Cara Melihat RAM Hp Samsung

Cara melihat RAM Hp Samsung sangat penting untuk dipelajari para pengguna Samsung, karena RAM sangat berhubungan erat dengan bagaimana performa hp berjalan. Fungsi RAM itu sendiri sebagai tempat penyimpanan data untuk sementara, baik untuk game maupun aplikasi yang berjalan.

Semakin banyaknya pekerjaan yang bisa dilakukan via perangkat pintar saat ini, maka wajar jika kebutuhan RAM semakin tinggi. Jika sebelumnya kapasitas RAM 4G terbilang istimewa, tapi saat ini ada banyak hp android yang sudah mendukung RAM 12GB-16GB. Bahkan bisa saja nanti kapasitas RAM sampai 32GB sampai 64GB.

Read More

Dengan jumlah RAM semakin besar pada hp Samsung, tentu saja membuat smartphone kalian lebih baik dalam menjalankan game maupun aplikasi di dalamnya. Jika kalian ingin mengetahui jumlah RAM yang tersisa di hp Samsung, bisa coba cara melihat RAM hp Samsung dengan mudah.

Cara Melihat RAM Hp Samsung

Cara Melihat RAM Hp Samsung
Tutorial Melihat RAM Hp Samsung

Mengecek RAM hp Samsung penting sekali untuk mengetahui performa smartphone. Jika sisa RAM tinggal sedikit, maka dijamin hp kalian akan lemot. Menariknya, Samsung telah menawarkan fitur khusus pengecekan RAM hp yang tersisa. Sehingga kalian tidak perlu lagi menginstall aplikasi jika ingin melakukan pengecekan RAM HP Samsung.

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme C2

Silahkan cek dan pahami cara melihat RAM hp Samsung di bawah ini :

1. Mengecek RAM Hp Samsung Melalui Device Maintenance

Salah satu cara melihat RAM hp Samsung yang pertama adalah dengan mengakses Device Maintenance yang dapat kalian temukan di menu Pengaturan :

  • Masuk ke menu pengaturan atau settings.
  • Pilih opsi Device Maintenance atau Pemeliharaan Perangkat.
  • Selanjutnya pilih memori.
  • Lalu di bagian memori, tinggal cek kapasitas RAM total yang dipakai. Berikut kapasitas RAM yang telah digunakan oleh aplikasi dan sistem, serta mengecek kapasitas RAM kosong.
  • Melalui fitur default yang tersedia di perangkat Samsung, Kalian dapat meningkatkan performa sekaligus menghentikan program yang sedang berjalan pada background.

2. Melihat RAM Hp Samsung Melalui AIDA 64

Selain melalui fitur bawaan Samsung, kalian juga bisa menggunakan aplikasi bawaan untuk mengecek jumlah RAM hp Samsung. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan unduh AIDA 63 di Play Store perangkat Samsung kalian.
  • Selanjutnya install kemudian jalankan aplikasinya.
  • Lalu pilih menu system dan cek RAM hp Samsung yang tersedia.

3. Mengecek RAM Hp Samsung Melalui CPU-Z

Cara melihat RAM hp Samsung yang tersisa juga dapat dicek melalui aplikasi lainnya yang bernama CPU-Z. Sama seperti AIDA 63, kalian bisa menggunakan aplikasi ini dengan terlebih dahulu mengunduhnya.

Sebenarnya, aplikasi CPU-Z tidak hanya berfungsi untuk menegecek spek hp saja, melainkan juga PC atau laptop. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu sangat akura, hemat RAM, aplikasi ringan, gratis dan ukuran aplikasi yang sangat kecil, karena hanya membutuhkan 1,52 MB saja.

  • Silahkan unduh aplikasi CPU-Z di Play Store, jika ingin mengecek kapasitas RAM hp Samsung.
  • Jika sudah, silahkan install dan jalankan aplikasinya.
  • Pilih device.
  • Kalian akan mengecek total kapasitas RAM yang dipakai sekaligus kapasitas RAM kosong.
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

4. Mengecek RAM Hp Samsung Melalui Kotak Dus Hp

Selain itu, cara melihat RAM hp Samsung selanjutnya yaitu lewat kotak dus hp. Namun  metode ini hanya dapat digunakan bagi kalian yang ingin membeli hp Samsung.

  • Bagi kalian yang masih memiliki kotak dus perangkat hp Samsung.
  • Silahkan cek kapasitas RAM yang  tersedia, melalui informasi spesifikasi perangkat hp yang ada di dus hp.

5. Mengecek RAM Hp Samsung Melalui DevCheck

Kalian juga dapat mengecek kapasitas RAM ponsel Samsung melalui devcheck. Silahkan install aplikasinya dan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Unduh dan install DevCheck di Play Store.
  • Kemudian buka dan operasikan aplikasi Devcheck.
  • Silahkan pilih menu RAM.
  • Selanjutnya, kalian akan melihat size atau kapasitas RAM, dan pemakaian RAM sekarang di perangkat Samsung.

6. Mengecek RAM Hp Samsung Dengan Versi Android 10

Jika perangka Samsung yang digunakan sudah memaka versi android 10, maka kalian bisa mencoba cara melihat RAM hp Samsung ini. Contohnya saja kalian memakai Samsung Galaxy A30s dan sudah diupdate ke versi android 10.

  • Silahkan masuk ke dalam menu pengaturan atau settings.
  • Setelah itu, pilih device care.
  • Lalu cek kapasitas RAM ponsel android kalian.

7. Mengecek RAM Hp Samsung Melalui Web Resmi

Kalian juga bisa mengecek RAM Hp Samsung melalui website resmi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Kalian bisa menyesuaikan jenis ponsel Samsung yang dipakai.
  • Misalkan saja, bagi pemilik Samsung Galaxy J5, silahkan klik link berikut.
  • Setelah itu, kalian dapat melihat di bagian memori kemudian cek RAM Size.

Dengan banyaknya pilihan cara melihat RAM hp Samsung, kalian bisa memilih cara yang paling mudah untuk dioperasikan. Untuk selanjutnya, bisa memutuskan bagaimana cara meningkatkan RAM hp.

Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Cara Meningkatkan RAM Hp Android

Jika ternyata sisa RAM hp Samsung sudah sedikit, maka kalian bisa meningkatkan RAM hp Samsung. Tapi sebenarnya, RAM perangkat hp tidak dapat ditambah. Apabila kalian memiliki hp yang berkapasitas RAM kecil, maka cara yang terbaik yaitu membatasi aplikasi berjalan di background atau latar belakang.

Ini dia cara meningkatkan kapasitas RAM perangkat hp :

1. Menghapus Aplikasi Pemakan Memori RAM

Dengan banyaknya program atau aplikasi yang kalian install, maka akan semakin banyak juga aplikasi yang beroperasi di latar belakang. Dimana setiap aplikasi memiliki kebutuhan memori yang berbeda. Contohnya saja, game bisa menyedot kapasitas RAM yang lebih besar ketimbang aplikasi chat.

Untuk mengosongkan RAM, kalian perlu menghapus aplikasi tertentu yang jarang sekali dipakai tapi menghabiskan memori RAM. Silahkan hapus aplikasi dengan metode berikut :

  • Masuk ke Setting dan akses Manage Apps.
  • Silahkan pilih aplikasi tertentu yang ingin kalian uninstall.
  • Namun sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu memori aplikasi melalui Clear Cache maupun User Data.
  • Tekan uninstall.

2. Memakai Aplikasi Cleaner

Kalian juga bisa mengandalkan aplikasi Cleaner untuk meningkatkan kapasitas RAM. Biasanya aplikasi yang satu ini telah terinstall sebagai salah satu aplikasi default hp. Adapun fungsi aplikasi ini yaitu menghapus data cache aplikasi sekaligu aplikasi yang menyedot kapasitas RAM.

Selain itu, aplikasi Cleaner juga dapat mendeteksi mana saja aplikasi yang beroperasi pada latar belakang. Silahkan tekan tombol untuk membersihkan RAM, maka secara otomatis aplikasi yang memakan RAM atau tidak begitu penting akan dimatikan. Dengan fitur ini, kalian bisa memperbaiki perangkat hp yang ngelag atau lemot.

3. Memakai Fitur Extended RAM

Fitur Extended RAM memiliki cara kerja serupa dengan Virtual RAM yang ada di laptop dan PC. Fitur yang satu ini bisa mengambil sebagian dari kapasitas ROM untuk diubah ke dalam RAM. Melalui fitur ini, maka kapasitas RAM pada hp dapat ditingkatkan.

Kesimpulan

Setelah kalian mengecek kapasitas RAM dengan cara melihat RAM hp Samsung di atas, lalu ternyata RAM sudah semakin berkurang. Maka sebagai solusinya, kalian bisa memanfaatkan 3 pilihan cara untuk meningkatkan kapasitas RAM di atas.

Related posts