Cara Melihat Mac Address Laptop

Cara Melihat Mac Address Laptop

Melihat Mac address umumnya dilakukan dengan tujuan untuk menyaring perangkat-perangkat yang terkoneksi pada jaringan wifi, atau untuk mengatasi kesalahan pada jaringan komputer. Kalian bisa mencoba cara melihat Mac Address laptop dengan mudah.

Ketika perangkat mendeteksi adanya router, biasanya akan langsung mengirimkan Mac Address untuk memulai koneksi baru. Ketika masuk pada tahapan ini, router memberikan alamat IP lalu selanjutnya bisa langsung terhubung ke internet. Dengan begitu, MAC Addrees memiliki fungsi yang sangat penting ketika ingin membuka internet.

Cara Melihat Mac Address Laptop

Cara Melihat Mac Address Laptop
Tutorial Melihat Mac Address di Laptop

Secara umum, MAC Address yang terdapat pada laptop memiliki 12 digit kombinasi angka dan huruf. Sebagai contoh : 00:2B:C1:8B:00:44. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan tentang cara melihat MAC Address laptop dengan sangat mudah :

1. Cek MAC Address Pada Laptop dengan Operating System Windows 10

Saat ini, laptop yang beredar dipasaran lebih banyak menggunakan Windows 10 dari berbagai merek laptop. Kebanyakan menggunakan Windows 10 karena versi ini disinyalir adalah versi ringan dibandingkan versi Windows lainnya.

Untuk melihat MAC Address Windows 10 pada berbagai merek laptop, caranya sangat sederhana, kalian cukup mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Arahkan kursor terlebih dahulu pada bagian bawah desktop. Tujuannya adalah untuk memunculkan Taskbar yang tersembunyi.
  • Setelah itu, arahkan kembali kursos pada ikon jaringan lalu klik ikon tersebut. Adapun posisinya yaitu berada di sebelah kanan bawah layar.
  • Berikutnya, masuk pada bagian Properties dengan klik tulisan Properties yang terdapat pada jaringan yang terhubung.
  • Jika sudah, sekarang scroll ke bagian bawah dan coba lihat MAC Address yang berada di sebelah kalimat ‘Physical Address’ (MAC).

Posisi dari Physical Address (MAC) berada di bagian bawah pada deretan Properties yang memuat semua rincian. Kalian juga selain melihat MAC Address, juga bisa melihat properties lainnya yaitu SSID, protocol, secutiry type, network band, network channel, IPv6 address, DNS, Manufacturer, Description, dan Driver Version.

2. Cek MAC Address Pada Laptop dengan Operating System Windows 7

Saat ini memang eksistensi Windows 7 sudah tidak dilayani lagi oleh perusahaan Windows, tujuannya adalah agar semua pengguna Windows beralih ke versi Windows terbaru. Namun keberadaan Windwos 7 sudah tidak bisa digunakan lagi, akan tetapi masih bisa digunakan oleh beberapa orang saja.

Sebelum era Windows 10, versi Windows 7 menjadi primadona dalam waktu cukup lama. Namun tidak ada salahnya jika kalian masih menggunakan Windows 7, tetap bisa mengecek Mac Address dengan cara melihat Mac address laptop. Berikut tutorialnya :

  • Silahkan tekan tombol ‘start’ yang berada di pojok kiri bawah dengan ikon Windows.
  • Kemudian masuk pada menu ‘Control Panel’, lalu pilihlah ‘Network & Internet’.
  • Selanjutnya, pada opsi lanjutan akan ada menu lain lagi, pilihlah ‘Network & Sharing Center’
  • Berikutnya pilih koneksi internet yang akan di cek.
  • Langkah terakhir, pilih opsi ‘Details’. Disana kalian akan melihat MAC Address yang terdapat pada baris ‘Physical Address’.

Sama seperti pada Windows 10, pada bagian details kalian tidak hanya bisa melihat informasi MAC Address, tetapi juga bisa melihat informasi lainnya untuk digunakan sesuai kebutuhan. Selesai melihat MAC Address, dibagian bawah ada tulisan ‘close’ untuk mengakhiri tampilan details dari koneksi yang telah dilihat.

3. Cek Mac Address Pada Laptop Melalui Command Prompt

Setiap Windows selalu dilengkapi dengan Command Prompt, fungsi dari Command Prompt adalah untuk mengeksekusi perintah yang diberikan oleh pengguna ketika akan membuka sistem.

Kelebihan dari Command Prompt juga bisa melihat MAC Address yang ada pada laptop. Ini ulasan cara melihat Mac address laptop lewat Command Prompt berikut :

  • Untuk masuk pada Command Prompt, kalian bisa coba masuk pada menu Start lalu pada kolom pencarian klik ‘Command Prompt‘. Penggunaan kolom pencarian adalah untuk mempercepat tujuan pemanggilan Command Prompt walaupun sebenarnya terdapat pada deretan menu yang tersedia.
  • Apabila halaman Command Prompt telah terbuka, silahkan untuk mengetik secara manual dengan tulisan : ipconfig/all.
  • Jika sudah diketik, selanjutnya tinggal tekan enter pada keyboard.
  • Setelah klik enter, maka sistem akan memunculkan berbagai macam informasi didalamnya dimana salah satunya adalah Physiscal Address.

Sebenarnya cara untuk melihat Physiscal Address lebih mudah dlakukan dengan menggunakan Command Prompt. Namun untuk memilihnya berdasarkan opsi diatas, rasanya dengan menggunakan Command Prompt yang paling mudah dilakukan.

4. Cek MAC Address Pada MacBook

Walaupun operating system Windows yang paling mendominasi banyak digunakan oleh kebanyakan orang di seluruh dunia, namun masih banyak juga yang menggunakan MacBook untuk aktifitas sehari-hari.

MacBook adalah salah satu produk Apple yang memiliki sistem berbeda dibandingkan dengan Windows. Begitupun untuk melihat Mac Address sangat berbeda dan perlu mengetahui lebih lanjut tahapan-tahapannya yang akan dijelaskan dibawah ini :

  • Setelah MacBook terbuka pada layar utama, silahkan klik ikon Apple yang berada tepat di pojok kiri layar.
  • Nantinya akan muncul kembali beberapa opsi lain dimana opsi yang harus kalian pilih adalah opsi ‘System Preferences’.
  • Ketika sudah masuk pada opsi tersebut, berikutnya akan muncul opsi lanjutan, kalian hanya perlu memilih menu ‘Network’.
  • Selanjutnya, pilihlah Airport atau WiFi dimana pilihan tersebut berada tepat di sebelah kiri.
  • Berikutnya kalian tinggal klik tombol ‘Advance’.
  • Langkah terakhir adalah dengan klik tab WiFi .
  • Pada kolom tab tersebut, maka MAC Address akan terlihat berada di barisan khusus ‘Wifi Address’.

4. Cek MAC Address pada HP Android

Karena WiFi bisa diakses bukan hanya pada laptop saja, mungkin untuk bagian ini hanya sekedar informasi bagi kalian yang ingin mengetahui cara melihat MAC Address pada HP dengan sistem Android.

Perlu kalian ketahui, bahwa saat ini untuk mengakses internet melalui WiFi biasanya memakai HP. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena HP sudah bisa melakukan segalanya untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga wajar jika smartphone kini sering memanfaatkan layanan Wifi untuk berselancar di dunia internet dengan mudah :

  • Buka menu utama untuk melihat deretan menu yang tersedia.
  • Jika sudah terbuka, silahkan cari dan pilih menu Settings yang bergambar seperti roda bergerigi.
  • Apabila sudah masuk pada menu Settings, selanjutnya carilah pada bagian koneksi untuk menu Wireless Controls.
  • Selanjutnya masuklah pada WiFi Settings untuk melihat beberapa settingan WiFi yang sudah terkoneksi dengan WiFi.
  • Jika sudah masuk pada opsi tersebut, lalu pada layar kalian bisa melihat titik 3 yang berada di pojok kanan sehelah atas.
  • Selanjutnya pilih menu ‘Advance’ untuk melihat opsi lanjutan yang lebih detil. Namun kalian harus hati-hati jangan sampai ada salah satu settingan terhapus.
  • Pada menu Advance, scroll ke bawah hingga mendekati ujung. disana kalian akan menemukan MAC Address yang dibutuhkan.

Sebenarnya cara melihat Mac Address laptop tidak kalah mudah dengan cara melihat Mac addres hp yang juga bisa kalian coba. Jika sudah melihat Mac address pada perangkat yang terhubung sambungan wifi, kalian tinggal melakukan tindak lanjut.

 

Related posts