Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Touchscreen atau layar sentuh pada perangkat hp memang menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya lebih praktis dan tingkat sensitivitasnya tinggi. Namun, karena tingkat sensitivitasnya inilah yang juga membuatnya rentan mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh?

Salah satu penyebab hp Xiaomi tidak bisa disentuh biasanya terjadi akibat hp sering digunakan untuk bermain game. Penyebab lainnya juga dapat dikarenakan oleh adanya masal pada software, seperti software mengalami bug dan membuat layar tidak dapat disentuh.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh
Tutorial Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Tutorial Mengatasi Hp Xiaomi yang Tidak Bisa Disentuh

Jika layar hp Xiaomi kalian tidak dapat disentuh dan hal ini sangat mengganggu. Ada beberapa pandan cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh berikut ini :

1. Coba Kalibrasi Layar

Cara memperbaiki hp Xiaomi yang tidak bisa disentuh sama sekali bisa diatasi dengan melakukan kalibrasi layar. Karena metode ini efektif untuk menambah tingkat sensitivitas pada touchscreen hp Xiaomi. Berikut kalibrasi layar hp Xiaomi yang dapat dilakukan :

Kalibrasi Layar Hp Xiaomi
  • Ketik kode *#*#6484#*#* pada menu dialpad Xiaomi.
  • Kalian akan ditampilkan hardware test, tekanProximity test.
  • Kemudian tutup Proximity sensor menggunakan jari, lalu tekan calibrate.
  • Setelah itu, lepas jari perlahan hingga angka pada bagian atasnya menunjukkan angka 5.xxxx dengan nilai ‘x’ yang bervariasi.
  • Jika sudah menampilkan 5x biasanya, kalian akan ditampilkan notifikasi calibration passed.
  • Silahkan ketuk pass dan tekan tombol Home pada hp Xiaomi untuk kembali pada homescreen.

2. Lepas Pelindung Layar Xiaomi

Untuk mengatasi layar hp Xiaomi yang kuran sensitif atau bahkan tidak merespon sama sekali, kalian bisa coba lepaskan pelindung layar pada hp Xiaomi. Hp Xiaomi baru biasanya dilengkapi oleh pelindung layar hp, yang justru seringkali dapat mengganggu touchscreen.

Melepas Pelindung Layar Hp Xiaomi

Karena bisa saja penyebab layar hp Xiaomi tiba tiba tidak bisa disentuh karena adanya pelindung layar. Sebagai solusinya, kalian dapat melepas protektor layar ini dan biarkan layarnya tersentuh tangan secara langsung.

Dengan cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa disentuh ini biasanya efektif untuk meningkatkan kembali sensitivitas layar. Jadi, ketika memakainya tidak akan terjadi delay, karenanya berbagai macam operasi pada layar dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

3. Membersihkan Layar Hp

Metode ini bisa dikatakan cukup praktis, sebab kalian hanya perlu membersihkan bagian layar hp saja. Karena tidak sedikit layar hp Xiaomi yang tidak merespon disebabkan oleh kondisi layar kotor, sehingga tidak dapat disentuh.

Membersihkan Layar Hp

Sehingga layar hp Xiaomi yang kotor dapat menyebabkan masalah layar hp tidak responsif. Oleh karena itu, kalian hanya perlu membersihkan layar hp secara rutin agar layar kembali bersih dan dapat digunakan.

4. Restart Hp Xiaomi

Cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh selanjutnya adalah dengan merestart hp Xiaomi. Metode ini semestinya dapat mengatasi layar hp Xiaomi yang tiba-tiba macet tidak dapat disentuh sama sekali.

Mulai ulang atau restart merupakan proses menonaktifkan hp kemudian menyalakannya kembali dengan otomatis. Fungsinya adalah untuk menutup seluruh program berjalan pada latar belakang. Sehingga, proses ini memungkinkan hp pada kondisi yang baru dimulai. Kalian harus ingat jika proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Restart Paksa Hp Xiaomi
  • Nonaktifkan aplikasi yang tengah dipakai pada hp Xiaomi.
  • Matikan beberapa sistem yang sedang berjalan pada latar belakang.
  • Lakukan restart paksa dengan menekan tombol power hingga beberapa detik dan biarkan sampai hp mati.
  • Setelah itu, coba nyalakan kembali.

5. Mengatur Skala Animasi Layar

Kemungkinan skala animasi pada layar yang semakin tinggi membuat tingkat sensitivitas layar hp menjadi lebih lama, sehingga terjadi delay ketika menyentuh layar hp. Kalian bisa lakukan cara berikut :

Mengatur Skala Animasi Xiaomi
  • Masuk ke setelan atau settings.
  • Tekan developer option.
  • Kemudian temukan animator duration scale, windows animation scale dan transition animation scale, kemudian ganti mendi angka .5x.

6. Hapus Cache Perangkat

Menghapus file cache perangkat juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh. Karena, file sampah atau cache yang terakumulasi di hp bisa mengakibatkan memori penyimpanan penuh sehingga kinerja ponsel lebih lambat. Akibatnya adalah bisa membuat layar sentuh hp menjadi tidak sensitif ketika disentuh.

Alternatif Hapus Cache di Hp Xiaomi

Jika masalah ini terjadi, maka cara paling efektif adalah dengan menghapus cache pada perangkat Xiaomi kalian. Untuk menghapus cache pada hp Xiaomi, kita akan bahas metode paling simpel atau metode cepatnya. Berikut ini :

  • Silahkan tekan aplikasi tertentu yang ingin kalian hapus cache-nya pada hp Xiaomi, tekan lama sampai muncul info aplikasi.
  • Tekan info aplikasi.
  • Selanjutnya tekan hapus data.
  • Lalu bersihkan cache atau pilih untuk menghapus semua data jika ingin menghapus data aplikasi yang tersimpan.

7. Mencabut SIM Card

Opsi lainnya agar hp Xiaomi bisa kembali normal adalah dengan mencabut SIM Card. Hal ini disebabkan, ketika kartu SIM dilepas, maka hp dengan otomatis akan langsung merestart. Setelah itu, semuanya bisa kembali lagi ke awal.

8. Membiarkan Hp Sekitar 1-2 Jam

Salah satu penyebab hp Xiaomi tidak bisa disentuh adalah hp mengalami overheating atau panas berlebih. Terutama jika kalian gemar bermain game tanpa batasan waktu. Tidak hanya mendiamkannya saja, kalian juga dapat mematikan ponsel Xiaomi sekitar 1-2 jam untuk mengembalikan temperatur hp Xiaomi kembali seperti sedia kala. Jika temperatur terlalu panas, maka hp tidak dapat dipakai secara maksimal.

9. Multitouch Tester

Untuk mengecek kerusakan layar pada hp Xiaomi, maka kalian dapat mencoba Multitouch Tester. Akan tetapi, untuk melakukannya, kalian harus mengunduh dan memasang aplikasi Multitouch Tester terlebih dahulu. Dengan demikian, kalian bisa mengatasi masalah layar tidak dapat disentuh pada hp Xiaomi.

10. Reset Hp Xiaomi

Kalian juga dapat mereset hp Xiaomi untuk mengatasi masalah hp tidak dapat disentuh. Metode reset sama seperti mengembalikan hp pada pengaturan awal. Namun, sebelumnya kalian harus mencadangkan file penting terlebih dahulu agar semua data kalian tetap aman dipakai.

Sebenarnya, cara reset ini ampuh dalam mengatasi hp yang mengalami masalah layar tidak dapat disentuh. Caranya cukup tekan, kemudian tahan volume up dan power bersamaan ketika hp dalam kondisi off. Sehingga hp otomatis memasuki mode recovery. Setelah itu, kalian hanya perlu memilih opsi wipe data, dan sistem melakukan proses reboot otomatis.

Kalian bisa coba satu persatu cara di atas, jika ada salah satu yang berhasil, maka kalian tidak perlu membawa hp ke counter hp. Namun apabila semua cara di atas sudah dilakukan tapi layar hp tetap tidak merespon, maka kemungkinan terjadi masalah pada layar hp kalian.

Cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh untuk kasus ini adalah dengan meminta bantuan jasa service hp, untuk mengembalikan fungsi layar agar bisa kembali normal seperti sedia kala.

Related posts