Cara Kunci Jaringan 4G Realme

Cara kunci jaringan 4G Realme adalah solusi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan akses internet menjadi lebih stabil dan lancar. Jaringan 4G LTE termasuk salah satu inovasi terbaru menggantikan jaringan 3G HSDPA, meskipun saat ini di berbagai negara telah menerapkan jaringan 5G.

Mengenal Sistem Jaringan 4G LTE

Tidak sedikit orang menganggap bahwa 4G dengan LTE merupakan hal berbeda, ada pula yang mengatakan jika jaringan 4G serta LTE adalah sama. Menariknya ISP Broadband kerap memakai istilah dari 4G LTE yang digunakan untuk mempromosikan berbagai produk mereka. Untuk memahami 4G maupun LTE, mari kita ulas tentang pengertian keduanya.

Read More

4G adalah singkatan dari 4th generation atau generasi keempat. Jaringan 4G itu sendiri biasanya mengacu pada versi teknologi telepon seluler atau mobile cellular yang telah dikembangkan hingga  generasi. Biasanya mulai dari GSM, 3G HSDPA, GPRS, dan kini telah mengembangkan jaringan 4G.

Generasi jaringan keempat pada telepon seluler tersebut memiliki keunggulan  tersendiri jika dibandingkan generasi yang sebelumnya. Mungkin saja kamu sudah merasakan sensasi berselancar dengan jaringan 4G memakai smartphone milikmu.

Sementara itu, LTE atau Long Term Evolution, biasanya mengacu pada salah satu tekn0logi seluler dalam jaringan 4G yang masih belum sempurna. Sebab teknologi 4G pada dasarnya adalah teknologi seluler dengan mengharuskan kecepatan minimal terbatas hingga 100 Mbps.

Terkait:  Cara Mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11

Saat ini, hanya ada beberapa provider yang mampu mencapai kecepatan tersebut,sehingga pemakaian LTE akhirnya harus digabungkan ke dalam 4G. Dengan kata lain, LTE adalah bagian 4G, tapi masih belum mencapai kecepatan seharusnya yang dimiliki 4G. Akan tetapi, teknologi ini sudah lebih cepat jika dibandingkan teknologi 3G.

4G maupun LTE pada dasarnya tidak berbeda jauh, sebab LTE termasauk bagian teknologi 4G. Inilah yang seringkali menyebut kedua teknologi ini dengan nama 4G/LTE atau 4G LTE.

Kelebihan Kekurangan 4G LTE

Sebelum membahas cara kunci jaringan 4G Realme, kamu harus mengetahui kelebihan kekurangan 4G LTE. Jaringan 4G LTE menawarkan beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut :

1. Kecepatan Unduhan Seluler Mencapai 100 MBps bahkan lebih

Keunggulan yang dimiliki oleh jaringan 4G LTE di smartphone yaitu kecepatan akses download lebih cepat daripada 3G. Umumnya kecepatan unduhan smartphone terbilang standar dan terkadang tidak lancar, tapi melalui jaringan 4G LTE, maka kecepatan unduhannya semakin fantastis. Menariknya bisa menyamai akses kecepatan unduhan layanan wifi rumahan.

2. Streaming Video Lancar Dengan Memakai Ponsel

Tidak hanya kecepatan unduhan yang stabil, pemakaian jaringan teknologi 4G LTE juga menjadikan proses streaming lebih cepat, bahkan kamu tidak akan menjumpai buffering.

3. Mempermudah Komunikasi Dengan Video Call Tanpa Putus-Putus

Memakai teknologi jaringan 4G LTE tentu saja bisa membuat pengalaman video call kamu lebih lancar tanpa putus-putus. Pemakaian video call memakai smartphone serta operator seluler saat ini telah banyak dipakai, seiring banyaknya aplikasi smartphone yang mendukung proses tersebut.

Maka dari itu, memakai jaringan 4G LTE, mempermudah kamu untuk berkomunikasi memakai video call melalui smartphone.

4. Pengalaman Browsing dan Google Lebih Cepat

Melalui jaringan 4G LTE di smartphone milikmu, semakin meningkatkan pengalaman untuk berinternet lebih baik bahkan lebih memuaskan. Kamu tentu saja bisa membuka beberapa situs web memakai smartphone lebih cepat,lebih mudah, bahkan lebih stabil dibanding hanya memakai teknologi 3G.

Terkait:  Cara Melihat Brankas Pribadi Hp Realme

Hanya saja, disamping kelebihannya ternyata 4G LTE sendiri masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah, masih sedikit jangkauan wilayah di Indonesia yang sudah tercover jaringan 4G LTE.

Pada pengguna hp Realme yang tinggal di daerah dengan jangkauan jaringan 4G yang masih lemah, maka bisa saja jaringan berpindah-pindah ke 3G hingga 2G. Hal ini membuat akses internet menjadi delay dan terputus, alhasil proses download bisa gagal dan corrupt.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Kamu harus mengunci jaringan 4G Realme supaya jaringan tidak beralih kembali. Kamu bisa mencoba cara kunci jaringan 4G Realme.

Cara Kunci Jaringan 4G Realme

Cara Kunci Jaringan 4G Realme
Kunci Jaringan 4G Realme

Kunci Jaringan 4G Hp Realme

Untuk merasakan akses internet yang stabil dan lancar, kamu bisa mengunci jaringan 4G di hp Realme dengan cara kunci jaringan 4G Realme berikut ini :

1. Melalui Menu Pengaturan

Pada menu pengaturan hp Realme, ada opsi untuk memilih jaringan mana yang disukai. Sehingga, kamu bisa menentukan sinyal jaringan 4G menjadi prioritas utama ketika ada di lokasi tertentu yang sinyalnya minim.

  • Masuk ke ‘Setting’ pada hp Realme.
  • Pilih ‘Sim Ganda dan Seluler’.
  • Setelah itu, pilih SIM Card1 atau SIM Card2 yang ingin kamu kunci.
  • Pilih jenis jaringan dan tekan opsi ‘4G/3G/2G’.

Metode ini sayangnya tidak mengunci jaringan 4G secara permanen, sebab tergantung dari sistem yang memilih jaringan 4G otomatis. Apabila ada SMS atau telepon, jaringan di smartphone kamu akan berpindah kembali ke 3G.

2. Memakai Kode Rahasia

Selain menggunakan cara kunci jaringan 4G Realme di atas, kamu juga bisa menggunakan kode rahasia. Berikut ini :

  • Masuk ke opsi dial pad di smartphone kamu.
  • Ketikkan kode *#*#3646633#*#*.
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke jendela informasi pada menu pengujian. Jika sudah, silahkan pilih lokasi tempat SIM yang dipakai untuk mengunci 4G LTE. Kamu bisa memilih SIM 1 atau SIM 2.
  • Gulir layar ke bawah, kemudian cari ‘Set preferred network type’, lalu tekan ‘LTE Only’.
  • Setelah itu, silahkan tunggu selama beberapa saat sampai jaringan berubah ke dalam 4G.
Terkait:  Cara Kunci 4G Hp Realme

3. Memakai Aplikasi 4G LTE Switch

Jika cara kunci jaringan 4G Realme di atas tidak bekerja, maka kamu bisa mencoba solusi lainnya dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci jaringan 4G LTE adalah 4G LTE Switch.

  • Download dan install 4G LTE Switch Apps pada perangkat Realme, kemudian buka aplikasinya.
  • Jalankan 4G LTE Switch, setelah muncul ‘Install Block’, kamu bisa memilih ‘Pengaturan’, dan otomatis kamu langsung masuk ke dalam menu Pengujian.
  • Gulir layar ke bawah, lalu tekan ‘Set Preferred Network Type’.
  • Selanjutnya tekan pilihan ‘LTE Only’.

4. Memakai Aplikasi Force LTE Only 4G/5G

Cara yang terakhir ini selain aplikasi 4G LTE Switch, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Force LTE Only 4G/5G. Silahkan unduh aplikasinya terlebih dahulu.

Walaupun hp Realme milikmu sudah memakai android 11, maka kamu bisa mengunci jaringan 4G memakai aplikasi ini :

  • Masuk ke Play Store dan pilih aplikasi Force LTE Only.
  • Jika aplikasi sudah terpasang, buka dan jalankan.
  • Tekan Method1 apabila kamu memakai versi android 10 atau dibawahnya, atau bisa pilih Method2 bagi pengguna OS android 11.
  • Jika sudah, tekan lagi ‘LTE Only’.

Kini jaringan 4G di smartphone Realme kamu telah terkunci permanen. Kamu tidak perlu lagi berpindah jaringan. Mengunci jaringan 4G permanen dapat mengakibatkan kamu tidak dapat menelpon ataupun menerima telepon.

Namun hal tersebut tidak berlaku, jika hp Realme maupun operator yang kamu pakai telah mendukung teknologi VoLTE. Pada operator seperti Telkomsel, Smartfren, AXIS, Indosat dan XL telah mendukung layanan VoLTE tidak termasuk Tri.

Untuk merasakan sensasi berselancar di internet lebih leluasa dan cepat, kamu bisa mencoba cara kunci jaringan 4G Realme di atas.

 

Related posts