Cara Melihat ID Telegram

Cara Melihat IG Telegram

Melihat ID Telegram sebenarnya sangat mudah, bahkan kalian dapat melihat ID kalian sendiri maupun teman-teman melalui tutorial cara melihat ID Telegram yang akan kami sajikan.

Platform berbagi pesan secara instan saat ini memang sudah sanngat familiar dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu aplikasi chatting yang mendapat posisi 6 besar sebagai aplikasi chatting terpopuler di seluruh dunia adalah Telegram. Bahkan menurut Goodstats.id, Telegram telah memiliki jumlah pengguna total hingga 550 juta pengguna per awal tahun 2022 kemarin.

Read More

Aplikasi Telegram adalah aplikasi chatting yang berbasis cloud dan dirilis sejak 14 Agustus  2013 lalu. Kini Telegram dapat dinikmati lewat berbagai macam platform, mulai dari android, Microsoft Windows, iOS, MacOS dan lain sebagaianya.

Ada salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Telegram diantaranya yaitut fitur ID Telegram atau username yang tidak tersedia di WhatsApp. Namun, bagi pengguna baru mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara melihat ID Telegram.

Pengertian Telegram dan Fungsinya

Pengertian dari ID Telegeram yaitu nama pengguna yang unik ataau berbeda dengan pengguna lainnya. Pada Telegram, biasanya username bisa dibuat sendiri tergantung keinginana selama nama pengguna tersebut masih belum dipakai orang lain.

Fungsi dari ID Telegram sebenarnya sama seperti username, kalian dapat menambahkan kontak seseorang maupun sebaliknya dengan hanya memakai username dan tanpa nomor hp. Melalui ID Telegram inilah, memungkinkan kalian bisa berkomunikasi lebih mudah. Hanya perlu mengetikkan ID Telegram milik orang lain pada kolom pencarian dan kalian bisa menemukan akunnya dengan mudah.

Tidak hanya akun pribadi, akun channel dan grup di aplikasi Telegram juga terdapat ID-nya sendiri yang bisa mempermudah pencarian channel dan grup di Telegram.

Cara Melihat ID Telegram

Cara Melihat IG Telegram
Melihat IG Telegram

Fungsi ID Telegram memang sangat penting, apalagi jika kalian sedang mencari kontak seorang teman yang nomor hpnya tidak diketahui. Cukup dengan mencari username atau ID kontak teman kalian saja. Hal ini juga berlaku jika ingin share kontak Telegram kalian ke orang lain. Namun untuk membagikannya, kalian wajib mengetahui cara melihat ID Telegram. Berikut ulasannya :

1. Melihat ID Telegram Milik Sendiri

Jika ingin mengetahui ID Telegram maupun username kalian sendiri, cukup dengan memilih menu profil, ini dia ulasannya :

  • Silahkan buka Telegram di perangkat hp kalian, bisa iOS atau android.
  • Tekan ikon tiga garis disamping kiri.
  • Pilih Foto Profile.
  • Selanjutnya akan langsung diarahkan menuju profile page.
  • Silahkan cek ID Telegram pada kolom username.

2. Melihat ID Telegram Orang Lain

Cara melihat ID Telegram berikutnya yaitu untuk melihat username atau Telegram orang lain, tinggal cek dengan cara mengakses menu profile kontak teman tersebut, diantaranya :

  • Buka Telegram Apps dan masuk ke akun kalian.
  • Tekan ikon menulis yang berwarna biru pada bagian bawah.
  • Setelah itu, tekan kontak yang akan dicek.
  • Kemudian tekan nama kontaknya dan masuk ke dalam profile page.
  • Silahkan cek ID Telegram pada kolom INFO di bagian username.

Bagaimana Membuat ID Telegram?

Selain cara melihat ID Telegram, kalian juga harus tahu bagaimana cara untuk membuat ID Telegram. Saat membuat akun, sebenarnya tidak langsung diminta menerapkan username atau ID-nya. Maka dari itu, kalian harus membuatnya terlebih dahulu melalui menu profile. Jika sudah membuatnya, ID Telegram yang dibuat dapat dibagikan dengan cara copy link pada akun tersebut.

1. Buat ID

Sebelum kalian membuat ID untuk Telegram, persiapkan beberapa pilihan username untuk digunakan. Tujuannya karena nama pengguna di Telegram yan digunakan pada akun lain maka tidak dapat digunakan kembali. Ini cara pembuatan ID Telegram :

  • Buka Telegram Apps.
  • Tekan ikon tiga garis di pojok atas.
  • Klik pengaturan.
  • Di kolom akun, tekan username yang terdapat tulisan tidak ada.
  • Jika sudah, silahkan buat username tergantung kebutuhan.
  • Pastikan terlebih dahulu username yang akan dibuat masih tersedia.
  • Tekan centang pada bagian atas.

Namun untuk membuat username, setidaknya harus memperhatikan beberapa hal seperti username harus mempunyai sedikitnya terdapat 5 karakter, dapat menambahkan simbol garis bawah dan angka uintuk pembuatan username. Selain itu, kalian harus membedakan huruf besar dan kecil karena sifatnya sangat sensitif.

2. Memiliki ID Link

Jika sudah memiliki ID Link, kini kalian dapat membagikannya melalui link. Jadi, kalian tidak harus mengetikkan nama pengguna Telegram terlebih dahulu. Hanya perlu berikan link saja ke orang lain, selanjutnya mereka bisa mengakses akun profile Telegram milik kalian. ID Link sendiri dapat diperoleh dengan cara megakses opsi pengaturan dan menekan username. Selanjutnya, ID Link bisa terlihat di bawah.

Kelebihan Aplikasi Telegram

Ada banyak kelebihan yang dimiliki aplikasi Telegram jika dibandingkan kompetitornya, diantaranya sebagai berikut :

1. Gratis Selamanya

Telegram adalah aplikasi gratis selamanya. Bahkan aplikasi ini tanpa ikan sama sekali, sehingga tidak akan mengganggu saat chatting. Jadi, kalian tidak perlu khawatir saat menggunakan aplikasi Telegram untuk berbagi pesan singkat.

2. Fitur Reactions

Aplikasi Telegram termasuk aplikasi pesan singkat pertama dengan emoji interaktif dan animasi, karenanya pengguna bisa lebih leluasa berekspresi ketika mengobrol. Jika ingin menggunakan fitur ini, kalian hanya perlu mengklik tombol chat dua kali sebagai quick reaction atau reaksi cepat.

Jika ingin pengaturan reaksi dalam waktu cepat, kalian dapat mengakses masuk atur pada settings atau pengaturan. Caranya adalah tekan chat settings, lalu tekan quick reactions pada perangkat android. Sedangkan bagi perangkat iOS, cukup tekan stickers and emoji dan tekan quick reaction.

3. Terjemahan Pesan

Telegram memang layak memiliki julukan sebagai aplikasi yang kaya fitur, karena memang ada banyak sekali fitur yang disajikan pada aplikasi ini. Salah satu fitur yang memanjakan penggunanya yaitu fitur penerjemah. Fitur ini bisa dijadikan sebagai opsi terbaik ketika kalian berkomunikasi bersama lawan bicara dengan bahasa berbeda, baik di channel maupun grup publik.

Saat ini, kalian tidak perlu harus memakai Google Translate jika ingin mengetahui terjemahan pesan singkat, semuanya bisa dilakukan di aplikasi Telegram secara langsung. Selain itu, fitur tersebut bisa diaktifkan melalui pengaturan dan tekan bahasa. Kalian bisa tekan opsi show translate button jika ingin menggunakan fitur yang satu ini ketika chatting.

4. Tema Pada QR Code

Kalian bisa juga membuat tema QR Code yang berbeda saat membagikannya pada pengguna Tele lainnya. Pasalnya, fitur yang satu ini juga berguna untuk channel, bot dan grup. Sehingga lebih mudah menunjukkan klub penggemar yang kalian sukai ke orang lain. Caranya tekan kode QR baru di samping nama kalian, pilih pola dan warna sesuai keinginan, cetak, posting, kemudian bagikan QR Code ke aplikasi yang lainnya.

Berdasarkan fitur dan keunggulan di atas, Telegram adalah apllikasi perpesanan singkat yang sangat efektif untuk digunakan sebagai aplikas chatting terbaik yang banyak fitur.

Bahkan kalian bisa coba cara melihat ID Telegram untuk dibagikan ke teman dan bisa langsung menghubungi teman melalui ID-nya tanpa harus menyimpan nomor teman. Wah, menarik sekali bukan?

 

Related posts