Cara Mendaftar EFIN Online

  • Whatsapp

EFIN sangat penting bagi para wajib pajak agar bisa melakukan transaksi terkait perpajakan secara elektronik. Sebenarnya cara mendaftar efin online sendiri sangat mudah. Kami akan membagikan metodenya sekaligus penjelasan mengenai EFIN NPWP. EFIN (Electronic Filling Identification Number) adalah nomor identitas Wajib Pajak untuk orang pribadi atau WP badan dan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan perpajakan.

Adapun salah satunya dibutuhkan ketika melakukan pendaftaran DJP online maupun akun PJAP. Saat ini, EFIN online bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus pergi ke kantor pajak. Kamu cukup menggunakan komputer yang terkoneksi internet, sehingga cara mendaftar EFIN online pun bisa dimana saja dan kapan saja.

Read More

Jenis-Jenis EFIN Online

EFIN online terdiri ke dalam 2 jenis yang umumnya dibedakan menurut sumber pajak, diantaranya WP Badan dan WP Pribadi. Walaupun kategorinya berbeda, tapi pada intinya cara mendaftar EFIN online untuk keduanya sama saja. Adapun perbedaan antara EFIN badan dan EFIN pribadi biasanya terletak dari dokumen yang diperlukan untuk pengajuan EFIN.

1. EFIN Pribadi

Aktivasi EFIN untuk WP Orang Pribadi, biasanya permohonan aktivasi dilakukan sendiri dan tidak bisa diwakilkan orang lain. Sesudah memperoleh EFIN pajak, maka langkah berikutnya ialah dnegan aktivasi via laman djponline.pajak.go.id. Sesudah menerima email konfirmasi berisi password sementara, maka Wajib Pajak bisa mengklik link tautan tersebut dan menggantinya dengan password baru. Ini digunakan untuk e-filling SPT tahunan perseorangan atau pribadi.

Terkait:  Cara Aktivasi EFIN Online

Adapun persyaratan dokumen yang wajib dipersiapkan dalam cara mendaftar EFIN online pribadi ialah fotokopi KTP dan KTP asli, kartu NPWP dan melampirkan akun email aktif.

2. EFIN Badan

Untuk WP badan, pengajuan aktivasi EFIN biasanya dilakukan pengurus yang telah ditunjuk mewakili perusahaan atau badan tersebut. Pengurus selanjutnya harus mengisi formulir, menandatangani, sampai menyampaikan formulir pengajuan aktivasi EFIN di kantor pajak tempat WP terdaftar. Sementara dokumen yang wajib dipersiapkan dalam pengajuan permohonan EFIN WP badan ialah sebagai berikut :

  • Fotokopi identitas diri, baik itu KTP bagi WNI, maupun paspor, KITAP atau KITAS untuk WNA.
  • Fotokopi surat penunjukkan pengurus.
  • Melampirkan akun email aktif ke pihak KPP.
  • Fotokopi kartu SKT atau NPWP atas nama WP Badan.
  • Fotokopi SKT atau NPWP atas nama pengurus.

Manfaat Memiliki Efin dan Pentingnya Untuk Perusahaan

Ada 3 manfaat yang bisa Kamu dapatkan dengan memiliki EFIN, berikut ini :

1. Jaminan Keamanan

Manfaat EFIN yang pertama ialah dari jaminan keamanan, yakni bisa menjamin kerahasiaan terkait data perusahaan di dalam sistem pajak.

2. Efisiensi

Untuk pengelolaan bisnis, ketepatan maupun efisiensi tenaga maupun waktu ialah hal terpenting. Melalui aktivasi EFIN, wajib pajak bisa mengakses pajak online dengan mudah dan melaporkan SPT tanpa harus mengantre lama di KPP yang bisa menghabiskan banyak waktu.

3. Pelaporan Pajak Lebih Otomatis

Bagi Wajib Pajak Badan, EFIN akan mempermudah pelaporan pajak online. Biasanya data WP badan telah terekam otomatis dalam sistem pajak. Jadi untuk lapotan SPT pajak pada tahun berikutnya, wajib pajak perusahaan atau badan tak perlu lagi mengisi data.

Cara Mendaftar EFIN Online

Cara mendaftar EFIN online
Mendaftar EFIN Online

Tutorial Mendaftar dan Aktivasi EFIN Online

DJP menawarkan 2 opsi bagi Wajib pajak yang akan mengajukan pembuatan EFIN pajak pribadi. Dimana keduanya ialah bisa dilakukan secara online maupun secara offline langsung mendatangi KPP (Kantor Pelayanan Pajak).

Untuk pengajuan EFIN online sendiri tentu saja lebih simpel, sebab bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun selama terhubung dalam koneksi internet. Sebenarnya cara mendaftar EFIN online untuk Wajib Pajak pribadi caranya tak jauh berbeda dari cara offline. Hanya saja proses keseluruhannya dilakukan dengan cara online.

Terkait:  Cara Bayar Pajak e-Billing

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Mendownload Formulir Permohonan EFIN Online

Untuk mendapatkan formulir permohonen EFIN online, silahkan ketikkan “formulir permohonan efin” di Google Search. Selanjutnya Kamu akan diarahkan menuju situs web pajak.go.id, di sana ada formulir permohonan pengajuan EFIN. Sesudah memasuki laman bagian formulir permohonan EFIN ini, ketuk PDF Formulir Permohonan EFIN tepat di bagian bawah, lalu tekan download. Selain itu, Kamu juga bisa langsung mengunduhnya di Formulir EFIN.

Nah, formulir ini bisa dipakai untuk Wajib Pajak Pribadi, Kuasa WP, Badan maupun Bendahara.

2. Lakukan Pengisian Formulir EFIN Online

Untuk pengisian formulir EFIN secara online, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan isi formulir pengajuan EFIN sejelas-jelasnya.
  • Centang pada kolom aktivasi dan orang pribadi.
  • Silahkan isi nama, NPWP, tanggal lahir, tempat lahir dan sebagainya.
  • Kosongkan terlebih dulu kolom EFIN.
  • Lakukan pengisian akun email dan nomor hpmu karena DJP selanjutnya akan mengirimkan verifikasi kode EFIN via email.
  • Lalu tanda tangan pada formulir dan tulis tanggal serta tempat dan namamu lengkap.

3. Melakukan Swafoto

Cara mendaftar EFIN online berikutnya dengan melakukan swafoto, melalui langkah-langkah berikut :

  • Silahkan foto formulir pengajuan EFIN yang telah terisi lengkap.
  • Lalu selfie atau swafoto sambil memegang NPWP dan KTP asli.
  • Ketika melakukan swafoto, NIK KTP dan nomor NPWP harus jelas terlihat sebab akan langsung diperiksa petugas.

4. Mengirimkan Permohonan EFIN ke Email KPP

Jika rangkaian proses di atas susah selesai, Kamu tinggal mengirimkan permohonan EFIN langsung ke akun email KPP. Jika Kamu ingin mengetahui Kantor Pelayanan Pajak tempat mendaftar NPWP, silahkan cek di kartu NPWP-nya. Adapun cara lainnya, silahkan cari melalui Google Search menggunakan keyword “unit kerja KPP”.

Terkait:  Cara Membuat EFIN Online

Sesudah menemukan email kantor pelayanan pajak yang dituju, silahkan kirimkan email pengajuan EFIN online. Di email tersebut, Kamu bisa menuliskan “Permohonan EFIN” pada subjek email.

Silahkan lampirkan foto formulir pengajuan EFIN beserta swafoto Wajib Pajak sembari memegang KTP dan NPWP tadi.

5. Tunggu Proses Permohonan EFIN Online

Jika semua proses sudah dilakukan, Kamu tinggal menunggu pengajuan EFIN diproses oleh DJP. Adapun jika ingin menanyakan terkait pengajuan nomor EFINmu, silahkan hubungi pihak KPP tempat Kamu terdaftar. Lalu kirimkan email pengajuan EFIN online-mu.

6. Mengaktifkan EFIN Online

Cara mendaftar EFIN online selanjutnya, Kamu akan mendapatkan balasan email dari pihak KJP selama kurang dari 1 hari atau 24 jam, dan berisi kode EFIN. Jadi sebaiknya, lakukan pengajuan EFIN di hari kerja. Sesudah menerima EFIN pajak,maka Kmau bisa mengakfitkannya di web DJP Online langsung.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke djponline.pajak.go.id.
  • Lalu tekan “Daftar Di sini”.
  • Inputkan nomor EFIN, NPWP beserta kode keamanan Wajib Pajak.
  • Silahkan ketuk “Verifikasi”.
  • Kemudian buat kata sandi untuk login ke dalam aplikasi DJP online.
  • Cek email, kemudian temukan tautan aktivasi yang telah diberikan DJP.
  • Ketuk link tersebut dan Kamu pun akan dibawa menuju halaman login pada aplikasi DJP.
  • Login memakai NPWP dan silahkan buat password yang baru.
  • EFIN sudah teraktivasi, serta kini transaksi pajak secara online telah siap dilakukan.

Aktivasi EFIN tentu tak bisa dikesampingkan agar WP bisa melakukan transaksi kewajiban pajak via online. Kamu harus tahu bahwa EFIN adalah nomor identitas dari Wajib Pajak yang telah diterbitkan DJB dan bukan oleh pihak lain.

Oke, demikian ulasan terkait cara mendaftar EFIN online yang bisa Kamu coba untuk bisa melakukan transaksi perpajakan secara online dengan mudah!

Related posts