Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga

Apa saja langkah cara aktivasi kartu kredit CIMB Niaga? Berapa lama prosess Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga? Bagaimana cara aktivasi kartu kredit CIMB Niaga?

Bicara soal kartu kredit, munkgin saat ini kita sudah tak lagi asing dengan nama yang satu ini. Yaps, kartu kredit merupakan sebuah produk yang biasanya dikeluarkan dari pihak Bank, untuk para nasabahnya. Adapun kartu kredit sendiri, memiliki sistem pembayaran yang berebda dengan kartu debit pada umumnya.

JIka dengan menggunakan kartu debit kita harus terlebih dulu memiliki saldo untuk mengambil uang ataupun melakukan pembayaran, maka kartu kredit adalah sebaliknya. Dimana pengguna bisa melakukan pembayaran belanjaan tanpa harus memiliki saldo. Namun, nasabah harus melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, di akhir bulan atau sesuai waktu yang disepakati bersama.

Atau lebih simpelnya lagi, kartu kredit memiliki sistem seperti pinjaman. Dimana misalnya limit dari kartu kredit adalah 10.000.000, maka pengguna bisa melakukan pembayaran atau pembelanjaan sebesar 5.000.000 dengan sisa limit 5.000.000 dan kemudian membayarkan tagihan tersebut di akhir bulan.

Nah, biasanya limit kartu kredit sendiri memiliki nominal yang berbeda untuk tiap nasabah dan juga jenis kartu kredit yang digunakan. Biasanya, limit kartu kredit bisa dinilai berdasarkan pendapatan dari nasabah, dan juga kebutuhan atau pengeluaran nasabah.

Tentunya hal ini bukan tanpa alasan sob. Melainkan sebagai pencegahan terjadinya tunggakan kartu kredit oleh pengguna, jika ternyata nasabah tidak memiliki cukup uang untuk membayar tagihan di akhir bulan.

Oleh karena itu, tak heran jika pengguna kartu kredit jelas lebih sedikit daripada pengguna kartu debet. Karena biasanya, pengguna kartu kredit juga sudah memperhitungkan pendapatan, pengeluaran, dan juga kebutuhan mereka dalam menggunakan kartu kredit.

Karena memang kartu kredit sendiri banyak digunakan untuk beberapa sektor perbelanjaan. Seperti misalnya Mall yang menyediakan pembayaran dengan kartu kredit, belanja online yang menggunakan sistem kredit, dan juga sektor jual beli mobil dengan menggunakan kartu kredit.

Tapi jangan bersedih hati, jika mungkin kamu memiliki pendapatan yang kurang memadai, kamu tetap bisa kok mengajukan Aplikasi kartu kredit untuk kebutuhanmu. Tentunya, limit yang diberikan pihak bank akan sedikit berbeda dengan pengguna kartu kredit lainnya. Maka dari itu, pastikan juga kalian sudah memikirkan matang-matang jika ingin membuat kartu kredit.

Dalam prosessnya, pembuatan kartu kredit sendiri bisa dilakukan di BANK, salah satunya adalah CIMB Niaga. Sebagaimana kita tau, CIMB Niaga merupakan salah satu Bank yang juga memiliki nasabah cukup banyak. Selain itu, kemudahan yang dihadirkan CIMB Niaga juga memudahkan para nasabahnya.

Tapi sebelum membuat kartu kredit CIMB Niaga, pastikan juga kamu mengetahui Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga, agar kartu kredit mu bisa digunakan seperti biasa. Dan caranya nya pun tak jauh beda kok dengan cara aktivasi kartu kredit BCA yang sudah kita bagikan sebelumnya.

Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga

Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga
Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga

Nah, jika kalian belum mengetahui Cara Aktivasi kartu Kredit CIMB Niaga, berikut akan kami berikan ulasannya secara lengkap.

Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga lewat Layanan CIMB Niaga

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk melakukan Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga adalah dengan menghubungi layanan CIMB Niaga Care, atau Call Center CIMB Niaga. Caranya juga gampang banget kok.

  • Buka aplikasi Telpon / Call yang ada di perangkat smartphone kalian
  • Setelah itu, lakukan panggilan ke nomor 14041 (untuk di Indonesia)
  • Atau +6221-29978888 (jika nasabah berada diluar Indonesia)

Setelah terhubung dengan Call Center dari CIMB Niaga, ceritakan kepada mereka bahwa kalian ingin melakukan Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga kalian, dan nantinya kalian akan dipandu untuk melengkapi semua data yang dibutuhkan, seperti misalnya

  • 16 Digit Nomor Kartu Kredit kalian
  • Tanggal lahir yang terdaftar
  • Masa Aktif Kartu Kredit kalian
  • Nomor telfon / Handphone yang terdaftar

Setelah itu, kalian akan diminta untuk memasukkan nomor PIN Kartu Kredit CIMB Niaga kalian untuk setelahnya bisa digunakan seperti biasa.

Pastikan juga kalian memiliki pulsa setidaknya 5.000 untuk melakukan panggilan ke Call Center CIMB Niaga.

Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga lewat Layanan SMS

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan SMS ke nomor CIMB Niaga. Caranya juga mirip dengan cara pertama, yakni seperti melakukan panggilan ke CIMB Niaga.

  • Buka aplikasi pesan / SMS di smartphone kalian
  • Buat sebuah pesan baru dengan format sebagai berikut:

AKT <spasi> TCOK <spasi> 4 digit terakhir kartu kredit <spasi> tanggal lahir DDMMYYYY

Contoh : AKT TCOK 1234 14041999

  • Lalu kirim pesan tersebut ke nomor 1418 (untuk nasabah di Indonesia) atau ke nomor +62816101418 (untuk nasabah yang berada diluar Indonesia)

Sama seperti saat melakukan panggilan Telfon, melakukan Aktivasi Kartu Kredit lewat SMS juga akan memakan pulsa utama kalian, untuk itu, pastikan kalian sudah mengisi pulsa minimal 5.000, atau bahkan lebih.

Setelah mendapatkan pesan balasan, kalian bisa langsung membuat PIN Kartu Kredit kalian, dengan membuat pesan baru dengan format.

  • PIN <spasi> 4 Digit Kartu Kredit <spasi> tanggal lahir DDMMYYYY
  • Contoh : 1234 3254 14071999
  • Kemudian kirim pesan tersebut ke 1418

Lalu tunggu sampai kalian mendapatkan pesan balasan, bahwa kartu kredit kalian sudah berhasil di aktivasi. Dan setelah itu, kalian sudah bisa menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga kalian.

Agar tidak terjadi kendala pada saat prosess Aktivasi. Dan pastikan juga, nomor yang digunakan untuk mengirim SMS adalah nomor yang terdaftar di Aplikasi Kartu Kredit, atau bahkan Rekening CIMB Niaga kalian.

Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga lewat OCTO Mobile

Terakhir, adalah kalian bisa menggunakan Aplikasi OCTO Mobile yang mana sebelumnya Aplikasi ini bernama CIMB Mobile. Nah, dengan Aplikasi ini, pengguna atau nasabah bisa melakukan pengecekan saldo untuk kartu debit / rekening mereka, serta melakukan Aktivasi Kartu Kredit. Dengan cara

  • Download terlebih dahulu aplikasi OCTO Mobile melalui Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS
  • Lakukan registrasi jika belum mendaftar, dan login dengan menggunakan ID / Password dari OCTO Mobile yang sebelum nya sudah dibuat
  • Setelah masuk, klik pada gambar Kartu Kredit yang akan di aktivasikan
  • Kemudian, klik pada tombol menu atau 3 titik dibagian atas gambar kartu dan pilih ACTIVATE
  • Setelah itu, kalian akan melihat pop up notifikasi ‘pastikan kalian sudah menerima kartu kredit dalam bentuk fisik’ dan tekan YES
  • Lalu, buat 6 Digit PIN Kartu Kredit kalian sebanyak 2 kali
  • Setelah itu, masukkan PIN OCTO Mobile (yang sudah dibuat sebelumnya) dan tekan SUBMIT
  • Terakhir, kalian akan melihat informasi bahwa Kartu Kredit kalian sudah teraktivasi.

Nah, untuk cara terakhir ini sebenarnya sangatlah mudah. Namun yang paling penting dan harus diperhatikan adalah, kalian harus sudah terlebih dulu membuat akun untuk OCTO Mobile melalui Kantor Cabang CIMB Niaga terdekat.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara aktivasi kartu kredit CIMB Niaga yang bisa kamu coba, silahkan gunakan cara yang paling mudah, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi