Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Android

Sebagian besar smartphone sekarang ini menggunakan sistem operasi Android, hal ini disebabkan karena sistem operasi Android lebih mudah didapatkan karena memilikii harga yang lebih mudah dibandingkan iPhone yang memiliki sistem operasi Ios. Untuk kamu pengguna Android penting untuk mengetahui cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android.

Sebab permasalahan aplikasi di smartphone tidak bisa dibuka sering terjadi kepada siapapun. Aplikasi yang tidak bisa dibuka biasanya ditandai dengan adanya tulisan aplikasi keluar sendiri atau muncul tulisan Not Enough Memory.

Read More

Aplikasi sendiri adalah bagian yang sangat penting untuk smartphone Android. Sebab tanpa adanya aplikasi kamu tidak akan bisa menggunakan smartphone Android secara maksima

Dan aplikasi ada dua jenis yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi bawaan adalah aplikasi-aplikasi yang sudah ada di smartphone saat kamu pertama kali membelinya seperti Google Crome, Google Play Store, dan lain-lain sebagainya.

Sedangkan aplikasi pihak ketiga merupakan aplikasi yang kamu install sendiri sesuai keinginan seperti media sosial WhatsApp, Instagram, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Jika kamu ingin membuka suatu aplikasi lalu aplikasi kamu keluar sendiri dengan notifikasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”.

Maka kamu sedang mengalami permasalahan aplikasi handphone kamu sedang eror yang menyebabkan aplikasi di smartphone Android kamu tidak bisa dibuka. Sebernarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan aplikasi menjadi tidak bisa dibuka.

Faktor-faktor yang sering terjadi adalah karena memori RAM sudah penuh, karena penumpukan cache yang tidak pernah dibersihkan dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Faktor-faktor Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Seperti yang telah disebutkan jika ada banyak faktor yang bisa menyebabkan aplikasi di smartphone Android tidak bisa dibuka atau keluar dengan sendirinya. Untuk penyelasannya kamu bisa menyimak beberapa faktor penyebab aplikasi di handphone Android menjadi tidak bisa dibuka :

Terkait:  Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

1. Memori RAM Penuh

Faktor pertama yang bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka dan sering terjadi pada pengguna smartphone Android adalah karena memori RAM yang penuh. Memori RAM penuh bisa terjadi karena terjadi aktivitas multitasking yang berlebihan yaitu kamu terlalu banyak menjalankan aplikasi di latar belakang.

2. Memori Internal Penuh

Selain karena RAM penuh, memori internal yang penuh juga bisa menyebabkan aplikasi menjadi bermasalah. Sebab sistem dan aplikasi pada smartphone membutuhkan banyak ruang untuk memproses data dan informasi yang diperlukan.

Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut terjadi kamu perlu memberihkan memori internal supaya handphone kamu bisa berjalan dengan optimal dan juga selalu stabil.

3. Penumpukan File Cache

Berikutnya faktor yang satu ini juga sering menjadi penyebab kenapa aplikasi menjadi tidak bisa dibuka dan keluar sendiri yaitu karena penumpukan file cache. File cache ini sering kali diabaikan oleh pengguna Android padahal dengan penumpulan cache ini bisa menyebabkan berbagai permasalahan di smartphone seperti aplikasi menjadi keluar sendiri.

4. Aplikasi Tidak Kompatibel

Selanjutnya bisa jadi suatu aplikasi di handphon Android tidak bisa dibuka disebabkan karena aplikasi yang kamu install tidak kompatibel dengan versi Android handphone kamu.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan aplikasi di handphone Android menjadi tidak bisa dibuka. Jika kamu sudah mengetahui penyebab dari aplikasi di handphone kamu tidak dapat terbuka kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti cara-cara yang akan dibahas di artikel ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Android
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Android

Jika kamu sedang mengalami permasalahan aplikasi tidak bisa dibuka kamu tidak perlu panik, karena kamu bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Terkait:  Cara Mengetahui Pola Hp Orang Lain

Pada artikel ini akan dibahas beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka, simak cara-cara berikut ini :

1. Melakukan Restart Smartphone Android

 Cara pertama yang bisa kamu coba jika terjadi permasalahan aplikasi di handphone Android tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan restart pada handphone.

Metode ini cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut, karena seperti yang kita ketahui jika salah satu penyebab aplikasi tidak bisa terbuka adalah akrena memori RAM yang penuh sehingga sistem tidak bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu kamu bisa mencoba melakukan restart pada handphone kamu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Akan tetapi jika aplikasi yang kamu inginkan masih belum terbuka kamu bisa mencoba cara berikutnya.

2. Hapus Cache Aplikasi

Metode berikutnya untuk mengatasi permasalah suatu aplikasi tidak dapat terbuka adalah dengan mengahapus cache. Sebab penumpukan cache pada suatu aplikasi bisa membuat aplikasi menjadi tidak bekerja secara optimal.

Jadi untuk memperbaikinya kamu bisa mencoba untuk menghapus cache pada aplikasi tersebut. Cache ini sering diabaikan oleh pengguna smartphone dan banyak yang takut untuk menghapus file cache karena takut datanya akan hilang.

Padahal membersihkan cache tidak akan berakibat buruk pada aplikasi, apalagi sampai filenya hilang. Karena cache merupakan file sementara yang tetap aman meskipun dihapus.

Untuk cara menghapus cache supaya tidak menumpuk yang bisa menyebabkan aplikasi menjadi eror adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setelan di handphone Android milikmu.
  • Langkah berikutnya adalah buka opsi Kelola Aplikasi.
  • Jika sudah masuk ke opsi aplikasi kamu bisa scroll dan cari aplikasi yang ingin kamu bersihkan cache-nya.
  • Apabila sudah ketemu klik aplikasi tersebut dan pilih Hapus cache.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Download Video Smule

3. Hapus Data Aplikasi

Apabila kamu sudah mencoba untuk mengapus file cache pada aplikasi yang ingin kamu buka, dan aplikasi tersebut masih belum terbuka maka kamu bisa mencoba cara yang ketiga ini.

Cara ketiga ini juga efektif untuk memperbaiki aplikasi yang tidak mau terbuka, caranya adalah dengan menghapus data aplikasi. Meskipun kamu akan kehilangan data aplikasi, namun itu lebih baik daripada aplikasi tidak bisa terbuka sama sekali.

Data-data yang akan hilang seperti basis data, cache, cookies, bookmark, hingga history, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mencoba cara ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama buka aplikasi Pengaturan atau Setelan terlebih dahulu.
  • Setelah itu jika sudah masuk ke Pengaturan maka kamu bisa memilih opsi Kelola Aplikasi.
  • Langkah berikutnya adalah pilih aplikasi yang ingin kamu hapus datanya.
  • Lalu pilih tombol Hapus Data, kemudian Hapus semua data.
  • Jika sudah maka tunggu hingga proses penghapusan data selesai.
  • Selesai, kamu bisa mencoba membuka kembali aplikasi yang ingin kamu buka.

4. Perbarui Aplikasi

Cara berikutnya adalah dengan cara memperbarui atau update aplikasi, sebab bisa jadi aplikasi tidak bisa digunakan karena aplikasi sudah kadaluarsa versinya.

Dan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini adalah dengan melakukan update aplikasi, caranya juga cukup mudah jika kamu pengguna Android kamu bisa melakukannya melaui Google Play Store ataupun menggunakan toko aplikasi lainnya.

Berikut ini langkah-langkah untuk memperbarui aplikasi, simak penjelasannya:

  • Pertama-tama buka aplikasi Google Play Store.
  • Jika sudah kamu bisa klik Profil akun Google milikmu.
  • Lalu pilih opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Setelah itu pilih Kelola, dan cari aplikasi yang kamu inginkan.
  • Berikutnya klik aplikasi dan tekan tombol Update jika sudah ada versi terbaru dari aplikasi tersebut.
  • Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai cara  mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android. Dari keempat cara yang sudah dibahas kamu bisa memilih salah satu cara untuk mengatasi permasalahan smartphone milikmu.

Related posts