Cara Mengatasi Hp Oppo Ngehang

Kalian mungkin pernah mengalami kondisi yang tidak mengenakan, seperti hp ngehang. Sebenarnya masalah ini kerap dialami mengingat saat ini perangkat hp sering digunakan untuk multitasking. Tidak terkecuali bagi pengguna Oppo. Inilah kenapa pemilik Oppo penting untuk mengetahui cara mengatasi hp Oppo ngehang.

Ngehang merupakan istilah yang seringkali dipakai untuk mengungkapkan masalah pada perangkat hp ketika mengalami error. Ada beberapa ciri hp ngehang, diantaranya kinerja hp menjadi lambat, aplikasi menutup sendiri, hingga seringkali terjadi error, bahkan hp tidak bisa merespon saat layarnya disentuh.

Kenapa Hp Oppo Ngehang?

Ada beberapa faktor penyebab hp Oppo mengalami penurunan performa alias ngehang. Dengan mengetahui penyebabnya, kalian bisa mengatasi masalah hp Oppo yang tiba-tiba ngehang. Berikut beberapa alasan yang memicu hp Oppo ngehang :

1. Instal Aplikasi Berat

Salah satu faktor utama yang membuat hp Oppo kalian macet dan ngehang adalah install aplikasi berat. Kita tahu bahwa saat ini ada banyak aplikasi-aplikasi bertebaran di Google Play Store, mulai dari aplikasi streaming film, game, GPS dan masih banyak lagi. Tapi meskipun mungkin kalian membutuhkan beberapa aplikasi, tetap harus menyesuaikan dengan kapasitas smartphone kalian.

Jika rata-rata untuk HP Oppo kelas middle end memiliki RAM hanya 2 GB saja, tentu saja jika menginstall aplikasi yang speknya lebih dari 2GB bisa membuat kinerja hp melambat.kalian akan lemot dan bisa terjadi ngehang.

Terkait:  Cara Kunci Jaringan 4G

2. Memori Internal Full

Setiap perangkat hp telah disematkan memori internal perangkat yang berbeda. Jika memori internal hp sudah full karena ada banyak data atau file yang disimpan, bahkan melebihi kapasitas dapat mengakibatkan hp kalian ngehang. Selain itu, memori hp yang penuh juga bisa berpengaruh terhadap performa hp kalian. Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap menjaga agar memori internal hp tetap lega dan tidak sampai mengalami overload.

3. Virus

kemungkinan penyebab HP Oppo ngehang lainnya adalah disebabkan oleh virus yang menyerang pada HP. Biasanya virus ini akan muncul apabila kalian menginstal aplikasi pihak ketiga bukan dari Google Play Store.

Untuk mengantisipasinya, selain download aplikasi apa saja pada Google Play Store, juga yang paling utama adalah install Antivirus. Sehingga perangkat kalian terbebas dari virus yang bisa menyerang OS android.

4. Bugs Pada Aplikasi

Salah satu faktor penyebab smartphone Oppo kalian ngehang adalah bugd pada aplikasi. Faktor ini dapat kalian rasakan jika ketika mengakses aplikasi yang kalian tuju, kemudian tidak dapat dioperasikan lagi, bahkan lebih parahnya lagi HP Oppo harus dimatikan secara paksa.

5. Hardware rusak

Faktor kerusakan komponen hardware perangkat juga dapat menyebabkan HP Oppo menjadi ngehang. Penyebabnya cukup bervariasi, ada yang disebabkan oleh faktor umum, overheat, kemasukan air, atau bahkan terjatuh.

Lakukan pengecekan pada seluruh hardware yang ada pada HP Oppo tersebut sebelum akhirnya HP kembali pada performa terbaiknya.

Cara Mengatasi Hp Oppo Ngehang

Cara Mengatasi Hp Oppo Ngehang
Mengatasi Hp Oppo Ngehang

Tutorial Mengatasi Hp Oppo Ngehang

Setelah mengetahui penyebab kenapa hp Oppo ngehang, kini kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara mengatasi hp Oppo ngehang di bawah ini :

1. Hapus Aplikasi Berat dan Jarang Dipakai

Langkah pertama yaitu dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan dan aplikasi-aplikasi berat. Kalian bisa mencoba ulasan cara mengatasi hp Oppo ngehang dengan menghapus beberapa aplikasi di bawah ini :

  • Masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu.

  • Selanjutnya, gulir layar ke bawah dan pilih menu ‘Manajemen Aplikasi’.

Terkait:  Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus Lewat Internet

  • Jika sudah, kalian hanya perlu memilih daftar aplikasi. Setelah terbuka menu daftar aplikasi, kalian hanya perlu memilih aplikasi yang ingin dihapus saja.

2. Hapus Data dan Cache

Cara mengatasi hp Oppo ngehang berikutnya adalah dengan menghapus data dan cache. Untuk metode ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, karena kalian harus mengakses menu pengaturan. Silahkan ikuti tutorial hapus cache berikut untuk lebih jelasnya :

  • Akses ke menu Setting atau Pengaturan pada hp Oppo.

  • Lalu pilihlah menu ‘Manajemen Aplikasi’.

  • Setelah masuk pada menu tersebut dan menemukan berbagai macam aplikasi yang terinstall, kalian cukup memilih aplikasi yang paling sering digunakan.

  • Sebagai contoh jika ingin memilih aplikasi Whatsapp, silakan gulir ke bagian bawah hingga menemukan aplikasi Whatsapp.

  • Setelah mengklik aplikasi WhatsApp, silahkan tekan Penggunaan Penyimpanan.

  • Kalian akan dimunculkan opsi ‘Hapus Data’ dan ‘Hapus Cache’. Klik kedua opsi tersebut.

  • Tunggu beberapa saat hingga Data dan Cache sudah dihapus pada aplikasi tersebut.

3. Update Aplikasi dan Sistem

Jika ada pembaruan aplikasi dan sistem terinstall, sebaiknya kalian melakukan pembaruan atau update. Tujuan dari update ini adalah untuk meningkatkan kinerja sekaligus stabilitas hp Oppo kalian. Biasanya pengembang akan melakukan perbaikan apilikasi. Dengan kata lain, jika ada bugs di dalam aplikasi, bugs tersebut nantinya akan langsung diperbaiki agar aplikasi lebih optimal dan stabil ketika dipakai.

Opsi 1 : ColorOS

Misalnya untuk pembaruan color OS, silahkan lakukan langkah-langkah berikut :

  • Buka Pengaturan di hp Oppo.
  • Tekan update software atau Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia versi baru kalian bisa mengupdate ColorOS.

  • Agar proses update dapat berjalan lancar, kalian bisa memakai koneksi wifi.
Terkait:  Cara Cek Samsung J2 Prime

Opsi 2 : Update Aplikasi dan Game

Selain update ColorOS, kalian juga harus mengupdate aplikasi dan game di perangkat Oppo. Berikut tutorialnya :

  • Masuk ke Google Play Store di hp Oppo.
  • Silahkan pilih Aplikasi dan Game Saya.
  • Klik Update semua jika ingin melakukan pembaruan di semua aplikasi yang terintall.

4. Jangan Pernah Menginstall Aplikasi MOD

Cara mengatasi hp Oppo ngehang selanjutnya adalah dengan tidak menginstall aplikasi MOD atau modifikasi. Walaupun ada banyak fitur yang menarik pada aplikasi MOD dibandingkan aplikasi resminya, namun bisa saja ada malware yang menyerang aplikasi tersebut. Bisa saja aplikasi tersebut sudah disematkan kode penyebab macet dan ngehang pada hp.

Hal ini dikarenakan, ada banyak aplikasi MOD justru memakai sumber daya yang lebih besar daripada aplikasi resminya. Selain itu, tidak menjamin aplikasi ini juga aman dipakai. Karena bisa saja terdapat indikasi mata-mata atau spy yang ada dalam aplikasi MOD. Tentu saja hal tersebut bisa mengancam privasi kalian.

Akan tetapi yang ditakutkan yaitu pencurian identitas, diantaranya seperti aktivitas data login, aktivitas transaksi, akses ke dalam dompet digital maupun yang lainnya.

5. Membersihkan HP dari Virus

Cara ketiga untuk memperbaiki HP Oppo ngehang adalah harus selalu standbye aplikasi antivirus pada HP Oppo. Ada beberapa rekomendasi aplikasi antivirus, diantaranya AVAST Antivitus, AVG Antivirus. Aplikasi-apliaksi tersebut merupakan rekomendasi untuk HP Oppo agar terhindar dari bahaya virus serta memperbaiki HP Oppo ngehang.

6. Membersihkan Internal Memori

Kalian juga bisa membersihkan memori internal agar hp bisa leluasa bekerja. Memori internal ini diperlukan untuk melakukan instalasi sistem, penyimpanan data sementara dan aplikasi. Namun jika membiarkan memori internal terlalu penuh dengan file atau data yang kalian simpan, seperti ada pemberitahuan memori internal full,kalian sebaiknya langsung membersihkan internal memori.

Itulah beberapa cara mengatasi hp Oppo ngehang yang perlu kalian ketahui agar perangkat Oppo kalian bisa bekerja lebih optimal lagi.

Related posts