Cara Hitung Berat Badan Ideal

Cara Hitung Berat Badan Ideal
Cara Hitung Berat Badan Ideal

Kenali BMI yang sesuai dengan diri kalian, melalui cara hitung berat badan ideal. Ya, supaya kalau sedang menjalani program diet massa tubuh yang dimiliki pas. Tidak sampai tergolong ke dalam kategori kekurangan atau terlalu kurus. Apalagi, kebanyakan kasus orang yang bisa dibilang ingin langsing dengan cepat. Mereka ini, tidak segan-segan melakukan diet ekstrim.

Padahal, metode diet yang tidak baik akan berdampak buruk ke kesehatan tubuh kalian. Maka dari itu, dianjurkan untuk menanyakan ke ahli gizi atau dokter di bidang terkait yang dapat memberikan saran pola makan, dan olahraga seperti apa yang harus dilakukan setiap harinya. Selanjutnya, tinggal ikuti saja saran yang telah diberikan oleh ahli tersebut secara rutin. Try!

Read More

Bagaimana Cara Hitung Berat Badan Ideal

Bagaimana cara hitung berat badan ideal? Kalian tidak perlu lagi memberikan pertanyaan ini, ketika ingin mengetahui apakah dirimu sudah termasuk orang yang memiliki tubuh ideal atau belum. Langsung gunakan kalkulator BMI yang tersedia secara gratis di berbagai macam web. Mulai dari kalkulator berat badan ideal wanita, sampai kalkulator berat badan ideal pria ada.

Selain itu, kalian juga dapat mengetahui berat badan ideal wanita berdasarkan umur. Memang bisa saja keakuratannya tidak seperti saat kalian melakukan check up seluruh tubuh di rumah sakit. Akan tetapi, setidaknya kalian jadi memiliki standar berat badan ideal tinggi 160 cm di pola diet yang sedang kalian jalani. Tujuannya, tentu selain sehat pasti jadi lebih percaya diri.

Cara Hitung Berat Badan Ideal

Cara Hitung Berat Badan Ideal
Cara Hitung Berat Badan Ideal

Cara hitung berat badan ideal sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, kalian perlu mengetahui apa saja data yang dibutuhkan untuk memasukkannya ke dalam kalkulator BMI saat sedang coba mempraktekan cara hitung berat badan ideal online. Ikuti prosedur berikut:

  1. Buka aplikasi Browser yang ada di perangkat (Chrome, Mozilla, dll).
  2. Kemudian, ketik di kolom pencarian dengan kata kunci Cara Hitung Berat Badan Ideal, lalu tekan Enter.
  3. Selanjutnya, klik hasil pencarian teratas. Disini, kita mengambil contoh website sehatq.com.
  4. Di halaman utama, kalian langsung pilih Gender, Usia, Berat, dan Tinggi badan yang dimiliki saat ini.
  5. Ketuk tombol Hitung setelah kalian selesai mengisi data-data yang dibutuhkan oleh sistem.
  6. Beralih ke halaman berikutnya, terlihat Hasil Perhitungan yang menunjukkan apakah nilai yang dimiliki oleh berat badan kalian termasuk ke dalam kategori normal, kurus, kegemukan, atau bahkan obesitas.
  7. Tepat di kolom bawah Nilai, terlihat kisaran angka yang tepat atau Berat Badan Ideal berdasarkan data yang sebelumnya telah kalian input ke sistem.
  8. Keterangan berikutnya, menampilkan Rekomendasi sesuai kebutuhan diri pengguna.
  9. Apabila kalian merasa masih ada hal yang harus dipertanyakan, bisa pilih tombol Lanjutkan ke Chat Dokter sehatQ.

Selain itu, situs tersebut juga menyediakan kalkulator badan ideal pria. Termasuk, bagi kalian yang memiliki tinggi hingga 170 cm. Maka, berat badan ideal tinggi 170 cm yang disarankan dari hasil perhitungan melalui kalkulator BMI online yaitu ada di kisaran angka 52,02 hingga 71,96 Kg. Adapun saran yang diberikan adalah, kalian harus menjaga asupan makanan sehat.

Cara Hitung BMI

Cara hitung BMI sesuai dengan jenis kelamin kalian, tentu bukanlah hal yang sulit untuk bisa dihitung secara manual. Kalian dapat menggunakan rumus Paul Broca berikut:

  • Wanita (Kg) = [Tinggi Badan Wanita (dalam satuan cm)-100] – [(Tinggi Badan Wanita (dalam satuan cm)-100) x 15 %]
  • Pria (Kg) = [Tinggi Badan Pria (dalam satuan cm)-100] – [(Tinggi Badan Pria (dalam satuan cm)-100) x 10%]

Adapun proses perhitungannya sendiri untuk perkalian yang disebutkan dalam gender wanita, angka 15% dapat kalian ganti menjadi 0,15. Begitu pula untuk jenis kelamin pria, angka 10% di rumus tersebut digantikan dengan 0,1 untuk mempermudah kalkulasi. Kalau cara hitung di kedua jenis kelamin sudah. Selanjutnya, kita akan membahas anak.

Cara Hitung Berat Badan Ideal Anak

Cara hitung berat badan ideal anak yang tepat untuk membantu masa kembang tumbuhnya di masa mendatang. Buat para orang tua yang khawatir terhadap anaknya yang hobi makan. Ada nih, standar kenaikan massa tubuh bayi. Dikutip dari laman resmi id.theasianparent.com, ini dia IMT idealnya:

  • Bobot kenaikan mulai dari 700 hingga 1000 gram di setiap bulannya, cocok untuk usia triwulan 1
  • Kemudian, mulai berkurang di usia triwulan 2. Dimana, anak dengan peningkatan massa tubuh 500-600 gram per bulan inilah yang dianggap memiliki berat ideal
  • Angka 350 hingga 450 gram di setiap bulannya, menjadi standar untuk usia triwulan 3
  • Lalu, semakin berkurang di usia triwulan 4. Dimana, anak yang memiliki bobot tubuh dengan rentang kenaikan 250-350 gram  per bulan. Maka, beratnya baru ideal

Tetapan standar tersebut, dikemukakan oleh dokter spesialis di bidang anak yang berasal dari Amerika Serikat. Beliau bernama Robert M. Kliegman. Nantinya, berat badan juga akan ikut mempengaruhi peningkatan tinggi badan sang anak. Lalu, kalau untuk ibu hamil?

Cara Hitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Cara hitung berat badan ideal ibu hamil memang tidak perlu kalian perhitungkan lagi karena saat melakukan kontrol kehamilan sang dokter pasti akan langsung memberikan saran kepada pihak ibu. Akan tetapi, secara umum kenaikan massa tubuh selama kehamilan lebih baik ada di kisaran 7 hingga 11 Kg untuk BMI dengan nilai 25-29,9. Simak kalkulator berat badannya:

  1. Silahkan kalian kunjungi situs remis prenagen.com.
  2. Klik tab bertuliskan Kalender Kesuburan untuk memulai proses perhitungan sesuai dengan kalkulator kehamilan.
  3. Baca petunjuk yang muncul di layar perangkat kalian, lalu isi kolom Hari Pertama Menstruasi Terakhir, Lama Siklus Mestruasi Terpendek, serta Lama Siklus Mestruasi Terpanjang.
  4. Kemudian, klik tombol Hitung
  5. Berikutnya, kalian akan dialihkan ke pop-up windows yang berisikan beberapa kolom untuk mengisi Data Diri agar sistem dapat memberikan Hasil Test secara private
  6. Adapun data yang dibutuhkan, diantaranya Nama, Email, Nomor Whatsapp, Tahapan Kehamilan, dan centang kolom Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  7. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih tombol Submit dan Lihat Hasil.

Kalkulator berat badan ibu hamil secara online ini, bermanfaat untuk mengontrol pola makan sang ibu agar lebih terjaga peningkatannya. Karena, pada dasarnya orang yang sedang alami masa kehamilan dirinya dapat memakan asupan makanan dalam porsi yang lebih banyak. Ini, sudah menjadi satu hal yang wajar. Dimana, apa yang sang ibu makan diserap juga oleh janin.

Kalkulator Berat Badan Wanita

Selanjutnya, kalkulator berat badan wanita secara online yang bisa membantu kalian untuk mengetahui apakah massa tubuh yang dimiliki termasuk ke dalam golongan yang normal atau parahnya malah obesitas. Untuk mengetahuinya, lakukan tahapan berikut ini:

  1. Langsung klik tautan kalkulator BMI online berikut
  2. Isi kolom Tinggi Badan dalam satuan (cm).
  3. Lengkapi Berat Badan dalam satuan (Kg).
  4. Kemudian, ketuk tombol Hitung, dan lihat Hasil Perhitungan.

Adapun tools lain yang bisa kalian gunakan di dalam situs tersebut setelah melihat hasil dari perhitungan BMI, yaitu kalkulaor kebutuhan kalori. Detail selanjutnya, bisa kalian kenali saat selesai mempraktekannya sendiri.

Itulah beberapa cara hitung berat badan ideal di kesempatan kali ini. Baca juga informasi cara hitung BMI untuk mengetahui perhitungan lebih lanjut. See you on the next topics, and have a nice days!

Related posts