Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

  • Whatsapp

Provider Telkomsel banyak dipilih karena memang menawarkan sinyal terkuat dan terluas hingga seluruh pelosok Indonesia. Meskipun tarif biaya paket data lebih mahal dibanding provider lainnya, rasanya konsumen merasa terpuaskan dengan kekuatan sinyal dan koneksi internet Telkomsel. Inilah kenapa provider yang satu ini bisa dibilang nggak ada matinya. Meskipun begitu, terkadang jaringan Telkomsel kurang stabil digunakan di beberapa wilayah tertentu. Sebagai solusinya jika Kamu mengalami hal ini, bisa mencoba cara memperkuat sinyal Telkomsel.

Walaupun menawarkan jaringan internet terluas dengan kekuatan sinyal yang mumpuni, pada beberapa wilayah terkadang sinyal Telkomsel kurang stabil. Setiap pengguna provider Telkomsel tentu saja menginginkan sinyal internet yang kuat mengingat kuota data Telkomsel bisa dikatakan tidaklah murah. Jadi, jika Kamu mendapati sinyal Telkomsel yang lambat, sudah pasti merasa kesal. Selain harus membayar cukup mahal, Kamu pun tak leluasa berselancar di internet.

Penyebab Sinyal Telkomsel Kurang Maksimal

Sebelum kita membahas tips cara memperkuat sinyal Telkomsel, Kamu tentu harus tahu faktor apa saja sih yang membuat sinyal Tekomsel kurang maksimal alias melemah? Mungkin penyebabnya bisa jadi karena beberapa hal di bawah ini ;

1. Faktor Cuaca Buruk

Pernah nggak sih pada saat cuaca sedang hujan, Kamu kesulitan mengakses internet? Ya, ini memang seringkali terjadi. Sebenarnya tak hanya berlaku bagi provider Telkomsel saja, faktor penyebab ini juga berlaku bagi semua provider. Karena biasanya cuaca yang buruk bisa mempengaruhi kekuatan sinyal provider itu sendiri.

Terkait:  Cara Gift Kuota Indosat

2. Wilayah yang Tidak Terjangkau Sinyal Telkomsel

Penyebab lain sinyal Telkomsel yang melemah ialah tempat atau lokasi wilayahmu yang tidak terjangkau sinyal Telkomsel. Sehingga sinyalnya menjadi melemah.

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel
Memperkuat Sinyal Telkomsel

Tips Memperkuat Sinyal Telkomsel Mudah

Setelah mengetahui faktor penyebab sinyal Telkomsel melemah, ada beberapa tutorial cara memperkuat sinyal Telkomsel yang bisa Kamu coba. Berikut ini ulasannya :

1. Coba Restart Perangkat Hpmu

Untuk memperkuat sinyal Telkomsel pertama ialah Kamu harus melakukan restart perangkat terlebih dulu. Adapun tujuannya ialah agar ketika terjadi error atau bug pada aplikasi, maka akan segera teratasi dengan baik. Sesudah restart hp, tentu saja hpmu menjadi lebih fresh dan diharapkan sinyal dapat kembali normal.

Adapun cara me-restart hp sendiri sangat mudah, cukup ikuti langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan tekan power selama beberapa saat.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan, silahkan tekan “mulai ulang” atau “restart”.
  • Lalu tunggu prosesnya hingga perangkat hpmu menyala kembali.

2. Berpindah ke Area Lain

Apabila Kamu tinggal di wilayah yang tidak bisa menangkap sinyal Telkomsel dengan baik, maka Kamu bisa coba berpindah lokasi atau area yang lebih mampu menangkapp sinyal tersebut. Sebenarnya metode ini cukup ampuh. Silahkan berpindah ke area lebih tinggi. Selain itu, Kamu juga bisa berpindah ke tempat sedikit ramah yang mampu dijangkau oleh Telkomsel.

3. Coba Lepaskan Kartu SIM

Kamu juga bisa menocba melepaskan SIM Card Telkomselmu. Cara memperkuat sinyal Telkomsel ini konsepnya hampir sama saja seperti me-restart perangkatmu. Namun di sini hpmu tetap hidup, hanya saha SIM Card Telkomselnya yang dilepas. Sinyal yang melemah biasanya diakibatkan oleh pemasangan kartu yang tidak tepat atau fungsi pada kartu terganggu akibat kotoran dan debu di slot kartu Hpmu.

Maka dari itu, Kamu harus melepaskan SIM Card Telkomsel dan membersihkan kartu atau slot pemasangan SIM Card itu sendiri. Jika semuanya sudah bersih, silahkan pasang kartu kembali pada posisi yang benar.

Terkait:  Cara Gift Paket Nelpon Telkomsel

4. Pengaturan Jaringan ke 4G Only

Cara memperkuat sinyal Telkomsel berikutnya ialah mengatur jaringan ke 4G Only. Jika jaringan provider Telkomsel di hpmu selalu berubah, serta jaringan 4G tampak tidak stabil, maka Kamu dapat mengatur jaringan lewat 4G only. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk menguatkan jaringan Telkomsel, namun Kamu harus ingat apabila sinyal Telkomsel di wilayahmu sulit diakses sebaiknya jangan pakai metode ini.

Tips ini bisa digunakan apabila sinyal Telkomsel tidak stabil dan sulit mendapatkan jaringan 4G namun koneksinya masih ada. Apabila sinyal Telkomsel sangat sulit dan Kamu masih memakai cara ini, bisa saja jaringannya justru akan hilang.

Bagi pengguna perangkat Xiaomi, untuk memperkuat sinyal provider Telkomsel di Xiaomi sebenarnya sangat mudah. Dalam hal ini, Kamu dapat memakai kode untuk memperkuat sinyal dengan cara mengetikkan opsi dial up melalui kode *#*#4636#*#*.

Jika Kamu sudah mengetikkan kode di atas, maka secara otomatis Kamu akan masuk ke dalam menu berikutnya. Silahkan pilih jaringan kemudian alihkan pada Lite Only.

5. Pakai Mode Pesawat

Cara memperkuat sinyal Telkomsel selanjutnya, Kamu dapat memakai mode pesawat. Metodenya sangat gampang, hanya tinggal mengaktifkan mode pesawat lalu tunggu selama beberapa saat dan matikan. Opsi ini dapat dikatakan sangat pas untuk melakukan refresh jaringan.

6. Menggunakan Bantuan Aluminium Foil

Cara yang satu ini bisa dikatakan cukup unik. Karena alumunium foil dianggap bisa memperkuat sinyal perangkat seluler menurut masyarakat. Kamu bisa membuat antena yang berlapis bahan alumunium foil jika ingin memperkuat sinyal Telkomsel. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Persiapkan bahan-bahan seperti magnet, silet dan alumunium foil.
  • Kemudian tempelkan magnet pada silet lalu gosokkan keduanya bolak-balik hingga beberapa saat.
  • Kamu bisa mengecek apakah silet tadi telah menjadi magnet, dengan menempelkan benda logam seperti besi kecil ke silet tersebut. Apabila besinya menempel, maka silet pun telah menjadi magnet. Namun jika belum, Kamu bisa mengulangi aktivitas tersebut kembali dengan cara menggosok silet memakai magnet.
  • Setelah itu, bungkuslah silet tersebut memakai alumunium foil rapat-rapat.
  • Kamu harus membungkusnya secara perlahan supaya tak sampai melukai tanganmu.
  • Selanjutnya, letakkna silet tadi ke belakang hp. Lalu cek apakah metode ini sudah berhasil menguatkan sinyal provider Telkomsel Kamu atau tidak.
Terkait:  Cara Daftar Paket Yellow

7. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal Telkomsel

Cara memperkuat sinyal Telkomsel selanjutnya ialah Kamu juga bisa memakai aplikasi tambahan yang dapat diinstal via Play Store tanpa bayar alias gratis. Ada beberapa aplikasi untuk menguatkan sinyal Telkomsel yang bisa Kamu coba, diantaranya Open Signal, Internet Optimizer Pro, Network Signal Speed Booster, dan Connection Stabilizer Booster. Kamu bisa memilih salah satunya dan install aplikasi yang Kamu inginkan di perangkat hp.

8. Buat Antena Penguat Sinyal Telkomsel Sendiri

Cara memperkuat sinyal Telkomsel terakhir ini tentu membutuhkan kreativitas dari pengguna Telkomsel. Jika Kamu mau,Kamu bisa membuat antena penguat sinyal Telkomsel dengan cara memanfaatkan beberapa barang bekas yang ada di sekitar. Tujuannya agar sinyal internet Telkomselmu menjadi lebih kuat. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti wajan atau panci, baskom stainless, CD bekas atau wajan tak terpakai.

Peralatan antena untuk penguat sinyal tersebut dibuat melalui sistem induksi. Karenanya tidak akan ribet serta lebih efektif yang memungkinkan penyambungan dan pemasangan kabel ke dalam perangkat.

Itulah 8 cara memperkuat sinyal Telkomsel yang bisa Kamu coba praktekkan untuk membuatmu lebih leluasa berselancar di dunia maya menggunakan Telkomsel.

Related posts