Cara Cek Masa Aktif Kuota Smartfren

Apa Anda pengguna kartu Smartfren? Apakah Anda ingin tahu cara cek masa aktif kuota Smartfren? Apa saja cara-caranya?

Kuota Internet merupakan batasan pemakaian internet pada jangka waktu tertentu, seperti contohnya apabila kamu membeli kuota internet lokal sebesar 1 GB selama 1 bulan. Ini mengartikan, pengguna bisa mengakses internet dalam 1 bulan sebanyak 1 GB saja.

Apabila penggunaan melebihi dari kuota tersebut sebelum 1 bulan, maka koneksi internet akan terputus, atau semakin melambat untuk paket internet unlimited dengan FUP sesuai ketentuan ISP. Sebaliknya jika kuota yang dimiliki masih banyak akan tetapi sudah ada dalam batas waktu 1 bulan, maka kuota akan hangus.

Tidak dapat di pungkiri lagi di zaman serba digital ini kuota data internet sudah menjadi kebutuhan yang harus selalu terpenuhi oleh setiap orang yang menggunakan sebuah smartphone.

Pasalnya, dengan adanya kuota data pada smartphone yang digunakan, mereka akan dapat mencari informasi atau sekedar menggunakan sebuah aplikasi yang umumya sekarang harus menggunakan koneksi internet.

Pengecekan masa aktif kuota meski dilakukan secara rutin agar kamu bisa menerka-nerka penggunaannya.

Untuk kamu pengguna kartu Smartfren, kali ini kami akan membahas secara khusus mengenai cara cek masa aktif kuota Smartfren. Barangkali Anda merupakan pengguna provider Smartfren yang belum tau caranya.

Smartfren merupakan salah satu operator yang dipilih oleh banyak pengguna karena memiliki jaringan 4G LTE yang baik dan juga harga paket internet unlimited yang tergolong murah.

Walaupun Smartfren menawarkan paket unlimited, namun tetap saja berlaku sistem FUP (Fair Usage Policy) sehingga kamu meski rutin melalukan pengecekan.

Maka dari itu, agar FUP paket Smartfren Anda tidak cepat habis dan boros, pada artikel ini kami akan mengulas beberpa cara cek masa aktif kuota Smartfren yang terbaru tahun 2020 yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Terdapat 4 cara yang dapat digunakan untuk mengetahui masa aktif kuota internet, yaitu melalui dial phone, SMS, aplikasi MySmartfren, dan juga dengan mengakses situs resmi Smartfren. Berikut penjelasannya.

Cara Cek Masa Aktif Kuota Smartfren

Cara Cek Masa Aktif Kuota Smartfren
Cek Masa Aktif Kuota Smartfren

Cek Masa Aktif Kuota Smartfren Melalui Dial Phone / USSD

Untuk cara yang pertama, dan juga cara yang menurut kami merupakan cara paling mudah dan umum untuk mengecek masa aktif kuota Smartfren adalah dengan cara melalui layanan Dial Phone. Yang dimana untuk cek masa aktif kuota Smartfren ini. Anda hanya melakukan Panggilan ke nomor operator Indosat Ooredoo, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, Buka menu Telepon pada smartphone Anda.
  • Setelah itu, Ketik nomor *995#.
  • Lalu klik tombol Panggil / Call
  • Tunggu hingga muncul informasi terkait sisa kuota internet Smartfren yang kamu miliki.
  • Untuk melihat masa berlakunya, ketik nomor 1 untuk menu Next.
  • Dan masa aktif kuota Smartfren akan di infokan secara lengkap dan detail.

Note: Pastikan kamu melakukan panggilan menggunakan SIM Smartfren kamu. Dan juga pastikan sinyal tidak sedang bermasalah.

Selain itu, untuk layanan panggilan ini kamu tidak akan dikenakan biaya, sehingga kamu dapat melakukan pengecekan kuota sebanyak yang kamu butuhkan.

Cek Masa Aktif Kuota Smartfren via SMS

Selain melalui Dial Phone, kamu juga bisa menggunakan cara SMS ke operator untuk mendapatkan informasi mengenai masa aktif kuota yang kamu miliki.

Untuk langkah-langkah pengecekan melalui SMS, berikut penjelasannya.

  • Silahkan buka menu pesan atau message pada smartphone anda, buat pesan baru, ketik CEK lalu kirim ke nomor 995.
  • Setelah Anda telah mengirimkan pesan tersebut, silahkan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan SMS balasan dari 995. Proses ini tidak memakan waktu lama, bahkan hanya dalam hitungan detik
  • Setelah anda mendapatkan notifikasi balasan SMS tersebut, anda akan dapat melihat beberapa informasi lengkap dan detail mengenai masa aktif kuota internet yang Anda miliki dari hari, tanggal, bulan bahkan hingga jam terakhir masa penggunaanya.

Note: Sama seperti cara sebelumnya, cara ini tidak dikenakan biaya. Pastikan sinyal dalam keadaan baik agar mendapat respon dari operator. Jika belum dapat balasan SMS, segera ulangi lagi.

Cek Masa Aktif Kuota Smartfren Melalui Website

Cara lainnya untuk mengecek masa aktif kuota yang kamu miliki adalah melalui situs resmi Smartfren. Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai penggunaan data, dan lain lain.

Untuk langkah-langkah cek melalui website, sebagai berikut.

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dan lainnya) pada perangkat Anda baik itu PC/Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah selanjutnya, ketik “ https://my.smartfren.com/ “ pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari. Tunggu hingga anda masuk ke websitenya.
  • Login menggunakan akun ID Smartfren yang sudah terdaftar. Daftar dulu jika belum mempunyai akun, lalu login ulang menggunakan akun yang tadi didaftarkan.
  • Lalu, Saat berhasil masuk, maka akan muncul paket yang terdaftar di bagian dashboard situs.
  • Jika ingin mengetahui informasi paket lebih lanjut, silahkan pilih Detail.
  • Lalu akan muncul informasi yang diinginkan.

Cek Masa Aktif Kuota Smartfren Melalui Aplikasi mySmartfren

Selain cara cara di atas yang sudah kami sebutkan, Anda bisa mengecek paket Indosat melalui myIM3 yang bisa kamu unduh melalui Playstore maupun AppStore.

Sama seperti melalui website resmi Smartfren, cara ini lebih menampilkan informasi Kuota kamu secara akurat dibanding cara-cara lain diatas, tapi kamu butuh jaringan sinyal yang baik agar bisa mengaksesnya.

Untuk langkah-langkah mengecek masa aktif kuota Smartfren melalui aplikasi, sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Google Playstore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) untuk Anda yang belum menginstal aplikasi mySmartfren, lalu Install.
  • Jika aplikasi telah terpasang pada smartphone, buka aplikasi mySmartfren.
  • Pada saat pertama kali membuka aplikasi, Anda akan langsung diminta beberapa persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses beberapa perangkat seperti GPS, Kamera, Microfon, dan File Manager, dan juga Kontak.
  • Pada halaman masuk, pilih login apabila Anda punya akun. Jika Anda belum punya, kamu bisa langsung daftar menggunakan email, nomor telepon, dan lainnya. Setelah itu login kembali menggunakan email atau nomor telepon dan kata sandi yang tadi didaftarkan.
  • Langkah selanjutnya, Tap menu Paket Saya.
  • Lalu akan muncul detail paket lainnya, seperti paket nelpon, SMS, beserta masa aktif paket.

Note: Pada aplikasi mySmartfren ini, Anda juga dapat melihat beragam informasi lainnya, seperti jumlah pemakaian kuota, informasi promo, dan lain-lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai cara cek masa aktif kuota Smartphone, baik melalui SMS, Dial Phone, maupun melalui aplikasi myIM3.

Tinggal Anda pilih saja, tapi yang terpenting adalah pada saat mengecek masa aktif pastikan sinyal tidak sedang bermasalah.

Berikut informasi yang telah kami berikan. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi