Cara Membatasi Waktu Google Form

Cara Membatasi Waktu Google Form

Cara membatasi waktu Google Form merupakan salah satu upaya agar proses pengisiannya berbatas waktu, sehingga bagi admin yang mengelolanya tidak akan melakukannya secara manual.

Google Form adalah salah satu fitur yang berasal dari google yang biasanya dipakai untuk keperluan administrasi, mengisi survei gratis, atau bisa juga digunakan untuk bahan evaluasi siswa secara online. Hebatnya untuk Google Form ini disediakan secara gratis oleh google.

Read More

Dalam lingkup kerja, Google Form biasanya digunakan untuk mengisi formulir mengenai topik yang sedang dibahas kepada peserta. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan beragam informasi dari peserta secara online. Tentunya dengan cara online, penyelenggara tidak akan merasa kerepotan untuk menyiapkan formulir secara manual.

Google Form bisa dibilang tempat mengumpulkan berbagai informasi baik itu berupa kuesioner atau bahkan dimanfaatkan untuk menilai seseorang menjadi berkas yang berbasis cloud. Dukungan pada Google Form ini disajikan secara real time.

Yang paling menarik dari Google Form adalah dari segi implementasinya karena bisa digunakan untuk hal apa saja sesuai kebutuhan dengan tampilan yang sederhana dan dapat dimengerti dengan mudah.

Cara Membatasi Waktu Google Form

Cara Membatasi Waktu Google Form
Tutorial Membahas Waktu Google Form

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Google Form bisa digunakan untuk berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pengumpulan data. Hal ini termasuk dalam pembuatan soal ujian bagi para siswa yang akan melaksanakan ujian.

Karena yang namanya ujian, maka untuk mengisi soal harus berbatas waktu sehingga siswa dapat mengetahui estimasi target waktu tersisa untuk mengisi soal yang belum dikerjakan. Nantinya ketika waktunya telah habis, maka Google Form akan sepenuhnya berhenti.

Google Form bukan hanya sekadar mengisi soal-soal saja, lebih dari itu nanti hasil ujiannya akan langsung terlihat, seperti berbentuk nilai ujian keseluruhan siswa yang mengikuti ujian menggunakan Google Form. Tentunya dengan memanfaatkan Google Form, guru akan sangat terbantu dalam mengevaluasi siswanya.

Untuk menggunakan batas waktu pada Google Form, maka terlebih dahulu harus instal add ons atau plugin yang berfungsi untuk berbatas waktu, adapun nama add ons yang dapat digunakan adalah FormLimiter.

Simak cara membatasi waktu Google Form:

1. Membatasi Waktu Google Form

Sebelum memulai pembatasan waktu pada Google Form, kalian harus download terlebih dahulu add ons formLimiter, caranya yaitu :

  • Pada Google Form, pilihlah menu lainnya yang berada di bagian kanan atas biasanya ditandai oleh ikon titik tiga secara vertikal.
  • Setelah itu, akan ada beberapa opsi pilihan, kalian cukup pilih opsi Add Ons.
  • Akan muncul tampilan khusus add ons, carilah plugin dengan nama FormLimiter.
  • Setelah ketemu, instal plugin tersebut.
  • Lalu, nanti akan muncul menu formLimiter berada di sebelah kanan bawah.

Apabila plugin formLimiter telah terinstal, selanjutnya tinggal langkah pengaturan waktu agar Google Form yang disediakan untuk ujian atau untuk yang lainnya yang memerlukan batasan waktu bisa di atur sesuai kebutuhan. Ini cara membatasi waktu Google Form melaui plugin FormLimiter:

  • Pada plugin formLimiter, akan muncul beberapa opsi yang perlu kalian isi.
  • Opsi pertama adalah limit type, digunakan untuk setting tampilan yaitu bisa berupa ‘date and time’ atau pilihan lainnya.
  • Opsi kedua yaitu opsi ‘Stop Accepting Form Responses’ yang digunakan untuk pembatasan Google Form sesuai keinginan. Mulai dari pengisian tanggal dan batas waktu pengisian Google Form.
  • Kalian pun bisa menambahkan pesan ketika waktunya telah habis pada kolom yang telah disediakan. Contoh pengisian kolom tersebut seperti ‘waktu telah habis, harap menunggu hasilnya beberapa saat lagi’.
  • Begitu juga jika menginginkan informasi selesainya waktu pengisian agar masuk pada pesan email, yaitu dengan mencentang kotak kecil yang ada di bagian bawah kolom pesan.
  • Langkah terakhir tinggal klik ‘save and enable’.

Jika ada seseorang yang membuka link Google Form tapi sudah melebihi batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya, maka pesan yang telah ditulis sebelumnya akan terlihat langsung pada layar utamanya. Karena sebelumnya sudah menggunakan cara membatasi waktu Google Form di atas, maka orang tersebut tidak bisa melihat soal-soal yang diberikan oleh guru kembali.

2. Membatalkan Batasan Waktu Google Form

Setelah memahami cara membatasi waktu Google Form, kalian juga bisa membatalkan pembatasan tersebut. Jika kalian ingin membatalkan batasan waktu yang telah dibuat sebelumnya, maka langkahnya tinggal masuk kembali pada plugin formLimiter. Ini tutorialnya :

  • Buka kembali Google Form yang telah dibuat sebelumnya.
  • Kemudian pilihlah soal yang terdapat pada Google Form.
  • Berikutnya kalian tinggal pilih plugin formlimiter yang berada di sebelah pojok kanan bagian bawah.
  • Setelah masuk pada tampilan utama formLimiter, kalian hanya perlu klik tombol ‘Disable’ yang ada di bagian bawah.
  • Selesai

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membatasi waktu Google Form dengan menggunakan plugin formLimiter.

Cara Melihat Hasil Google Form

setelah mengerjakan soal ujian melalui Google Form, selanjutnya melihat hasil ujian untuk mengetahui nilainya. Adapun untuk melihat hasilnya bisa melalui laptop atau bisa juga melalui hp. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Melihat hasil Google Form melalui laptop

sebagai pemilik link Google Form, cara yang bisa dilakukan untuk melihat hasil ujian melalui laptop bisa dilakukan dibawah ini :

  • Buka terlebih dahulu browser yang ada pada laptop. Untuk browser silakan pilih sesuai keinginan, bisa google chrome, Mozilla, atau lainnya.
  • Login dengan menggunakan akun google ketika akan masuk ke Google Form.
  • Selanjutnya pilihlah form tujuan lalu klik menu tanggapan.
  • Berikutnya, buka ringkasan dengan cara di klik lalu masuk pada pertanyaan dan terakhir pilihlah secara individual.
  • Setelah itu, pilihlah ikon spreadsheet ketika akan membuka melalui spreadsheet.
  • Nantinya hasil Google Form bisa dilihat dengan mudah oleh pemilik link.

2. Melihat Hasil Google Form Melalui Hp

Selain menggunakan laptop, pengguna juga bisa membuka hasil penilaian Google Form melalui hp. Adapun caranya dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka browser pada hp kalian. Lebih disarankan menggunakan browser google chrome agar bisa mengaksesnya dengan mudah.
  • Kemudian masuk pada situs Google Form, selanjutnya pilih login atas nama akun pemilik.
  • Setelah itu klik form tujuan lalu liht responding dengan klik view responses.
  • Berikutnya tinggal klik tab summary jika ingin melihat ringkasannya.
  • Jika ingin melihat dalam bentuk spreadsheet, maka klik menu export.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melihat hasil Google Form dari respondes atau siswa baik menggunakan laptop atau menggunakan hp.

Google Form merupakan alternatif baru yang bisa dilakukan oleh siapa saja untuk mendapatkan berbagai informasi secara online. Kalian hanya perlu mengirimkan link nya kepada calon responden untuk mengisinya.

Demikian ulasan tentang cara membatasi waktu Google Form, membatalkan pembatasan waktu pada Google Form dan melihat hasil Google Form yang dapat dilakukan oleh pembuat form.

 

Related posts