Cara Membersihkan RAM Hp Xiaomi

Cara Membersihkan RAM Hp Xiaomi

Setiap perangkat ponsel, akan mengalami penurunan performa jika digunakan seiring waktu. Hal ini juga berlaku bagi hp Xiaomi yang mengalami penurunan performa dan kapasitas RAM usai digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu atau mengunduh sebuah program. Untuk meningkatkan performa hp Xiaomi kembali, salah satu cara yang bisa digunakan yaitu cara membersihkan RAM hp Xiaomi.

Kita tahu bahwa penggunaan smartphone kini sudah merambah ke berbagai aspek. Peranan hp yang multitasking dan selalu diajak untuk mengeksplor dunia virtual, tentu saja seiring waktu akan mengalami penurunan performa. Sebut saja, kalian menggunakan hp bisa untuk berkomunikasi, melakukan absensi, browsing internet, bermain game, streaming video, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Read More

Salah satu komponen yang paling penting peranannya bagi perangkat hp adalah RAM. RAM inilah yang nantinya menjadi media penyimpanan sementara pada perangkat ponsel sekaligus membantu ponsel untuk melakukan aktivitas multitasking. Selain itu, RAM seringkali dijadikan sebagai salah satu faktor penting ketika membeli ponsel. Kebanyakan orang memilih hp yang memiliki kapasitas RAM yang lega, agar performa hp lebih leluasa saat digunakan untuk multitasking.

Manfaat RAM Pada Perangkat HP

RAM atau singkatan dari Random Access Memory adalah salah satu komponen yang dapat memaksimalkan kinerja smartphone menjadi lebih baik. Dengan besarnya RAM yang ditanamkan pada smartphone, maka akan semakin baik kinerjanya.

Kalian jangan salah menafsirkan antara RAM dan ROM, kaena kedua komponen ini berbeda. Jika RAM digunakan untuk optimalisasi kinerja smartphone, sedangkan untuk ROM atau istilah lainnya ruang penyimpanan. ROM digunakan untuk menyimpan berbagai macam file atau sebagai sarana untuk install aplikasi di perangkat smartphone.

Setiap merek smartphone memiliki ukuran RAM yang berbeda-beda. Namun pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai seputar RAM yang ada pada HP Xiaomi. Hal ini dikarenakan merk Xiaomi menawarkan kinerja yang unggul saat membuka aplikasi atau game berat tanpa hambatan, seperti tersendat atau nge-hang.

Fungsi dari RAM pada smartphone Xiaomi, diantaranya :

1.  Membantu Aktivitas Multitasking Pada Smartphone

Dengan daya dukung RAM yang sangat baik, maka jika kalian menggunakan HP Xiaomi bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus dengan sangat lancar.

Kunci utama dari kapasitas RAM adalah, semakin besar RAM yang terpasang pada HP Xiaomi maka akan semakin baik pula jika melakukan multitasking. Akan tetapi jika sebaliknya, mungkin kalian hanya bisa membuka maksimal 3 aplikasi dalam satu waktu saja tanpa terjadinya nge-hang pada smartphone.

2. Storage Sementara

Fungsi lain dari RAM yaitu untuk penyimpanan sementara, ketika sedang membuka aplikasi ataupun sebuah file. Jika kalian membuka aplikasi maka akan secara otomatis tersimpan pada RAM. Selanjutnya akan kembali dan bisa membuka aplikasi tanpa adanya hambatan.

3. Membuka Aplikasi maupun Game Berat

Kelebihan dari HP Xiaomi adalah bisa memainkan game atau aplikasi berat tanpa terasa lambat ketika sedang digunakan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk upaya dari developernya agar setiap seri yang ditawarkan Xiaomi lebih menonjolkan kapasitas RAM dibandingkan dengan komponen lainnya.

Aplikasi untuk desain terutama yang menggunakan teknologi 3D bisa membutuhkan RAM yang sangat besar. Akan tetapi, kalian bisa menikmati aplikasi tersebut tanpa adanya hambatan sedikitpun dengan menggunakan seri HP keluaran dari Xiaomi.

Permasalahan Utama pada RAM

Karena smartphone selalu digunakan setiap waktu, maka kapasitas RAM lama kelamaan akan berkurang mengingat banyaknya aplikasi atau file yang dibuka. Kalian tidak perlu khawatir jika kapasitas RAM berkurang, karena hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Selain itu, RAM pun bisa dibersihkan layaknya membersihkan ROM (Ruang Penyimpanan Internal) ketika kapasitas sudah hampir penuh.

Apabila kalian tidak secara rutin membersihkan RAM pada smartphone, maka yang perlu kalian waspadai adalah ketika membuka aplikasi akan terasa sangat lambat. Bahkan lebih parahnya lagi bisa nge-hang dan memaksa smartphone harus dimatikan secara paksa.

Karena smartphone harus dimatikan secara paksa, maka tentu saja akan merusak komponen-komponen penting yang ada didalamnya. Oleh karena itu, kunci penting dalam menjaga performa smartphone adalah harus selalu rajin membersihkan RAM dengan cara membersihkan RAM Hp Xiaomi.

Cara Membersihkkan RAM Hp Xiaomi

Cara Membersihkan RAM Hp Xiaomi
Membersihkan RAM Hp Xiaomi

Ada beberapa cara membersihkan RAM Hp Xiaomi yang dapat kalian coba supaya kapasitasnya menjadia lebih lapang. Selain itu, metodenya sangat mudah dilakukan dan tidak perlu datang ke counter hanya untuk membersihkan RAM. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara membersihakn RAM HP Xiaomi dibawah ini :

1. Restart Hp Xiaomi

Ini adalah cara membersihkan RAM hp Xiaomi pertama yang bisa kalian lakukan apabila RAM terasa sudah penuh. Ciri-ciri RAM sudah penuh akan memperlambat kinerja HP Xiaomi dan bahkan ketika membuka aplikasi atau game yang cukup berat akan keluar sendiri.

Untuk membersihkan RAM akibat penggunaan game atau aplikasi berat, maka cara yang paling mudah adalah dengan restart HP Xiaomi, dengan cara :

  • Tekan cukup lama tombol power pada bagian samping HP Xiaomi.
  • Akan muncul pada layar dengan 2 tindakan yaitu restart atau matikan.
  • Karena tujuannya akan restart HP Xiaomi, maka pilihlah tombol restart.
  • HP Xiaomi akan secara otomatis melakukan restart.

Setelah melakukan restart, maka akan secara otomatis kapasitas RAM kembali normal. Adapun yang perlu diketahui adalah ketika proses restarting akan terasa sangat lama, hal tersebut adalah wajar mengingat untuk restart HP pun membutuhkan RAM.

2. Menggunakan Fitur Bawaan Xiaomi

Cara membersihkan RAM hp Xiaomi selanjutnya yaitu menggunakan fitur bawaan. Kelebihan dari HP Xiaomi adalah memiliki fitur untuk membersihkan RAM dan ROM. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Masuk terlebih dahulu pada menu settings pada beberapa menu utama.
  • Setelah itu masuk pada opsi keamanan.
  • Didalam opsi tersebut, cari dan pilihlah opsi untuk membersihkan RAM yaitu dengan memilih ‘Meningkatkan Kecepatan’.
  • Proses pembersihan akan secara otomatis dilakukan oleh sistem. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  • Apabila sudah selesai, lihat pada kapasitas RAM HP Xiaomi akan secara otomatis bertambah.

Cara ini bisa kalian lakukan secara rutin baik setiap hari, 3 hari sekali, atau 7 hari sekali. Namun untuk interval waktunya disesuaikan dengan kebiasaan kalian menggunakan HP smartphone agar interval pembersihan RAM bisa sesuai berdasarkan dengan profil penggunaan smartphone kali.

3. Menonaktifkan Beberapa Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara lainnya yaitu dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak digunakan, atau bila perlu menghapus aplikasi yang tidak digunakan agar dapat menambah ruang baik kapasitas RAM maupun ROM.

Perlu kalian ketahui bahwa ada aplikasi yang selalu berjalan dibelakang layar selama smartphone tersebut digunakan. Artinya RAM akan terus terpakai oleh aplikasi yang berjalan dibelakang layar tesebut. Cara menonaktifkan aplikasi sangat mudah dilakukan, yaitu :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi yang akan dinonaktifkan dengan masuk pada menu settings.
  • Setelah itu jika sudah masuk pada aplikasi yang dimaksudkan, pilihlan opsi nonatktifkan.
  • Tunggulah beberapa saat hingga tombol tersebut tidak bisa diklik.

Cara ini cukup efektif dilakukan, namun membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus dilakukan satu demi satu.

Dari ketiga cara membersihkan RAM hp Xiaomi di atas, kalian bisa memilih mana cara paling tepat dan mudah dilakukan untuk membuat kapasitas RAM lebih lapang. Selain itu, selalu cek penggunaan RAM sesudah kalian melakukan berbagai aktivitas multitasking untuk berjaga-jaga.

 

Related posts