Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

Jaringan 4G Vivo telah menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil. Hanya saja, saat berselancar di internet memakai hp Vivo, tidak jarang ada waktu-waktu tertentu jaringannya berubah menjadi 3G atau HSPA+. Jika hal ini terjadi, sudah saatnya kamu mengetahui cara kunci jaringan 4G Vivo.

Akses internet di era serba canggih ini tentu sangat diperlukan dalam aktivitas sehari-hari. Internet bahkan telah menjadi sebuah gaya hidup untuk berbagai kalangan. Tidak heran jika android mengeluarkan banyak aplikasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.

Read More

Mengingat segala sesuatunya harus menggunakan internet, maka otomatis pengguna smartphone membutuhkan akses yang serba cepat. Diantara jaringan HSPA+, 3G dan 2G, tentu saja sinyal yang lebih cepat didapat dari jaringan 4G. Meskipun di negara-negara maju saat ini telah memakai jaringan 5G.

Sayangnya, untuk jaringan 4G sekalipun di Indonesia masih belum begitu luas cakupan areanya. Sehingga ada beberapa masyarakat di area pedesaan yang tidak kesulitan mengakses jaringan 4G. Oleh sebab itu, disini kita akan mencoba cara kunci jaringan 4G Vivo untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo
Kunci Jaringan 4G Vivo

Panduan Mengunci Jaringan 4G Vivo

Jika kamu ingin mengunci jaringan 4G Vivo dengan tujuan untuk mendapatkan akses internet jaringan 4G yang lebih stabil tanpa harus berpindah-pindah jaringan. Maka kamu bisa mencoba cara kunci jaringan 4G Vivo. Ada beberapa metode yang bisa kamu pakai :

Metode 1 : Melalui Kode Rahasia

Bagi hp Vivo yang memiliki spek rendah, sangat cocok menggunakan cara kunci jaringan 4G Vivo tanpa aplikasi melalui kode rahasia berikut :

  • Buka dan masuk ke opsi dial phone di smartphone yang kamu miliki.
  • Setelah itu, ketikkan kode dial phone untuk lock jaringan 4G pada perangkat Vivo. Dengan kode yang bisa diakses *#*#4838#*#*
  • Kemudian kamu akan masuk ke halaman menguji secara otomatis. Ada beberapa pilihan menu yang terlihat di sana. Silahkan pilih ‘Informasi Telepon1’ jika ingin mengunci 4G di SIM Card 1, tapi jika di SIM 2 cukup tekan ‘Informasi Telepon2’.
  • Kamu akan mendapatkan informasi berupa nomor IMEI, status roaming, jenis jaringan, kekuatan sinyal dan informasi lainnya setelahnya. Untuk kunci jaringan 4G di Vivo, atur ‘Setel Jaringan yang disukai’dengan mengklik opsi tersebut.
  • Ubah jaringan ke ‘LTE Only’.

Sebagai catatan, tidak semua perangkat Vivo yang kamu pakai bisa memakai kode dial up di atas. Sebab ada beberapa perangkat Vivo yang dikunci supaya tidak dapat mengakses kode dial up tersebut. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan cara kunci jaringan 4G Vivo lainnya tanpa memakai aplikasi.

Metode 2 : Akses Kode Lainnya dan Engineer Mode

Cara yang bisa kamu gunakan lainnya bisa memakai kode yang lain dan mengakses EngineerMode. Tapi, untuk mengaksesnya kamu harus mengaktifkan pilihan Pengembang, serta Buka Kunci OEM. Berikut langkahnya :

  • Buka ‘Pengaturan’ dan gulir layar ke bawah, lalu cari ‘Pengaturan Lainnya’. Silahkan pilih ‘Developers’.
  • Akses ‘Opsi Pengembang’ dan aktifkan. Setelahnya, aktifkan lagi ‘Buka Kunci OEM’.
  • Lalu buka dial up untuk mengetikkan kode lainnya berupa *#*#3646633#*#*
  • Kamu akan memasuki opsi Engineer Mode secara otomatis.
  • Gulir layar ke bawah, dan pilih ‘Network Selecting’.
  • Selanjutnya pilih kartu SIM yang ingin diganti ke 4G Only.
  • Ganti ‘Set Preferred Network Type‘ ke dalam LTE Only.

Kini kamu sudah berhasil mengunci jaringan 4G dengan 2 cara kunci jaringan 4G Vivo di atas. Namun bagi pengguna OS Android 11, kamu tidak bisa menggunakan kedua cara di atas. Sebagai solusinya, kamu harus memakai aplikasi pengunci jaringan 4G.

Kamu bisa memakai Force LTE Only atau aplikasi android lainnya yang bisa diunduh via Google Play Store.

Aktivitas berselancar di internet menjadi hal vital bagi kamu yang sering menggunakan smartphone atau laptop untuk mengakses pekerjaan atau tugas kuliah. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami kendala dengan akses wifi atau data seluler 4G yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal 4G.

Aplikasi Penguat Sinyal 4G

Sebagai tambahan, untuk kamu yang ingin mendapatkan akses internet lebih cepat dan stabil, ada beberapa aplikasi penguat sinyal 4G di android berikut ini :

1. 3G to 4G

Kebanyakan perangkat smartphone android terbaru bisa beralih secara otomatis dari jaringan 3G k jaringan 4G. Namun ada beberapa pilihan perangkat yang membutuhkan pengaturan rumit dalam menemukan akses jaringan 4G.

Melalui aplikasi 3G to 4G kamu mendapat keleluasan memilih opsi jaringan dengan cara manual. Jika kamu ingin melakukan lock jaringan 4G LTE bisa memakai aplikasi yang satu ini.

2. 4G Mode

4G mode adalah aplikasi yang diluncurkan developer Titanium App. Aplikasi yang satu ini dapat kamu unduh secara gratis lewat Play Store. di 4G Mode kamu akan menemukan alat koneksi canggih dengan tampilan yang menarik serta UI yang menawan melalui menu slide datar.

Bahkan melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan server DNS custom untuk memperoleh pengalaman internet lebih baik.

3. 4G LTE Signal Strength Finder

Ini adalah aplikasi untuk mencari kekuatan jaringan 4G LTE sekaligus dapat digunakan untuk menguji tingkat kecepatan jaringan serta mencari lokasi keberadaan sinyal 4G. Melalui aplikasi yang satu ini, kamu bisa menemukan lokasi yang memiliki sinyal 4G paling kuat, baik di rumah, maupun di tempat yang lain.

4. Network Signal Refresher Lite

Aplikasi Network Signal Refresher Lite dapat kamu pakai untuk smartphone dengan spek rendah namun sudah mendukung 4G. Aplikasi yang satu ini mempunyai ukuran sangat ringan serta cocok sekali bagi smartphone yang speknya masih minim. Kamu bisa memakai aplikasi ini dengan hanya mengunduh aplikasinya lewat Google Play Store, lalu install dan buka.

Network Signal Refresher Lite memungkinkan kamu agar dapat terhubung pada jaringan internet tercepat sekaligus dapat menstabilkan data internet seluler kamu. Menariknya lagi, aplikasi ini diklaim dapat memperkuat jaringan 4G hingga 90%.

5. 4G LTE Signal Booster Network

Kamu juga bsa memperoleh sinyal 4G terbaik dengan memakai bantuan 4G LTE Signal Booster Network. Di dalam aplikasi ini, ada fitur untuk melihat tingkat kekuatan 4G pada hpmu. Di samping itu, keunggulan lainnya ialah kamu bisa mengoptimalisasi jaringan 4G di smartphone.

Aplikasi 4G LTE Signal Booster Network juga sanat pas digunakan bagi yang sering menikmati game online.

6. LTE Discovery

Aplikasi untuk memperkuat sinyal 4G ini dapat direkomendasikan bagi yang mengalami gangguan internet lemot. Selain memperkuat sinyal 4G, juga dapat mengetahui band LTE terutama di Indonesia. Semua tipe hp bisa memakai aplikasi ini, sehingga kamu tidak perlu takut lagi terkendala sinyal internet yang lambat.

Dengan aplikasi-aplikasi di atas, kamu bisa memperkuat jaringan 4G LTE yang mungkin sudah kamu kunci dengan cara kunci jaringan 4G Vivo di atas.

Related posts