Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Cara mengetahui pengguna wifi Indihome di HP diperlukan untuk mengetahui siapa saja orang yang terhubung ke wifi milikmu. Dengan melihat pengguna, kamu nantinya dapat melakukan pemblokiran pada device yang mungkin tidak dikenal.

Dalam penggunaan wifi terkadang password wifi bocor, entah karena di bobol oleh tetangga ataupun mungkin orang di rumah kamu memberikan password secara sembunyi-sembunyi pada orang lain.

Read More

Jika pengguna masih dalam batas wajar mungkin tidak masalah. Namun, jika pengguna terlalu banyak, itu akan membuat kecepatan internet kamu menjadi lemot

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihommmmmmmmmm
Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Nah, untuk mengatasi para pengguna ilegal pada wifi indihome. Kamu bisa mengeceknya langsung dari laptop ataupun mengeceknya hanya menggunakan HP.

Jika kamu ingin mengecek pengguna wifi Indihome, kamu mungkin memerlukan software yang memiliki fungsi khusus untuk mengecek device yang terhubung ke Indihome.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk tahu siapa saja device yang terhubung ke Indihome kamu secara mudah.

1. Menggunakan Aplikasi MyIndiHome

Aplikasi My Indihome adalah aplikasi resmi dari Indihome. Ia bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk melihat perangkat yang terhubung ke Indihome kamu. Misalnya seperti :

  • Download aplikasi MyIndihome. Kamu bisa mengunduhnya di playstore atau aplikasi sejenis.

  • Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasi dan melakukan login dengan username dan password yang telah kamu miliki.

  • Ketika menu utama aplikasi muncul, kamu bisa mengecek pengguna wifi kamu dengan mengklik menu Devices List

  • Jika misalnya kamu ingin memutuskan hubungan pada suatu perangkat device, kamu tinggal klik Putuskan Hubungan

  • Selesai

2. Menggunakan IP Address

Umumnya, perangkat modem Indihome terdiri dari 2 jenis merk. Yakni, modem merk ZTE dan juga modem merk Huawei.

Setiap pelanggan Indihome pasti akan diberi tahu bagaimana cara mengakses kedua perangkat ini lewat IP Address ketika pertama kali melakukan pemasangan oleh teknisi.

Adapun, fungsi akses ke modem atau router bertujuan untuk melakukan perubahan settingan pada wifi. Misalnya seperti mengganti password wifi ataupun melihat pengguna yang terhubung pada perangkat wifi.

Cara mengetahui pengguna Indihome di HP melalui IP Address perangkat modem Indihome bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  • Buka browser pada smartphone. Kamu bisa menggunakan google chrome, firefox, opera dan browser lainnya.

  • Setelah itu ketik alamat IP Address dengan nomor 192.168.1.1 untuk pengguna modem ZTE

  • Sedangkan, untuk pengguna modem Huawei, kamu bisa masu ke alamat 192.168.100.1 atau pada alamat 192.168.1.254

  • Untuk mengecek merek modem, kamu bisa melihatnya pada bagian perangkat modem indihome di rumah.

  • Setelah mengetikan alamat IP tadi, kamu akan melihat halaman login. Kamu tinggal memasukan username dan password yang diberikan oleh petugas Indihome ketika pertama kali memasang Indihome.

  • Untuk perangkat Huawei, setelah masuk pada menu utama perangkat modem. Kamu tinggal klik STATUS kemudian User Device Information.

  • Sedangkan, untuk perangkat ZTE, kamu bisa mengklik NETWORK, kemudian klik “Associated Device”.

  • Setelah melakukan langkah diatas, kamu akan melihat jumlah device yang terhubung ke perangkat wifi miliki kamu beserta dengan MAC Address dan juga nama perangkat yang terhubung.

Jika kamu mendapati ada perangkat yang tidak dikenali masuk ke wifi kamu. Ada baiknya kamu memblokir perangkat tersebut agar tidak mengganggu aktivitas kamu ketika menggunakan internet.

Adapun, selain ZTE dan Huawei, sebetulnya masih ada satu perangkat lagi yang biasa digunakan oleh Indihome, yakni TP-Link. Cara mengakses perangkat ini sama seperti tutorial diatas.

Hanya saja, ketika mengetikan IP address, kamu harus masuk dari alamat 192.168.01. Sedangkan ketika sudah masuk, kamu bisa klik menu DHCP dan DHCP client list.

3. Menggunakan Aplikasi Wifi Thief Detector

Sebetulnya, aplikasi untuk cara mengetahui pengguna wifi Indihome di HP banyak sekali. Kamu dapat mencari aplikasi tersebut Play Store. Nah, salah satu aplikasi yang banyak di download dan digunakan adalah Wifi Thief Detector.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat device yang terhubung pada sebuah perangkat wifi. Kamu dapat melihat alamat IP serta nama device pengguna. Cara untuk menggunakan perangkat ini adalah sebagai berikut.

  • Download dan instal aplikasi Wifi Thief Detector. Kamu dapat mengunduhnya di Google Play Store dari HP

  • Setelah itu, kamu tinggal membuka aplikasi tanpa harus login

  • Pada menu utama kamu bisa langsung melihat semua perangkat yang sedang terhubung ke wifi.

  • Jika ingin melakukan pemblokiran, aplikasi memerlukan akses ke router atau modem yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan login pada router pada bagian “Pengaturan Router”.

4. Menggunakan Aplikasi Fing

Cara mengetahui pengguna wifi Indihome di HP bisa juga dilakukan dengan aplikasi Fing. Cara kerja aplikasi ini hampir sama seperti Wifi Thief Detector dan juga aplikasi lainnya yang sejenis.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu tinggal download di playstore dan menginstalnya. Setelah itu, kamu bisa langsung masuk ke aplikasi dan melihat daftar perangkat terhubung.

Pada aplikasi Fing, kamu hanya dimungkinkan untuk melihat device apa saja yang terhubung. Adapun, jika kamu ingin melakukan pemblokiran pengguna, lebih baik kamu melakukannya langsung via modem atau router dengan cara-cara yang ada di poin nomor 2.

Cara Melindungi Wifi Dari Penyusup

Sebagian dari kamu mungkin kesal karena banyaknya penyusup yang menggunakan wifi. Hal ini tentunya bisa menyebabkan speed internet menjadi lemot atau lambat.

Nah, jika kamu tidak ingin wifi dimasuki oleh orang lain yang tidak memiliki hak. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai langkah pencegahan.

1. Ganti Password Secara Berkala

Kamu perlu mengganti password wifi seminggu sekali atau setidaknya ketika kamu merasa jaringan kamu sudah mulai lemot.

Dengan mengganti password wifi, semua perangkat yang terhubung harus melakukan koneksi ulang pada wifi.

2. Gunakan Password yang Kuat

Demi menjaga keamanan wifi, sebaiknya kamu menghindari password yang sifatnya terlalu mudah pada router dan juga password pada jaringan wifi.

Kamu perlu menghindari password semacam 12345678 dan semisalnya. Perkuat password kamu dengan menggunakan kombinasi huruf besar kecil dan juga angka.

3. Tidak Sembarang Memberikan Password

Pengguna wifi yang membludak bisa jadi disebabkan ada orang dalam rumah kamu yang membocorkan akses wifi ke orang lain.

Dengan komunikasi dari mulut ke mulut akhirnya password kamu pun tersebar kepada banyak orang disekitar rumah kamu.

Nah, jika sudah seperti itu, lebih baik kamu mengganti ulang password ataupun melakukan pemblokiran device sesuai dengan cara-cara yang telah dituliskan diatas.

Demikian artikel cara Mengetahui Pengguna wifi Indihome di HP. Gimana, mudah kan? Cara-cara seperti ini memang akan sangat berguna ketika kamu merasa jaringan kamu lemot dan ingin mengecek siapa saja yang terhubung.

Jika misalnya perangkat terhubung terlalu banyak. Kamu bisa langsung mengakses modem dan melakukan pembatasan pengguna serta pemblokiran pengguna jika diperlukan. Dengan demikian, koneksi wifi di rumahmu tetap stabil, karena banyaknya pengguna wifi bisa mempengaruhi kecepatan akses wifi.

Terkait:  Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Related posts