Cara Melamar Kerja di Indomaret

  • Whatsapp

Indomaret memiliki gerai yang sudah tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Setiap tahunnya, bahkan minimarket ini selalu menambah jumlah gera di berbagai wilayah. Tak heran jika terkadang Indomaret membuka lowongan kerja besar-besaran. Bagi Kamu yang ingin bekerja di Indomaret, bisa mencoba panduan cara melamar kerja di Indomaret dengan mudah. Karena Indomaret adalah perusahaan minimarket yang menawarkan prospek baik bagi para pekerjanya.

Apa Saja yang Didapat Dengan Bekerja di Indomaret?

Tidak hanya menawarkan pertumbuhan gerai yang semakin pesat setiap tahunnya, tetapi karyawan yang bekerja di Indomaret juga akan mendapatkan beberapa keuntungan dan fasilitas berikut :

1. Penghasilan di Atas UMR

Kelebihan bekerja menjadi karyawan di Indomaret ialah nominal penghasilan di atas UMR. Karyawan baru yang bekerja di Indomaret juga dapat memperoleh penghasilan sesuai UMR wilayah tersebut. Tentu saja ini belum bisa Kamu peroleh jika bekerja di tempat lainny.

2. BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

Salah satu fasilitas yang didapatkan dengan bekerja di Indomaret selanjutnya ialah Kamu akan mendapatkan BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan. Kedua asuransi ini tentu saja sangat menguntungkan, karena masa depan dan proteksi kesehatanmu menjadi terjamin jika diterima bekerja di Indomaret.

3. Menerima THR, Uang Lembur dan Insentif

Jika bekerja di outlet Indomaret, Kamu juga akan mendapatkan bonus di luar penghasilan utamamu. Sebut saja insentif tambahan, uang lembur hingga THR saat hari raya. Keuntungan ini pastinya belum bisa Kamu dapatkan jika bekerja di tempat lain, terlebih di retail yang masih belum sebesar minimarket ini.

4. Jenjang Karir

Jika Kamu serius bekerja di retail Indomaret, tak hanya berpeluang mendapatkan kenaikan gaji saja tetapi juga bisa mendapatkan jenjang karir ke depannya. Di outlet Indomaret, Kamu akan mendapatkan jenjang karir sesuai kualifikasimu selama bekerja. Terlebih jika berstatus sebagai karyawan tetap di Indomaret.

Cara Melamar Kerja di Indomaret

Cara Melamar Kerja di Indomaret
Melamar Kerja di Indomaret Online

Melamar Kerja di Indomaret Online

Ada 2 cara melamar kerja di Indomaret, diantaranya secara online dan offline. Namun untuk melamar kerja secara online di Indomaret sendiri dipercaya sangat mudah dan praktis, karena cukup mengisi semua data beserta dokumen persyaratan lewat jejaring internet.

Kamu harus perhatikan apakah ingin melamar lowongan menjadi karyawan part time atau full time di Indomaret. Sebab Indomaret telah membuka peluang pekerjaan bagi keduanya untuk memaksimalkan proses penyerapan karyawan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Sebelum Kamu melamar kerja di Indomaret secara online, ada beberapa persyaratan dokumen yang mesti dipersiapkan. Mengingat pendaftaran dilakukan dengan cara online, tentu saja Kamu harus mempersiapkan seluruh dokumen berbentuk digital.

Persiapan Dokumen Lamaran Pekerjaan di Indomaret

Ada beberapa persyaratan dokumen yang harus Kamu persiapkan, diantaranya sebagai berikut :

  • Menyertakan scan ijazah pendidikan terakhir.
  • Melengkapi scan KTP elektronik.
  • Scan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
  • Pas foto 4×6.

Kamu harus perhatikan bahwa seluruh dokumen di atas wajib berbentuk format pdf berukuran maksimal 200 kb. Jika tidak begitu, maka Kamu akan kesulitan saat mengunggah dokumen selanjutnya.

Persyaratan Melamar Pekerjaan di Indomaret

Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahwa ada persyaratan tertentu yang wajib dipenuhi sebelum Kamu melamar pekerjaan di Indomaret secara online. Dimana persyaratan tersebut biasanya tergantung dari posisi yang akan dilamar. Bagi Kamu yang melamar di bagian pramuniaga, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi berikut ini :

  • Pria atau Wanita.
  • Berusia minimal 18 tahun maksimal 20 tahun.
  • Tidak bertato.
  • Tidak bertindik.
  • Sehat jasmani maupun rohani.
  • Minimal lulus pendidikan SMA atau sederajat.

Sementara itu, untuk melamar posisi staf yang levelnya lebih tinggi pastinya memerlukan persyaratna yang berbeda. Karena itu, Kamu harus mengecek kualifikasi persyaratan karyawan yang diminta oleh Indomaret terlebih dahulu.

Tahapan Melamar Pekerjaan di Indomaret

Jika Kamu mengirimkan portofolio lamaran secara online, tentu saja Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak. Berikut ini ada 4 tahapan melamar kerja di gerai Indomaret online yang harus Kamu ketahui :

1. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Tahapan cara melamar kerja di Indomaret pertama ialah persiapkan dokumen yang diperlukan pada persyaratan umum untuk melamar pekerjaan. Kamu harus mempersiapkan lampiran berbentuk scan SKCK, ijazah pendidikan yang sudah di scan, foto terbaru dan KTP hasil scan. Kamu juga perlu mengecek ukuran dari foto terbaru untuk persyaratan lamaran kerja sesuai dengan permintaan Indomaret. Biasanya pas foto yang diperlukan berukuran 4×6 berbentuk file pdf dengan kapaistas maksimal sebesar 200kb saja.

2. Cari Informasi Lowongan yang Dibutuhkan

Tak perlu repot-repot harus mencari lowongan pekerjaan secara manual, karena Kamu bisa menemukan informasi lowongan apa saja yang ditawarkan di situs web resmi Indomaret. Misalnya saja, apakah Indomaret memerlukan staf gudang, pramuniaga, kasir dan sebagainya.

Silahkan cek domisili kantor Indomaret yang memerlukan berbagai macam posisi sesuai portofolio Kamu. Jika Kamu sanggup atau tidak masalah bekerja di lain kota misalnya. Maka Kamu bisa mencoba cari lowongan Indomaret di kota lain. Pilih lokasi dan jenis lowongan Indomaret sesuai pilihan paling relevan.

3. Melamar Kerja di Indomaret via Online

Jika Kamu sudah memenuhi semua persyaratan serta melengkapi dokumen apapun yang diperlukan, maka Kmau tinggal mengajukan lamaran ke Indomaret secara online. Berikut caranya :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi situs web Indomaret dan pilih “Karir”, bisa juga langsung mengklik “info lowongan kerja Indomaret”.
  • Silahkan pilih opsi “form lamaran kerja”.
  • Lalu isi kolom pengajuan untuk lamaran dengan  benar.
  • Pada kolom penempatan, silahkan pilih lokasi cabang tempat Kamu bekerja. Jika daerahmu tak tercantum, artinya lowongan di daerah kamu masih belum tersedia. Namun jika ada, Kamu dapat melanjutkan proses selanjutnya untuk melamar kerja secara online di Indomaret.
  • Jika seluruh data sudah terisi lengkap, Kamu tinggal mengunggah semua dokumen persyaratan. Pastikan mengisi data pekerjaan dengan menarik dan detail. Kamu bisa menulis bagian riwayat pekerjaan, dengan apa posisi yang Kamu kerjakan, lamanya bekerja dan tugas Kamu di pekerjaan tersebut. Selain itu bagaimana Kamu bekerja dengan cara profesional.
  • Jika sudah berhasil di upload, tinggal centang bagian kotak persetujuan dan ketuk submit.
  • Selanjutnya proses pendaftaran pun telah berhasil dikirim secara online ke Indomaret.
  • Kamu bisa melakukan follow up caranya dengan mengirim lamaran kerjamu melali email HRD di kantor Indomaret yang diinginkan dengan cara melampirkan seluruh dokumen yang sudah diunggah.

4. Tunggu Panggilan dari Pihak Indomaret

Jika Kamu sudah sukses mengirimkan lamaran ke Indomaret secara online, selanjutnya Kamu cukup menunggu panggilan pihak Indomaret saja. Baik itu lewat email, WhatsApp atau telepon jika Kamu telah dinyatakan lolos administrasi. Sesudah mendapatkan panggilan dari Indomaret, biasanya Kamu diminta mengikuti beberapa tes selanjutnya.

Ada beberapa tahapan proses yang mesti Kamu lewati sesudah dinyatakan lolos administrasi. Diantaranya seperti psikotes atau tes tulis, interview, tes fisik, pengumuman diterima bekerja di Indomaret, training dan mulai bekerja di Indomaret.

Bagaimana, tahapan cara melamar kerja di Indomaret secara online di atas tidak sulit kan?