Cara Hemat Listrik AC

Alat elektronik satu ini, banyak sekali dipasang di area perkantoran, rumah pribadi, hingga di beberapa tempat umum lainnya. Dimana, fungsinya adalah untuk membuat ruangan jadi lebih terasa dingin dari suhu normalnya. Ya, itulah AC atau Air Conditioner. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari cara hemat listrik AC. Biar engga jebol pas kalian bayar listrik per bulannya.

AC hemat listrik tentu menjadi incaran masyarakat. Maka dari itu, tidak heran kalau berbagai merek ternama yang memproduksi peralatan eletronik terus berinovasi. Salah satu fokus dari perkembangan tersebut yakni, penggunaan AC dengan watt yang rendah. Istilah lainnya yaitu low watt. Tetapi, kalian juga dapat memilih jenis Air Conditioner Inverter sebagai alternatif.

Mode Dry AC Sharp

Pecinta AC mode fan hemat listrik, tentu mengenal dengan baik mode dry AC Sharp. Kalian yang sudah terbiasa menggunakan elektronik tersebut dalam kehidupan sehari-hari pastinya tahu perbedaan besar yang dapat dirasakan ketika mengaktifkan mode dry pada AC. Adapun perbedaan antara setting kipas dengan tetesan air ini, akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Mode fan atau kipas di AC, biasa ditandai dengan ikon kipas di bagian remote kontrol. Lalu, cara kerjanya mirip dengan kipas angin biasa yang tidak terasa adanya udara dingin bertiup dari alat tersebut. Bagian komponen dari kompresornya akan nonaktif sementara waktu.
  • Mode dry AC, umumnya diwakilkan dengan ikon butiran air yang terdapat di remote kontrol. Kalau mode satu ini, memiliki kemiripan kerja dengan dehumidifier. Supaya, kadar air udara yang berada di suatu ruangan dapat menurun. Alhasil, udara yang ada di ruangan tersebut tidak lagi terasa kering.
Terkait:  Cara Merawat Kamera DLSR

Cara Hemat Listrik AC

Cara Hemat Listrik AC
Cara Hemat Listrik AC

Cara hemat listrik AC Sharp ini, dapat juga kalian praktekan untuk cara hemat AC Panasonic bagi kalian yang menggunakan merek tersebut. Adapun metode perawatannya, sebenarnya bersifat global. Artinya, bisa digunakan juga untuk merek-merek Air Conditioner lain. Simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut:

  1. Lakukan penyesuaian suhu AC hemat listrik dengan meningkatkan sebesar 1ο C. Hal ini, berdampak juga ke konsumsi daya. Sehingga, listrik di rumah kalian lebih hemat. Atur suhunya di kisaran 25 sampai dengan 28 ο C
  2. Pasang timer agar AC dapat berhenti beroperasi ketika waktunya sudah tiba. Ya, AC tersebut mampu menonaktifkan diri secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kalian tentukan. Dengan begini, pemakaian listrik berlebih dapat dikurangi
  3. Sakelar AC diposisikan dalam kondisi mati. Kalau kalian hanya mematikan AC lewat remote kontrol. Maka, sakelar tersebut akan tetap menarik daya listrik. Pasalnya, alat ini masih dalam mode standby. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk dimatikan
  4. AC harus dilakukan perawatan dari waktu ke waktu. Sebelumnya, kondisikan AC agar dapat menyuplai udara kurang lebih 4 jam sebelum dilakukan pemeriksaan oleh tukang AC.

Cara Menghemat AC Sharp

Cara menghemat AC Sharp dengan memanfaatkan model AC hemat listrik. Sebenarnya, cara ini sangat mudah untuk kalian praktekan. Sayangnya, banyak pengguna yang merasa malas melakukan kebiasaan baik tersebut. Dikutip dari situs resmi id.sharp. Inilah 3 kegiatan yang bisa membantu kalian menghemat biaya listrik akibat pemakaian Air Conditioner:

1. Suhu Diatur pada Angka 24 οC dengan Mode Fan

Kalian yang berpikir mode terbaik untuk AC ada di suhu terendah. Itu salah besar. Karena hal tersebut justru memicu penurunan masa pakai dari kompresor. Pasalnya, ketika AC bekerja di suhu yang terlampau rendah dari kondisi normal di ruangan tersebut. Maka, kerja kompresor akan jauh lebih keras dibandingkan di 24 οC. Kalau kompresornya panas, otomatis ACnya off.

2. PK AC Dipilih Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli Air Conditioner, kalian wajib tahu rumus berikut ini:

Terkait:  Cara Merawat Rambut Keriting

PK AC = luas ruangan (dalam satuan m2) x 500

Kemudian, kalian akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, pada suatu ruangan kamar tidur yang akan dipasangkan AC memiliki luas sebesar 18 m2. Jawaban jenis PK yang tepat untuk memenuhi ruangannya adalah 1 PK. Begitu pula untuk ukuran satu ruangan dengan luas 14 m2, AC yang kalian butuhkan yakni hanya berkisar 0,75 PK saja.

3. Hindari Pemakaian AC Ketika AC Baru Saja Berhenti Beroperasi

Tips selanjutnya, tidak menyalakan Air Conditioner secara langsung ketika baru saja berhenti atau dimatikan. Hal tersebut dikarenakan, komponen yang bekerja di AC membutuhkan waktu agar oli yang terdapat di kompresor maupun gas freonnya bisa kembali terlebih dahulu ke kompresor. Kalian cukup mendiamkan AC selama 1 menit hingga waktu diaktifkan lagi.

Cara Hemat Listrik AC 1 PK

Cara hemat listrik AC 1 PK lainnya dapat kalian kenali melalui beberapa trik di atas. Selain itu, ada juga kegiatan lainnya yang bisa mendukung meminimalisir anggaran listrik di rumah. Menyalakan Air Conditioner setiap hari? Simak cara agar hemat listrik AC berikut:

1. Biasakan Merawat AC Secara Rutin

Ada kalanya, bahaya mode dry pada AC bisa menyerang kesehatan pengguna. Oleh sebab itu, kalian harus secara rutin melakukan perawatan pada Air Conditionermu. Dengan begini, cara hemat listrik AC Inverter hingga cara hemat listrik AC LG bisa terealisasikan. Adapun waktu yang tepat untuk service perangkat, dilakukan setiap 1 kali dalam kurun waktu 3 bulan.

Buat kalian yang tidak mengerti cara perawatannya, lebih baik langsung mengubungi tukang service AC terpercaya. Soalnya, debu yang menempel pada bagian komponen kipas dan filter di AC, dapat memicu kerusakan pada keseluruhan perangkat elektronik tersebut. Soalnya, di bagian kompresor Air Conditionernya akan lebih mudah panas dan sering mengalami mati.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci

2. Hindari Terlalu Sering Membuka Tutup Pintu Ruangan

Cara hemat listrik AC Mitsubishi juga dapat dilakukan dengan meminimalisir buka tutup di bagian pintu ruangan. Terkesan sederhana memang, tetapi metode ini sangat ampuh untuk bantu kalian mengurangi pengeluaran berlebih yang diakibatkan konsumsi listrik dari AC. Ini, bisa disiasati dengan menyalakan AC ketika malam hari saat kalian hendak tidur.

3. Atur Suhu Sedikit Lebih Tinggi Saat Tidur

Berikutnya, ada cara hemat listrik AC Daikin melalui pengaturan suhu yang dilakukan pada remote kontrol. Pengguna cukup menaikkan suhu hingga 24 atau 25 οC saat kalian akan tidur. Soalnya, ketika tubuh sedang beristirihat sistem yang bekerja di dalamnya secara otomatis akan membuat suhu tubuhmu menurun. Oleh sebab itu, kalian tidak perlu pasang di 16 οC.

4. Pastikan Pemakaian AC Tepat dengan Kondisi Cuaca di Luar

Maksud dari poin ini, lebih mengarah ke mode AC yang digunakan. Ketika cuaca di luar bangunan tersebut sedang dalam kondisi hujan. Maka, sebaiknya memasang mode dry. Ya, karena kalian jadi dapat mengurangi kelembaban udara di dalam ruangan yang berlebih. Selain itu, bisa merawat komponen mesin di AC agar tidak mudah mengalami kerusakan.

5. Gunakan Alternatif Kipas Angin

Dibandingkan poin-poin di atas, cara hemat listrik AC Panasonic melalui jalur  penggunaan alat elektronik lain seperti kipas angin akan menjadi solusi terbaik dalam menghemat pemakaian listrik rumah tangga kalian. Namun, di AC sendiri terdapat mode kipas tersebut yang prinsip kerjanya persis dengan kipas angin pada umumnya. Tetapi, tidak terasa dingin.

Sekian pembahasan mengenai cara hemat listrik AC di kesempatan kali ini. Baca juga informasi terkait, seputar cara hemat uang. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days!

 

Related posts