Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Sinyal yang kuat merupakan pondasi untuk mempermudah aktivitas berselancar di dunia maya. Penggunaan sinyal 4G awalnya disebut-sebut sebagai sistem jaringan yang dapat diandalkan. Namun pada kenyataannya, sinyal 4G seringkali tersendat ketika penggunanya melakukan streaming atau browsing. Kontrol terhadap sinyal 4G juga sulit dilakukan, sehingga membuat sinyal 4G mendadak hilang. Lantas, bagaimana cara mengembalikan jaringan 4G Vivo?

Kenapa Sinyal Vivo Tiba-tiba Hilang?

Jika kalian telah memakai jaringan 4G namun dirasa masih lemot atau lambat akses internetnya, maka kemungkinan terdapat beberapa penyebab. Berikut ulasannya :

Read More

1. Sinyal dari Operator Seluler di Area Kalian Belum Memadai

Sinyal 4G bisa lemot karena di area kalian masih belum bisa menangkap sinyal operator seluler yang kalian pakai. Biasanya pembangunan tower BTS sendiri tergantung pada kondisi masyarakat di area empat tinggal tersebut. Jika ternyata sudah banyak pengguna hp di area tersebut, selanjutnya baru ditetapkan proyek pembangunan tower.

Sebagai solusinya, kalian harus bersabar menunggu pihak operator dapat memperluas jaringan. Kalian juga dapat mencari operator alternatif lain yang sinyalnya lebih baik.

2. Pengaturan Dalam Tipe Jaringan

Penyebab sinyal 4G lemot umumnya dapat dikarenakan jaringan ini berubah ke jaringan 3G. Biasanya sering erjadi saat pemadam listrik dan genset yang digunakan habis bahan bakarnya. Akan tetapi, untuk kondisi ini biasanya jarang terjadi. Namun kembali lagi, tergantung dari stabilitas listrik di tempat tinggal kalian.

3. Pengguna yang Terlalu Banyak di Satu Area

Ternyata beberapa operator masih membatasi akses kecepatan jaringan di tiap BTS yang ada di sebuah area. Mungkin ini dijadikan sebagai strategi yang dijalankan operator seluler saat mengatur prioritas penyaluran bandwidth internet di suatu area.

Dengan demikian, pengguna yang terkoneksi menjadi semakin banyak, sehingga kecepatan internetnya menjadi semakin lambat. Akan tetapi, kasus tersebut biasanya jarang terjadi di lingkungan perkotaan. Sebagai solusinya, kalian bisa mecari operator terbaru di area tersebut.

Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo
Tutorial Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Saat ini jaringan 4G lebih banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna hp smartphone, bukan tanpa alasan kenapa banyak orang yang menggunakan jaringan ini karena selain jaringan yang terbarukan, juga melakukan berbagai aktivitas dengan menggunakan internet bisa lebih lancar dengan kecepatan bisa di atas 1 MB per detiknya.

Bagi kalian pengguna hp Vivo yang ingin mengembalikan jaringan ke 4G, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Pakai Mode Pesawat

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan mode pesawat. Berikut tutorialnya :

  • Pastikan hp Vivo kalian dalam kondisi stand by.
Sumber : id.pinterest.com
  • Usap layar dari atas ke bawah hingga ada bar menu shortcut dan pilih Mode Pesawat dengan mengklik opsi tersebut.
  • Tunggu beberapa detik, minimal 2 hingga 5 detik saja lalu nonaktifkan kembali mode pesawatnya dengan klik kembali ikon mode pesawat.
  • Perhatikan bar sinyal yang ada di bagian atas, apakah yang sebelumnya tidak dalam keadaan 4G sudah berpindah ke dalam jaringan 4G?
  • Jika sudah berhasil, maka kalian sudah bisa menikmati jaringan 4G, namun jika belum berhasil menangkap sinyal 4G, lebih baik ulangi lagi cara di atas.

2. Mematikan Sementara HP Vivo

Kalian juga bisa mengembalikan jaringan Vivo 4G dengan mematikan sementara hp Vivo. Tujuannya agar jaringan 4G bisa kembali terdeteksi. Cara ini hampir sama dengan metode pertama, yaitu untuk merefresh jaringan yang tersedia, agar jaringan dapat terdeteksi dan ditangkap oleh hp Vivo.

Sumber : ofidkelas.blogspot.com

Adapun yang membedakan metode ini dari metode yang pertama yaitu harus menonaktifkan ponsel terlebih dahulu selama beberapa detik, baru kemudian dinyalakan kembali. Ini tutorialnya :

  • Silahkan tekan tombol power di samping hp Vivo.
  • Akan muncul perintah apakah akan mematikan atau akan restart hp Vivo.
  • Tunggu beberapa detik, minimal 10 detik sampai hp Vivo dalam keadaan mati.
  • Selanjutnya nyalakan kembali hp Vivo, dengan cara tekan tombol power di samping body perangkat.
  • Silahkan cek jaringan yang tersedia.
  • Biasanya jaringan 4G Vivo akan kembali.

3. Memilih Area Yang Memiliki Sinyal Kuat

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo selanjutnya adalah  dengan berpindah ke lokasi yang sinyal 4G -nya kuat. Kalian tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari sinyal kuat 4G sebelum mencoba mencari sinyal di dalam rumah terlebih dahulu.

Jaringan menjadi lemah biasanya ada beberapa faktor, salah satu yang paling umum yaitu terhalang sesuatu seperti rumah dengan tembok yang tinggi. Bisa jadi, karena ada pohon yang cukup tinggi sehingga jaringan 4G menjadi lemah.

Cobalah untuk mencari jaringan 4G di dalam rumah terlebih dahulu di beberapa ruangan. Namun jika masih sulit menemukan jaringan yang baik, silahkan cari jaringan ke luar rumah, seperti di teras rumah.

4. Melakukan Flash HP Vivo

Tidak selamanya update OS bisa berjalan dengan baik. Jika sinyal jaringan 4G kalian hilang akibat firmware yang bermasalah karena update OS yang terbaru, kalian tentu saja harus flash ulang hp.

Sumber : tekno-infokhus.blogspot.com

Untuk melakukan flash ulang Vivo, kalian harus mengunduh firmware yang cocok dengan tipe hp Vivo yang sudah disediakan vendor aslinya. Selain itu, firmware bisa kalian peroleh di situs web resmi produsen Vivo.

6. Reset Vivo

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo selanjutnya yaitu dengan reset hp Vivo kalian. Metode ini terkesan ekstrem karena harus mengembalikan pengaturan ke setelan pabrik, termasuk akun-akun kalian harus di buat ulang ketika sudah selesai reset hp Vivo.

Sumber : extradevice.com

Metode ini bisa dilakukan apabila perangkat terkena virus atau disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang membuatnya menjadi malfungsi. Berikut panduannya :

  • Buka menu settings pada hp Vivo.
  • Selanjutnya scroll sedikit ke bawah dan temukan opsi ‘Pabrikan’.
  • Terakhir tingal klik tombol ‘Reset’.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka hp Vivo akan kembali pada pengaturan awal seperti pada saat membeli hp Vivo pertama kali. Jika kalian ingin memakai cara ini, silahkan lakukan backup data terlebih dahulu. Baik backup data pribadi maupun data-data akun yang terinstal pada hp Vivo.

Setelah melakukan reset ulang, biasanya performa hp Vivo menjadi lebih baik dalam menangkap jaringan 4G. Alhasil, sinyal 4G kalian menjadi lebih baik dibandingkan sebelum reset ulang.

7. Mengganti Kartu SIM

Cara ini mungkin terkesan klasik, karena harus mengganti kartu SIM dengan jaringan kuat sesuai area kalian. Meskipun demikian, metode ini bisa dikatakan cukup berhasil tanpa harus melakukan berbagai pengaturan pada hp Vivo.

Sumber : Youtube

Berhubung pada hp Vivo memiliki slot dual kartu SIM, maka usahakan mulai dari sekarang agar selalu memisahkan kartu untuk keperluan keluarga dan pekerjaan. Selain itu juga, memisahkan kartu khusus untuk internetan dengan jaringan 4G yang kuat di area kalian.

8. Ganti Hardware Vivo

Sumber : Youtube

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo selanjutnya ialah dengan mengganti hardware Vivo. Adapun ciri-ciri perangkat keras hp harus diganti adalah jika bagian dalam perangkat mengalami kerusakan yang cukup fatal, seperti terjatuh atau bisa saja terendam air.

Karena bagian dalam hp smartphone cukup sensitif, lebih baik konsultasikan kepada tukang service hp untuk memperbaikinya. Selain itu, jika diperlukan hardware bagian dalamnya harus diganti agar performanya kembali seperti sedia kala. Sehingga bisa memaksimalkan jaringan 4G.

Dengan 8 cara mengembalikan jaringan 4G Vivo, maka kalian bisa menikmati jaringan internet 4G kembali untuk menonton live streaming, bermain game online, atau lainnya.

Related posts