Cara Membuka Hp Xiaomi yang Lupa Kata Sandi

Memproteksi keamanan perangkat dengan memakai kata sandi adalah hal yang sering dilakukan banyak pengguna. Tujuannya agar tidak sembarang orang dapat mengakses perangkat, apalagi saat hp terjatuh atau tertinggal di suatu tempat. Melalui kata sandi ini, sudah tentu data yang terdapat di dalamnya menjadi lebih aman, sebab orang lain tidak bisa membuka password hp kalian. Lantas, bagaimana jika lupa pasword? Bagi pengguna Xiaomi, kalian bisa coba cara membuka hp Xiaomi yang lupa kata sandi!

Lupa kata sandi memang hal yang sering dialami, sehingga banyak pengguna yang akhirnya enggan memproteksi perangkatnya dengan kata sandi. Namun sebenarnya, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk membuka passowrd perangkat yang lupa ketimbang sama sekali tidak memproteksi hp kalian.

Read More

Alih-alih tidak menggunakan kata sandi, justru data pribadi bisa saja disalahgunakan orang lain. Hal tersebut sudah pasti sangat merugikan, terlebih jika ada data pening yang disimpan baik di memori eksternal maupun internal hp.  Atau lebih parahnya lagi, bisa saja orang tersebut menyalahgunakan akun kalian.

Sistem Keamanan Hp Xiaomi

Setiap perangkat smartphone tentu saja telah disematkan sistem keamanan berupa password. Tujuannya adalah untuk mengamankan data-data pribadi terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini, hp Xiaomi paling banyak di gemari para pencinta smartphone. Hal ini bukan tanpa alasan, karena di samping harganya terjangkau, juga ada banyak fitur-fitur yang menarik di dalamnya yang bisa bersaing dengan merek hp lain yang sedikit lebih mahal.

Fitur-fitur bawaannya pun tidak kalah menarik ketika kalian gunakan, salah satunya adalah fitur penguncian hp menggunakan kata sandi. Selain fitur penguncian hp, juga ada beberapa fitur lainnya yang bisa kalian coba, sebagai berikut :

1. Guest Mode

Di samping ada fitur lockscreen, kalian juga bisa mengamankan aplikasi pada perangkat hp dengan Guest Mode. Selain itu, fitur ini bisa melindungi privasi seperti note, hide message, settings, incoming calls, dan foto.

2. Kunci Aplikasi

Kunci aplikasi dibutuhkan untuk mengunci beberapa aplikasi yang dianggap rentan karena menyimpan berbagai informasi pribadi. Melalui metode yang satu ini, kalian bisa mengunci SMS, kontak, galeri, email, aplikasi, pengaturan atau aplikasi apa saja memakai pattern atau password.

3. Child Mode

Menariknya, Xiaomi juga memiliki sistem child mode, jadi kalian tidak khawatir lagi mengenai informasi data pribadi yang bisa diakses anak-anak. Biasanya terkait pengubahan peraturan yang tidak sengaja oleh anak-anak saat meminjam hp kalian.

Bagaimana, fitur keamanan Xiaomi memang sudah sangat lengkap bukan? Kalian dapat memanfaatkan fitur keamanan di atas untuk berbagai keperluan. Namun khusus untuk lockscreen atau pengunci layar saat pertama kali masuk, dan tiba-tiba saja kalian lupa password, maka kalian bisa mencoba cara membuka hp Xiaomi yang lupa password di bawah ini!

Terkait:  Cara Ganti Font Xiaomi

Cara Membuka Hp Xiaomi yang Lupa Kata Sandi

Cara Membuka Hp Xiaomi yang Lupa Kata Sandi
Tutorial Membuka Hp Xiaomi yang Lupa Kata Sandi

Bagi kalian yang perangkatnya sudah disematkan teknologi terbaru untuk membuka hp xiaomi tanpa menggunakan kata sandi, akan cukup mudah membuka hp xiaomi. Caranya adalah bisa memproteksi hp dengan menggunakan pola kunci, menggunakan pemindaian wajah pemilik, hingga menggunakan fitur sidik jari bagi untuk seri tertentu.

Penggunaan teknologi baru seperti inovasi teknologi di atas, tidak perlu repot-repot mengingat kata sandi. Namun, kalian tetap saja harus memiliki kata sandi untuk membuka hp Xiaomi,  jika sewaktu-waktu hp Xiaomi kalian digunakan oleh orang lain dengan alasan tertenu.

Karena orang lain tidak mungkin bisa menggunakan sidik jari, begitupun pemindaian wajah atau pola kunci, maka satu-satunya cara untuk membuka hp Xiaomi yang digunakan oleh orang lain adalah kata sandi.

Oleh karena itu, bagi kalian pengguna hp xiaomi, tetap wajib mengetahui cara membuka hp xiaomi yang lupa kata sandi. Ada 2 cara yang bisa kalian gunakan untuk membuka hp xiaomi yang lupa kata sandi. Berikut ini :

  1. Silahkan pinjam HP teman/keluarga kamu dulu, atau pakai HP kamu yang kedua
  2. Buka browser di ponsel teman/keluarga, buka dan kunjungi https://i.mi.com
  3. Pilih Bahasa Indonesia
  4. Di HP Xiaomi yang terkunci, tekan 10x pada gambar kunci gembok untuk memunculkan kode buka kunci
  5. Masukkan kode buka kunci atau IMEI HP Xiaomi yang terkunci di website tadi
  6. Dimana Anda membeli perangkat? Pilih saja Indonesia 
  7. Lalu tekan Berikutnya
  8. Akan muncul email atau nomor hp yang pernah didaftarkan sebelumnya
  9. Klik Ya. Setel ulang sandi/nomor telepon
  10. Klik Setel ulang sandi sekali lagi
  11. Masukkan email yang terhubung dengan HP Xiaomi yang terkunci, klik Berikutnya
  12. Cek kotak masuk email, masukkan kode verifikasi yang dikirimkan lalu klik tombol Kirim
  13. Setel ulang sandi, masukkan kata sandi baru kamu
  14. Masukkan kata sandi baru kamu sekali lagi
  15. Klik tombol Kirim
  16. Hubungkan HP Xiaomi yang terkunci dengan Wi-Fi atau Data Seluler untuk terhubung ke internet
  17. Langsung klik Activate this device

  18. Masukkan kata sandi baru yang sudah kamu ganti tadi
  19. HP Xiaomi berhasil dibuka kembali.

Metode 1: Menggunakan Fitur Lupa Kata Sandi

Cara membuka hp Xiaomi yang lupa kata sandi berikutnya, jika kalian tidak ingin mengakes situs resmi dari xiaomi, bisa menggunakan fitur ‘Lupa kata sandi’. Sebagai catatan, jika ingin menggunakan fitur ini  sebaiknya harus mengingat nama email berikut kata sandi email yang terhubung dengan hp xiaomi kalian.

Pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil, untuk mempermudah proses pemulihan kata sandi tanpa harus menunggu lama. Mengingat sinyal yang kurang mendukung. Untuk lebih lengkapnya mengenai tutorial mengembalikan kata sandi menggunakan fitur ‘Lupa Password’, ini selengkapnya :

  • Untuk memunculkan fitur ini, pertama-tama masukanlah kata sandi secara random sebanyak 5 kali pada layar hp.
  • Kemudian, ketika memasukkan kata sandi yang salah, akan muncul notifikasi pada layar hp xiaomi. Biasanya memberitahukan agar kalian harus menunggu beberapa saat hingga bisa memasukkan kata sandi kembali. Biasanya waktu tunggu selama 30 detik.
  • Berikutnya, akan muncul tulisan ‘Lupa Kata Sandi’ yang terletak di bagian bawah layar hp. Silakan untuk klik tulisan tersebut.
  • Selanjutnya kalian akan dimintai untuk memasukkan alamat email aktif yang selalu di pakai pada hp xiaomi untuk berbagai akun di dalamnya. Pastikan nama email yang dimasukkan telah benar.
  • Setelah mengikuti beberapa petunjuk, nantinya kalian akan menerima pesan email yang berisi informasi untuk mengubah kata sandi lama menjadi kata sandi yang baru.
  • Ikuti langkah-langkahnya dengan benar hingga bisa memastikan bawah kata sandi baru sudah siap digunakan pada hp xiaomi yang lupa kata sandi.
  • Selanjutnya, setelah kata sandi baru telah dibuat, agar segera di coba ke hp xiaomi yang lupa kata sandi.
  • Biasanya setelah mencobanya, maka hp xiaomi yang lupa kata sandi telah berhasil.
Terkait:  Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Metode 2: Memakai Akun Mi Cloud

Jika ingin menggunakan cara ini, maka langkah pertama adalah dengan cara mengaktifkannya terlebih dahulu. Simak cara membuka hp xiaomi dengan menggunakan akun Mi Cloud :

  • Jika ingin memulihkan kata sandi yang lupa, maka kalian harus mengaktifkan dulu fitur ‘Find Device’ terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, siapkan perangkat tambahan seperti laptop, komputer, atau hp lainnya.
  • Perangkat tambahan tersebut berguna untuk membuka situs resmi Xiaomi. Oleh karena itu agar pastikan perangkat tambahan memiliki akses internet yang baik.
  • Bukalah situs xiaomi pada browser yang terdapat pada perangkat yang kalian gunakan dengan alamat : https://i.mi.com.
  • Bagi kalian yang baru membuka situs ini pertama kali, tentunya harus klik DAFTAR terlebih dahulu agar bisa mengakses semua fitur yang ada di dalamnya.
  • Setelah berhasil terdaftar, silahkan Login dengan akun yang sudah dibuat. Klik tombol MASUK.
  • Setelah berhasil MASUK, silakan sorot ke bagian menu ‘Find Device’ dan di lanjut dengan klik tombol ‘Reset Kata Sandi’.
  • Kemudian, kalian bisa dengan mudah mengatur kata sandi yang paling baru dari hp xiaomi yang lupa kata sandi.
  • Setelah mengubah kata sandinya, silakan untuk mencoba pada hp xiaomi yang lupa kata sandi dengan menggunakan kata sandi baru.
  • HP Xiaomi kalian sudah bisa di akses kembali.

Cukup mudah bukan? Yang penting adalah kalian harus memiliki akun untuk mengakses situsnya terebih dahulku, agar dapat mengganti kata sandi lama ke kata sandi yang baru.

Metode 3: Lewat Factory Reset (Reset Pabrik)

Bagi yang mungkin masih menjadi pengguna baru dan belum banyak file yang tersimpan di ponsel, bisa pakai metode Factory Reset untuk membuka Hp Xiaomi yang lupa kata sandi.
Begini caranya:

  • Pastikan dulu baterai Xiaomi kamu (yang lupa password) masih punya setidaknya 60% kapasitas
  • Lalu, matikan ponsel Xiaomi kamu dengan pencet tombol Power
  • Dalam keadaan mati, Pencet tahan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan
  • Untuk memilik menu, gunakan tombol Volume atas dan bawah, dan gunakan tombol Power untuk OK.
  • Gulir dan pilih menu wipe data/factory reset
  • Lanjut, pilih Yes
  • Kemudian pilih lagi delete all user data
  • Terakhir, pilih menu reboot system now
Terkait:  Cara Mencari HP Xiaomi yang Hilang

Metode 4: Lewat Hard Reset

Sama halnya dengan Factory Reset, kamu juga bisa membuka HP Xiaomi yang terkunci karena lupa kata sandi dengan Hard Reset.
Begini caranya:

  • Langkah paling awal, pastikan baterai ponsel Xiaomi kamu masih diatas 50%, langsung matikan HP dengan menekan tombol Power
  • Dalam keadaan ponsel mati, tekan tahan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan.
  • Muncul logo Xiaomi, tunggu sebentar hingga list menu ditampilkan
  • Setelah masuk Mode Recovery, pilih Wipe Data > Wipe All Data. (Gunakan tombol volume untuk gulir, dan tombol power untuk konfirmasi OK)
  • Lalu, pilih Confrim.
  • Kembali lagi ke menu utama, pilih Reboot.
  • Terakhir, pilih Reboot to System.

Metode 5: Menggunakan Android Device Manager (ADM)

Cara membuka ponsel Xiaomi yang lupa kata sandi juga bisa dilakukan melalui ADM alias Android Device Manager. Begini langkah-langkahnya:

  • Buka Android Device Manager di perangkat/ponsel lain, atau bisa langsung kunjungi https://www.google.com/android/find di ponsel lain
  • Login menggunakan Email dan Password yang sama dan yang terkoneksi pada HP Xiaomi yang lupa password
  • Jika sudah login, akan muncul daftar ponsel yang terkoneksi dan kamu gunakan.
  • Pilih pada tipe HP Xiaomi yang lupa kata sandinya, lalu tekan tombol menu Kunci atau Lock
  • Masukkan kata sandi baru untuk membuka HP Xiaomi kamu
  • Konfirmasi, ketik dan masukkan kata sandi baru sekali lagi
  • Klik tombol Kunci atau Lock
  • Tunggu hingga proses berhasil
  • Setelah berhasil, kamu bisa langsung login dengan password baru dan dapat langsung membuka ponsel Xiaomi kamu yang lupa kata sandi tadi.

Metode 6: Menggunakan Android Debug Bridge (ADB)

Bisa juga pakai ADB alias Android Debug Bridge untuk membuka HP Xiaomi yang lupa kata sandi, langkahnya:

  • Matikan HP Xiaomi, lalu masuk ke mode fastboot dengan cara tekan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan (pastikan HP dalam kondisi mati)
  • Sambungkan HP Xiaomi kamu ke PC atau Laptop memakai kabel USB
  • Di laptop, tekan Windows dan R lalu ketik cmd kemudian Enter pada keyboard.
  • Setelah masuk ke CMD, ketik perintah ini:
    adb shell rm /data/system/gesture.key
  • Langsung tekan Enter pada keyboard
  • Tunggu prosesnya, lalu Restart HP Xiaomi kamu
  • Selesai, sekarang kamu bisa membuka ponsel Xiaomi yang lupa password.

Metode 7: Datangi Service Center Xiaomi

Metode terakhir dari semuanya, jika kamu sudah mempraktekkan semua cara tapi masih juga kesulitan maka kami masih punya satu solusi jitu untuk membuka Hp Xiaomi yang lupa kata sandi.

Yakni dengan mendatangi service center Xiaomi terdekat dari lokasimu. Cara ini juga sangat berguna bagi kamu yang tidak ingin ribet dan mungkin tak punya banyak waktu untuk utak-atik hape. Ikuti langkah ini:

  • Pastikan kamu membawa HP Xiaomi yang lupa kata sandi ke service center
  • Datangi customer service, dan sampaikan saja keluhanmu
  • Setelahnya kamu akan segera dibantu oleh ahlinya.

Dengan 2 cara membuka hp Xiaomi yang lupa kata sandi di atas, kalian tidak perlu panik lagi saat tidak bisa mengakses perangkat sendiri akibat lupa password.

 

Related posts