Cara Menggandakan Aplikasi di Hp Oppo

Secara umum, pada smartphone jenis apapun, aplikasi hanya bisa dijalankan untuk satu aplikasi saja. Kamu tidak diizinkan untuk menginstal aplikasi sama lebih dari satu karena nantinya akan membuat sistem bingung.

Namun, terkadang seseorang membutuhkan lebih dari 1 aplikasi yang sama pada smartphone. Misalnya dual akun whatsapp atau facebook karena kebutuhan tertentu. Maka kamu bisa coba cara menggandakan aplikasi di hp Oppo.

Read More

Nah, jika ingin melakukan itu, kamu perlu menggandakan aplikasi dengan cara mengkloning aplikasi tersebut. Bagaimana caranya, yuk simak artikelnya.

Cara Menggandakan Aplikasi di HP OPPO

Cara Menggandakan Aplikasi di Hp Oppo
Menggandakan Aplikasi di Hp Oppo

Cara menggandakan aplikasi di HP OPPO tidaklah sulit dan bisa dilakukan setiap orang selama mengikuti panduan yang tertulis di bawah ini.

1. Menggandakan Aplikasi di Hp Oppo Lewat Pengaturan

Adapun, untuk melakukan clone aplikasi menggunakan cara pertama ini, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang harus diunduh di Play Store.

Hal ini dikarenakan OPPO memang menyediakan fitur clone apps resmi untuk para pengguna hp pabrikan China ini.

Berikut cara-cara menggandakan aplikasi yang bisa dilakukan di smartphone jenis OPPO.

  • Buka handphone OPPO kamu dan masuk ke menu Setting atau Pengaturan

  • Setelah itu pilih menu Apps -> App Cloner/Clone Apps atau jika dalam bahasa Indonesia ditulis Kloning Aplikasi

  • Tunggu beberapa waktu sampai sistem menampilkan aplikasi-aplikasi yang saat ini terinstal di smartphone.

  • Setelah itu, kamu tinggal mencari dan mengklik aplikasi yang akan di clone atau digandakan

  • Pada aplikasi yang dipilih, kamu bisa menggeser tombol Toggle yang ada disampingnya sampai ada di mode ON untuk mengaktifkan App Cloning

  • Setelah diaktifkan, kamu tinggal mengganti nama aplikasi dengan cara masuk ke menu Rename Clone Apps atau Nama Aplikasi Kloning

  • Setelah semua dijalankan, kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai aplikasi kloningan dimuat.

Pada beberapa jenis HP OPPO, kamu mungkin akan menemukan sedikit perbedaan istilah ketika akan melakukan kloning aplikasi. Namun, sebagian besar sistem HP OPPO mengacu pada tutorial yang tertulis di atas.

2. Menggandakan Aplikasi Menggunakan Parallel Space

Jika tidak menemukan fitur bawaan untuk mengkloning aplikasi di OPPO, kamu tidak usah khawatir karena masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Yakni, dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan clone apps adalah Parallel space. Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Berikut penjelasannya.

  • Buka HP Oppo kamu, kemudian masuk ke menu Google Play Store. Pastikan HP kamu terhubung pada jaringan internet agar bisa melakukan pengunduhan

  • Setelah itu, kamu tinggal mencari dan mengunduh aplikasi bernama Parallel Space kemudian menginstalnya

  • Buka aplikasi Parallel Space dan setujui semua ketentuan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut dengan mengklik tombol Setuju.

  • Ketika menu utama terbuka, kamu bisa langsung memilih aplikasi yang akan digandakan dengan cara klik Tambahkan App

  • Kemudian, klik pilihan lain Tambahkan ke Parallel Space

  • Setelah semua proses dilakukan, proses duplikasi aplikasi pun telah berhasil dilakukan.

  • Proses selesai.

Kamu bisa membuka aplikasi yang telah di clone pada folder khusus yang dibuat secara otomatis pada tampilan smartphone.

3. Menggandakan Aplikasi Dengan Ruang Ganda

Selain Parallel Space, aplikasi lain yang dapat digunakan untuk menggandakan aplikasi di HP OPPO adalah aplikasi Ruang Ganda atau Dual Space.

Cara menggunakan aplikasi ini mirip dengan Parallel Space, kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store sebelum menggunakannya.

Cara-cara lebih lengkap dalam penggunaan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Buka HP Oppo kamu kemudian masuk ke menu Play Store. Di kolom pencarian kamu bisa langsung ketika Ruang Ganda atau Dual Space

  • Lakukan pengunduhan aplikasi dan instalasi aplikasi seperti biasanya

  • Buka Aplikasi Dual Space, Kemudian klik SETUJU dengan persyaratan yang diberikan pihak developer aplikasi

  • Ketika menu utama aplikasi terbuka, kamu bisa langsung klik tanda + (tambah) untuk menambahkan aplikasi yang akan di kloning

  • Setelah itu nanti akan muncul semua aplikasi yang terinstal di HP. Kamu tinggal memilih HP yang akan di kloning

  • Kemudian kamu tinggal klik tombol KLON dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi berhasil diduplikasi.

  • Proses Selesai

Sebetulnya, masih banyak aplikasi lain yang biasa digunakan untuk melakukan duplikasi aplikasi. Hanya saja, Parallel Apps dan Dual Space adalah 2 aplikasi paling populer yang sering digunakan oleh para pengguna internet.

Sampai tulisan ini dipublikasi, telah ada 100 juta orang lebih yang mendownload kedua aplikasi tersebut. Ini berbeda dengan aplikasi cloner lain yang rata-rata di download 10 juta kali saja.

Hal ini menandakan aplikasi Parallel Space dan Dual Space cukup populer di kalangan pengguna Google Play Store.

Keuntungan Menggandakan Aplikasi

Ada beberapa alasan atau keuntungan yang bisa didapatkan ketika kamu melakukan penggandaan aplikasi pada HP OPPO, diantaranya adalah:

1. Hemat Biaya

Sebagian orang mungkin berpikir, ketika mempunyai dua akun aplikasi yang sama, ia harus menggunakan dua handphone yang berbeda agar bisa login dan menggunakannya secara bersamaan.

Jika hal demikian dilakukan, tentu saja itu akan memboroskan biaya untuk pembelian hp baru. Lebih baik kamu menggandakan aplikasi lewat cara-cara diatas agar bisa menggunakan dua aplikasi dalam satu device sama.

2. Lebih Praktis

Mengelola beberapa buah akun aplikasi dalam satu perangkat HP akan memudahkan kamu. Bayangkan jika misalnya mengelola 2 akun facebook di hp berbeda, kamu harus bolak balik menggunakan HP.

Hal tersebut kurang praktis dan membuang-buang waktu. Apalagi jika misalnya kamu menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan bisnis atau Costumer Service pelanggan.

Kerugian Menggandakan Aplikasi

Bukan hanya keuntungan, ada juga kerugian ketika menggunakan clone apps pada smartphone kamu. Beberapa kerugian menggandakan aplikasi adalah sebagai berikut:

1. HP Menjadi Berat

Sebelum melakukan penggandaan aplikasi. kamu harus memastikan bahwa smartphone mempunyai spesifikasi mumpuni, utamanya pada bagian RAM dan juga kapasitas penyimpanan.

Melakukan kloning aplikasi pada smartphone spesifikasi rendah hanya akan membuat HP ngelag dan menjadi lambat. So, pertimbangkan hal ini secara baik-baik sebelum mengkloning aplikasi.

2. Data Dicuri

Ketika menggunakan aplikasi pihak ke 3 untuk melakukan pengkloningan aplikasi. Kamu harus memastikan bahwa developer pembuat aplikasi berasal dari pihak terpercaya dan aman digunakan.

Jika sembarangan menggunakan aplikasi cloner, salah-salah data pribadi kamu bisa dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Penutup

Nah, itulah kurang lebih cara menggandakan aplikasi di HP OPPO. Cara-cara diatas sebetulnya bisa juga dilakukan pada merk HP lain selain OPPO. Utamanya, cara yang dilakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebagai penutup, sebelum mengkloning aplikasi, ada baiknya kamu pertimbangkan kebutuhannya. Jika dirasa tidak terlalu penting, lebih baik gunakan 1 aplikasi saja dalam smartphone.

Dengan menggunakan 1 aplikasi, mesin smartphone bisa berjalan secara normal dan tidak mudah panas. Selain itu, keamanan data juga lebih terjaga jika tidak melakukan pengkloningan aplikasi.

Terkait:  Cara Melacak Hp Oppo dengan IMEI

Related posts