Cara Bayar BPJS

  • Whatsapp

Apa saja persyaratan untuk bayar BPJS? Dimana saya bisa melakukan pembayaran BPJS? Dan bagaimana cara bayar BPJS?

Berbicara soal asuransi atau jaminan kesehatan, tentu kita tak lagi asing mendengar kata BPJS. Sebagaimana kita tahu BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan, merupakan salah satu program pemerintah, untuk mempermudah masyarakat ketika harus mengunjungi rumah sakit untuk melakukan perawatan ataupun operasi.

Read More

Sistem dari BPJS sendiri hampir mirip dengan asuransi kesehatan, di mana tiap pengguna kartu BPJS, harus melakukan setoran tiap bulan sesuai dengan kelas BPJS yang dimiliki. Hal ini sangat membantu masyarakat ketika mungkin dalam kondisi mendesak, dan tidak memiliki uang untuk melakukan operasi ataupun rawat inap. Dengan BPJS inilah kita bisa membayarkan sebagian biaya perawatan, dan sisanya lagi akan dibayarkan oleh pemerintah.

Adapun BPJS ini kerap kita temukan di beberapa instansi, seperti misalnya pada instansi perkantoran, instansi pemerintahan, serta instansi transportasi seperti go-jek. Itulah mengapa, saat ini banyak perusahaan yang membuatkan BPJS, untuk para karyawannya. Dan untuk pembayaran BPJS nya sendiri biasanya ditanggung penuh oleh perusahaan, atau bahkan melalui pemotongan gaji karyawan tiap bulan.

Walaupun terdengar sepele, faktanya BPJS bisa menjadi alternatif untuk masyarakat yang mungkin tidak mengikuti asuransi kesehatan. Sebab BPJS bisa digunakan di berbagai Rumah Sakit milik negara, ataupun Rumah Sakit lain yang mendukung pembayaran BPJS. Tentunya ini sangat membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah, dan juga menjaga kesehatan masyarakat umum.

Untuk itu penting bagi kita yang mungkin memiliki BPJS secara perseorangan, untuk membayar tagihan BPJS secara rutin tiap bulan. Walaupun begitu, ada aja masyarakat yang belum mengetahui cara bayar BPJS, terlebih untuk masyarakat yang mendaftarkan BPJS secara perseorangan, atau bukan berada dibawah naungan perusahaan.

Cara Bayar BPJS

Cara Bayar BPJS
Bayar BPJS

Untuk itu jika Mungkin kalian ingin mencari tahu cara bayar BPJS, kalian bisa menyimak informasi berikut ini secara lengkap. Seperti:

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat Kantor BPJS

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan mengunjungi kantor BPJS, di sana kalian bisa melakukan pembayaran hanya dengan membawakan kartu BPJS yang kalian miliki. Tidak ada persyaratan yang khusus dalam hal ini, sebab kalian bisa langsung menuju ke loket pembayaran dan mengatakan bahwa kalian ingin membayarkan iuran BPJS.

Sesuaikan atau cari informasi mengenai kantor BPJS terdekat, sesuai dengan domisili kalian.

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM

Selanjutnya ada cara yang juga tak kalah mudah daripada mengunjungi kantor BPJS, yakni dengan melalui ATM terdekat. Adapun beberapa bank atau ATM yang bekerjasama dengan BPJS adalah BNI, Mandiri, BRI, BCA, dan BTN.

Dengan melakukan pembayaran BPJS melalui ATM. Kalian tidak perlu mengantri dan Kalian juga bisa mengatur fitur auto debit, agar tiap bulannya saldo kalian dipotong sesuai dengan jumlah iuran BPJS yang harus dibayarkan.

Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa lanjut untuk mengunjungi ATM, lalu memasukkan kartu ATM serta enam digit PIN ATM kalian. Pilih pada menu pembayaran, lalu pilih BPJS.

Masukkan nomor kartu BPJS sekalian, dan lakukan pembayaran sesuai dengan nominal bulanan iuran BPJS. Setelah itu kalian akan mendapatkan struk, sebagai tanda/bukti bahwa kalian sudah melakukan pembayaran.

Terkait:  Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan Online

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat Alfamart Dan Indomaret

Selain berguna untuk melakukan pembayaran angsuran FIF, alfamart dan Indomaret juga bisa membantu kalian dalam membayar iuran BPJS. Caranya juga gampang banget kok, kalian hanya perlu datang ke Indomaret ataupun Alfamart terdekat, dan langsung menuju kasir untuk melakukan pembayaran iuran BPJS.

Setelah itu biasanya pihak kasir akan meminta nomor kartu BPJS kalian, dan setelah proses pendataan selesai, kalian tinggal melakukan pembayaran sejumlah iuran BPJS kalian.

Ketika melakukan pembayaran melalui Indomaret ataupun Alfamart, mungkin saja kalian akan dikenakan biaya admin, oleh karena itu pastikan kalian membawa uang yang cukup.

Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kalian mendapatkan struk, dan simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah.

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat Kantor Pos

Sama seperti Alfamart dan Indomaret, kalian juga bisa melakukan pembayaran BPJS melalui kantor pos.

Caranya pun juga mudah kok, pertama-tama pastikan dulu kantorpos yang kalian kunjungi memiliki tulisan tempat pembayaran angsuran.

Setelah itu kalian tinggal menuju loket pembayaran BPJS, dan sertakan nomor atau kartu BPJS kalian. Katakan kepada kasir atau petugas di sana, bahwa kalian ingin melakukan pembayaran BPJS.

Lalu kasir akan memberitahukan jumlah nominal yang harus kalian bayar. Dan tak perlu menunggu lama, kalian akan mendapatkan struk sebagai bukti pembayaran iuran yang sah.

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat Toko Online

Berkembangnya informasi dan teknologi, membuat kita dapat dengan mudah melakukan pembayaran cicilan ataupun angsuran. Hal inilah yang juga berpengaruh pada toko online, jika sebelumnya kita mengetahui toko online hanyalah untuk melakukan proses jual beli, sudah bisa membayarkan angsuran BPJS melalui toko online, seperti Tokopedia, lazada, bukalapak, shopee, dan rentetan ecommerce lain.

Caranya juga nggak jauh beda kok.

Terkait:  Cara Bayar Shopee Pakai DANA

Pertama kalian hanya perlu membuka aplikasi toko online kalian, lalu pilih pada menu bayar, dan pilih pelayanan BPJS. Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS kalian, dan akan tertera nominal yang harus dibayarkan.

Setelah itu kalian tinggal melakukan proses pembayaran, baik melalui virtual account, atau bahkan bank transfer. Setelah selesai kalian akan menerima struk dalam bentuk digital, yang biasanya dikirim melalui email. Pastikan Kalian juga menyimpan bukti tersebut, sebagai tanda bayar yang sah.

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat Go-Pay

Jika sebelumnya kita pernah membahas cara bayar Alfamart pakai go-pay, ternyata go-pay juga bisa berguna untuk melakukan pembayaran iuran BPJS. Caranya juga tidak terlalu sulit kok.

Pertama pastikan dulu kalian memiliki saldo go-pay yang cukup, atau kalian bisa melakukan penambahan saldo dengan melakukan top up. Kemudian buka aplikasi go-jek customer, setelah itu pilih pada menu GoTagihan, lalu pilih BPJS Kesehatan.

Masukkan nomor kartu BPJS sekalian, dan setelah itu lakukan pembayaran dengan menggunakan go-pay. Enggak cuma itu aja, kalian juga bisa kok melakukan auto debit dengan menggunakan go-pay, atau juga memasukkan nomor virtual account jika Mungkin kalian melakukan pembayaran lewat metode lain.

Tentunya ini menjadi salah satu kemudahan terlebih untuk para pengguna gojek.

Kesimpulan

Dengan rutin melakukan pembayaran iuran BPJS, tentunya hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk masyarakat, dalam memiliki asuransi kesehatan. Untuk itu ada baiknya jika kalian mengaktifkan fitur auto debit, sehingga kalian bisa melakukan pembayaran secara otomatis, di setiap akhir bulan.

Demikianlah tadi beberapa cara bayar BPJS yang bisa kalian coba, silakan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat

Related posts