Cara Membersihkan Cache di Hp Xiaomi

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah cache, file ini merupakan file sampah yang akan selalu ada pada HP smartphone. Mungkin dulu istilah cache hanya ada dalam komputer, namun sekarang seiring dengan perkembangan teknologi, cache akan terus dijumpai pada HP smartphone, termasuk HP Xiaomi. Lantas, bagaimana cara membersihkan cache di hp Xiaomi?

Sebenarnya, cache memiliki sejumlah manfaat untuk kelancaran pengoperasian sebuah aplikasi yang terinstal didalam HP. Sebab fungsi utamanya adalah membantu dalam proses transfer data, baik itu peramban maupun sebuah aplikasi sehingga, bisa mengoperasikannya dengan lebih cepat.

Read More

Setiap aplikasi yang terinstal maupun aplikasi bawaan yang ada pada HP pasti akan selalu menyimpan file cache, apalagi jika aplikasinya sedang berjalan. Akan tetapi, terus menerus menyimpan file cache di perangkat kalian, bisa membuatnya menumpuk, sehingga mengakibatkan memori internal menjadi penuh.

Selain itu, apabila file cache terus dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka akan menyebabkan kinerja HP menjadi lebih lambat akibat dari memori internal yang penuh. Memang di lain sisi, adanya file cache ini sangat memudahkan kita untuk membuka browser atau aplikasi tertentu di hp. Akan tetapi, jika dilihat dari kinerja hp secara keseluruhan, justru akan mengurangi performa dari hp itu sendiri.

Dengan permasalahan tersebut, maka yang paling utama mengatasi file cache ini adalah dengan rutin membersihkannya, agar ruang kosong pada memori internal bisa tetap lega serta membuat kinerja hp tetap optimal.

Cara Membersihkan Cache di Hp Xiaomi

Cara Membersihkan Cache di Hp Xiaomi
Membersihkan Cache di Hp Xiaomi

Hp Xiaomi merupakan salah satu hp dengan sistem operasi android, tentu saja memiliki file cache di dalamnya. Untuk mengatasinya, kalian bisa membersihkannya memakai fitur bawaan maupun metode lainnya pada perangkat Xiaomi. Tujuannya agar file cache bisa terhapus di perangkat dan tidak memberatkan kinerja perangkat hp Xiaom itu sendiri.

Terkait:  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Oppo

Jika kalian ingin membersihkan cache pada perangkat Xiaomi, silahkan coba trik cara membersihkan cache di hp Xiaomi berikut :

1. Membersihkan File Cache Dengan Fitur Bawaan

Menariknya hp Xiaomi menawarkan fitur bawaan untuk membershkan file cache di perangkat. Sehingga kalian tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk membersihkan file cache pada Xiaomi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk terlebih dahulu pada menu setelan hp Xiaomi.

  • Setelah itu, masuk pada opsi ‘aplikasi terinstal’.

  • Akan muncul beberapa aplikasi yang terinstal di hp xiaomi, pilih salah satu aplikasi yang ingin kalian hapus file cachenya.

  • Setelah klik aplikasi yang diinginkan, berikutnya cukup klik tombol ‘hapus cache’.

  • Dengan begitu, file cache yang ada pada aplikasi tersebut sudah terhapus.

Cara ini cukup mudah dilakukan, akan tetapi sebagai saran, sebaiknya pilih aplikasi yang memakan memori cukup besar. Karena secara umum aplikasi dengan ukuran yang cukup besar tersebut memiliki file cache dengan ukuran paling minimal puluhan mega byte. Sementara maksimalnya bisa mencapai ratusan mega byte.

Karena cara ini harus dilakukan satu per satu, kalian harus mengurutkan aplikasi terlebih dahulu mulai dari ukuran yang paling besar ke ukuran terkecil. Dengan begitu, kalian akan mudah mendapatkan file cache berukuran cukup besar, sehingga dapat membuat memori internal perangkat Xiaomi lebih lega sekaligus meningkatkan performa hp.

2.  Menggunakan Aplikasi Keamanan

Cara membersihkan cache di hp Xiaomi selanjutnya adalah masih memakai fitur bawaan dari hp xiaomi. Namun kali ini menggunakan aplikasi keamanan yang bisa digunakan untuk menghapus file cache. Bahkan kalian bisa menghapus semua file cache tanpa harus memilih aplikasi yang diinginkan satu per satu. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, bukalah aplikasi keamanan Xiaomi.

  • Selanjutnya akan ada opsi untuk membersihkan berbagai macam file sampah termasuk file cache. Klik opsi ‘pembersih’.

  • Tunggulah beberapa saat hingga proses pemindaian selesai.

  • Setelah itu, klik tobol ‘bersihkan’.

Perlu diketahui, proses pemindaian membutuhkan waktu yang cukup lama apabila file sampah sangat jarang dibersihkan. Memang dengan cara ini semua file cache pada hp xiaomi terhapus. Akan tetapi kelemahannya, apabila kalian tidak ingin menghapus file cache pada beberapa aplikasi, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan. Mengingat dengan fitur ini, semua file cache pada semua aplikasi akan dibersihkan.

3. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dengan kedua cara di atas, ada cara lain lagi yang bisa kalian lakukan untuk menghapus file cache dari hp xiaomi. Cara tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang cukup mudah di lakukan.

Untuk mendapatkan aplikasi pihak ketiga, maka terlebih dahulu harus download aplikasinya via Google Play Store. Setelah itu, pilihlah aplikasi pembersih khusus untuk membesihkan file cache dan file sampah lainnya.

Karena begitu banyak aplikasi yang digunakan untuk membersihkan file cache, untuk mempermudah kalian mendapatkan aplikasi terbaik, rekomendasi aplikasi yang bisa di download adalah Ccleaner dan AVG Cleaner. Kedua aplikasi ini sangat cocok digunakan pada hp xiaomi.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan tutorial cara membersihkan cache di hp Xiaomi memakai aplikasi Ccleaner pada hp xiaomi :

  • Download terlebih dahulu aplikasinya dari Google Play Store

  • Ketik pada menu pencarian : Ccleaner.

  • Setelah muncul aplikasinya, selanjutnya klik instal agar aplikasi tersebut terinstal pada hp xiaomi.

  • Jika sudah terinstal, kalian bisa buka aplikasinya pada halaman play store dengan klik ‘buka’. Atau jika tidak, bisa masuk pada menu aplikasi, lalu klik ikon Ccleaner.

  • Buka semua perizinan ketika pertama kali membuka Ccleaner.

  • Lalu setelah itu akan muncul halaman utama dari aplikasi Ccleaner tersebut.

  • Bagi kalian yang hanya ingin membersihkan file sampah dengan cepat. Pada halaman utama Ccleaner ada opsi ‘pembersihan cepat’. Klik opsi tersebut.

  • Ccleaner akan melakukan scanning sampah yang terdapat pada hp xiaomi. Jika belum pernah melakukan pembersihan maka prosesnya akan memakan waktu cukup lama, namun nantinya jika sudah rutin membersihkan, proses scanning tidak akan membutuhkan waktu lama.

  • Kemudian setelah itu, klik ‘selesaikan pembersihan’ untuk menghapus semua file sampah hasil scanning tadi. Apabila ada notifikasi mengenai perizinan ‘akses aksesibilitas’, sebaiknya beri izin untuk mempermudah Ccleaner membersihkan file sampah secara maksimal.

  • Tunggulah hingga proses pembersihan file sampah di selesaikan oleh Ccleaner.

  • Nantinya jika proses pembersihan selesai, maka akan muncul informasi pada layar HP yang memberitahukan bahwa kalian telah menghemat sekian MB atau sekian GB. Hal tersebut berdasarkan ukuran dari file sampah yang dihapus.

Kesimpulan

Tutiorial di atas cukup mudah dilakukan, untuk tahapan selanjutnya bisa cek memori internal hp xiaomi pada menu pengaturan untuk memastikan memori kosong hasil dari pembersihan file sampah tersebut.

Berikutnya, apabila ingin masuk pada tahapan selanjutnya, kalian bisa memilih beberapa opsi lainnya pada halaman utama Ccleaner. Karena di sana buka hanya opsi Pembersihan Cepat saja, melainkan ada opsi Peningkat, Gambaran Umum Media, dan Gambaran Umum Aplikasi yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan.

Aplikasi selanjutna yaitu AVG Cleaner, cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi Ccleaner, hanya saja dari segi tampilan sangat berbeda karena berasa dari pengembang yang berbeda. Namun secara umum langkah-langkahnya sama.

Dengan cara membersihkan cache di hp Xiaomi, kalian tidak perlu repot lagi jika file cache sudah menumpuk pada hp Xiaomi.

Related posts