Cara Hemat Kuota Indosat

Karena internet kini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan bagi pengguna ponsel, khususnya pengguna Indosat tentu saja wajar jika banyak pengguna ingin mengetahui cara hemat kuota internet. Karena kita tahu bahwa pemakaian internet sendiri harus menggunakan pulsa. Sehingga untuk meringankan pembelian paket intenret, Kamu harus menggunakan kuota internet se-efisien mungkin.

Indosat sendiri termasuk ke dalam salah satu provider yang menawarkan kuota internet berjumlah besar. Belum lagi, paketnya juga bervariasi. Sehingga Kamu tinggal memilihnya sesuai kebutuhan. Selain itu, para pengguna Indosat yang merasa sering boros penggunaan kuota internet, kini Kamu bisa mencoba panduan cara hemat kuota Indosat di bawah ini!

Read More

Cara Hemat Kuota Indosat

Cara Hemat Kuota Indosat
Menghemat Kuota Indosat

Menghemat Kuota Indosat

Ada beberapa cara hemat kuota Indosat yang bisa Kamu tiru agar penggunaan paket internet Indosat menjadi lebih irit dan tidak menghabiskan kuota. Berikut penjelasannya :

1. Mengaktifkan Paket Internet Hanya Saat Dibutuhkan Saja

Kamu tentu sangat terganggu oleh notifikasi yang terlalu banyak pada tampilan ponselmu. Apalagi saat Kamu melakukan aktivitas-aktivitas penting, seperti saat belajar di sekolah, kampus, maupun bekerja di kantor. Pesan-pesan yang ada di grup chat, iklan lewat email, notifikasi ulang tahun teman atau orang terdekat, terkadang cukup mengganggu. Sehingga, membuat aktivitas belajar atau bekerjamu menjadi tidak fokus, mood berantakan, hingga akhirnya membuat banyak hal tidak dapat terselesaikan dengan baik.

Tidak hanya mengganggu aktivitas semata, mengaktifkan paket internet di sela-sela kesibukan juga bisa mengurangi lebih banyak data internet. Sebagai solusinya, Kamu harus mengaktifkan paket internet hanya ketika dibutuhkan saja. Seperti misalnya saat pekerjaan telah selesai semua atau ketika jam istirahat. Sehingga konsentrasi belajar/bekerja menjadi lebih fokusm dan penggunaan kuota internet pun semakin terkontrol.

2. Cek Kuota Internet Secara Berkala

Setelah melakukan pengisian paket internet, biasanya tidak sedikit pengguna yang menganggap jika persediaan internet mereka masih banyak. Kemudian, mereka pun akhirnya dengan leluasa mengakses atau browsing lebih banyak situs. Hingga akhirnya bisa menghabiskan kuota lebih banyak. Bahkan tanpa disadari, selama beberapa hari saja, jumlah kuota internet yang dimiliki tidak bersisa.

Salah satu cara menghemat kuota Indosat ialah tentu saja harus sering melakukan pengecekan kuota internet dengan cara cek kuota Indosat. Dengan sering mengecek kuota data Indosat rutin, maka Kamu akan mengetahui jumlah kuota internet yang dipakai setiap harinya. Sehingga, saat penggunaan di waktu itu telah berlebihan, Kamu bisa menghemat di hari berikutnya. Cara ini tentu saja sangat efektif.

3. Melakukan Pembelian Paket Internet Online

Cara hemat kuota Indosat berikutnya ialah dengan melakukan pembelian paket internet online. Seperti kita ketahui, paket kuota Indosat sekarang memang sudah tersedia banyak di beberapa konter hingga toko online. Tapi jika dibandingkan, melakukan pembelian paket internet Indosat secara online ternyata lebih hemat. Mengapa demikian?sebab Kamu tak perlu lagi jauh-jauh harus keluar rumah serta menghabiskan BBM untuk bepergian mencari konter fisik.

Di samping itu, biasanya harga paket internet yang ditawarkan juga biasanya lebih murah sesuai harga aslinya. Sedangkan jika Kamu melakukan pembelian paket internet di toko fisik atau konter biasa, biasanya harga pulsanya lebih mahal dibandingkan harga aslinya.

Misalnya saja, ketika Kamu melakukan pembelian paket kuota Indosat di salah satu merchant, seperti di Shopee misalnya, Kamu cukup melakukannya melalui  ponsel. Jika sudah membuka Shopee, Kamu  cukup pilih opsi “Pulsa,Tagihan &Hiburan”. Selanjutnya tinggal inputkan nomor Hp dan cari produk pulsa yang sesuai. Dari sana, telah tersedia berbagai pilihan paket internet dan pulsa Indosat.

Tak jarang, kita juga sering menemukan potongan harga saat pembelian paket internet dan ulsa. Semakin tinggi harga jualnya maka potongan harganya pun akan semakin besar. Sehingga bisa lebih hemat.

4. Pilih Paket Sesuai Kebutuhan

Cara menghemat kuota indosat lainnya ialah pilih paket internet sesuai kebutuhan. Setiap pengguna tentu saja membutuhkan paket internet yang berbeda. Mulai dari menggunakan internet untuk bermain game online, menonton film, live streaming Youtube dan lainnya, sehingga memerlukan paket internet yang besar. Selain itu, ada pula yang memerlukan paket internet untuk menelepon dan mengirimkan pesan, sehingga paket internet yang diperlukan relatif kecil.

Oleh karena itu, Kamu harus mengetahui berapa jumlah paket internet yang diperlukan. Apabila berlebihan, biasanya paket tersebut cenderung dipakai untuk aktivitas yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat. Sehingganya jumlah kebutuhan kuota internet pun akan semakin meningkat seiring waktu dan upaya untuk menghemat kuota intenret menjadi semakin sulit.

5. Gunakan Fasilitas Wifi

Kehadiran fasilitas Wifi di beberapa fasilitas umum memang menjadi peluang untuk menghemat kuota. Ketika sedang berbelanja atau berkeliling di mall maupun sedang makan di kafe, Kamu bisa mematikan paket internet dan memakai Wifi yang tersedia. Sehingga, paket internetmu akan berkurang selama beberapa waktu.

6. Menonaktifkan Fitur Auto-Sync

Cara hemat kuota Indosat lainnya yang bisa dicoba oleh para pengguna ialah dengan menonaktifkan fitur auto sync. Seperti kita ketahui, auto sync di smartphone memungkinkan berbagai aplikasi untuk melakukan update atau pembaharuan dengan otoamtis. Hal tersebut tentu saja akan menekan penggunaan paket Indosat berjumlah besar.

Sebagai solusinya, Kamu bisa menonaktifkan auto sync di Hp. Jika Kamu ingin meng-upgrade aplikasi, Kamu harus memastikan bahwa sisa kuota internet masih cukup sampai batas akhir dari masa aktif. Namun jika tidak, Kamu dapat memperbaharuinya langsung saat mengakses jaringan Wifi.

7. Menonaktifkan Plugin, Script dan Gambar di Browser

Dengan tidak mengaktifkan plugin, fungsi gambar, dan javascript di browser. Bisa membuat pengeluaran data internet bisa diminimalisir. Namun ingat bahwa sebagian besar website dewasa ini telah banyak menggunakan javascript. Sehingga jika Kamu menonaktifkan fitur tersebut, membuat tampilan halaman web tidak bisa terbaca sempurna.

8. Meminjam SimCard Teman

Jika Kamu punya nyali, bisa saja meminjam Sim Card keluarga atau teman yang memiliki banyak kuota internet. Cara ini tentu saja bisa membuatmu menggunakan kuota internet mereka dengan leluasa. Asalkan orang yang bersangkutan rela jika paket internet mereka dihabiskan.

9. Buka Platform Sosial Media di Browser

Pastikan untuk tidak pernah mengakses Twitter, Facebook maupun yang lainnya di aplikasi media sosial tersebut tanpa mengaktifkan fitur free atau hemat. Sebab gambar yang Kamu lihat di aplikasi tersebut bisa menyedot banyak kuota. Oleh karenanya, pastikan Kamu berselancar di aplikasi sosial media menggunakan browser. Tujuannya agar kuota internet lebih irit dan hemat.

10. Mengunduh Video Favorit

Bagi Kamu yang gemar menonton video atau streaming Youtube. Selain itu, Kamu suka menonton tayangan video yang dirasa monoton. Sebaiknya unduh video tersebut. Hal ini bertujuan supaya Kamu tidak perlu lagi membuang kuota secara percuma.

Nah, itulah 10 cara hemat kuota Indosat yang bisa Kamu praktekkan untuk menghemat penggunaan kuota yang Kamu miliki. Bagaimana, mudah bukan?

Baru Diulas:

Related posts