Cara Membuat Filter Aquarium

  • Whatsapp

Bagaimana cara membuat filter aquarium? Aquarium adalah salah satu bentuk hiasan rumah. Saat berada di dalam rumah, sembari memandangi beberapa ikan kecil di aquarium yang dihiasi sedemikian rupa membuat kita menjadi rileks sejenak. Namun tentu saja aspek keindahan tersebut memerlukan perawatan supaya aquarium dan isi didalamnya tetap terjaga dengan baik. Salah satu bagian atau komponen dalam aquarium yang tak luput dari perawatan adalah filter aquarium.

Mengenal Filter Aquarium

Filter dalam aquarium ini berguna sebagai pembersih air di dalam aquarium, karena dapat membuang dan mengeluarkan kotoran hasil siklus kehidupan ikan di dalamnya. Kotoran atau limbah tersebut bisa berasal dari kotoran ikan atau makanan ikan itu sendiri.

Maka dari itu, fungsi filter ini sangat penting bagi kebersihan aquarium itu sendiri. Tanpa memakai filter, Kamu wajib membersihkan aquarium setiap hari secara rutin. Namun, dengan filter aquarium Kamu bisa membersihkan aquarium cukup sekali saja. Oleh karena itu, keberadaan filter bisa lebih menghemat tenaga, waktu dan air.

Selain itu, Kamu juga harus tahu bahwa filter aquarium memiliki harga jual yang cukup mahal. Selain mahal, biasanya filter membutuhkan listrik sehingga bisa menambah pengeluaran sekaligus penggunaan daya listrik cukup banyak di rumah. Oleh karena itu, tak sedikit pengguna aquarium lebih memilih cara membuat filter aquarium dengan harga terjangkau, dengan membuatnya sendiri. Jika Kamu termasuk orang yang ingin berhemat, tak ada salahnya mencoba tutorial di bawah ini!

Terkait:  Cara Membuat Epoxy

Cara Membuat Filter Aquarium

Cara Membuat Filter Aquarium
Membuat Filter Aquarium

Membuat Filter Aquarium Sendiri

Dengan harga filter yang cukup mahal, seringkali kita kesulitan menemukan jenis filter aquarium yang tepat. Apalagi jika Kamu mempunyai tangki besar maupun ikan yang cukup rentan. Maka dari itu, Kamu bisa membuat filternya sendiri untuk lebih menghemat anggaran.

Tutorial Membuat Filter Spons Aquarium

Salah satu cara membuat filter aquarium adalah untuk jenis filter spons. Kamu bisa mencoba membuat filter yang satu ini dengan bahan-bahan dan panduan berikut :

1. Memilih Selang Plastik Cukup Besar dan Muat Pada Intake Valve

Selang yang Kamu siapkan ini tak harus panjang sebab powerhead bisa tenggelam di dalam air. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan selang dengan minimal panjangnya 2 kali tinggi dari spons.

Saat memilih powerhead, sebaiknya pilih yang bisa memompa air 2 kali setiap jam lebih banyak dibandingkan yang ada di dalam tangki. Biasanya filter spons aquarium cocok bagi tangki yang sudah rapuh.

2. Memilih Spons Filter dan Potong Menyesuaikan Ukuran Tangki

Kamu dapat memakai merk apapun, asalkan Kamu memakai jenis yang dipakai dalam filter akuarium. Adapun bentuk spons paling gampang dikerjakan ialah bentuk silinder dan segitiga. Biasanya bentuk segitiga lebih mudah memasuki sudut pada tangki aquarium, namun bentuk silinder sendiri keuntungannya terlihat lebih rapi. Jadi apapun bentuk spons yang dipilih, sebaiknya ukuran spons lebih besar dibandingkan selang plastik.

Kamu bisa mendapatkan spons filter ini di toko aquarium dan toko hewan peliharaan. Sebaiknya pilih spons yang berpori besar. Bentuk spons ini sangat baik sebagai tempat penampungan bakteri baik, untuk membantumu membersihkan bagian tangki aquarium. Selain itu, filter spons juga ideal digunakan pada tangki ikan cupang dan udang.

3. Mengukur Ketinggian Spons

Cara membuat filter aquarium spons berikutnya ialah lokasi tanda harus dibuat sama dengan ketinggian spons. Kamu akan membuat beberapa lubang udara pada bagian bawah tanda tersebut.

4. Membuat Lubang Pada Selang di Bawah Tanda

Kamu dapat memakai paku yang telah dipanaskan atau menggunakan bor listrik. Sebaiknya usahakan untuk membuat sebanyak 8-10 lubang setiap 2,5 cm ukuran selang plastik.

Terkait:  Cara Membuat Rekening BRI

5. Bagian Dasar Selang Disumbat

Pastikan untuk menyumbat bagian ujung selang plastik yang berlubang. Dimana selang ini nantinya masuk ke dalam spons, namun bagian dasarnya tetap harus disumbat. Kamu bisa memakai tutup pada ujung pipa PVC sesuai dengan ukuran selang.

6. Membuat Lubang Pada Spons Menggunakan Jari

Dorong sepenuhnya selang plastik sampai ke bagian dasar spons. Seluruh lubang di bagian dalam selang, seharusnya telah dibungkus spons.

7. Memasangkan Selang Plastik Pada Katup Masuk

Langkah cara membuat filter aquarium selanjutnya ialah powerhead nantinya menghisap air sampai mengaliri lewat spons. Seluruh serpihan dan kotoran pada akuarium akan langsung tersaring spons.

8. Memotong Selang Saluran Udara

Selang saluran udara sebenarnya tidak harus dibuat panjang, biasanya sekitar 8-10 cm saja sudah cukup. Selain itu, air bersih nantinya akan mengalir lewat selang plastik ini.

9. Menempatkan Filter Pada Tangki Aquarium

Apabila pompa udaramu telah dilengkapi oleh sunction cup atau cangkir penghisap, maka pakai untuk menempelkannya pada dinding tangki aquarium. Silahkan lakukan pengaturan sudut selang keluaran sampai air yang keluar dekat dengan permukaan air.

Tutorial Membuat Filter Kapsul Aquarium

Selain cara membuat filter aquarium spons, Kamu juga bisa membuat filter kapsul aquarium. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Persiapkan Kapsul Silindris Kecil

Wadah makanan ikan yang kosong bisa Kamu gunakan menjadi filter. Dimana filter ini sangat baik bagi tangki kecil.

2. Membersihkan kapsul Memakai Air Panas

Jangan memakai bahan kimia atau sabun karena bisa membunuh ikan. Apabila Kamu memakai kaleng film misalnya, bersihkan memakai air dengan beberapa tetes saja kondisioner air leding. Selain itu, pastikan kondisioner tersebut bisa menyingkirkan logam berat. Sebab biasanya kaleng film mempunyai sisa bahan logam berat.

3. Membuat Torehan Pada Bagian Ujung Bawah di Selang Plastik

Persiapkan selang plastik dengan ukuran lebar 1,5 cm lalu potong sampai panjangnya sekitar 15 cm. Kamu bisa membuat torehan pada bagian bawah selang. Kamu juga dapat memotongnya sedikit miring, untuk melancarkan aliran air.

4. Memotong Lubang Pada Penutup Kapsul

Cara membuat filter aquarium silinder lainnya ialah Kamu bisa memotong lubang pada penutup kapsul. Pastikan ukuran lubangnya dibuat 1,5 cm lebih kecil dibanding ukuran selang. Sehingga selang bisa pas masuk ke dalam kapsul. Kamu dapat memotong lubang tepat di bagian tengah pada penutup kapsul, bisa juga di dekat tepiannya.

Terkait:  Cara Membuat Gift Box Online

5. Memasang Penutup Kapsul

Langkah berikutnya pasang bagian penutup kapsul kemudian selipkan selang hingga masuk kapsul sepenuhnya. Pemotongan ujung selang yang dibuat miring sebaiknya harus menyentuh dasar kapsul. Apabila Kamu memotong lubang yang berdekatan dengan pinggiran penutup, silakan atur sudutnya sampai torehannya mneghadap bagian tengah.

6. Membuat Lubang di Bagian Penutup Kapsul Memakai Bor Listrik

Jika Kamu melihat bagian penutup kapsul, semestinya terdapat area datar tersisa yang ada di sekeliling selang. Nah, dari bagian inilah gelembung udara keluar.

7. Bor Lubang Kecil di Samping Selang

Cara membuat filter aquarium selanjutnya ialah, biarkan selang ada di dalam penutup atau kapsul. Lakukan pengukuran 1,5 cm pada “jahitan” sebagai pertemuan antara selang dengan bagian penutup. Kamu bisa membuat tanda kecil, dan buat lubang pada tanda tersebut. Selanjutnya Kamu dapat memakai paku yang telah dipanaskan serta palu/bor listrik. Sebaiknya buat lubang cukup besar agar selang udara benar-benar bisa masuk.

8. Menyelipkan Selang Udara Masuk Pada Lubang Kecil

Dorong selang terus hingga setengah bagian panjangnya memasuki kapsul. Selangmu sebaiknya belum menyentuh bagian dasar kapsul.

9. Mengangkat Penutup Kapsul

Angkat penutup kapsul, teruskan untuk menekan dasar kapsul kuat-kuat. Apabila selang ditarik hingga keluar, maka media filter pun tersangkut di bagian bawahnya.

10. Lakukan Pengisian Kapsul Menggunakan Media Filter

Kamu dapat memakai media zeolit atau yang lainnya yang digunakan untuk filter akuarium. Kamu juga dapat menggunakan arang aktif mengingat harganya lebih murah dan bagus. Pasalnya media tersebut baik untuk menghilangkan bakteri. Kamu bisa membelinya di toko akuarium ikan atau lainnya.

11. Memasang Penutup Dengan Rapat

Pasang penutup rapat-rapat, lalu simpan kapsul di bagian dasar tangki. Kapsul dan selang plastik harus ada di dalam air. Kemudian selang udara nantinya berada di bagian luar air, menuju pompa udara.

Itulah 2 opsi cara membuat filter aquarium untuk aquarium kapsul dan aquarium spons yang bisa Kamu coba praktekkan di rumah. Dengan demikian, Kamu bisa lebih menghemat budget. Semoga bermanfaat!

Related posts