Cara Leave Google Meet

Cara Leave dari Google Meet

Ketika telah bergabung ke dalam rapat, kamu biasanya harus keluar langsung dari rapat di Google Meet sesudah selesai. Namun sayangnya,masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara leave Google Meet.

Fitur keluar rapat sendiri masih belum banyak diketahui, hal inilah yang seringkali membuat penggunanya kebingungan sehingga membiarkan rapat tersebut dibubarkan panitia.

Read More

Cara Leave Google Meet

Cara Leave dari Google Meet
Tutorial Leave dari Google Meet

Bagaimana Cara Keluar Google Meet?

Untuk keluar dari rapat dari Google Meet, ada 2 caraĀ leaveĀ Google Meet yang bisa kamu coba, yaitu melalui PC dan hp.

1. Leave Google Meet Melalui PC/Laptop

Bagi yang mengikuti rapat di platform Google Meet melalui laptop atau PC, maka kamu dapatĀ leave atau keluar dari platform Google Meet. Caranya dengan menekan tanda panggilan yang berwarna merah. Setelah itu, kamu akan melihat pemberitahuan konfirmasi bahwa kamu akan meninggalkan atau keluar dariĀ meeting.

Untuk melakukannya, kamu bisa mencoba langkah-langkah caraĀ leave Google Meet berikut :

  • Sebaiknya pastikan dulu kamu masih berada diĀ room di platform Google Meet.
  • Setelah itu, tekan tanda ‘tutup panggilan’ yang berwarna merah.
  • Selanjutnya, kamu bisa melihat pemberitahuan konfirmasi, tekan opsi ‘keluar dari panggilan’.
  • Lalu kamu akan langsung diarahkan menuju halamanĀ waiting.
  • Di halaman ini, pengguna bisa bergabung lagi ke Google Meet. Caranya dengan menekan ‘Gabung Lagi’.
  • Apabila kamu ingin meninggalkanĀ meeting atau keluar dariĀ meetingĀ tanpa bergabung lagi, kamu bisa menekan ‘kembali ke layar utama’.
  • Setelah itu, kamu akan langsung diarahkan menuju halaman Google Meet.

Jika ingin masuk lagi ke dalam rapat, kamu wajib menunggu persetujuan pihak admin atau penyelenggara yang mengadakan rapat di Google Meet.

2. Leave Googe Meet Melalui Hp

CaraĀ leave Google Meet dari hp juga tidak kalah mudah. Hanya saja perbedaannya dari laptop, yaitu terlihat dari pesan konfirmasi. Dengan kata lain kalau di perangkat hp ini, kamu tidak akan melihat pesan konfirmasi seperti di PC.

Ketika menekan ikon berupa tutup panggilan, kamu akan langsung diarahkan menuju halaman Google Meet.

  • Pastikan kamu terhubung padaĀ room di aplikasi Google Meet.
  • Lalu tekan ‘Tutup Panggilan’ dengan ikon berwarna merah tepat di bagian bawahnya.
  • Jika sudah, kamu akan langsung diarahkan menuju halaman utama pada Google Meet.
  • Bagi yang ingin bergabung ke dalam meet kembali, langsung tekan namaĀ room meeting kamu. Bisa juga dengan memilih ‘Gabung kembali’ diĀ room meeting tersebut.
  • Lalu jika ingin keluarĀ meeting, tapi tidak akan kembali ke meeting lagi, kamu hanya perlu menutup Google Meet saja.

Apabila kamu ingin join ke dalam rapat lagi, sama halnya dengan melakukan Google Meet di PC maka kamu hanya perlu persetujuan dari adminnya kembali.

Mengeluarkan Peserta Rapat dengan Fitur Kick Off

Untuk membuat rapat online dapat berlangsung dengan baik tanpa kendala, platform Google Meet telah merilis fitur-fitur terbaru bagi para penggunanya. Kedua layanan tersebut yaitu kemampuan untuk dapat mengeluarkan partisipan rapat dengan otomatis serta fitur kontrol untuk host.

Platform Google Meet termasuk layanan video converence terkenal yang banyak dipakai selain Zoom. Wajar jika Google selalu membawa fitur-fitur terbaru ke dalamnya.

Bahkan di awal tahun, perusahaan raksasa Google telah menghadirkan fitur Kick Off yang memungkinkan untuk mengeluarkan anggota rapat dengan otomatis. Selain fitur ini, kamu juga bisa memakai fiturĀ host control.

Fitur Kick Off bisa mengeluarkan audiens atau peserta rapat di room. Adapun cara kerjanya yaitu, Google Meet memberikan pemberitahuan kepada peserta meeting yang sendirian di dalam room, apakah peserta tersebut ingin keluar atau menunggu.

Jika sampai 2 menit ternyata peserta tidak menanggapi Google Meet, maka secara otomatis peserta akan dikeluarkan. Menurut Google sendiri, adanya fitur ini untuk membantu audiens yang lupa keluar dariĀ room meeting.

Melalui fitur Kick Off, peserta yang lupa keluar rapat akan diingatkan, sampai mereka meninggalkan room.

Mengenal Fitur Breakout Room dan Cara Menggunakannya

Selain kemudahan caraĀ leave Google Meet, kamu juga bisa menggunakan fitur lainnya dari Google Meet. Salah satunya adalah breakout Rooms. Dengan fitur ini, para peserta nantinya bisa terbagi ke dalam beberapa kelompok kecil di dalam rapat selama video konferens berlangsung.

Melalui fiturĀ breakout room, aktivitas meeting semakin mudah dilakukan via online. Para pengajar atau penyelenggara bisa membagi siswa atau peserta ke beberapa bagian kelompok kecil, tentu saja tanpa harus keluar atau berpindah kelas Google Meet.

Ini bisa dilakukan apabila peserta harus menyelesaikan tugas kelompok atau berdiskusi, tanpa harus keluar dari meeting. Sehingga partisipasi, keaktifan dan keterlibatan peserta bisa tetap efektif.

Selain itu, melalui fitur ini, pihak moderator atau pengajar bisa memonitor aktivitas para peserta di setiap kelompok tadi. Mereka bahkan bisa masuk bahkan hadir tadi tengah-tengah kelompok breakout rooms guna memantau sekaligus berpartisipasi dalam aktivitas diskusi.

Walaupun hanya pembuat panggilan atau moderator yang bisa membuatĀ breakout room ini, namun siapapun yang mempunyai akun Google bisa menjadi peserta.

DI setiap panggilan biasanya hanya bisa memiliki satu moderator. Apabila moderator keluarĀ meeting dari Google Meet,maka peserta lain bisa menggantikan posisinya.

Breakout Rooms ini hanya bisa dibuat selama kelas atau panggilan Google Meet berlangsung. Selain itu,fitur tersebut sekarang ini tidak bisa direkam maupun dijadikanĀ live streaming. Akan tetapi,fitur tersebut tidak bisa dipakai secara umum.

Hal ini dikarenakan, fitur ini hanya dapat dipakai oleh pengguna yang mempunyai lisensi berupa G Suite Enterprise for Education saja. Cara menggunakan fiturĀ Breakout Room oleh moderator :

1. Membuat Panggilan Video Breakout Rooms

  • Kamu bisa memulaiĀ video call Google Meet.
  • Di sebelah kanan bagian atas, tekan ‘Aktivitas’ lalu tekan ‘Breakout rooms’.
  • Di dalam panelĀ breakout,Ā silahkan pilih jumlah kelompok kecil atau ruang yang akan kamu buat.
  • Jika sudah, list atau daftar peserta akan terbagi secara otomatis ke dalam tiap ruangan.
  • Apabila kamu ingin memindahkan daftar peserta dengan cara manual ke dalam ruangan berbeda. Kamu hanya perlu mengklik nama peserta atau audiens yang dimaksud. Silahkan tahanĀ mouse, kemudian seret nama lalu masukkan ke dalam pilihan ruangan lainnya.
  • Selanjutnya, tekan ‘create’.

2. Edit, Bergabung dan Keluar Breakout Rooms

  • Jika ingin mengubah jumlah ruangan atau kelompok peserta padaĀ breakout,Ā tekan editĀ breakout room. Jika sudah melakukan perubahan, tekan ‘save’.
  • Apabila kamu ingin bergabung ke ruangan-ruangan dalamĀ breakout,tekan ‘join’ di sebelah nomor dari tiap-tiap ruangan.
  • Untuk meninggalkan atau keluar dari seluruh ruanganĀ breakout lalu kembali lagi ke ruangan utama atauĀ main breakout, tekan ‘leave‘ di sebelah ruangĀ breakout.

Dengan caraĀ leave Google Meet dan memanfaatkan berbagai macam fitur menarik dari Google Meet, seperti Kick Off dan Breakout Room bisa memudahkan kamu menggunakan Google Meet.

 

Related posts