Cara Mengecek Hp Vivo

Pembelian hp second sebenarnya tidak direkomendasikan, apabila kalian ingin mengganti hp. Sebab membeli hp bekas, artinya kalian harus siap dengan segala resiko. Bisa saja hp tersebut sudah mengalami perbaikan beberapa kali, kalian tidak pernah tahu. Selain itu, penting sekali memahami cara mengecek hp Vivo terutama bagi yang tertarik membeli brand smartphone ini.

Namun jika belum memiliki budget mencukupi, sedangkan hp lama kalian sudah tidak bisa dipakai. Mungkin membeli hp Vivo bekas bisa disarankan, hanya untuk jangka pendek. Tapi kembali lagi, semuanya tergantung dari kondisi hp. Jika masih bagus, otomatis kalian masih bisa menggunakannya dalam waktu lama.

Read More

Cara Mengecek Hp Vivo

Cara Mengecek Hp Vivo
Tutorial Mengecek Hp Vivo

Tutorial Mengecek Hp Vivo Bekas

Jika tidak ingin merugi saat membeli hp Vivo bekas, kalian tidak perlu khawatir. Akan kami bagikan tutorial cara mengecek hp Vivo second yang sangat penting agar tidak tertipu. Karena bagaimanapun, kalian harus mendapatkan ponsel yang masih bagus dan layak digunakan.

Di bawah ini, ada beberapa komponen yang perlu dicek terutama jika membeli hp Vivo bekas, baik itu saat membelinya di counter hp atau melalui pemiliknya secara langsung. Begini tutorialnya :

1. Cek kondisi Fisik HP Vivo

Jika membeli hp baru, kalian mungkin tidak perlu mengecek fisik hp, akan tetapi wajib bagi kalian yang ingin membeli HP second, sebaiknya cek kondisi fisik terlebih dahulu. Lantas, apa saja yang harus di cek? Simak ulasannya di bawah ini :

Terkait:  Cara Mengatur Alarm di Hp Oppo

Step 1: Cek Body HP

Cek Body Hp Vivo

Komponen yang dilihat pertama kali pastinya yaitu body HP. Silahkan cek secara keseluruhan body HP Vivo yang ingin kalian beli mulai dari bagian belakang hp. Silahkan cek dengan seksama, apakah ada goresan atau tidak. Selanjutnya cek di setiap sudut body HP, apakah ada bekas terjatuh ataukah idak.

Namanya HP second, mungkin akan selalu ada goresan di beberapa bagian body HP. Namun penting sekali untuk mengidentifikasikan persentase kecacatan akibat goresan, pastikan persentasenya jangan sampai 10%.

Jika kerusakannya di atas 10%, sebaiknya urungkan niat membeli hp Vivo tersebut.

Step 2 : Cek Layar HP

Cek Touchscreen Hp Vivo

Layar HP adalah bagian sensitive pada HP. Termasuk HP Vivo. Layar HP berguna untuk mengoperasikan berbagai macam fitur yang ada pada perangkat hp.

Silakan cek bagian luar layar untuk melihat apakah ada retakan yang berarti atau tidak. Karena jika retakan tersebut kena pada LCD nya, kemungkinan besar lama kelamaan performa sensitivitas HP akan berkurang, bahkan harus diganti dengan layar HP yang baru.

Step 3 : Cek Kelengkapan dan Keaslian Charger

Cek Kelengkapan dan Keaslian Charger

Perhatikan baik-baik charger HP Vivo bekas yang dijual, berikut dengan kabel USB nya. Pastikan apakah masih original atau tidak. Biasanya charger yang original memiliki ciri tersendiri, yang gampang dikenali.

Step 4 : Cek Kelengkapan box HP

Kelengkapan box HP berikut isinya, seperti buku petunjuk penggunaan dan kartu garansi berguna jika suatu saat HP second kalian ingin dijual Kembali.

Cek Box Hp Vivo

Walaupun harga HP jika dijual Kembali akan turun drastis, tapi setidaknya dengan adanya box HP harga tidak akan separah turunnya dibandingkan bagi yang tidak memiliki box HP sama sekali.

2. Cek Nomor IMEI HP Vivo

Cara cek hp Vivo bekas selanjutnya adalah dengan mengecek nomor IMEI HP Vivo. Pengecekan ini untuk memastikan apakah HP Vivo kalian merupakan HP asli atau HP tiruan.

Terkait:  Cara Melihat Tipe Hp Vivo

Bisa jadi HP Vivo yang akan dibeli sistemnya sudah banyak diubah, sehingga menyebabkan nomor IMEI hilang. Untuk mengetahui nomor imei pada HP Vivo, begini tutorialnya :

  • Buka menu settings atau Setelan  pada HP Vivo.
  • Lalu buka menu more settings atau Setelan Lainnya dan pilihlah opsi about phone.
  • Di halaman about phone akan muncul nomor IMEI milik HP Vivo tersebut.
  • Sekarang, coba untuk menggunakan browser, bisa menggunakan HP lain dengan mengunjungi situs resmi khusus cek nomor imei di alamat : https://www.Vivo.com/id/support/IMEI
  • Di halaman tersebut, isi pada kolom yang tersedia dengan nomor imei yang ada pada HP Vivo.
  • Klik setuju dengan centang pada bagian konfirmasi.
  • Selanjutnya klik tombol Kirim.
  • Apabila terindikasi palsu, maka data imei tidak akan terdeteksi pada situs tersebut, namun apabila asli, maka data pada situs akan tersedia mengenai rincian HP dari nomor imei tersebut.

3. Cek Sensitivitas Layar Vivo

Jika sebelumnya kalian mengecek kondisi layar hp secara fisik, sekarang cek bagian dalam layar untuk melihat tingkat sensitivitas layar saat sedang digunakan. Begini tutorialnya :

  • Buka terlebih dahulu menu dial pada HP Vivo.
  • Selanjutnya sekarang ketik kode dial : *#558#.
  • Akan masuk pada halaman Factory Reset, selanjutnya pilih opsi Engineering Test.
  • Pada halaman berikutnya, silakan pilih opsi Touchscreen Test.
  • Lanjutkan dengan melakukan serangkain test layar sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Kunci dari uji sensitivitas layar ini adalah jika layar responsive, maka dipastikan tingkat sensitivitas layar masih baik. Begitupun sebaliknya, apabila kurang begitu responsive setelah melakukan berbagai macam test, maka layar HP perlu diganti.

4. Kode Rahasia Pengecekan Komponen Tertentu Pada Vivo

Kode Rahasia Vivo

Step 1 : *#12580*369#

Kode rahasia ini digunakan untuk mengecek kondisi pada hardware dan software Vivo. Dengan kode ini, kalian bisa mengetahui firmware pada HP Vivo, sehingga bisa memutuskan apakah HP Vivo layak di beli atau tidak.

Terkait:  Cara Cek Data Smartfren

Caranya cukup masuk pada menu dial lalu tekan kode *#12580*369# untuk selanjutnya lakukan panggilan pada kode tersebut

Step 2 : *#*#2323393#

Kode selanjutnya adalah untuk mengecek kondisi pada wireless LAN HP Vivo. Perlu kalian ketahui,  jika ternyata bagian ini rusak, maka bisa sangat merepotkan. Apalagi sekarang tidak lepas dari internet yang merupakan kebutuhan sehari-hari.

Caranya cukup masuk pada menu dial HP Vivo, selanjutnya tinggal ketik kode *#*#2323393# lalu panggil, maka akan muncul informasi dan bisa langsung cek kondisi wireless LAN pada HP Vivo.

Step 3 : *#*#4636#*#*

Satu lagi kode rahasia yang wajib kalian tahu jika akan membeli HP Vivo terutama HP second yaitu dengan kode rahasia *#*#4636#*#*. Kode ini sangat bermanfaat untuk melihat kondisi performa baterai pada HP Vivo.

Nanti pada saat pengecekannyam kalian akan mengetahui bagaimana performa baterai hp Vivo. Apakah masih kondisinya masih prima atau ada penurunan performa yang memerlukan pengisian baterai berulang-ulang dalam 1 hari.

Caranya sederhana, masuk Kembali pada menu dial lalu ketik kode *#*#4636#*#*, nantinya akan terlihat kondisi baterai pada layar.

5. Cek Harga

Salah satu keunikan dari harga jual HP baru adalah selalu sama harganya, baik yang di tawarkan oleh petugas counter atau gerai resmi dengan yang tertera pada situs resiminya. Misalnya harga seri HP Vivo tertentu pada situs resiminya adalah Rp. 2.000.000, maka Ketika kalian akan membeli di toko resmi, counter maupun gerai resmi harganya puin akan sama yaitu Rp. 2.000.000.

Berbeda halnya dengan harga second, terkadang harganya tidak akan sama dengan harga yang sudah beredar di internet. Setidaknya akan ada selisih harga yang biasanya dinaikkan sedikit dari harga di pasaran.

Dengan mengetahui cara mengecek hp Vivo bekas di atas, dijamin kalian tidak perlu risau lagi saat terpaksa harus membeli hp second Vivo karena beberapa alasan.

Related posts