Cara Mematikan Hp Samsung A52

Cara mematikan hp Samsung A52 sebenarnya sangat mudah, namun bagi kalian yang baru pertama kali memilikinya mungkin agak sedikit membingungkan. Apalagi jika tiba-tiba tidak bisa menggunakan tombol power karen ada kerusakan pada sistem.  Jangan khawatir, karena pengguna baru bisa mencoba trik yang akan dibagikan disini.

Mengenal Spesifikasi HP Samsung A52

Seri Samsung A52 pertama kali diluncurkan pada tahun 2021, tepatnya pada 19 Maret secara global di seluruh dunia. Salah satu spek yang menonjol dari Samsung A52 ini adalah memiliki sertifikasi tahan air dan debu (IP67).

Samsung A52 adalah penerus dari Samsung Galaxy A51 yang mendapatkan banyak pembaruan, sehingga banyak orang yang menginginkan produk ini. Spek lengkap yangg bisa kalian dapatkan dari Samsung A52, berikut ini :

1. Jaringan

Jaringan yang bisa di akses oleh Samsung A52 adalah GSM/HSPA.LTE/5G. Kalian akan merasa puas dengan tangkapan sinyal hp Samsung yang didapat. Membuat berselancar di internet menjadi lebih baik karena kecepatannya sudah mumpuni. Alhasil, suara yang dihasilkan ketika menelpon juga sangat jernih.

2. Tampilan Body

Memilki bobot hanya 189 gram dan dimensi 159,9 x 72,1 x 8,4 mm menjadikan HP Samsung A52 sangat nyaman ketika digenggam. Belum lagi dukungan pelindung Glass Front terbaru yaitu gorilla glass 5 sehingga bisa minim tergores.

3. Display

Tipe layar pada Samsung A52 yaitu super AMOLED dengan ukuran layar 6,5 inchi menjadikan HP Samsung A52 lebih nyaman ketika digunakan terutama untuk bermain game atau menonton film. Terlebih melalui resolusi yang sangat besar yaitu 1080 piksel x 2400 piksel.

Terkait:  Cara Nelpon Private Number

3. Platform

Samsung A52 sudah menggunakan sistem android 11. Hebatnya lagi bisa di upgrade menjadi android 12. dari GPU sudah memakai Adreno 619.

4. Memory

Belum lagi dukungan kapasitas memori internal dan RAM Samsung A52 yang dirasa cukup besar. Terdapat 3 varian di antaranya : 128 GB memori internal dengan 6 GB RAM, 128 GB memori internal dengan 8 GB RAM, dan 256 GB memori internal dengan 8 GB RAM.

5. Kamera

Sokongan kamera belakang tediri dari 4 kamera, dengan kamera utamanya sebesar 64 MP yang memberikan hasil jepretan semakin jernih. Untuk kamera depan yang ditanamkan memiliki resolusi sebesar 32 MP. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari Samsung A52.

Spesifikasi hp Samsung A52 di atas menjadikannya sebagai salah satu jajaran hp yang cukup banyak diminati. Memang Samsung A52 termasuk ke dalam kelas menengah ke atas, akan tetapi jika dilihat dari spesifikasinya sudah membuat para penggunanya merasa puas.

Dengan dukungan spesifikasi dan fitur menarik dari Samsung A52 di atas, kalian bisa memaksimalkan fitur-fitur di dalamnya.

Cara Mematikan HP Samsung A52

Cara Mematikan Hp Samsung A52
Tutorial Mematikan Hp Samsung A52

Ada 3 cara mematikan HP Samsung A52 yang perlu kalian ketahui. Beberapa diantaranya ada yang memakai tombol hardware  langsung dari body HP, menggunakan panel Quick Settings, dan menggunakan Bixby. Adapun penjelasannya bisa kalian simak di bawah ini :

1. Menggunakan Tombol Volume Down+Side

Cara mematikan hp Samsung A52 pertama ini merupakan cara paling umum yang dapat dilakukan. Namun tetap saja Samsung A52 ada sedikit perbedaan. Sebab biasannya ketika ingin mematikan HP kita cukup menggunakan tombol power dengan menekannya cukup lama.

Namun hal ini berbeda dengan HP Samsung A52 yang harus menekan 2 tombol sekaligus volume down+side sekaligus.

  • Tepat di samping body sebelah kanan hp Samsung A52, kalian akan menemukan 2 tombol berjajar. Tombol tersebut, diantaranya ada tombol volume dan tombol side. Silahkan tekan kedua tombol tersebut bersamaan.
  • Setelah itu, akan muncul menu pada layar. Ketika menu tersebut muncul, lepaskan kedua tombol tersebut. Menu tersebut terdiri dari 3 opsi, di antaranya power off, restart, dan emergency mode. Pilih opsi power off untuk mematikan HP.
  • Jika sudah, maka Hp Samsung A52 akan mati.
Terkait:  Cara Melihat RAM Hp Samsung

Untuk menghidupkan kembali, tekan tombol side agak lama, maka HP akan nyala kembali dengan ditandai adanya logo Samsung di layar HP.

2. Menggunakan Tombol Pada Panel Quick Settings

Ini adalah cara mematikan hp Samsung A52 yang cukup unik, yaitu dengan mematikan HP bisa melalui quick settings. Bahkan tidak banyak orang mengetahui bahwa pada quick settings terdapat shortcut untuk mematikan HP.

Mematikan HP melalui quick settings bisa jadi alternatif apabila tombol yang menempel pada body HP Samsung sedang bermasalah atau bisa juga karena mode HP yang digunakan untuk mode satu tangan.

Simak, cara mematikan HP Samsung A52 melalui quick panel berikut :

  • Untuk mendapatkan menu panel, posisikan layar HP dalam keadaan on. Gesek layar hp Samsung dari atas ke bawah dengan menggunakan satu jari, agar menu quick panel bisa muncul.
  • Setelah menu panel tersedia pada layar, untuk mendapatkan opsi mematikan HP, di bagian atas terdapat deretan ikon di mana salah satunya ikon power dekat dengan ikon pencarian. Klik ikon tersebut untuk mengakses beberapa opsi lainnya.
  • Opsi tersebut sama seperti cara pertama yaitu terdiri dari tombol power off, restart, dan emergency mode. Pilih tombol power off untuk mematikan HP.
  • Silahkan tunggu sampai hp Samsung A52 kalian mati.

Salah satu kelebihan dari menu quick settings adalah walaupun sedang menjalankan aplikasi tertentu,  jika kalian menggesek layar dari atas ke bawah akan tetap muncul menu tersebut. Maka, secara otomatis hp kalian akan langsung mati tanpa harus menutup aplikasi yang sedang berjalan.

Namun supaya lebih aman tanpa merusak sistem pada perangkat, sebaiknya ketika ingin menonaktifkan hp Samsung A52 dari quick panel, pastikan posisinya sudah siap. Artinya semua aplikasi yang sedang berjalan ditutup terlebih dahulu.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Mobile Legend

3. Memakai Bixby

Bixby adalah layanan yang menggunakan voice pada hp Samsung A52. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan Bixby voice sudah di atur sebelumnya. Ikuti tutorial cara mematikan hp Samsung A52 melalui Bixby berikut :

  • Aktifkan terlebih dahul fitur Bixby Voice.
  • Setelah itu, kalian hanya perlu mengucapkan beberapa kata-kata berikut untuk mematikan Samsung A52 : Turn Off The Phone (untuk mematikan HP), Restart The Phone (untuk menghidupkan ulang HP).
  • Sesaat kemudian Bixby akan melakukan tindakan berdasarkan perintah dari pengguna.

4. Pilih Aplikasi Untuk Mengganti Tombol Power

Metode ini bisa dilakukan jika tombol power pada hp Samsung A52 kalian tidak bisa digunakan. Kini ada beberapa aplikasi yang mempunyai fitur memunculkan power pada layar hp. Ketika tombol ini ditap, secara otomatis hp akan langsung mati sama seperti ketika kalian memakai tombol power.

Salah satu aplikasi yang bisa dipakai untuk mengganti tombol power adalah power button on/off. Aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan, sehingga dapat dijadikan pilihan menarik bagi kalian yang mengalami kendala pada tombol power.

Kalian bisa menggunakan salah satu pilihan cara mematikan hp Samsung A52 di atas sesuai dengan kondisi hp yang digunakan. Jika memang tombol hardware tidak berfungsi dengan baik, silahkan pilih opsi lainnya dengan menggunakan aplikasi.

 

 

Related posts