Cara Live Tiktok Tanpa 1000 Followers

Cara Live Tiktok Tanpa 1000 Followers

Selama ini kita tahu bahwa untuk bisa live di Tiktok, harus mempunyai followers minimal 1000. Jika belum memenuhi syarat tersebut, maka kamu tidak akan bisa melakukan live streaming di Tiktok. Namun tetap saja banyak yang bertanya mengenai hal ini, terutama bagi para pengguna Tiktok baru. Lantas, apakah ada cara live Tiktok tanpa 1000 followers?

Ketentuan dan Syarat Live Streaming di Tiktok

Melakukan streaming di Tiktok memang sangat menarik, dengan begitu ada banyak pengguna yang penasaran menggunakan fitur live streaming. Untuk menggunakan fitur live streaming di Tiktok sendiri, kamu bisa mengakses fitur Go live.

Read More

Sebenarnyam ada banyak keunggulan yang didapat jika memakai fitur live streaming. Diantaranya bisa mendapatkan hiburan, lebih akrab bersama followers, meningkatkan jumlah followers serta menambah penghasilan.

Untuk mendapatkan penghasilan di Tiktok, kamu akan menerima gift dari followers atau audiens yang tertarik dengan konten live kamu.

Ada beberapa syarat khusus yang perlu kamu ketahui untuk bisa menikmati fitur live streaming, berikut ini :

1. Minimal Berusia 16 Tahun

Persyaratan awal yaitu kamu harus sudah berusia 16 tahun ke atas, karena Tiktok sendiri tidak memperbolehkan anak berusia di bawah 16 tahun menggunakannya.

2. Aplikasi Harus Update

Pastikan untuk memperbarui aplikasi Tiktok di Play Store. Hal ini bertujuan, agar proses live streaming tidak terhambat.

3. Mempunyai Followers Minimal 1000

Syarat penting lainnya yaitu akun Tiktokmu harus sudah memiliki 1000 followers minimal. Sebab jika belum mencapai batas followers tersebut, kamu tidak akan bisa mengakses fitur Go Live di Tiktok.

Cara Live Tiktok Tanpa 1000 Followers

Cara Live Tiktok Tanpa 1000 Followers
Tutorial Live Tiktok Tanpa 1000 Followers

Tutorial Live Tiktok Tanpa 1000 Followers

Bagaimana jika ternyata followers di akun Tiktok belum mencapai 1000 followers? Meskipun sebenarnya dalam peraturan aplikasi, kamu harus memiliki 1000 lebih followers agar bisa menggunakan layanan live streaming. Namun, kamu bisa mencoba cara live Tiktok tanpa 1000 followers di bawah ini, meskipun tidak menjamin 100% berhasil :

  • Di halaman utama pada aplikais, ketuk akun profil di bawah layar.
  • Pilih ikon 3 garis mnedatar.
  • Selanjutnya cari, lalu pilih untuk melaporkan masalah. Caranya gulir layar ke bawah.
  • Kamu akan melihat ikon bergambar buku tepat di samping kanan bagian atas. Silahkan klik ikon tersebut, selanjutnya klik tulisan keluhan di kolom pelaporan. Contohnya, ‘saya punya masalah dengan live streaming…’ atau bisa juga memakai bahasa sendiri dengan mengetikkannya langsung. Tujuannya untuk memudahkan proses pelaporan.
  • Di halaman ini, ketuk tulisan ‘laporkan’ di bawah layar.
  • Setelah itu, tunggu pemberitahuan dari akun gmail, lalu tekan ‘back’ di halaman aplikasi.

Ketiga langkah di atas penting supaya kamu bisa melakukan live streaming, asalkan jangan memakai versi Tiktok Lite. Adapun fungsi dari fitur GoLive pada Tiktok, memungkinkan setiap konten kreator dapat terhubung dengan followers atau pengikutnya secara real time.

Baru kemudian, followers akan memberi gift berbentuk koin. Selain itu, fitur live streaming ini sebenarnya tidak hanya dapat dipakai di iPhone atau android saja. Tetapi juga dapat dioperasikan melalui layar lebih lebar, diantaranya PC atau versi desktop.

Tutorial Live Bareng Bersama Pengguna Lain

Keunggulan fitur live pada aplikasi Tiktok lainnya yaitu kamu bisa melakukan live streaming bersama pengguna lain. Live bareng bersama pengguna Tiktok lainnya ini bisa membuat tayangan siaran langsung lebih menyenangkan. Ini ulasannya :

  • Kamu bisa melakukan cara untuk live streaming di Tiktok seperti biasanya, dengan mengakses fitur Go Live.
  • Jika sudah, tekan tombol undang di samping kiri bawah saat live.
  • Silahkan pilih teman atau followers lain yang akan diajak berkolaborasi bersama di Tiktok untuk live streaming.

Melaporkan Masalah Tiktok Tidak Dapat Live

Selain cara live Tiktok tanpa 1000 followers, kamu juga bisa melaporkan masalah Tiktok tidak bisa live meskipun telah melakukan langkah-langkah di atas. Ada beberapa tahapan untuk melaporkan masalah Tiktok tersebut, diantaranya :

1. Buka Tiktok

Langkah pertama, silahkan buka Tiktok lalu masuk ke akunnya. Namun ingat, akun yang dimiliki harus sudah mempunyai followers sebanyak 1000 atau lebih. Jika belum, metode ini tidak akan berhasil.

2. Buka Profil dan Masuk ke Menu Pengaturan

Jika sudah berhasil login ke akun Tiktok, buka profil. Biasanya menu profil terletak di sebelah kanan bawah bersama menu lainnya. Opsi ini juga ditandai oleh logo yang bergambar orang, dengan tulisan ‘Saya’. Pada menu profil, ada tombol pengaturan dan kamu bisa mengklik tombol tiga titik atau tiga baris terletak di samping kanan atas.

3. Laporan Masalah

Setelah berhasil masuk pada halaman pengaturan Tiktok. Agar Tiktok dapat melakukan live streaming, tekan pilihan ‘Laporkan Masalah’ di bagian dukungan.

Kamu bisa melaporkan masalah, jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan melakukan live streaming di Tiktok, namun tetap tidak dapat memakai fitur tersebut. Maka dari itu, kamu berhak untuk melaporkan masalah ke pihak Tiktok.

4. Pilih Siaran Langsung

Setelah itu, akan ada beberapa pilihan masalah pada tampilan yang bisa dipilih pengguna. Silahkan pilih live streaming, kemudian tekan ‘menonton siaran langsung’, tekan ‘lainnya’ dan tekan lagi ‘masih ada masalah’.

Jika sudah, akan ditampikan formulir untuk melaporkan masalah. Silahkan jelaskan kendala yang kamu alami pada akun Tiktok dengan menambahkan bukti tangkapan layar bila memungkinkan.

5. Tekan Laporkan

Setelah menuliskan keluhan atau masalah yang kamu alami terkait akun Tiktok, silahkan tekan ‘Laporkan’ lalu tunggu sampai mendapat balasan dari Tiktok. Pihak Tiktok biasanya akan membalasnya kurang dari 7 hari.

Faktor Penyebab Tidak Bisa Streaming di Tiktok

Setelah mengetahui cara live Tiktok tanpa 1000 followers di atas, kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa penyebab tidak dapat melakukan live streaming di Tiktok :

1. Pihak Pengembang Belum Memilih Akunmu

Akun Tiktok yang kamu miliki, mungkin belum dipilih oleh pengembang, sebab ada beberapa lokasi/negara yang belum menerima fitur Go Live Tiktok. Bisa saja karena fitur live streaming masih dalam tahap percobaan.

Kamu harus bersabar menunggu supaya bisa memperoleh fitur untuk Go Live di aplikasi Tiktok tanpa harus mengakses pusat bantuan. Sebab bisa saja akan muncul pembaruan mendapatkan fitur Go live lewat gmil atau aplikasi.

2. Sedang Maintenance

Apabila masih tidak bisa live, padahal akun Tiktokmu telah terpilih developer Tiktok serta sudah memenuhi persyaratan, bisa saja aplikasi sedang dalam proses perbaikan. Bisa juga sedang mengalami pembaharuan sistem. Jika hal ini terjadi, maka kamu tidak dapat menggunakan fitur live streaming.

3. Komponen Audio dan Video Masih Dipakai

Seringkali saat melakukan live di Tiktok, audio dan vide0 yang kamu pakai sedang digunakan pengguna lain. Jadi fitur ini menjadi bermasalah di akunmu.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Memakai Fitur Go Live

Setelah memahami cara live Tiktok tanpa 1000 followers, kamu harus mengetahui hal-hal berikut tentang fitur Go live aplikasi Tiktok :

  • Fitur Go live saat ini masih melalui tahap pengujian, jadi tidak tersedia bagi semua pengguna Tiktok. Jika ingin memakai fitur live ini, maka kamu harus memakai aplikasi Tiktok terbaru.
  • Selain itu, pengguna Tiktok juga dibatasi menggunakan kata-kata tertentu yang dilarang selama siaran berlangsung. Beberapa kata-kata tersebut diantaranya diet, bff, drama ratu, fan, donasi, follow,dan lainnya. Maka dari itu, periksa kembali kata-kata untuk caption live streaming yang dipakai.
  • Jika tidak dapat menemukan tombol Go live pada layar, bisa jadi perangkat yang dipakai sedang melakukan perekaman audio, sehingga tombol Go Live tidak muncul saat perekaman.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kamu bisa memahami jika ternyata akunmu masih belum mendapati layanan Go Live. Meskipun sebenarnya, kamu bisa menyiasati cara live Tiktok tanpa 1000 followers.

Related posts