Cara Memotong Video Online

Membuat video mungkin sudah menjadi kebutuhan setiap orang, terutama bagi kalian yang gemar memposting keseharian di media sosial. Namun terkadang, untuk memposting video yang dibuat harus dipotong terlebih dahulu agar sesuai dengan kapasitas yang telah ditentukan oleh sosial media itu sendiri. Maka dari itu, untuk memotong video salah satunya bisa dilakukan dengan cara memotong video online.

Jadi, selain memotong video menggunakan aplikasi kalian juga bisa memotong video yang diinginkan melalui online lewat situs web tertentu. Sehingga tidak perlu repot-repot untuk mendownload aplikasi.

Bagaimana Proses Pemotongan Video?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa media sosial seringkali membatasi video dalam durasi tertentu. Sebut saja, jika tampilannya ingin maksimal dan bisa dilihat oleh pengikut tanpa terkesan setengah-setengah. Di samping, memotong video pada bagian yang pentingnya saja juga harus memperhatikan durasi optimal di setiap media sosial.

Sebut saja media sosial Instagram dengan durasi optimal hanya 1 menit, selain itu ada WhatsApp dengan durasi optimal hanya 30 detiik jika ingin upload hanya 1 video saja. Begitupun media sosial lainnya yang harus kalian ketahui berapa durasi video yang diharuskan.

Jika sudah, kalian bisa memangkas bagian-bagian video tertentu agar bisa diposting di media sosial tertentu, dan tentu saja supaya followers atau orang yang berteman dengan kalian bisa menonton video tersebut. Asalkan tetap membuat audiens atau penonton memahami maksud video tersebut secara keseluruhan meskipun hanya beberapa detik.

Cara Memotong Video Online

Cara Memotong Video Online
Tutorial Memotong Video Online

Dalam memotong video online, kalian bisa memangkas video yang kurang begitu penting dengan mengambil bagian terpentingnya saja memakai tools khusus. Tools tersebut biasanya berbasis online atau bisa juga lewat aplikasi khusus editing atau pemotong video.

Terkait:  Cara Mengubah Video Menjadi Link

Akan tetapi, mengingat kita akan membahas cara memotong vide online,maka kalian bisa menggunakan beberapa tools atau website khusus untuk memotong video. Dengan begitu, tidak perlu lagi repot-repot untuk menginstal aplikasi pemotong video. Silahkan cek cara memotong video online berikut:

1. Web Online Video Cutter

Situs online pemotong video pertama adalah online video cutter. Situs ini cukup mudah dilakukan karena tampilannya dibuat sederhana, sehingga bagi kalian yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan merasa bingung untuk memotong video.

Yang menjadi kelebihan situs ini adalah selain memotong video juga sudah memiliki ekstensi dengan Google Chrome. Karenanya, jika ingin memotong video yang didapatkan dari situs tertentu akan langsung bisa mengoperasikan online video cutter ini tanpa harus masuk pada situsnya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka browser terlebih dahulu. Disarankan menggunakan Google Chrome agar nantinya bisa instal ekstensinya.
  • Buka alamat situsnya pada kolom pencarian dengan alamat www.online-video-cutter.com/id/
  • Pada halaman utama di situs tersebut, akan disuguhkan dengan kolom untuk upload file video. Cara uploadnya bisa digunakan berbagai cara, seperti : buka file (langsung dari penyimpanan), melalui google drive, melalui dropbox, melalui URL, atau seret langsung pada kotak yang disediakan. Silakan pilih salah satu.
  • Selanjutnya akan muncul halaman berikutnya di mana kalian akan disuguhkan dengan tools pemotong video dari situs ini.
  • Di bagian bawah akan ada durasi video secara keseluruhan, silaka geser berdasarkan durasi video akan mengambil bagian yang mana untuk di simpan dan bagian mana untuk di buang.
  • Pemotongan videonya bisa dari awal video atau bisa dari akhir video jika seandainya yang ingin di ambil video untuk disimpan nantinya berada di bagian tengah video.
  • Apabila sudah menentukan posisi mana yang akan di ambil, selanjutnya klik potong yang berada di bagian bawah dekat keterangan durasi video.
  • Apabila kalian ingin mengganti format file videonya, silakan klik settings tepat di pinggir ikon untuk memotong video. Di sana terdapat 4 pilihan file ekstensi yaitu MP4, MKV, MPV, dan Auto. Silakan pilih salah satu di antara 4 file ekstensi tersebut.
  • Terakhir tinggal klik simpan.
Terkait:  Cara Memisahkan Video dan Audio

Cukup mudah bukan? Sebenarnya pada situs ini bukan hanya untuk memotong video saja, kalian juga bisa menggunakan berbagai macam fitur lainnya yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Ada fitur memutar video, resolusi, volume, kecepatan, loop, stabilkan, menambahkan gambar, dan lain sebagainya.

2. Situs Canva

Situs ini menjadi rekomendasi lainnya bagi kalian yang ingin potong video secara online. Akan tetapi, jika ingin secara penuh menggunakan fitur-fiturnya, silakan untuk mendaftar terlebih dahulu untuk membuat akun canva kalian. Tenang saja, karena pendaftaran akun canva tidak dipungut biaya sepeserpun, selain itu pendaftaran cukup mudah karena bisa menggunakan alamat email yang aktif.

Jika kalian sudah familiar dengan editing video, tentunya canva menjadi salah satu situs favorit untuk editing video, termasuk memotong video. Bukan hanya itu saja, bagi yang suka template canva untuk membuat sebuah poster atau hanya sekedar thumbnail YouTube, canva selalu menjadi andalan para content creator. Untuk lebih mengetahui bagaimana cara kerja canva untuk memotong video, silakan ikuti tutorial cara memotong video online berikut :

  • Buka browser terlebih dahulu.
  • Silakan masukan alamat Canva pada kolom pencarian : www.canva.com/id_id/fitur/pemotong-video-online/
  • Dengan mengklik alamat di atas, kalian tidak akan kebingungan mencari fitur pemotong video online dari canva karena akan langsung ter direct pada halaman khusus untuk memotong video secara online.
  • Setelah terbuka halamannya, silakan klik tombol ‘Unggah Video’. Caranya bisa unggah dari media penyimpanan atau bisa juga dengan menyeret ke halaman khusus editor video. Adapun dukungan video yang bisa di edit yaitu MP4, MPEG, MOV, MKV, dan WEBM.
  • Silakan klik linimasa video dan arahkan kursos ke bagian awal video atau ujung video hingga panah berkepala dua terlihat pada layr.
  • Selanjutnya potong video nya ke durasi yang tepat dan bisa memenuhi batas maksimal durasi video di berbagai media sosial.
  • Edit sesuai kebutuhan dengan menambahkan berbagai macam elemen yang terdapat pada fitur canva.
  • Terakhir silakan unduh atau bagikan video yang telah kalian potong.
Terkait:  Cara Memotong Video di Laptop

3. Situs Video2edit

Cara memotong video online berikutnya melalui situs video2edit. Dengan menggunakan situs ini tentunya memotong video secara online akan sangat mudah karena tampilan dari halaman editing nya juga lebih cepat di pahami. Untuk memulainya, ini ulasannya :

  • asuk kembali pada browser.
  • Selanjutnya buka situsnya dengan alamat : www.video2edit.com/id/pemotong-video.
  • Apabila sudah masuk pada halaman utamanya. Silakan pilih file dari media penyimpanan, atau bisa dari URL, Dropbox, maupun penyimpanan cloud Google Drive. Atau jika memungkinkan, silakan langsung seret file videonya ke kotak yang tersedia di situs tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses upload video selesai. Lama atau tidaknya upload video tergantung dari besar atau kecilnya ukuran video yang akan kalian edit.
  • Setelah selesai, scroll sedikit ke bawah untuk mengatur beberapa opsi yaitu opsi file ekstensi setelah di potong dan opsi durasi video di mapada detik ke berapa atau menit ke berapa ingin mengambil videonya dan sisanya yang tidak digunakan akan langsung di potong.
  • Selanjutnya tinggal klik ‘Mulai’.
  • Terakhir cukup klik simpan.

Itulah cara memotong video online melalui 3 tools yang bisa kalian pilih salah satunya dengan mudah. Dengan cara di atas, kalian tidak perlu lagi unduh aplikasi.

 

Related posts