Cara Mengatur Alarm di Hp Oppo

Cara mengatur alarm di HP Oppo sangat mudah, semua orang bisa melakukannya. Bahkan anak kecil sekalipun. Seperti diketahui alarm sangat berguna bagi penggunanya, fitur ini pasti ada di setiap HP jenis apapun.

Dengan alarm, seseorang bisa terbangunkan dari tidur paginya untuk segera shalat, olahraga, pergi ke kantor ataupun pergi ke sekolah. Bayangkan jika alarm tidak ada. Mungkin banyak sekali orang yang akan telat ketika beraktivitas.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang cara mengatur alarm di HP Oppo. Berikut ini kami jabarkan penjelasan pengaturan alarm pada HP Oppo secara jelas dan juga lengkap.

Cara Mengatur Alarm di HP Oppo

Cara Mengatur Alarm di Hp Oppo
Tutorial Mengatur Alarm di Hp Oppo

Cara mengatur alarm di HP Oppo tidak ribet dan tidak membuang banyak waktu. Kamu bisa melakukannya secara cepat, jika mengikuti langkah-langkah pengaturan alarm di bawah ini :

  • Buka handphone kamu, kemudian cari fitur atau aplikasi jam di handphone kamu. Aplikasi ini biasanya berlogo jam dinding berbentuk bulat.

  • Setelah mengetuk menu alarm, kamu bisa mengklik tkamu ikon berbentuk tambah atau “+”

  • Kemudian kamu tinggal menentukan Waktu Alarm dan juga Nama Alarm.

  • Pada ikon opsi pengulangan, kamu bisa menggunakannya jika ingin alarm berdering lebih dari 1 kali

  • Jika semua proses telah selesai kamu tinggal klik SIMPAN.

Sebetulnya, tanpa melihat tutorial pun sepertinya kamu tahu bagaimana cara melakukan setting alarm pada HP. Hal ini dikarenakan settingan alarm pada hp apapun biasanya tidak jauh berbeda.

Terkait:  Cara Melihat Mac Address Hp

Kamu tinggal cari saja, aplikasi yang memiliki logo jam, setelah itu, kamu tinggal mengulik-nguliknya sendiri.

Adapun, jika misalnya kamu kesulitan mencari ikon berbentuk jam. Kamu bisa mengetuk jam digital pada layar utama HP. Setelah diketuk biasanya sistem akan mengarahkan langsung ke bagian aplikasi jam.

Selain alarm, di aplikasi jam atau watch biasanya juga terdapat fitur lain. Misalnya seperti pengaturan stopwatch ataupun penghitung mundur waktu. Kamu bisa menggunakannya jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Cara Mengganti Nada Dering Alarm

Bukan hanya jam alarm, terkadang seseorang juga ingin mengganti nada alarm sesuai dengan keinginannya sendiri.

Untuk melakukan pengubahan nada dering pada alarm. Kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

  • Sama seperti cara mengganti jam alarm. Kamu tinggal buka aplikasi jam atau clock

  • Setelah itu kamu bisa memilih menu alarm atau tkamu “+”

  • Kemudian setelahnya kamu bisa memilih menu Nada Dering atau Ringtone untuk melakukan pengubahan pada nada dering.

  • Kamu tinggal memilih nada dering yang kamu suka, entah itu nada yang berasal dari bawaan hp atau nada dering yang kamu miliki sendiri

  • Setelah itu kamu tinggal klik tombol Simpan untuk menyimpan semua perubahan yang telah dilakukan.

Tips Menggunakan Alarm

Alarm terkadang digunakan untuk hal hal yang sifatnya penting, misalnya seperti harus berangkat pagi ke tempat kerja, menjemput seseorang atau keperluan yang sifatnya sangat urgent.

Maka dari itu, penggunaan alarm sangat penting demi menjaga kamu agar bisa terbangun di waktu yang telah ditentukan.

Nah, sebagai tips, jika misalnya ingin menggunakan alarm untuk pertama kali. Sebaiknya kamu tes terlebih dahulu alarm tersebut. Apakah ia mengeluarkan suara atau tidak.

Kamu bisa mengetesnya dengan melakukan pengaturan jam yang berdekatan dengan waktu kamu saat itu. Misalnya, waktu sekarang pukul 21.00. Untuk mengetes alarm kamu bisa setel waktu alarm menjadi pukul 21.01 atau 21.02.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai Handphone

Tujuannya adalah untuk mengetahui dan memastikan secara langsung bahwa alarm berfungsi dengan baik dan mengeluarkan suara yang keras.

Setelah memastikan alarm bisa berjalan baik, kamu tinggal mengembalikan settingan waktu alarm sesuai tujuan dan tidur dengan nyenyak.

Bagaimana Jika Jam Alarm Tidak Berbunyi?

Pada beberapa kasus, kamu mungkin akan mendapati jam alarm pada HP Oppo yang tidak berbunyi dengan keras. Hal ini cukup berbahaya karena bisa saja membuat kamu bangun kesiangan.

Untuk mengatasi itu, ada beberapa penyebab dan cara penanganan yang bisa kamu lakukan. Diantaranya adalah :

1. Atur Volume Alarm

Alarm yang tidak berbunyi bisa disebabkan oleh pengaturan volume yang kurang tepat pada settingan alarm. Hal itu mengakibatkan alarm menjadi berbunyi kurang keras atau bahkan bunyinya tidak terdengar sama sekali.

Jika itu terjadi, kamu tinggal masuk ke menu pengaturan alarm. Setelah itu cari pengaturan volume alarm.

Kamu tinggal mengatur tinggi rendahnya suara yang ingin dihasilkan sebelum nanti klik Simpan untuk menyimpan pengaturan.

2. Aktifkan Fungsi Repeat

Hal lain yang bisa menyebabkan alarm tidak berbunyi adalah kesalahan pada pengaturan setting alarm. Jika kamu ingin alarm berbunyi setiap hari secara rutin, kamu harus menyetingnya pada tulisan “ulangi setiap hari”.

Jika kamu mensetting alarm hanya untuk berbunyi hari Senin saja. Maka jika alarm ingin berbunyi hari selasa, kamu harus melakukan aktivasi ulang alarm tersebut.

3. Kesalahan Mengatur Waktu

Penyebab lain yang bisa muncul ketika alarm tidak berbunyi pada HP Oppo adalah kamu salah menyetel waktu alarm.

Kesalahan ini bisa muncul ketika kamu mengatur alarm. Misalnya, ketika kamu ingin mengatur alarm untuk jam 1 siang. Namun, kamu malah mengaturnya untuk jam 1 malam.

Terkait:  Cara Melacak Hp Android

Selain itu, kesalahan pengaturan jam bisa juga disebabkan oleh settingan jam pada perangkat yang terlalu cepat atau lambat.

Hal ini menyebabkan alarm tidak berdering pada waktu real time, melainkan akan berbunyi sesuai waktu yang ditunjukan pada hp.

4. Kesalahan Memilih Nada Alarm

Meskipun terkesan sepele, ternyata memilih nada alarm yang terlalu lambat ataupun terlalu pendek bisa menyebabkan alarm tidak berbunyi secara maksimal.

Maka dari itu, ketika memilih nada dering untuk alarm. Usahakan untuk memilih nada-nada yang keras dan menghentak.

Dengan seperti itu, diharapkan nada akan terdengar lebih keras dan kamu bisa terbangun sesuai waktu alarm yang telah ditentukan.

5. Kerusakan Pada Speaker Handphone

Bukan hanya suara musik ataupun suara telpon yang tidak akan terdengar jika speaker handphone rusak. Suara pada alarm pun tentu saja nantinya tidak akan bisa keluar dan terdengar.

Ketika hal seperti ini terjadi, keputusan yang bisa kamu ambil adalah dengan datang ke service center ataupun teknisi hp terdekat.

Di tempat tersebut, hp kamu mungkin akan diperiksa untuk menemukan titik kerusakan. Apakah misalnya hanya pada kabel sambungan atau pada perangkat keras.

Jika kerusakan ditemukan pada bagian perangkat speaker, mau tidak mau kamu perlu melakukan pergantian speaker agar fungsi alarm bisa kembali normal.

Penutup

Selain memperhatikan cara mengatur alarm di HP Oppo. Kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang menjadi penyebab suara alarm tidak berbunyi ataupun error.

Hal ini berguna untuk memastikan bahwa alarm kamu berfungsi dengan normal dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Jika alarm berbunyi normal, diharapkan aktivitas kamu pun akan berjalan secara normal sebagaimana hari-hari biasanya. Meskipun sepele, tapi alarm sangat penting untuk manajemen waktu dalam setiap aktivitasmu. 

Related posts