Cara Hemat Kuota Zoom

Cara Hemat Kuota Zoom
Cara Hemat Kuota Zoom

Baru –baru ini, warganet menjadi khawatir karena pemberitaan yang berkaitan dengan tingkat keamanan dari aplikasi Zoom itu sendiri. Menurut kuitpan dari liputan6.com, peniliti telah menemukan adanya celah di aplikasi tersebut sehingga dapat diterobos oleh para hacker. Hal ini, menjadi sorotan tajam karena bisa bobol security macOS. Begini cara hemat kuota Zoom.

Padahal, bulan lalu Zoom telah memperkuat dirinya agar mampu mempertahankan keamanan privasi data diri pengguna melalui penambahan enkripsi atau E2EE. Adapun julukan lainnya adalah one-on-one. Setelah tools E2EE tersebut kalian aktifkan, maka perangkat yang mampu mengaksesnya panggilan tidak lain ya device penerima dan pembuat panggilan. Basis cloud.

Kuota Peserta Zoom Meeting

Berikutnya, kita akan membahas jumlah dari kuota peserta Zoom Meeting. Secara umum, ada beberapa pilihan paket akun yang tersedia untuk para pengguna. Mulai dari yang gratis, tetapi tentunya kalian juga diberikan opsi agar bisa memilih paketan berbayar. Biasanya, pengguna dari berbayar ini mereka yang berada di area perkantoran atau sekolah. Up to 30 jam non stop.

Selain itu, karena aplikasi ini dapat beroperasi ketika perangkat kalian sudah berstatus online. Maka, otomatis harus memperhatikan kuota Zoom per jam, hingga kuota Zoom tri bagi user yang menggunakan provider tersebut. dikutip dari Makeuseof, rata-rata kuota Zoom indosat yang dihabiskan adalah 540 Mb sampai dengan kisaran 1,62 GB. Per menitnya, sekitar 9 MB.

Cara Hemat Kuota Zoom

Cara Hemat Kuota Zoom
Cara Hemat Kuota Zoom

 

Cara hemat kuota Zoom menjadi persoalan yang cukup penting. Kalian yang masih bingung dan mempertanyakan berapa kuota untuk Zoom 2 jam. Ya kurang lebih menghabiskan 1,080 GB. Ikuti tips untuk menghemat kuotanya melalui trik berikut ini:

1. Aktifkan Video Saat Ada Admin

Sebelum kalian mengikuti konferensi atau interview. Alangkah baiknya memperhatikan rules yang telah diberlakukan demi menjaga kelancaran dan ketertiban berlangsungnya events. Hal ini, dapat membantu mengurangi penggunaan data dari kuota Zoom telkomsel hingga kuota Zoom Smartfren. Dimana, kalian bisa mengaktifkan videonya saat admin sudah bergabung.

Cara hemat kuota Zoom di HP yang dimaksudkan disini, peserta dari konferensi bisa memilih untuk tidak mengaktifkan fitur kamera. Dengan begini, konsumsi dari kuota internet kalian akan lebih hemat. Karena, tidak banyak tools Zoom yang kalian nyalakan.

2. Hindari Penggunaan Fitur Screen Share

Buat kalian yang mengikuti meeting kantor, terkadang perusahaan memberikan perintah agar fitur tambahan yang ada di aplikasi tersebut dinyalakan. Salah satunya, ya share screen. Alat ini, memungkinkan peserta ataupun admin hingga narasumber untuk menampilkan tampilan layar dari perangkat masing-masing. Otomatis, penggunaan datanya jadi semakin bertambah.

Apabila kalian terpaksa harus mengaktifkan fitur share screen karena saat itu kebagian peran untuk menyampaikan presentasi. Maka, langsung dimatikan fiturnya setelah presentasi. Akan tetapi, lebih disarankan lagi untuk menggunakan jaringan WiFi.

3. Matikan Audio & Video dengan Kualitas HD

Selain itu, ada juga fitur pendukung lainnya seperti audio maupun video. Kedua tools tersebut, memiliki peran yang sangat penting selama meeting di Zoom berlangsung. Di sisi lain, kalian yang seringkali mengatur agar video yang ditampilkan berkualitas HD, mungkin kalau event-nya tidak terlalu penting, coba turunkan saja kualitas videonya. Supaya, hemat kuotamu.

Kalau menjadi peserta dari suatu acara pertemuan melalui Zoom dan tidak ada kepentingan di jalannya acara tersebut untuk menyampaikan pendapat. Sebaiknya langsung nonaktifkan saja fitur audionya. Dengan cara ini, penggunaan data internet per menit akan semakin menurun.

Cara Hemat Kuota Zoom di HP

Cara hemat kuota Zoom di HP berikutnya adalah berdasarkan dari informasi yang dikutip di laman resmi milik Kemenkominfo yang dijelaskan ulang melalui suara.com. Buat kalian para pengguna aplikasi Zoom aktif, ikuti langkah-langkah menonaktifkan kualitas HD di video:

  1. Masuk ke aplikasi Zoom menggunakan akun kalian yang aktif
  2. Pilih tombol Join Meeting atau Create New Meeting pada tampilan beranda aplikasi
  3. Setelah berhasil tergbung ke ruang meeting, langsung pilih menu Pengaturan atau Settings
  4. Kemudian, lanjutkan dengan memilih Video
  5. Klik di kolom kecil bertuliskan Enable HD sampai tanda centang di dalamnya hilang.

Trik seperti ini, sangat membantu mengurangi pemakaian kuota data internet yang berlebihan. Karena, saat pengaturan tersebut dimatikan secara otomatis kualitas video juga menyesuaikan dengan kecepatan internet yang kalian miliki. Makanya, bisa lebih hemat.

Cara Membuat Zoom Hemat Kuota

Cara membuat Zoom hemat kuota kalau kalian mau praktis, tentu gunakan saja jaringan WiFi. Tetapi, tidak semua pengguna Zoom memasang WiFi di tempat tinggalnya. Maka dari itu, kalian bisa menonaktifkan suara mikrofon. Berikut tahapan selengkapnya:

  1. Melalui panel pertemuan, lihat ikon mikrofon yang terdapat di bagian bawah layar
  2. Tanda merah yang muncul dari gambar mikrofon tersebut, menandakan tools sedang aktif
  3. Klik ikon mikrofon sampai tidak ada warna yang terlihat.

Kelemahan dari penonaktifan alat ini, pengguna jadi tidak memiliki kesempatan agar dapat menyampaikan pendapat yang dimilikinya selama pertemuan tersebut diadakan. Namun, cara ini bersifat sementara. Artinya, apabila dibutuhkan maka dapat dengan mudah diaktifkan lagi mikrofonnya.

Cara Setting Zoom Agar Hemat Kuota

Cara setting Zoom agar hemat kuota di berbagai perangkat komunikasi. Kalian bisa langsung mengikuti tips yang sudah dijelaskan di atas. Kali ini, kita akan membahas akun Zoom gratis. Apa saja kira-kira fasilitas yang dapat dirasakan? Ini selengkapnya:

  • Pengguna dapat dengan bebas menggunakan tools audio, camera, serta share screen
  • Tidak akan dipungut biaya apapun selama pemakaian aplikasi tersebut
  • Waktu yang bisa kalian gunakan dalam satu kali meeting, yakni selama 40 menit atau sekitar 1 jam kurang 20 menit
  • Maksimal jumlah peserta meeting Zoom mencapai 100 akun
  • Pengguna diberikan akses untuk membuat room meeting baru dan membagikan link-nya ke berbagai media sosial. Contoh, Whatsapp
  • Tersedia group chat serta private chat selama pertemuan berlangsung
  • Support untuk perangkat HP, laptop, tab, PC hingga smart TV.

Pokoknya, kalau kalian biasa mengadakan meeting kurang dari 1 jam. Maka, paket gratis ini sudah lebih dari cukup. Namun, lain lagi urusannya kalau rapat tersebut diadakan oleh suatu lembaga atau area perkantoran. Durasi yang dihabiskan untuk membahas suatu permasalahan pasti akan memakan waktu hinggal lebih dari 1 jam. Oleh sebab itu, butuh akun premium.

Cara Hemat Kuota Menggunakan Zoom

Cara hemat kuota menggunakan Zoom, tinggal sesuaikan saja penggunaan fitur yang muncul di aplikasi tersebut. Apabila kalian hanya butuh mendengarkan isi dari materi yang disampaikan oleh host. Nonaktifkan fitur audio dan videonya. Namun, kalau mau merekam keseluruhan isi meeting kalian butuh upgrade akun terlebih dahulu. Simak di bawah ini:

  1. Paket Pro, biayanya mencapai $14.99 setiap bulannya. Cocok untuk tim berskala kecil dengan tambahan tools berupa cloud storage hingga 1 GB, serta large meeting add-on.
  2. Paket Business, tagihan per bulannya adalah $19.99. Maksimal jumlah pesertanya mencapai 300 orang. Bisa merekam pertemuan, serta kalian juga dapat mengubah tautan.

Sekian pembahasan cara hemat kuota Zoom kali ini. Baca juga artikel cara hemat baterai Samsung untuk informasi lebih lanjut. See you on the next topics. Have a nice days.

Related posts