Cara Membuat Petisi Online

Cara Membuat Petisi Online

Petisi adalah sebuah tindakan untuk mengubah kebijakan publik dengan cara mendorong tindakan tertentu yang dikeluarkan oleh institusi publik. Dengan adanya petisi, maka akan memberikan ruang kepada publik dalam menyampaikan aspirasi atau tuntutan mereka terkait kebijakan yang tidak sesuai dengan keinginan masyarakat. Lantas, bagaimana cara membuat petisi online?

Teknologi kini telah mengubah aktivitas kehidupan manusia, bahkan dalam hal memberikan argumen. Jika sebelumnya, masyarakat menyampaikan tuntutan atau aspirasi dengan cara demonstrasi, bahkan tidak jarang harus berakhir bentrok bersama pihak kepolisian. Akan tetapi, kita kini dapat mengubah tatanan tersebut hanya lewat petisi online.

Petisi Online

Pengertian dari petisi online adalah pernyataan yang biasanya disampaikan kepada pihak  publick figure, pemerintah maupun subjek lain supaya bisa mengambil tindakan akan suatu hal. Namun perbedaannya dengan demonstrasi pada umumnya ialah pernyataan tersebut disampaikan dengan cara online.

Kalian mungkin telah mengenal beberapa saluran gratis yang sering digunakan dalam membuat petisi. Salah satunya yaitu change.org.

Umumnya, petisi online disebut juga dengan e-petitions atau electric petitions yang bisa dikategorikan menjadi 2 tipe, yaitu tipe formal dan tipe informal. Untuk tipe formal, lebih ke arah sistem petisi yang dioperasikan oleh pemangku kebijakan publik. Sementara, untuk petisi informal lebih ke arah sistem petisi yang di buat atau di atur oleh sebuah organisasi non pemerintah maupun swasta.

Karena kehadiran petisi online sangat bermanfaat untuk mengubah regulasi yang ada.Berikut akan dijelaskan mengenai cara membuat petisi online dengan sangat mudah, sehingga siapapun bisa membuatnya.

Cara Membuat Petisi Online

Cara Membuat Petisi Online
Membuat Petisi Online

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat petisi online, biasanya orang-orang membuat petisi online melalui situs www.change.org dan www.petisionline.com. Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat petisi online melalui kedua situs tersebut

Metode 1 : Membuat petisi Online Melalui www.change.org

1. Masuk ke Situs change.org

Pertama-tama, buka browser terlebih dahulu. Jika sudah masuk, kalian bisa langsung mengakses web resminya dengan cara mengetik linknya pada kolom pencarian yaitu : www.change.org.

Di halaman pertama, kalian akan melihat petisi yang dilakukan oleh banyak orang berdasarkan bidang-bidang tertentu. Namun bagi kalian yang ingin mulai membuat petisi, silakan klik tombol ‘Mulai Petisi’.

2. Pilih Topik Petisi

Silahkan pilih topik yang sesuai dengan petisi yang akan kalian buat. Contohnya saja, kita ambil topik ‘Keadilan Ekonomi’. Kalian bisa klik pilihan tersebut dan tekan Lanjutkan. 

3. Tulis Judul Petisi

Cara membuat petisi online selanjutnya, kalian akan di arahkan pada halaman berikutnya. Halaman tersebut mewajibkan untuk menulis judul petisi yang disesuaikan dengan kebijakan yang ingin di ubah oleh pemangku kebijakan.

 

Karena judul petisi hanya 90 karakter, maka untuk membuat judul petisi harus singkat, jelas, dan padat sesuai kriteria di bawah ini :

  • Buat judul yang singkat, jangan berbelit-belit. Contoh judul singkat yaitu : Beli daging Murah di pasar rakyat.
  • Kalian harus fokus terhadap solusinya. Contoh : sejahterakan penjual daging di pasar rakyat.
  • Komunikasi yang bersifat urgensi. Contoh : daging dari pasar tradisional ikut mensejahterakan penjual daging.

Pastikanlah agar judul setidaknya memuat 3 kriteria di atas. Jika sudah, klik ‘Lanjutkan’.

3. Menyampaikan Permasalahan

Di halaman beriktunya, kalian mewajibkan untuk menyampaikan permasalahan atau cerita  yang terjadi sesuai dengan judul yang dibuat. Tuliskan alasan kenapa kalian begitu peduli dengan permasalahan tersebu. Kemudian tunjukkan mengenai dampak masalah tersebut bagi kalian, keluarga, atau mungkin bagi komunitas tertentu.

Selain itu, jelaskan juga apabila petisi bisa berhasil mengubah kebijakan dan bila gagal mengubah kebijakan. Hal ini akan mendorong cara pandang orang lain untuk mengikuti petisi yang kalian buat.

Satu hal yang paling utama adalah, tidak boleh melakukan perundungan terhadap obyek yang sedang dituju. Baik berupa ujaran kebencian, ucapan yang mengancam, atau memberikan informasi palsu.

Setelah selesai menyampaikan permasalahan, klik Lanjutkan.

3. Tambahkan Foto

Tujuan dari menambahkan Foto adalah sebagai dasar bukti kuat yang memperlihatkan bahwa petisi tersebut merupakan petisi penting. Foto yang bisa di upload setidaknya harus mencerminkan isi dari petisi tersebut.

 

Tips nya adalah menggunakan foto orang ataupun foto binatang yang menunjukkan sikap emosi dari petisi yang dibuat. Selain itu, foto yang diunggah sebaiknya berukuran 100 x 675 piksel, agar foto tersebut dapat terlihat jelas dan menarik. Ingat, jangan gunakan foto yang memperlihatkan kekerasan berlebihan atau foto yang berbau konten pornografi.

Setelah selesai unggah foto, klik Lanjutkan.

4. Masuk atau Daftar

Untuk menyelesaikan petisi online yang telah dibuat sebelumnya, kalian diharuskan daftar atau masuk ke situs change.org. Jika belum mendaftark, silahkan daftar terlebih dahulu.

Cara melakukan pendaftaran bisa menggunakan alamat email atau bisa juga menggunakan akun Google yang sudah terdaftar. Bisa juga melanjutkan dengan menggunakan akun Facebook. Apabila telah selesai memilih metode pendaftaran. Klik Lanjutkan.

Di halaman berikutnya, jika masuk menggunakan alamat email,  jangan lupa buat kata sandi. Silakan tulis kata sandi yang diinginkan, untuk selanjutnya bisa digunakan ketika akan membuat petisi online lagi di situs change.org.

Berikutnya, isilah nama depan dan nama belakang pada kolom yang tersedia. Nama ini nantinya akan muncul pada petisi yang kalian publish. Selain itu, akan muncul saat kalian menandatangani petisi tersebut.

5. Terbitkan Petisi

 

Setelah mengisi beberapa rangkaian yang diperintahkan pada situs tersebut, silakan utnuk terbitkan petisi dengan kik ‘Terbitkan Petisi’. Jika sudah, mulai untuk share petisi tersebut agar cepat di tanda tangan oleh orang lain.

Cara 2 : Membuat Petisi Online Melalui situs www.petisionline.com

1. Masuk Situs Petisionline.com

Buka browser terlebih dahulu, lalu pada kolom pencarian silakan tuliskan link nya : www.petisionline.com. Di halaman pertama dari situs tersebut, kalian akan diperlihatkan mengenai tata cara pembuatan petisi.

2. Membuat Petisi

Klik buat petisi pada halaman pertama, atau jika tidak muncul bisa masuk pada tombol menu di bagian kanan atas lalu klik mulai petisi.

Di halaman tersebut, kalian diwajibkan mengisi kolom berdasarkan ketentuan pada masing-masing kolom, yaitu :

  • Nama petisi

    kolom ini harus di isi untuk judul petisi. Isikan pernyataan yang spesifik yang bisa memberitahukan kepada orang lain mengenai keinginan kalian agar didukung oleh orang-orang yang memiliki keinginan yang sama.

  • Teks Petisi

    Pada bagian ini, ceritakan mengenai maksud dan tujuan petisi, pastikan bahwa petisi ini disampaikan berdasarkan sudut pandang kalian. Tentu saja, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti terkait setuju atau tidak pada kebijakan yang sudah di rilis oleh pemangku kebijakan. Selain itu, tuliskan pula kenapa petisi tersebut harus segera di realisasikan dengan cepat dan perlu ditanda tangani orang banyak.

  • Upload Foto

    Silakan untuk memasukkan foto sesuai dengan tema petisi yang dibuat. Pastikan juga agar foto yang di upload mencerminkan petisi secara keseluruhan.

  • Pembuat Petisi

    Pada kolom tersebut, tuliskan siapa yang membuat petisi, apakah nama kalian sendiri, atau atas nama organisasi atau departemen.

  • Daftar Akun

    sebelum di publish, silakan untuk mengisi alamat email dan sandi. Tujuannya adalah agar petisi tersebut legal secara aturan.

3. Publikasikan Petisi

Apabila telah selesai mengisi kolom-kolom di atas, terakhir tinggal klik ‘Publikasikan Petisi’ yang berada di bagian bawah pada kolom yang sama.

Menyampaikan pendapat tidak harus berkoar-koar di media sosial, apalagi terhadap suatu kebijakan yang belum pasti. Karena kalian bisa saja mendapatkan sanksi UU ITE atau pencemaran nama baik. Oleh sebab itu, bijaklah dalam menyampaikan argumen dan cari cara yang cerdas melalui cara membuat petisi online di atas!

Related posts