Cara Cek Masa Aktif Kuota Indosat

  • Whatsapp

Apakah anda pengguna kartu Indosat? Apa anda masih bingung cara cek masa aktif kuota Indosat anda? Apa saja cara pengecekannya?

Internet di masa ini merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting, baik dalam pekerjaan, hiburan, komunikasi, dan mencari informasi.

Read More

Rasanya sangat sulit jika menjalankan hidup tanpa koneksi internet. Di zaman digital ini, semuanya sangat bergantung pada internet.

Kamu tentu lebih baik lupa membawa dompet ketika hendak makan ataupun ngopi di restoran dibanding ketinggalan handphone.

Kamu masih membayar makanan menggunakan aplikasi dompet digital, lalu tarik tunai menggunakan internet banking yang saat ini bisa bertransaksi di ATM tanpa kartu debit. Lalu memesan ojek online atau taksi online menggunakan smartphone. Atau juga membayar pengisian bensin di SPBU.

Jadi bayangkan jika kamu tidak memiliki koneksi internet sehari saja. Kamu akan kesulitan dalam menjalankan aktifitas seperti kirim e-mail, buka whatsapp, nonton video hiburan di Youtube, bayar sesuatu seperti token listrik menggunakan e-wallet.

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwasannya untuk zaman ini kuota data internet sudah menjadi kebutuhan yang harus selalu terpenuhi oleh setiap orang yang menggunakan sebuah smartphone.

Pasalnya, dengan adanya kuota data pada smartphone yang digunakan, mereka akan dapat mencari informasi atau sekedar menggunakan sebuah aplikasi yang umumya sekarang harus menggunakan koneksi internet.

Saat ini semua perusahaan provider Internet berlomba-lomba berinovasi dalam menyediakan jaringan dan kuota internet yang terbaik.

Salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah Indosat.

Dan dari banyaknya pengguna smartphone, Indosat masih menjadi opsi atau pilihan terbaik bagi banyak orang karena operator yang satu ini memiliki banyak penawaran menarik produk andalan mulai dari harga kuota Indosat yang murah dan terjangkau, hingga ada pula pilihan paket internet Indosat unlimited tanpa kuota yang juga sampai dengan saat ini menjadi daya tarik untuk memikat para calon konsumen.

Terkait:  Cara Cek Kuota IM3 Yellow

Indosat merupakan salah satu penyedia layanan internet atau biasa dikenal dengan istilah provider terbesar di Indonesia, penggunanya di Indonesia tercatat sekitar kurang lebih 60,4 juta pelanggan di tahun 2020.

Mengontrol pemakaian kuota harian dapat membantu kuota agar tetap awet dan digunakan seperlunya saja. Saking awetnya, kuota habisnya jadi lama dan pengeluaran untuk beli kuota pun lebih hemat.

Nyatanya, paket kuota internet yang kita beli memiliki masa aktif sekitar sebulan atau tiga bulan sesuai paket yang dipilih dan juga ketentuan provider.

Ada juga paket kuota promosi dengan jumlah kuota banyak namun biasanya memiliki masa aktif yang sebentar.

Biasanya jika kita mendapatkan kuota bonus, kuota yang diberikan biasanya memang lumayan banyak. Akan tetapi, masa aktifnya memang tidak lama, ada yang cuma 1 hari, 3 hari, dan seminggu.

Nah, kali ini kami akan bahas secara khusus mengenai cara cek masa aktif kuota Indosat. Barangkali Anda merupakan pengguna provider Indosat Ooredoo yang belum tau caranya.

Cara Cek Masa Aktif Kuota Indosat

Cara Cek Masa Aktif Kuota Indosat
Cek Masa Aktif Kuota Indosat

Cek Masa Aktif Kuota Indosat melalui SMS

Untuk cara yang pertama, dan juga cara yang menurut kami merupakan cara paling mudah untuk mengecek masa aktif kuota Indosat adalah dengan cara melalui layanan SMS. Yang dimana untuk cek masa aktif kuota Indosat ini. Anda hanya mengirim format pesar ke nomor operator Indosat Ooredoo, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Silahkan buka menu pesan atau message pada smartphone anda, buat pesan baru, ketik STATUS lalu kirim ke nomor 363
  • Setelah Anda telah mengirimkan pesan tersebut, silahkan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan SMS balasan dari 363. Proses ini tidak memakan waktu lama, bahkan hanya dalam hitungan detik
  • Setelah anda mendapatkan notifikasi balasan SMS tersebut, anda akan dapat melihat beberapa informasi lengkap dan detail mengenai masa aktif kuota internet yang Anda miliki dari hari, tanggal, bulan bahkan hingga jam terakhir masa penggunaannya.
Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Note: Pastikan sinyal dalam keadaan baik agar mendapat respon dari operator. Jika belum dapat balasan sms, segera ulangi lagi.

Cek Masa Aktif Kuota Indosat melalui Dial Phone/ USSD

Selain melalui SMS, kamu juga dapat mengecek masa aktif kuota Indosat melalui Dial Phone/ USSD. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Telepon pada smartphone, ketik *123# pada Dial Phone, lalu klik Call
  • Tunggu beberapa saat proses loading.
  • Setelah muncul pilihan, Pilih menu INFO dengan memasukan nomor 7 pada kolom lalu klik SEND
  • Selanjutnya, Pilih menu nomor 2 Cek Status, lalu klik SEND
  • Langkah berikutnya, pilih menu nomor 1 Paket Internet, lalu klik SEND
  • Berikutnya kamu akan mendapatkan SMS notifikasi dari operator Indosat di nomor 363.
  • SMS tersebut berisi informasi jenis paket kuota di mana kamu terdaftar dan kapan masa aktif kuota tersebut akan berakhir (hari dan jam)

Cek Masa Aktif Kuota Indosat via Aplikasi myIM3

Selain kedua cara diatas, kamu bisa juga mengecek masa aktif kuota Indosat kamu melalui aplikasi mobile Indosat yang bernama myIM3 yang bisa kamu dapatkan melalui Google Playstore ataupun AppStore. Informasi yang diberikan mengenai sisa kuota juga lebih akurat dibandingkan melalui Dial Phone atau SMS.

Selain itu, jika Anda menggunakan aplikasi myIM3, Anda juga bisa mendapatkan beberapa promo jika berbelanja pulsa dan kuota melalui aplikasi myIM3. Menarik bukan?

Dan berikut adalah langkah-langkah cek masa aktif kuota Indosat dengan aplikasi MyIM3 yang bisa anda lakukan.

  • Jika Anda belum mengunduh aplikasi myIM3, silahkan unduh dengan cara buka aplikasi Google PlayStore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) pada smartphone Anda.
  • Lalu cari aplikasi “myIM3”, setelah itu klik tombol “Install”.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi myIM3.
  • Lalu, pilih Sign-In jika sudah punya akun myIM3.
  • Masukan ID/E-mail/Nomor Telepon beserta password
  • Klik OK
  • Jika belum punya akun myIM3, pilih Sign-Up untuk mendaftar.
  • Lengkapi data-data diri yang diminta secara benar, seperti nama, nomor kartu Indosat, dan alamat email.
  • Pastikan semua sudah benar, lalu klik daftar.
  • Tunggu hingga muncul notifikasi email dari Indosat.
  • Lalu buka email konfirmasi untuk aktivasi akun.
  • Setelah akun aktif, buka aplikasi myIM3.
  • Klik opsi Sign-in
  • Lalu isi data yang sudah didaftarkan. Klik OK/Masuk.
  • Untuk melihat sisa kuota, Klik tombol Data.
  • Setelah itu, akan muncul informasi tentang paket saat ini, sisa kuota Internet, dan juga masa aktif kuota Anda.
Terkait:  Cara Cek Nomor Indosat

Nah, demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai cara cek masa aktif kuota Indosat. Tiga cara pengecekannya yang barusan dibagikan terbilang sama-sama mudah dan cepat, baik melalui SMS, Dial Phone, maupun melalui aplikasi myIM3 yang bisa kamu install melalui Google Playastore ataupun AppStore.

Tinggal Anda pilih saja, tapi yang terpenting adalah pada saat mengecek masa aktif pastikan sinyal tidak sedang bermasalah.

Berikut informasi yang telah kami berikan. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Related posts