Cara Cek RAM HP Samsung

Bagaimana cara cek ram Hp Samsung? Samsung adalah salah satu produsen smartphone yang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Kepopulerannya tentu bukan tanpa alasan, mengingat Samsung selalu meluncurkan produk Hp yang menawarkan fitur unggulan dengan spesifikasi canggih. Bahkan popularitasnya hampir menyamai produk iPhone di Indonesia.

Meskipun demikian, vendor ponsel pintar ini juga ikut membidik market kalangan kelas bawah, menengah, hingga atas demi menarik minat seluruh masyarakat Indonesia.

Walaupun harganya cukup mahal, tapi Samsung memmiliki build quality yang handal. Di samping itu, produk smartphone dari Samsung juga sudah mempunyai penggemarnya tersendiri, seperti seri Samsung Galaxy Note, Galaxy S, dan Galaxy J.

Akan tetapi, pengguna baru Hp Samsung biasanya masih kebingungan untuk mengecek kapasitas RAM Samsung. Hal ini dikarenakan mereka ingin tahu apakah spesifikasinya sama seperti yang diiming-imingi oleh counter HP ataukah tidak. Lalu, bagaimana cara cek RAM Hp Samsung?

Cara Cek RAM HP Samsung

Cara Cek RAM Hp Samasung
Mengecek RAM Hp Samsung

Mengecek RAM Hp Samsung Tanpa Aplikasi

Mengecek RAM Hp Samsung terdiri dari berbagai macam cara, diantaranya bisa memakai sistem yang sudah disediakan oleh vendor Samsung itu sendiri atau dengan menginstall aplikasi dari pihak ketiga.

Untuk cara pertama yang akan Kami bahas ialah pengecekan RAM Hp Samsung tanpa aplikasi terlebih dahulu. Berikut panduan cara cek RAM Hp Samsung!

1. Cek RAM Samsung Melalui Device Care

Cek RAM Samsung melalui sistem ini dapat digunakan untuk berbagai macam tipe Hp Samsung, diantaranya Samsung J5, A50, A10, J5 Pro, J7 Prime, A20, J2 Prime, dan lain sebagainya.

Jika Kamu penasaran dengan sisa RAM Hp Samsung milikmu, silahkan ikuti cara cek RAM Hp Samsung berikut :

  • Silahkan buka opsi setting, caranya cukup swipe layar di bagian atas, kemudian tap pada ikon setting.
  • Gulir ke bawah lalu cari opsi Perawat Perangkat atau Device Care.
  • Pada menu tersebut, Kamu akan menemukan Storage, BatterySecurity, dan Memory. Mengingat Kamu ingin mengetahui jumlah atau kapasitas RAM Hp Samsung milikmu, silahkan tap di opsi “Memory”.
  • Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan kapasitas RAM yang sudah dipakai. Dalam menu ini, Kamu juga dapat mengatur pemakaian RAM, caranya dengan tekan “clean now”.

2. Cek RAM Samsung Melalui Opsi Smart Manager

Selain melalui device care, Kamu juga bisa mengecek RAM Hp Samsung lewat menu Smart Manager. Berikut ulasannya :

  • Silahkan buka menu setting di HP Samsungmu.
  • Kemudian pilih lagi menu “Smart Manager”.
  • Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan informasi mengenai baterai yang tersisa, penyimpanan, RAM yang digunakan dan keamanan perangkat.
  • Kamu bisa pilih “Penyimpanan” dan selanjutnya akan ditampilkan kapasitas RAM ponsel yang dipakai.

Nah, apabila kapasitas RAM di ponsel Samsungmu penuh, hentikan aplikasi-aplikasi berjalan yang sudah tidak diperlukan lagi di belakang layar. Cukup mengklik opsi “Akhiri” agar Hpmu tidak lemot.

Mengecek RAM Hp Samsung Dengan Aplikasi

Selain menggunakan sistem pada HP Samsung, Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi untuk mengecek RAM HP Samsung. Ada beberapa aplikasi yang digunakan dalam cara cek RAM Hp Samsung, berikut ini!

1. Cek RAM Samsung Dengan Aplikasi AIDA 64

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengetahui kapasitas RAM HP Samsungmu, ialah AIDA 64. Untuk menggunakan aplikasi ini, berikut panduan lengkapnya!

  • Silahkan download lalu install aplikasi AIDA 64 terlebih dulu di Play Store perangkat Samsungmu.
  • Jika sudah terpasang di Hp, selanjutnya Kamu bisa menjalankan aplikasi dengan membukanya.
  • Di halaman utama aplikasi ini, Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan menu. Di sini Kamu bisa pilih “System”.
  • Nah, pada menu System ini, Kamu akan melihat tampilan jumlah kapasitas RAM yang telah terpasang di Hpmu, berikut RAM yang tersisa, dan kapasitas penyimpanan internal.

2. Cek RAM Samsung Dengan Aplikasi CPU-Z

Sama seperti pada cara cek RAM HP Oppo dan lainnya, Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi CPU-Z untuk mengecek RAM pada Hp Samsung. Jika Kamu penasaran dengan caranya, silahkan cek panduan di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan download kemudian pasang aplikasi CPU-Z terlebih dahulu di Play Store smartphone Samsungmu.
  • Jika aplikasi sudah terpasang di Hpmu, Kamu tinggal membuka aplikasi tersebut saja.
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke halaman utama, di halaman ada beberapa pilihan menu, Kamu bisa pilih menu “Device” di sana.
  • Di halaman menu tersebut, Kamu akan melihat kapasitas RAM total yang terpasang serta sisa RAM yang masih tersedia di Hpmu. Di samping itu, Kamu juga bisa melihat lebar layar, kapasitas penyimpanan internal hingga resolusi layar Hp Samsung.

Diantara cara cek RAM Hp Samsung yang tersedia di atas, Kamu tinggal pilih cara yang termudah yang bisa digunakan.

Cara Menambah Kapasitas RAM HP Samsung

Tidak sedikit pengguna smartphone Samsung yang belum mengerti tentang cara mengoptimalkan atau menambah kapasitas RAM. Imbasnya, mereka hanya membiarkan kinerja ponselnya lambat, lemot, dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

Namun kini Kamu tak perlu khawatir lagi, jika Kamu sudah mengetahui cara cek RAM Hp Samsung, kini saatnya untuk menambah dan mengoptimalkan kapasitas RAM Hp Samsung. Berikut ulasannya :

  • Pastikan Hp Samsung milikmu mempunyai minimal daya baterai sebesar 10%. Ini dilakukan untuk menghindari Hpmu mati saat sedang melakukan pengoptimalan kapasitas RAM.
  • Silahkan aktifkan mode pengembang terlebih dahulu di perangkat Hpmu. Caranya yaitu dengan pilih menu “Pengaturan”, lalu pilih “Tentang ponsel” dan pilih kembali “Nomor Versi”.
  • Jika sudah menemukan Nomor Versi, silahkan klik hingga 7 kali untuk aktivasi pilihan pengembang hingga ada notifikasi yang memberitahukan bahwa mode pengembang sudah aktif.
  • Sesudah Mode Pengembang di smartphone Samsungmu sudah aktif, kini Kamu bisa  cari “Pilihan Pengembang” sebelum melanjutkan eksekusi.
  • Selanjutnya buka “Pilihan pengembang”, lalu Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan menu dan Kamu bisa mengaturnya sesuai keperluan. Langsung saja gulir ke bagian paling  bawah hingga terlihat “Batas Proses Latar Belakang”.
  • Lalu buka pilihan “Batas Proses Latar Belakang”, dan ganti opsi “Batas Standar” yang sebelumnya menjadi opsi “Tanpa Proses Latar Belakang”.
  • Kini proses pengoptimalan kapasitas RAM di Hp Samsungmu sudah selesai. Saatnya Kamu mulai mengecek berapa sisa RAM HP Samsungmu. Dan kini, RAM Hp Samsung kesayanganmu pun bertambah drastis. Kini Kamu bisa menjalankan aplikasi dengan leluasa.

Dengan melonggarkan atau memaksimalkan kembali kapasitas RAM bisa membuat HPmu terhindar dari kondisi panas berlebih alias over heat. Sementara kondisi iniah yang bisa membuat ponselmu rusak bahkan bisa saja meledak. Biasanya salah satu faktor HP Samsungmu mudah panas ialah akibat kapasitas RAM mengecil sehingga perangkat pun harus lebih ekstra bekerja untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam satu waktu.

Jika kapasitas RAM sudah longgar, tentu saja dampak positif lainnya ialah penggunaan baterai menjadi lebih hemat. Sebab smartphone-mu tak perlu lagi bekerja keras. Oleh karenanya konsumsi daya baterai pun akan berkurang.  Inilah pentingnya cara cek RAM Hp Samsung secara berkala untuk bisa mengendalikan penggunaan RAM di Hpmu.

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019