Cara Cek Nilai UT

Bagaimana cara cek nilai UT? Bagi Kamu yang sedang menempuh pendidikan tinggi di UT, Kamu wajib mengikuti tutorial yang akan Kami bagikan di bawah!

Universitas Terbuka atau UT, ialah sebuah nama perguruan  tinggi negeri di urutan ke-45 di tanah air. Sesuai namanya, Universitas Terbuka menerapkan metode pembelajaran jarak jauh dan terbuka yang sekarang ini sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat.

Bahkan sistem pembelajaran UT terbukti lebih efektif serta dapat meningkatkan jangkauan dan pemerataa kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Seperti halnya pendidikan tinggi negeri lainnya, UT menyelenggarakan UTS (Ujian Akhir Semester) yang berlangsung di tiap akhir semester, yakni 2 kali dalam 1 tahun dan dilakukan secara serentak dan tertulis.

Sementara,hasil dari nilai ujian itu sendiri berbentuk DNU atau daftar nilai ujian yang disampaikan lewat program pembelajaran jarak jauh UT (IPBJJ-UT) di seluruh Indonesia.

Selain itu, DNU tadi biasanya diumumkan lewat website resmi dari Universitas  Terbuka, yaitu di alamat www.ut.ac.id.

Sebelum kita membahas tentang cara cek nilai UT, mari simak ulasan tentang UT dan keunggulan mengambil pendidikan tinggi di Universitas Terbuka terlebih dahulu!

Apa Itu Universitas Terbuka (UT) ?

Untuk sebagian orang, menjalani perkuliahan bertatap muka secara langsung dengan para dosen sesuai jadwal yang sudah ditetapkan terkadang memberikan kendala tersendiri.

Sehingga, tak jarang mereka terpaksa harus menunda untuk tidak menempuh pendidkan tinggi terlebih dahulu.

Akan tetapi, tahukah Kamu jika Indonesia memiliki Universitas Terbuka dengan menyuguhkan sistem perkuliahan yang fleksibel?

Ya, bagi Kamu yang kesulitan melakukan perkuliahan dengan bertatap muka, kini tidak perlu khawatir lagi. Sebab Universiter Terbuka dapat dijadikan sebagai pilihan ideal untuk menempu pendidikan perguruan tinggi.

Universitas Terbuka atau UT menawarkan konsep pembelajaran berbeda jika dibandingkan dengan universitas umumnya.

Universitas Terbuka adalah PTN ke-45 yang telah didirikan di negara Indonesia. UT secara resmi didirikan pada tanggal 4 September 1984 didasari ole Kepres No.41 Tahun 1984.

Adapun pertimbangan mendirikan UT ialah dalam rangka untuk mengekspansi daya tampung pendidikan tinggi sejauh mungkin sehingga dapat menjangkau para calon mahasiswa yang ada di seluruh pelosok Indonesia.

Oleh karena itu, UT dinilai sebagai metode pendekatan baru bagi sistem perkuliahan dengan pemanfaatan teknologi canggih yang sudah berkembang saat ini.

Apa Saja Keunggulan Universitas Terbuka?

Keberadaan universitas ini tentu saja menawarkan beberapa hal yang tidak bisa kita temui di universitas PTN lainnya di dalam negeri.

Supaya Kamu lebih yakin berkuliah di UT, mari kenali beberapa keunggulan Universias Terbuka terlebih dahulu, diantaranya :

1. Waktu Kuliah Fleksibel

Salah satu keunggulan yang paling menarik di Universitas Terbuka ialah waktu belajar yang fleksibel. Keunggulan ini tentu saja tidak dimiliki oleh PTN manapun di Indonesia.

Beberapa perguruan tinggi mungkin banyak yang menyelenggarakan proses pembelajaran atau kuliah malam lewat program ekstensi guna mengakomodasi kebutuhan pekerja yang tetap ingin berkuliah.

Akan tetapi, kelas tersebut tetap menuntut adanya pertemuan secara tatap muka. Ini artinya, mahasiswa harus  tetap mengalokasikan waktu mereka untuk berkuliah menyesuaikan jadwal yang telah ditetapkan pihak universitas.

Lain halnya dengan UT, dimana perguruan tinggi ini menyediakan 2 layanan tutorial, yakni tutorial online dan tatap muka. Tutorial tersebut berperan sebagai layanan dalam pembelajaran. Jadi, mahasiswa bisa memilih mana tutorial yang akan diikuti.

Kehadiran tutorial online ini sudah jelas memberikanmu keleluasaan belajar di bangku kuliah secara fleksibel. Kamu dapat mengatur waktu dan tempat untuk belajar.

Sehingga, tak perlu repot-repot lagi harus pergi ke kampus. Bagi pekerja yang sedang menyambi kuliah, sudah tentu membuat pekerjaanmu tetap bisa dijalani sebaik mungkin.

2. Kampus Tanpa Batasan

Kenapa dibilang kampus tanpa batasan? Ya, hal ini dikarenakan dalam penerimaan mahasiswa sendiri, UT tidak memberikan persyaratan pembatasan tahun ijazah, usia, waktu registrasi, masa belajar dan frekuensi dalam mengikuti ujian.

Adapun satu-satunya batasan saat hendak mendaftar calon mahasiswa UT ialah Kamu harus menamatkan pendidikan SMA/SMK atau sederajat terlebih dahulu.

3. Kuliah Terakreditasi

Mengenai kualitas, sudah tentu tak perlu meragukan mutu pendidikan di UT. Hal ini dikarenakan, UT menawarkan sistem penjaminan komprehensif. PTN ini ikut melibatkan organisasi secara internasional untuk mengulas sistem pembelajaran jarak jauh.

Untuk soal akademik sendiri, Universitas Terbuka memastikan jika kualitas akademiknya telah diakui di mata nasional. Dimana hal tersebut dibuktikan berdasarkan perolehan akreditasi kampus UT dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

4. Sistem Jarak Jauh Memanfaatkan Teknologi Terkini

Seperti sudah kita jelaskan di atas, bahwa Universitas Terbuka menawarkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Nah, dengan sistem pembelajaran jarak jauh inilah, UT tidak melulu mengharuskan sistem belajar lewat bertatap muka.

Namun sebaliknya, dengan memanfaatkan media, seperti media non cetak dan media cetak berupa modul. Sementara media non cetak sendiri biasanya menggunakan internet, televisi, radio, dan audio/video.

Mengenai hal itu, para mahasiswa UT dituntut untuk bisa belajar mandiri. Melalui cara inilah, mahasiswa diharapkan untuk belajar berdasarkan inisiatif atau prakarsa sendiri.

Belajar mandiri bisa dilakukan baik secara individu ataupun secara berkelompok. Lalu, jika mengalami kesulitan ketika belajar, maka mahasiswa bisa meminta informasi mengenai bantuan belajar ke pihak UPBJJ-UT (Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka) setempat.

5. Biaya Terjangkau

Biaya terjangkau, adalah keunggulan paling penting yang dimiliki UT bagi mahasiswa yang ingin menempuh bangku kuliah tanpa mengeluarkan modal besar.

Bahkan UT tidak mengenal adanya uang bangunan atau uang pangkal. Tak heran rasanya sebab sistem pembelajaran yang mereka terapkan ialah pembelajaran jarak jauh.

Tidak hanya itu, untuk uang kuliah yang dibebankan tiap semesternya juga cukup murah, mulai dari Rp. 1 juta sampai Rp. 3 juta saja.

Wah, menarik bukan? Selain itu bagi Kamu mahasiswa di Universitas Terbuka yang ingin mengecek nilai UT, Kamu juga bisa menggunakan cara cek nilai UT mudah yang akan Kami bagikan di bawah ini!

Cara Cek Nilai UT

Cara Cek Nilai UT
Cek Nilai UT

Untuk mengecek nilai UT, Kamu bisa mengunjungi situs resminya, dengan penjelasan berikut ini :

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi situs web resmi UT di ut.ac.id.
  2. Selanjutnya, Kamu bisa memilih UT Online, lalu klik di Nilai Mata Kuliah.
  3. Silahkan pilih salah satu prodi (program pendidikan) yang Kamu tempuh, yakni program PGPAUD, Sarjana, Program Diploma, PGSD atau program Pascasarjana.
  4. Sesudah memasuki menu Daftar Nilai Ujian atau DNU, Kamu bisa melihat hasil nilai ujian dengan mengisi kelengkapan data-data di kolom berupa NIM, kode verifikasi, tanggal lahir, setelah itu klik “Tampilkan“.
  5. Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan nilai mata kuliah program pendidikan yang Kamu inginkan.

Panduan cara cek nilai UT online di atas, tentu saja sangat membantu Kamu semua yang ingin mengikuti pendidikan tanpa bertatap muka alias jarak jauh. Jadi Kamu tak perlu pergi ke Kampus UT secara langsung untuk berkuliah!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019