Cara Mengatasi Hp Ngehang Baterai Tanam

Bagaimana cara mengatasi hp ngehang baterai tanam? Setiap pengguna hp, mungkin pernah mengalami layar hp tiba-tiba saja ngehang dan tidak dapat bergerak saat disentuh. Pada baterai yang bisa dibongkar pasang mungkin tinggal dilepas saja baterainya. Akan tetapi, dikarenakan sekarang ini smartphone kebanyakan menggunakan baterai tanam, otomatis baterai tidak dapat dibongkar pasang dengan mudah.

Cara Mengatasi Hp Ngehang Baterai Tanam

Cara Mengatasi Hp Ngelag Baterai Tanam
Tutorial Mengatasi Hp Ngelag Baterai Tanam

Meskipun smartphone saat ini kebanyakan menggunakan baterai tanam, namun kalian masih tetap dapat mengatasinya dengan cara lain agar hp bisa berjalan normal. Ketika hp mengalami hang, tentu saja membuat kita tidak bisa mengakses hp. Oleh karena itu, kalian bisa mencoba tutorial cara mengatasi hp ngehang baterai anam di bawah ini terlebih dahulu :

1. Tunggu Sampai Baterai Habis

Cara mengatasi hp ngehang baterai tanam yang pertama yaitu dengan cara menunggu baterai hp sampai habis. Jika sesudahnya dicas kemudian dinyalakan kembali, sistem perangkat hp akan dimuat ulang. Sehingga masalah hang pada hp dapat teratasi dengan baik. Namun perlu kalian tahu, bahwa walaupun hp mengalami hang dan baterai hp habis hp secara otomatis tetap mati.

Sumber : phonecheck.com

Opsi ini kembali lagi pada kebutuhan. Jika baterai hpnya ternyata masih banyak, menunggu baterai hp habis pastinya akan lama.

Terkait:  Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus

2. Mengakses Tombol Power

Jika hp kalian memakai baterai tanam dan kondisinya ngehang atau macet, maka kalian bisa mencoba menekan tombol power dalam waktu 5 sampai 10 detik. Selanjutnya sistem akan reset secara otomatis. Maksud dari reset disini adalah sistem nonaktif atau mati. Berikut penjelasannya :

  • Ketika hp ngehang, silahkan tekan power selama 10-20 detik.
Sumber : tenorshare.kr
  • Jika sudah, hp secara otomatis akan mati.
  • Nyalakan lagi dengan cara tekan tombol power.
  • Diamkan sampai perangkat masuk ke dalam sistem, dan cek apakah hp sudah bisa berjalan dengan baik ataukah tidak.

Kalian juga bisa menggunakan kombinasi tombol secara bersamaan, dengan menekan power dan volume up/down. Namun tombol kombinasi ini perlu disesuaikan dengan merk hpnya itu sendiri, apakah Xiaomi, Samsung, Asus, atau yang lainnya.

3. Lepas Baterai Tanam

Cara mengatasi hp ngehang baterai tanam selanjutnya adalah dengan membongkar baterai tanam pada hp. Sebnarnya cara ini cukup beresiko, apalagi jika kalian sebelumnya memang belum berpengalaman untuk membongkar perangkat, walaupun mencabut baterai ponselnya saja. Ini panduannya :

  • Melepas pinggiran pada casing hp, kalian bisa mencobanya dengan memakai alat tipis, misalnya seperti pick gitar, pinset atau benda lainnya.
Melepas Baterai Tanam
  • Membuka casing hp perlahan, tujuannya untuk mencegah layar agar tidak rusak, terutama pada bagian LCD-nya.
  • Melapas bagian konektor bateriai berikut casing-nya.
  • Silahkan nyalakan kembali, caranya dengan tekan tobol power.

4. Cek Petunjuk Pada Buku Panduan

Setiap hp baru biasanya selalu dilengkapi oleh buku panduan mengenai petunjuk pemakaian beserta cara mengatasi beberapa masalah pada hp. Di samping itu, ada pula panduan terkait cara untuk mematikan hp apabila hp mengalami ngehang.

Buku Petunjuk Hp

Biasanya hal tersebut dilakukan sebab bisa jadi cara untuk menonaktifkan hp yang ngehang antara hp yang satu dengan yang lainnya berbeda. Melalui petunjuk yang terdapat pada buku panduan, dengan begitu ketika mematikan hp maka akan lebih aman serta efisien sebab sudah menyesuaikan buku panduan tersebut.

Terkait:  Cara Mengganti Password Wifi Lewat Hp Android

Tips Mencegah Hp Ngehang Baterai Tanam

Sesudah mengetahui cara mengatasi hp ngehang baterai tanam, kalian dapat mencegah hp ngehang dengan beberapa tips berikut :

1. Mengurangi Peniympanan Pada Hp

Memiliki aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat performa hp menurun, terlebih jika melebihi batas dari penyimpanan memori. Maka dari itu, kalian sebaiknya memastikan hanya menginstall aplikasi yang diperlukan saja, tetapi hapus aplikasi yang tidak diperlukan. Sebab jika tidak dihapus, walaupun jarang dipakai tetap bisa menambah beban pada hp kalian.

2. Hindari Membuka Aplikasi Terlalu Banyak

Membuka aplikasi terlalu banyak bersamaan bisa membuat CPU pada hp menjadi overload. Seluruh aplikasi yang dioperasikan akan memacu performa dan kinerja komponen hp. Maka dari itu, sebaiknya jika tidak ingin hp kalian mengalami hang, hindari hal tersebut. Kalian dapat mengecek resources pada hp. Tepatnya mengaksesnya pada Pengaturan dan penyimpanan. 

3. Pakai Tema Hp biasa

Menggunakan tema hp yang terlalu berat bisa membuat kinerja CPU dan RAM pada hp kalian terlalu berat, terlebih jika terdapat animasi. Alhasil membuat temperatur baterai menjadi tinggi. Walaupun memiliki tampilan menarik, namun jika hal tersebut memicu masalah yang terjadi pada hp kalian, sebaiknya pakai tema yang biasa.

4. Cek Suhu Normal Baterai Hp

Biasanya suhu normal pada baterai hp sekitar 35-45 derajat celcius saat sedang dipakai. Hp yang mengalami bootlop atau ngehang disebabkan oleh suhu hpnya yang terlalu panas, karenanya membuat sistem menjadi error. Sehingga, kalian harus mengecek suhu normal hp yang dipakai, apabila tidak ingin terjadi masalah lagi.

Tips Mengatasi HP dengan Baterai Tanam yang Terkena Air

Selain masalah ngehang, sebenarnya hp dengan baterai tanam juga akan kesulitan diatasi apabila terkena air. Namu jangan khawatir, ada beberapa cara paling efektif untuk mengatasi hp baterai tanam yang terkena air :

1. Membuka Semua Penutup

Cara untuk mengatasi hp baterai tanam terkena air adalah dengan membuka semua penutup atau bagian casing belakang ponsel apabila masih bisa dibuka. Akan tetapi jika tidak, kalian dapat membuka semua penutup yang ada di dalam hp, misalnya dudukan SIM, mengeluarkan memory card dan penutup pada port charger juga headset.

Terkait:  Cara Download Video di Facebook Lite

2. Mengibaskan Ponsel

Kalian juga bisa mengatasi hp baterai tanam yang terkena air dengan cara mengibas-ngibaskannya. Tujuannya supaya air di dalam hp bisa langsung keluar, sekaligus dapat mempercepat pengeringan air pada hp.

3. Memakai Silica Gel

Untuk mengeringkan hp yang kemasukan air, kalian bisa menggunakan silica gel. Mengingat benda elektronik ini rentan sekali mengalami kerusakan apabila terkena air, maka penting sekali untuk mengeringkannya segera.

4. Membersihkan Bagian Mesin Memakai Thinner

Untuk mengatasi hp yang basah karena terkena air selanjutnya adalah membersihkan bagian mesin hp menggunakan thinner. Selain itu, hp yang basah dapat mengakibatkan terjadinya korosi yang bisa menurunkan kinerja hp itu sendiri.

5. Jangan Pernah Menjemur atau Memakai Hair Dryer

Jika ingin mengeringkan hp, kebanyakan orang memilih memakai hair dryer. Banyak yang meyakini jika hair dryer membuat proses pengeringan lebih cepat, tapi hal tersebut justru bisa merusak komponen pada bagian dalam hp. Maka dari itu, sebaiknya hindari pemakaian hair dryer apalagi menjemur ponsel kalian di bawah paparan matahari yang malah membuat hp cepat menguap.

6. Membawa Ponsel ke Tempat Service

Jika semua cara di atas tidak dapat mengatasi hp kembali normal saat terkena air, maka kalian bisa langsung membawanya ke tempat service. Namun pastikan pula agar kalian membawa hp tersebut langsung ke tempat service resmi sesuai merk hpnya.

Itulah beberapa langkah cara mengatasi hp ngehang baterai tanam yang perlu kalian lakukan agar hp dapat berfungsi normal kembali. Semoga bermanfaat!

Related posts