Cara Mengatasi Hp Macet

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada hp adalah sering ngelag atau macet. Meskipun sudah disematkan teknologi yang serba canggih, bukan hal mustahil jika hp sering mengalami macet atau error. Lantas, bagaimana cara mengatasi hp macet?

Macet atau ngelag biasanya sering dialami para pengguna, ketika membuka aplikasi berat atau game di ponsel android. Ini tentu saja membuat para pengguna merasa galau sebab mereka tidak dapat beraktivitas dengan nyaman menggunakan hp. Masalah hp macet atau lag sebenarnya juga kerap dialami pada laptop atau komputer.

Read More

Salah satu alasan utama hp seringkali ngelag atau macet adalah dikarenakan masalah performa hp yang tidak maksimal. Umumnya, masalah lag kerap terjadi untuk hp low end hingga mid range, dan sangat jarang ditemukan pada ponsel-ponsel flagship atau high end.

Penyebab Android Macet atau Ngelag

Ada beberapa masalah yang terjadi sebagai penyebab perangkat android mengalami ngelag atau macet, diantaranya sebagai berikut :

1. Menjalankan Aplikasi Terlalu Banyak

Menjalankan aplikasi yang terlalu banyak adalah salah satu penyebab utama hp android mengalami macet. Alasannya, menjalankan aplikasi yang berat secara bersamaan membuat memori RAM android kalian menjadi penuh, alhasil android akan mengalami macet sebab memori RAM hp tidak bisa memberikan ruang dalam aplikasi dan sistem android.

Terkait:  Cara Menghapus Aplikasi di HP Vivo

Bahkan parahnya, jika kalian melakukan live streaming bisa saja RAM tidak akan kuat melakukannya. Biasanya hal tersebut kerap terjadi pada hp android yang memiliki kapasitas RAM 2-3GB.

2. Akumulasi Data Cache

Kehadiran cache sangat membantu pengguna untuk mengakses sistem dan aplikasi lebih cepat. Hanya saja, seiring berjalannya waktu jika cache tidak dibersihkan bisa membuat perangkat android kalian menjadi lelet. Cache sendiri berperan sebagai file sementara dan harus dibersihkan secara rutin.

3. Menginstall Aplikasi Terlalu Banyak

Eksternal atau internal memori di android yang besar, memang memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk menginstall beberapa aplikasi. Namun kalian juga harus mengecek kapasitas memori yang tersimpan, sebaiknya sisakan lebih banyak ruang pada hp kalian agar kalian tetap dapat beraktivitas dengan bebas. Selain itu, pastikan pula untuk tidak membiarkan aplikasi yang sudah diinstall beroperasi di latar belakang. Karena hal tersebut bisa membuat baterai dan RAM android menjadi semakin sedikit.

4. Rooting Pada Hp

Pengguna android seringkali memilih opsi untuk rooting agar memperoleh tools lebih baik dan mendapatkan kustomisasi pada aplikasi maupun sistem lebih maksimal. Walaupun begitu, rooting pada hp seringkali mempunyai banyak resiko. Namun sukss atau tidaknya akses root ini bisa memicu sebagian perangkat mengalami error pada aplikasi maupun sistem. Selain lag, bahkan ada pula perangkat yang mengalami mati total.

5. Serangan Malware

Malware alias virus yang biasanya menyerang sistem dan aplikasi bisa memberikan dampak buruk terhadap performa hp android. Virus yang dapat menyerang, bisa membuat aplikasi mengalami lag, lemot maupun error. Selain itu, kalian dapat mengecek adanya malware melalui scanning aplikasi maupun sistem dengan cara menyeluruh memakai fitur keamanan yang terpasang di hp.

Cara Mengatasi Hp Macet

Cara Mengatasi Hp Macet
Tutorial Mengatasi Hp Macet

Tutorial Mengatasi Hp Android Macet

Bagaimana, sudah tahu sekarang apa saja penyebab hp android macet kan? Sebenarnya cara mengatasi hp macet dapat dilakukan dengan mudah. HP macet atau loading lama, jika dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas saat berselancar menggunakan hp. Apalagi jika hp tersebut sering digunakan untuk bekerja atau streaming video hingga bermain game online. Untuk mengatasinya, simak tutorial berikut :

Terkait:  Cara Daftar Go Clean

Metode 1 : Atasi Android Macet yang Tidak Merespon

Jika hp android kalian mengalami macet atau hang, bahkan sampai tidak merespon sentuhan dan tidak dapat dimatikan, silahkan coba trik di bawah ini!

1. Matikan Perangkat Paksa

Matikan Hp Paksa
  • Silahkan tekan tombol power beberapa lama hingga perangkat android kalian off.

  • Jika sudah mati, nyalakan hp lagi.

2. Restart Hp Paksa

Restart Hp Paksa
  • Tekan kombinasi tombol Power dan Volume Up/down sekaligus selang beberapa lama.

  • Biarkan hp kalian merestart otomatis.

Metode 2 : Menghapus Aplikasi Tertentu yang Tidak Diperlukan

Game dan aplikasi yang tidak pernah lagi atau jarang dipakai, bisa kalian uninstall daripada harus menyebabkan performa hp menurun karena memori internal sudah penuh. Jika ingin menghapus aplikasi ini, kalian dapat mengakses manajemen aplikasi. Ini ulasannya :

  • Masuk ke Pengaturan hp kalian.

  • Ketuk pilihan manajemen aplikasi atau Kelola aplikasi, silahkan cari aplikasi mana yang akan kalian hapus.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan
  • Tekan uninstall untuk mencopot pemasangan aplikasi, dan klik ok.

Metode 3 : Hapus Cache yang Menumpuk

Cara mengatasi hp macet selanjutnya adalah dengan membersihkan data cache hp android. Ini adalah cara yang cukup efektif mengatasi perangkat android kalian yang ngehang. Untuk menghapus data cache sendiri, ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu melalui aplikasi cleaner atau secara manual. Kalian juga perlu menghapus riwayat pencarian browser. Cek ulasannya :

1. Clear Cache Manual

Hapus Cache yang Menumpuk
  • Buka setelan di hp android kalian.

  • Tekan kelola aplikasi, pilih mana aplikasi yang akan kalian hapus.

  • Ketuk Hapus Data, kemudian bersihkan cache dan tekan OK.

2. Memakai Aplikasi Pembersih

  • Masuk ke aplikasi cleaner atau pembersih yang terpasang di hp kalian.

  • Silahkan tunggu hingga selesai proses scanning.

  • Lalu bersihkan dan tunggu sampai pembersihan sukses dilakukan.

Metode 3 : Update Software Dengan Rutin

Software pada aplikasi biasanya terus mengalami pembaharuan. Selain 1-2 aplikasi, beberapa akses biasanya akan mengoperasikan hal serupa. Tujuannya supaya kalian bisa memperoleh informasi terkini dengan mudah terkait aplikasi yang telah terdownload.

Game online juga seringkali menghabiskan memori dan RAM. Jadi, wajar jika ketika memainkannya, hp kalian akan macet. Untuk mengaasinya yaitu silahkan update software baik pada game maupun aplikasi tersebut.

  • Silahkan cek di menu setting, kemudian pilih about dan system update.

System Update
  • Jika sudah tekan check for update.

Kalian juga dapat melakukan cara mengatasi hp macet dengan update software ini untuk game yang kalian download via hp. Dengan pembaruan software, bisa meringankan hp untuk meningkatkan performanya kembali.

Metode 4 : Nonaktifkan Auto Sync

Agar tetap menghubungkan seluruh akun yang telah terpasang, kalian memerlukan Auto Sync. Namun biasanya hal tersebut membuat hp lebih lemot. Namun menonaktifannya adalah langkah cepat agar akses hp lebih stabil. Aplikasi tersebut dapat kalian aktifkan lagi ketika diperlukan.

Kalian dapat mengakses menu Setting kemudian tekan My Apps, dan ketuk turn off auto sync. Kalian akan mendapatkan update notifikasi tentang aplikasi yang memerlukan auto sync secara otomatis.

Metode 5 : Memakai Custom ROM

Untuk rooting hp sebenarnya tidak langsung membuatnya lebih cepat begitu saja. Kalian dapat memakai custom ROM yang dapat menghilangkan bloatware hp bawaan. Kalian juga dapat melakukan riset memilih kecocokan antara ROM dengan jenis hp.

Bagaimana, sudah mendapat solusi cara mengatasi hp macet di atas? Pastikan pula, kalian harus menginstall hanya aplikasi-aplikasi yang diperlukan saja agar memori hp tidak penuh dan membuatnya lemot!

Related posts