selain itu kamu juga bisa membuat pengaturan terkait berapa lama kamu akan menyimpan file downloadan di memori internal. Jangka waktu yang dapat dipilih adalah 3 hari, 1 minggu, atau 1 bulan. Jika sudah mencapai waktu tersebut maka file akan secara otomatis terhapus.
  • Pengaturan ini sangat berguna karena kamu tidak perlu menghapus file unduhan secara manual dari waktu ke waktu
  • Dan untuk menghapus hasil downloadan yang sudah kamu lakukan sebelumnya kamu dapat memilih tombol Bersihkan Cache (Clear Cache) pada bagian Telegram Cache.
  • Selesai.

Demikianlah langkah-langkah untuk menghapus file unduhan di aplikasi Telegram, secara langsung di aplikasi. Jika kamu menggunakan cara pertama ini maka semua file yang sebelumnya kamu unduh di Telegram akan secara otomatis terhapus.

Namun cara ini tidak berlaku apabila kamu sudah menyimpan file download ke dalam penyimpanan ataupun galeri. Apabila sudah tersimpan di galeri atau penyimpanan handphone maka kamu hanya bisa menghapusnya secara manual.

Dan dengan menggunakan langkah-langkah diatas kamu tidak bisa memilih file yang menurut kamu sudah tidak digunakan dan ingin dihapus. Karena dengan metode ini semua file akan terhapus tanpa kamu dapat memilih.

2. Cara Menghapus Downloadan di Telegram Melalui Laptop atau Komputer

Apabila kamu pengguna Telegram di laptop dan ingin membersihkan semua file yang sebelumnya telah terdownload maka kamu dapat mengikuti cara kedua ini.

Seperti yang kita ketahui jika layanan Telegram tidak hanya dapat digunakan di handphone, namun juga bisa digunakan di laptop. Dengan menggunakan Telegram di laptop juga bisa membuat pekerjaan menjadi lebih efisien apabila kamu menggunakan Telegram untuk bekerja.

Namun laptop juga bisa terjadi memori penuh jika terlalu banyak file yang sudah tidak digunakan menumpuk. Oleh sebab itu kamu dapat menghapus download Telegram di laptop dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama buka Telegram versi PC.
  • Jika sudah maka kamu bisa klik ikon garis tiga horizontal yang terletak disebelah kiri atas tampilan platform Telegram.
  • Langkah berikutnya adalah pilih menu Settings.
  • Lalu pilih opsi Advanced.
  • Setelah itu kamu bisa klik menu Manage local storage.
  • Selanjutnya untuk menghapus hasil unduhan di Telegram kamu dapat memilih opsi Clear yang terletak dibagian Media cache.
  • Lalu tunggu hingga proses penghapusan data selesai.
  • Selesai, semua data yang ada di Telegram akan terhapus termasuk foto, video, atau audio yang sebelumnya ada di Telegram.

Itu dia langkah-langkahnya, langkah untuk membersihkan file unduhan di Telegram Android hampir sama dengan Telegram versi PC. Jadi jika kamu sudah bisa membersihkan file unduhan di handphone tentunya tidak akan kesulitan untuk menghapus cache Telegram di PC.

Sama seperti yang telah dijelaskan apabila kamu sudah menyimpan file yang terdownload di Telegram ke dalam penyimpanan laptop, maka kamu harus menghapus unduhan dari Telegram satu persatu di File Explorer laptop atau PC.

3. Cara Menghapus Download Telegram di File Manager

Seperti yang telah disebutkan pada cara pertama untuk membersihkan unduhan melalui aplikasi Telegram di Androidatau iOS. Apabila kamu sudah terlanjur menyimpan file unduhan yang berasal dari Telegram ke penyimpanan internal handphone maka kamu hanya dapat menghapusnya secara manual di file manager.

Metode ketiga ini, memerlukan kamu untuk mencari file yang telah kamu unduh baik itu berupa foto, video, dan audio di aplikasi file manager handphone kamu. Langkah-langkah untuk melakukan ini sebenarnya juga tidak kalah mudah dari cara pertama dan kedua. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Langkah pertama adalah buka aplikasi File Manager di handphone kamu terlebih dahulu.
  • Langkah berikutnya adalah kamu bisa masuk ke menu Penyimpanan Internal.
  • Lalu untuk menghapus hasil downloadan di Telegram kamu dapat memilih folder Android.
  • Kemudian pilih data.
  • Setelah itu klik folder org.telegram.messenger.
  • Langkah selanjutnya pilih File.
  • Berikutnya pilih folder Telegram.
  • Jika sudah maka kamu dapat menghapus file hasil unduhan di Telegram di folder yang isinya file-file download Telegram.
  • Yang perlu kamu tahu jangan hapus folder tersebut, namun hapus isi foldernya.
  • Selesai.

Demikianlah informasi seputar cara menghapus downloadan di Telegram, kamu dapat memilih untuk mengikuti salah satu cara dari ketiga cara yang telah dijelaskan tersebut.

 

 

Related posts