Cara Cek Resi Pos

Cara cek resi Pos, sebenarnya sama saja dengan cek resi pengiriman JNE, J&T atau jasa ekspedisi swasta lainnya. Kita ketahui bahwa PT. Pos Indonesia adalah perusahaan yang bergelut di bidang jasa pengiriman milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Meskipun sebagai perusahaan ekspedisi pertama di Indonesia, namun Pos tetap dipercaya banyak masyarakat Indonesia dalam hal pengiriman dokumen, barang atau paket lainnya.

Untuk melacak pengiriman barang/paket lewat Pos, biasanya memerlukan nomor resi. Dimana nomor ini terdiri dari sekumpulan atau sederetan kombinasi angka dan huruf unik. Biasanya pada paket jasa ekspedisi swasta nomor resi ini terletak di posisi yang cukup mencolok atau bahkan dicetak dengan ukuran lebih besar, jadi mudah diketahui.

Sementara pada kiriman menggunakan Pos sendiri, biasanya posisi nomor resi pengiriman lebih samar dengan ukuran cetakan yang kecil. Oleh karenanya banyak orang yang sulit menemukannya jika mereka tidak membacanya secara teliti.

Perlu Kamu ketahui, nomor resi yang tertera di lembar kertas resi/bukti pengiriman biasanya berupa nomor barcode. Jadi, bagi Kamu yang belum mengetahui no.barcode itu adalah nomor resi pengiriman yang nantinya bisa Kamu gunakan untuk melacak pengiriman paket.

Cara Cek Resi Pos

Cara Cek Resi Pos
Mengecek Resi Pengiriman Pos

Mengecek Resi Pengiriman Pos

Untuk mengecek resi pengiriman Pos sendiri terdiri dari beberapa cara yang bisa Kamu pilih. Seolah tak mau kalah dari para juniornya, PT. Pos menawarkan layanan pelacakan paket via website resminya yang mudah diakses. Selain itu, Kamu juga bisa memanfaatkan web lain untuk melacak pengiriman paket. Berikut panduan cara cek resi pos yang bisa Kamu coba!

1. Cek Resi Pengiriman Pos via Website Resmi Pos Indonesia

Jika Kamu tak ingin repot-repot pergi ke kantor pos hanya untuk menanyakan keberadaan paket yang Kamu kirimkan, maka Kamu bisa mencoba alternatif cara cek resi pengiriman pos via website resminya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Pertama-tama kamu bisa buka web browser yang biasa digunakan di Hp atau di PC-mu terlebih dahulu.
  • Selanjutnya silahkan masukkan link website Pos Indonesia melalui perangkatmu.
  • Jika sudah, silahkan inputkan nomor resi pengiriman Pos Indonesia di bagian “Lacak Kiriman”.
  • Setelah itu, Kamu bisa pilih menu “tracking”.
  • Tunggu sampai sistem selesai memproses dan muncul data lokasi keberadaan kiriman paket via Pos di layar.

2. Cek Resi Pengiriman Pos via Cekresi.com

Cara cek resi pos via website lain yang bisa Kamu coba ialah Cekresi.com. Website ini memang sering digunakan oleh pengguna jasa ekspedisi karena bisa dipakai untuk melacak kiriman paket, salah satunya untuk mengetahui posisi paket yang dikirimkan oleh Pos.

Untuk mengecek resi pengiriman pos via cekresi, Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka website cekresi di link : https://cekresi.com/m/tracking-pos.php.
  • Link ini langsung membawamu ke halaman pelacakan kiriman paket Pos. Jadi Kamu tinggal menginputkan nomor resi pengiriman Pos yang sudah Kamu dapatkan saja di kolom yang tersedia.
  • Setelah itu, dilanjutkan dengan menekan “Cek Resi Pos”.
  • Selanjutnya tinggal tunggu permintaamu diproses sistem, sampai muncul informasi mengenai lokasi paket yang dikirimkan oleh kurir Pos.

3. Cek Resi Pengiriman Pos via Carikodepos.com

Website lain yang bisa Kamu gunakan untuk cek resi pengiriman pos, ialah di carikodepos.com. Web ini juga memiliki interface yang user friendly, sehingga bagi Kamu yang masih awam sekalipun bisa langsung menggunakannya untuk melacak paket Pos.

Jika Kamu penasaran, simak panduan caranya berikut ini :

  • Silahkan kunjungi web cari kode pos di https://carikodepos.com/cek-resi-pos/
  • Setelah itu, Kamu akan masuk ke laman utama website dan di sana tertera kolom nomor resi Pos yang harus Kamu isi.
  • Masukkan nomor resi pengiriman paket Pos yang Kamu dapatkan dari kurir lalu pilih “Cek” di sebelahnya.
  • Silahkan tunggu sampai sistem memproses data-data resi pengiriman dan informasi mengenai detail keberadaan paket kirimanmu akan langsung ditampilkan di layar.

4. Cek Resi Pengiriman Pos via Website Berdu.id

Selain cekresi dan carikodepos, website yang bisa Kamu gunakan untuk melacak kiriman paket Pos lainnya ialah Berdu. Berdu menyediakan banyak pilihan pelacakan dari berbagai jasa ekspedisi, salah satunya ialah Pos Indonesia.

Untuk menggunakan website ini juga sangat mudah, Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke web browser dan masukkan link https://berdu.id/cek-resi.
  • Mengingat ada banyak pilihan kurir di website tersebut, maka Kamu wajib memilih kurir yang Kamu gunakan. Pastikan Kamu memilih layanan kurir “Pos Indonesia”.
  • Setelah itu, silahkan inputkan nomor resi pengiriman Pos Indonesia di kolom yang tersedia.
  • Kemudian silahkan tekan “Cek Resi” jika ingin melanjutkan proses pelacakan.
  • Setelah berhasil, Kamu pun akan mendapatkan informasi pengiriman paket via PT. Pos Indonesia.

5. Cek Resi Pengiriman Pos via Website Resi.Id

Pilihan website lainnya untuk melacak pengiriman paket via pos ialah www.resi.id. Website ini memberikan kemudahan tracking paket kirimanmu dengan mendukung sebanyak 10 lebih ekspedisi terkemuka yang ada di tanah air. Jadi, Kamu bisa mengetahui keberadaan paket yang Kamu kirimkan dimanapun dan kapanpun, sehingga Kamu merasa tenang sudah mendapatkan informasi lokasi kiriman paket.

Salah satu jasa ekspedisi yang bisa Kamu lacak paketnya ialah PT. Pos Indonesia. Selain itu, Kamu juga bisa melacak sampai 20 jasa ekspedisi sekaligus. Dimana fitur ini sangat membantu bagi Kamu yang mempunyai banyak nomor resi pengiriman, oleh kareanya lebih menghemat waktu tracking.

Adapun cara cek resi Pos via website resi.id, ialah sebagai berikut :

  • Masuk ke browser pilihanmu di PC ataupun Hp.
  • Silahkan ketikkan di kolom pencarian link : https://resi.id.
  • Di halaman utama, Kamu akan mendapatkan tampilan informasi mengenai penjelasan website resi.id dan di sana juga tertera kolom nomor resi.
  • Silahkan inputkan nomor resi pengirimanmu yang didapat dari kurir, setelah itu.
  • Biasanya setelah memasukkan nomor resi, akan muncul pilihan-pilihan jasa ekspedisi.
  • Kamu bisa pilih jasa ekspedisi “Pos” untuk melacak kiriman paket via pos lewat resi.id.
  • Jika sudah, Kamu akan ditampilkan detail pengiriman paketmu via Pos, klik “detail” untuk informasi selengkapnya.
  • Selamat, Kamu pun sudah mengetahui keberadaan paket yang Kamu kirimkan lewat Pos Indonesia.

Itulah panduan cara cek resi pengiriman pos yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Lalu bagaimana jika ternyata nomor resi pengiriman invalid?

Apabila Kamu mengalami kendala seperti ini, paket yang Kamu lacak biasanya masih diproses atau belum dikirimkan. Oleh karenanya, silahkan tanyakan masalah ini ke penjual atau si pengirim.

Seperti kita ketahui bahwa permasalah tentang pengiriman paket kerap terjadi, entah itu dikarenakan kelalaian pihak jasa ekspedisi maupun dari pihak si pengirim yang mencantumkan alamat kurang jelas.

Cara cek resi Pos via online dapat dilakukan menggunakan Hp yang mendukung semua browser. Apabila masih menemui masalah atau kendala mengenai pengiriman paket, Kamu bisa langsung mendatangi kantor Pos terdekat.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019