Cara Cicil di Tokopedia

Cara Cicil di Tokopedia
Cara Cicil di Tokopedia

Belanja? Di Tokopedia saja. Itulah iklan yang sering ditampilkan oleh platform online satu ini untuk menarik para customer membeli berbagai kebutuhannya tanpa harus keluar rumah. Ya, memang sangat praktis. Selain itu, ada fitur terbarunya juga yang menawarkan cara cicil di Tokopedia untuk kalian yang ingin memiliki barang tapi belum gajian. Beda ya dengan kartu kredit bank.

Kartu kredit bank pada dasarnya mewajibkan pemohon memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum di konfirmasi dapat menerima pinjaman. Kalian bisa tarik tunai atau digunakan dalam keperluan belanja di e-commerce pilihan. Namun, Tokopedia memberikan penawaran yang jauh lebih menarik. Kamu hanya perlu sering berbelanja, dan memiliki KTP.

Read More

Identitas diri dari pemilik akun harus sesuai dengan data-data yang dicantumkan dalam KTP. Hal tersebut, menjadi persyaratan paling dasar dan penting untuk mengajukan permohonan transaksi cicilan di Tokopedia. Kreditur juga akan diminta agar mengupload foto selfie KTP dan dirinya sendiri dalam satu frame. Limit atau batasan peminjaman ditentukan oleh Tokped.

Cara Cicil di Tokopedia

Cara Cicil di Tokopedia
Cara Cicil di Tokopedia

Cara Cicil di Tokopedia dengan Home Credit

Tokopedia menghadirkan fitur baru yang memang sedang hits di berbagai kalangan platform belanja online Indonesia. Yaitu, sistem cicilan atau kredit. Berlaku untuk transaksi pembelian barang saja. Artinya, sistem ini hanya dapat digunakan untuk pembayaran suatu produk atau barang yang telah kalian beli. Bukan dipinjamkan dalam bentuk uang tunai kepada kreditur.

Cara cicil di Tokopedia dengan Home Credit, bisa diterapkan di seluruh official store atau di toko online yang sudah berlabel resmi milik dari suatu brand. Apapun itu kategorinya. Bebas pilih barang yang kamu suka dan butuhkan. Check out produknya sekarang, bayarnya dicicil setiap bulan. Begini caranya:

  1. Kalian pilih salah satu jenis atau kurun waktu untuk lakukan cicilan pembayarannya. Mulai dari 3,6, 9, atau bisa juga hingga 12 bulan
  2. Upload foto identitas diri atau KTP disertai dengan selfie bersama KTP
  3. Lengkapi formulir berikutnya yang berisikan informasi data diri lengkap pengguna kredit. Diantaranya ada penghasilan, domisili, kontak darurat, dan lain sebagainya
  4. Isi informasi data diri sesuai akun bank yang dimiliki
  5. Proses pengajuan cicilan akan diproses oleh pihak Tokopedia.

Konfirmasi atau verifikasi data pengajuan cicilan kredit akan diproses selama waktu kerja. So,  buat kalian yang mengajukannya pada hari libur akan memakan waktu sedikit lebih lama. Hal ini, juga bisa diketahui dengan cara melakukan pengecekan di akun secara kontinyu. Adapun transaksi minimumnya mulai dari Rp 1.500.000 sampai dengan Rp 10.000.000. Per check out.

Home Credit sendiri merupakan, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan dalam basis teknologi. Tersedia secara online dan offline yang tersebar luas secara merata di seluruh Indonesia. Pertama kali dibangun pada tahun 2013, dengan kantor pusatnya di Jakarta. Kini, sudah memilki banyak pelanggan yang menggunakan layanannya. Berikut syaratnya:

  1. Pemohon beradai di usia minimalnya 19 tahun (apabila sudah berumah tangga) atau di umur 21 tahun (bila single)
  2. Penghasilan tetap per bulan, mencapai angka Rp 1.500.000 untuk wilayah Yogyakarta. Lalu, di Semarang sebesar Rp 1.200.000
  3. Identitas diri berupa KTP serta 1 dokumen dukungan (SIM atau KK atau Paspor) asli.

Cara Cicil di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit

Umumnya, cicilan yang menggunakan bantuan dari sejumlah bank perlu yang namanya kartu kredit. Tetapi, seiring berjalannya waktu kalian bisa ajukan pinjaman tanpa perlu lakukan registrasi terlebih dahulu ke kantor cabang bank terdekat. Tokopedia sudah menyediakan hal tersebut. Selain prosesnya lebih cepat, persyaratan juga mudah. Ada lagi selain Home Credit.

Cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit, bisa juga menggunakan sistem pembayaran lewat layanan Kredivo ataupun Indodana. Dikutip dari laman Tokopedia.com. Berikut beberapa persyaratan yang harus kalian perhatikan sebelum ajukan peminjaman cicilan. Biar bisa beli barang sekarang, bayarnya nanti!

1. Kredivo

PT FinAccel Teknologi atau produknya yang dikenal dengan sebutan layanan Kredivo ini, di Tokopedia pelanggan jadi bisa membeli produk yang diinginkan. Kamu, bisa miliki barang impian tanpa perlu menunggu waktu gajian tiba. Adapun pembayaran cicilan, bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Begini persyaratan selengkapnya:

  • Registrasi terlebih dahulu untuk memiliki akun di Kredivo
  • Termasuk ke dalam salah satu WNI atau Warga Negara Indonesia
  • Minimal usia peminjam, mulai dari 18 tahun sampai dengan 60 tahun
  • Domisili dari kreditur, berada di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Makassar, Solo, Malang, Semarang, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, dan Denpasar
  • Memiliki pendapatan tetap di setiap bulan, minimalnya adalah Rp 3.000.000

Transaksi minimal yang kalian lakukan di Tokopedia dengan sistem Kredivo, berlaku dari Rp 10.000 sampai dengan maksimalnya mencapai Rp 30.000.000 (tergantung limit yang telah diberikan oleh perusahaan kepada masing-masing kreditur). Kamu, juga bisa batalkan metode pembayaran dengan Kredivo. Bahkan, kalian dapat lakukan refund! Langsung masuk ke akun.

2. Indodana

Partner metode cicilan kredit lainnya yang bisa bantu kalian cara cicil di Tokopedia, yaitu via Indodana. Dirilis oleh PT Artha Dana Teknologi, pelanggan Tokopedia jadi dapat lakukan transaksi jauh lebih mudah. Pembayarannya dapat diproses melalui website atau aplikasi dari platform tersebut. Ini dia persyaratannya:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI
  • Usia di KTP minimal mulai dari 21 tahun sampai dengan 50 tahun
  • Penghasilan tetap per bulan kurang lebih sekitar Rp 3.000.000,-
  • Domisili atau tempat tinggalnya berada di daerah Bandung, Cimahi, Bogor, Depok, Karawang, Yogyakarta, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Gresik, Pontianak, Batam, Palembang, Sidoarjo, serta Denpasar

Lalu, bagaimana cara cicil pembayarannya?

  1. Setelah berhasil check out produk yang diinginkan dari salah satu e-commerce Tokopedia pilih Indodana sebagai metode pembayarannya
  2. Pelanggan akan dibebankan biaya administrasi sebesar 1%, serta tarif tambahan lain sekitar 2% setiap kali melakukan transaksi
  3. Kalian yang memilih waktu pembayarannya 30 hari, tidak akan dikenakan tambahan bunga
  4. Apabila kalian memilih masa pembayaran dilakukan selama 3 bulan atau 12 bulan. Maka, setiap bulannya akan dibebankan bunga sebesar 3% setiap tagihan muncul.
  5. Transaksi yang dibatalkan atau tidak jadi menggunakan metode cicilan Indodana, baik untuk satu produk atau keseluruhan. Otomatis, uang kalian akan langsung di refund oleh sistem berdasarkan real-time. Dikembalikan ke jumlah limit akun di Indodana.

Tidak sampai disitu saja, buat kalian yang bayar cicilannya melebihi dari tagihan yang telah ditetapkan. Maka, kelebihan jumlah dananya akan masuk kembali ke rekening kamu. Pokoknya, user tidak perlu khawatir bakalan rugi! Semuanya sudah diatur dan diawasi langsung oleh BI dan pihak OJK. Sehingga, transaksimu sudah pasti aman dan legal.

Merasa tertarik untuk mencoba cara cicil di Tokopedia? Pelajari terlebih dahulu persyaratan diatas ya! Sekian pembahasan kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat. Tetap patuh terhadap protokol pembayaran cicilan. See you on the next awesome topics. Enjoy your weekend, keep smile, and bye bye!

Related posts