Cara Mengetahui RAM Hp

Cara mengetahui RAM HP dibutuhkan bagi seseorang yang ingin tahu berapa kapasitas RAM yang tersimpan di handphonenya. Informasi ini sebetulnya ada pada setiap box hp, tapi, pengguna kadang melupakannya.

Adapun, RAM sendiri adalah sebuah tempat penyimpanan. Berbeda dengan memori HP, RAM hanya akan menyimpan file-file atau aplikasi yang sedang dijalankan saja.

Read More

RAM adalah salah satu komponen pada handphone yang menentukan kecepatan suatu hp. Ia bisa membuat hp menjadi cepat atau membuat hp menjadi lemot dan mudah ngelag.

Cara Mengetahui RAM HP

Cara Mengetahui RAM Hp
Panduan Mengecek RAM Hp Android

Ada beberapa cara mengetahui RAM HP yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Cara-cara ini umumnya membutuhkan bantuan dari aplikasi tertentu atau bisa dilakukan dengan menggunakan cara-cara manual. Berikut diantaranya :

1. Cek Pada Pengaturan di Handphone

Jika kamu tidak ingin ribet menginstal aplikasi untuk mengecek kapasitas RAM, kamu bisa mengecek komponen tersebut via menu pengaturan yang ada di hp masing-masing.

Cara untuk melakukannya sangat mudah, kamu hanya perlu menyalakan HP, setelah itu masuk ke menu setting atau pengaturan. Kemudian, pilih menu “Tentang Telepon” atau “About Phone”.

Nanti biasanya akan muncul data-data yang berkaitan dengan Hp yang akan kamu gunakan, mulai dari merk dan tipe hp, memori penyimpanan, versi MIUI dan juga spesifikasi-spesifikasi lainnya.

Terkait:  Cara Menambah RAM

Setiap Hp kadang berbeda dalam penyebutan tulisan atau penempatan informasi tentang RAM, kamu perlu mencarinya secara mandiri di menu “Tentang Telepon” sesuai dengan Hp yang kamu gunakan.

2. Cek RAM HP Menggunakan Simple System Monitor

Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga ketika akan mengecek RAM yang digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Simple System Monitor.

Cara menggunakan alat ini cukup mudah. Kamu hanya tinggal mendownload aplikasi tersebut di playstore kemudian menginstalnya.

Setelah membuka aplikasi tersebut, kamu bisa melihat langsung melihat beberapa komponen yang sedang bekerja. Mulai dari CPU, RAM dan juga jaringan.

Disana kamu bisa melihat data pemakaian pada setiap komponen, lengkap dengan grafik penggunaanya.

3. Cek Menggunakan CPU-Z

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengecek RAM Hp adalah CPU Z. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengetahui berbagi perangkat yang ada pada Hp dan penggunaanya.

Di CPU Z kamu bisa melihat data CPU, RAM, System sampai data dari baterai yang handphone kamu gunakan.

Adapun, untuk cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Kamu tinggal download CPU Z di playstore kemudian menginstalnya di Hp.

Setelah selesai instalasi, kamu bisa langsung membuka aplikasi dan menemukan beragam data perangkat beserta dengan grafik penggunaannya.

Untuk mengetahui data RAM, kamu tinggal menggeser HP pada menu RAM. Nantinya disana kamu bisa melihat berapa total RAM yang ada di HP kamu.

CPU Z adalah aplikasi checker Hp dengan pengguna terbanyak di Google Playstore. Jumlah pengguna aplikasi ini tercatat lebih dari 50 juta pengguna.

4. Cek Menggunakan RAM Truth

RAM Truth adalah sebuah aplikasi yang memang dikhususkan agar para pengguna Hp dapat dengan mudah mengetahui kapasitas RAM yang akan digunakannya.

Terkait:  Cara Melihat RAM Hp Samsung

Sama seperti penggunaan aplikasi lainnya, untuk menggunakan RAM Truth, kamu perlu mendownloadnya terlebih dahulu di Playstore kemudian menginstalnya.

Setelah itu, kamu bisa langsung membuka aplikasi ini untuk mengetahui kapasitas RAM yang dimiliki beserta data memori yang sedang digunakan.

5. Cek RAM HP Secara Manual

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk melihat kapasitas RAM suatu hp adalah dengan menggunakan cara-cara manual. Misalnya seperti melihat box hp yang menjadi pembungkus handphone saat pembelian.

Seluruh informasi tentang spesifikasi biasanya akan muncul pada bagian depan atau belakang dus yang menjadi wadah hp ketika kamu membelinya. Semua data spesifikasi ada di sana, termasuk juga data RAM.

Selain itu, kamu bisa juga mengetikan merk dan tipe hp kamu di Google untuk melihat spesifikasi yang dimiliki hp tersebut.

Di Google, kamu bisa juga mendapatkan informasi tentang RAM dan juga komponen lainnya seperti baterai, kamera, memori utama, prosesor dan lain sebagainya.

Namun, cara cek RAM menggunakan informasi di internet terkadang kurang valid dan membingungkan. Hal ini dikarenakan sebuah merk Hp terkadang mengeluarkan merk HP yang sama, namun dengan spesifikasi RAM yang berbeda.

Perbedaan RAM dan Memori Internal

Untuk yang kurang paham teknologi, kamu mungkin akan kebingungan ketika melihat istilah RAM dan memori internal/eksternal pada sebuah perangkat HP. Lalu, Apa sih kira-kira perbedaan kedua komponen tersebut?.

Secara sederhana. RAM didefinisikan sebagai komponen yang akan menyimpan data ketika sistem atau aplikasi dijalankan. Sedangkan, memori internal adalah komponen yang menyimpan data-data seperti gambar dan video pada sebuah Hp.

Dengan memori internal berkapasitas besar, kamu bisa mendownload game yang memiliki file instalasi berukuran besar.

Namun, tanpa RAM yang cukup, kamu tidak akan bisa menjalankan game yang kamu download secara maksimal. Kamu mungkin akan merasakan game lemot, ngelag dan tidak lancar ketika dimainkan.

Terkait:  Cara Menambah RAM Hp Realme C2

Cara Memaksimal RAM

RAM adalah komponen handphone yang sulit diganti. Berbeda dengan memori eksternal yang gampang dibuka dan dimasukan kembali ke dalam perangkat.

Penggunaan RAM sangat penting ketika kamu menjalankan sebuah aplikasi, tanpa RAM aplikasi mungkin tidak berjalan atau berjalan dengan sangat lambat.

Maka dari itu, ketika misalnya HP kamu berjalan lambat. Kamu perlu memaksimalkan penggunaan RAM. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Mematikan Widget dan Live Wallpaper

Menggunakan personalisasi pada wallpaper dengan widget atau fitur live memang dapat membuat handphone kamu terlihat lebih keren dan menarik.

Namun, perlu diketahui bahwasanya fitur tersebut dapat menyedot penggunaan RAM karena aplikasi akan terus berjalan, bahkan ketika handphone dalam kondisi off. Sebaiknya, kamu mematikan fitur ini jika tidak terlalu diperlukan.

2. Nonaktifkan Aplikasi Tertentu

Pada saat handphone dalam kondisi menyala, beberapa aplikasi mungkin saja menyedot penggunaan RAM meskipun kamu tidak sedang menggunakannya.

Ada beberapa aplikasi yang terkadang menyedot penggunaan RAM yang tinggi, misalnya seperti aplikasi web browser, m-banking maupun aplikasi lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mematikan beberapa aplikasi yang memang jarang digunakan. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan kemudian masuk ke manajer aplikasi.

Di menu tersebut, kamu bisa memilih mana aplikasi yang akan dimatikan fiturnya sehingga tidak membebani RAM ketika handphone dalam kondisi hidup.

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk melihat RAM di HP. Kamu bisa menggunakan cara manual maupun menggunakan aplikasi tertentu untuk mengecek kapasitas RAM.

Adapun, sebelum membeli handphone, ada baiknya kamu mengecek kapasitas RAM suatu handphone. Sebab, nantinya komponen tersebut akan berpengaruh pada performa handphone kamu.

Semakin besar kapasitas RAM yang ada dalam HP kamu, maka itu semakin bagus dan dapat membuat hp kamu berjalan lancar tanpa adanya kondisi ngelag, ngehang dan sebagainya.

Related posts