Cara Mengetahui ID Telegram

Cara Mengetahui ID Telegram

Telegram adalah sebuah aplikasi chatting populer yang mampu menggaet ratusan juta orang pengguna. Telegram biasanya memberikan identitas kepada para penggunanya, melalui username dan ID. Maka dari itu, disini kita akan bahas cara mengetahui ID Telegram dengan mudah.

Mengenal ID Telegram

ID Telegram ditujukan untuk mengidentifikasi para pengguna, grup dan saluran, sehingga mereka bisa dibedakan berdasarkan entitas serupa di messenger. Selain itu, kalian perlu tahu bahwa ID dan username itu berbeda. Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut :

Read More
  • Nomor identifikasi umumnya tidak bisa diubah, meskipun ketika kalian tidak merasa puas dengan ID saat ini.
  • ID tidak bisa dipilih, jadi diberikan ke setiap pengguna dengan cara acak.
  • ID memungkinkan proses identifikasi pengguna dengan cara akurat, sehingga pengguna lain di akun Telegram tidak akan mempunyai ID sama persis.

Kalian tidak bisa mengetahui ID Telegram hanya melalui setelan profil Telegram kalian saja, namun ada tools yang memungkinkan kalian mengetahuinya. Simak cara mengetahui ID Telegram di bawah ini!

Cara Mengetahui ID Telegram

Cara Mengetahui ID Telegram
Tutorial Mengetahui ID Telegram Mudah

Tutorial Mengetahui ID Telegram Mudah

Supaya proses sharing akun Telegram menjadi lebih mudah, maka kalian dapat memakai ID Telegram. Ada beberapa panduan cara mengetahui ID Telegram yang dapat kalian coba di bawah ini. Simak ulasannya :

1. Mengetahui User ID Telegram milik sendiri

Bagi kalian yang ingin mengetahui ID Telegram milik sendiri, lalu berencana untuk membagikannya kepada orang lain, maka langkah-langkahnya cukup mudah karena cukup membuka bagian profil saja, yaitu :

  • Silahkan buka Telegram Apps di iOS atau android kalian.
  • Setelah masuk pada beranda, silakan klik ikon garis tiga bergaya horizonatl yang berada di sebelah kiri atas.
  • Lalu, akan muncul beberapa opsi di dalamnya. Kalian hanya perlu klik Foto Profil saja.

  • Nantinya akan di arahkan pada halaman profil kalian.
  • Lihat di halaman tersebut akan terlihat ID Telegram di kolom ‘Akun’ tepatnya di bagian username.

Cukup mudah bukan? Catat username kalian dan gunakan untuk mengundang banyak teman ke dalam akun kalian. Dengan begitu, kalian bisa saling berkomunikasi satu sama lain dengan mudah menggunakan aplikasi Telegram.

2. Mengetahui User ID Telegram Milik Orang Lain

Bagi kalian yang penasaran ingin melihat ID Telegram milik orang lain pun cukup mudah dilakukan. Kalian hanya perlu mengakses profil kontaknya saja karena di dalam sana akan ada ID Telegramnya. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka Telegram di perangkat kalian.
  • Selanjutnya silakan klik ikon tulis berwarna biru di bawah halaman beranda Telegram.

  • Lalu, pilihlah kontak yang sudah terdaftar di Telegram kalian untuk mengecek ID Telegramnya.
  • Scroll sedikit-sedikit untuk mendapatkan kontak yang ingin kalian lihat atau untuk jalan pintas bisa masuk pada kolom pencarian nama pada kontak Telegram.
  • Setelah memilih satu kontak, klik Nama Kontak tersebut dan masuk ke halaman profil.

  • Di halaman profil, lihat ke bagian bawah tepatnya pada kolom info di bagian username. Dari sanalah user ID kontak Telegrambisa kalian lihat.

Jika kalian ingin melihat ID Telegram dengan kontak yang berbeda, lakukan kembali cara di atas lalu lihatlah pada halaman profil pada kontak Telegram tersebut. Bahkan, bukan hanya ID Telegram saja yang bisa kalian ketahui, tapi bisa mengetahui biodata pada kolom bio dan nomor ponsel jika orang tersebut mencantumkan nomor hpnya.

Tutorial Mengetahui ID Telegram Mudah Melalui Bot

Selain cara mengetahui ID Telegram di atas, kalian juga bisa memakai Bot untuk mengetahui ID Telegram. Berikut diantaranya :

1. Mengecek ID Telegram Sendiri Melalui Bot

Untuk mengetahui ID Telegram sendiri melalui Bot, kalian bisa coba langkah berikut :

  • Masuk ke akun telegram kalian.
  • Tekan pada kolom pencarian dan ketikkan @Get_id_bot dan secara otomatis kalian akan ditampilkan gambar di bawah ini :

  • Langkah berikutnya silahkan tekan start atau mulai untuk mengecek ID Telegram kalian sendiri. Secara otomatis kalian akan diberitahukan ID telegram dan username oleh bot tersebut.

Membuat ID Telegram

Mengingat ID Telegram cukup penting untuk mempermudah akses komunikasi dengan orang lain, maka lebih baik membuat ID Telegram milik kalian sendiri. Seperti yang telah diketahui bahwa ketika membuat akun Telegram, kalian tidak akan diminta secara langsung menerapkan ID Telegram.

Kalian bisa membuatnya sendiri dengan masuk pada halaman profil Telegram kalian. Apabila sudah membuatnya, baru bisa membagikan ID Telegram kepada orang lain.

Namun sebelumnya, kalian harus mengetahui beberapa syarat-syarat pembuatan ID Telegram agar proses pembuatannya bisa berhasil. Berikut penjelasannya :

  • Username atau ID setidaknya menggunakan paling minimal menggunakan 5 karakter baik angka, huruf, atau kombinasi.
  • Agar lebih unik, selain kombinasi huruf dan angka, juga bisa menambahkan karakter simbol seperti garis bawah (underscore) atau simbol lainnya.
  • ID Telegram sifatnya case sensitive, jadi antara huruf kecil dan huruf besar walaupun hurufnya sama, tetap itu menjadi hal yang berbeda.

Setelah mengetahui syarat-syarat penting untuk membuat ID Telegram, berikut akan dijelaskan cara-cara membuat ID Telegram khusus bagi kalian yang belum memasang ID Telegram pada akun Telegram sendiri :

  • Buka aplikasi Telegram dengan menggunakan akun yang telah dibuat.
  • Selanjutnya, pilihlah kembali ikon garis tiga bergaya horizontal yang berada di bagian kiri atas di halaman beranda Telegram.
  • Lalu, klik tombol ‘Settings’.
  • Di halaman akun, silakan klik kolom Username dengan isi teks di dalamnya yaitu ‘Tidak Ada’. Maksud dari tulisan ‘Tidak Ada’ berarti memang kalian belum mengatur ID Telegram.
  • Lalu, buatlah username atau ID Telegram yang sudah di persiapkan sesuai dengan keinginan kalian.
  • Agar dipastikan bahwa username atau ID Telegram yang ingin dibuat adalah ID Telegram yang belum dipakai sama orang lain sama sekali. Gunakanlah ID Telegram yang ‘masih tersedia’. Artinya ID telgram tersebut belum digunakan sama sekali oleh orang lain.
  • Apabila sudah selesai membuatnya, terakhir tinggal klik centang yang berada di bagian atas untuk mengakhirinya.
  • Sekarang, kalian sudah memiliki ID Telegram untuk segera di bagikan kepada orang lain.

Hal terpenting walaupun kalian membuat ID Telegram dengan berbagai macam kombinasi ID telegram, pastikan untuk mengingat ID Telegram milik sendiri. Dengan demikian jika sewaktu-waktu dibutuhkan, kalian bisa mengingatnya tanpa harus membuat profil Telegram terlebih dahulu.

Membuat ID Link

Kalian bisa membagikan ID Telegram hanya dengan menggunakan link saja, ini merupakan salah satu fitur dari Telegram yang paling unik karena belum tentu aplikasi serupa bisa melakukan hal seperti ini. Jadi nantinya, kalian cukup membagikan link kepada orang lain sehingga ketika klik link tersebut, maka akan secara otomatis mengarah pada akun Telegram kalian.

Penggunaan link ini sangat bermanfaat jika kalian membagikannya menggunakan media sosial seperti Facebook, Telegram, Twitter, dan lain sebagainya. Nah, untuk mendapatkannya cukup mudah, yaitu kalian hanya masuk pada menu Settings saja lalu pada kolom username akan muncul ID link yang dimaksudkan.

Semoga cara mengetahui ID Telegram di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts