Cara Kunci Galeri Samsung

Cara Kunci Galeri Samsung

Selain cara kunci galeri di iPhone, kamu juga bisa mencoba cara kunci galeri Samsung sebagai langkah keamanan. Mengunci aplikasi pastinya bisa menjadi langkah yang dapat dilakukan sesudah kamu mengamankan perangkat hpmu memakai pola, PIN hingga sensor biometrik. Semuanya dilakukan demi keamanan data-data pribadi di perangkat hpmu.

Terlebih apabila kamu memproteksi aplikasi-aplikasi penting di perangkat Samsung. Seperti aplikasi atau file yang berisikan video, foto, percakapan dan rekaman suara yang tidak ingin diketahui orang lain. Hal tersebut dikarenakan file atau aplikasi tersebuit sangat sensitif dan penting.

Read More

Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi khawatir apabila ada data tertentu yang tanpa sengaja terbuka saat kerabat dekat meminjam hpmu. Dengan begitu, mereka tidak dapat seenaknya memakai layanan-layanan yang kamu private.

Demi memudahkan para penggunanya, kini perusahaan gadget telah membekali produk hp buatannya melalui fitur lock aplikasi. Produk gadget tersebut, salah satunya yaitu Samsung melalui antarmuka dari sistem One UI atau Samsung Experience.

Dengan demikian, pengguna hp samsung Galaxy dapat menemukan fitur bernama Secure Folder. Tapi, kamu tetap bisa mencoba beberapa cara kunci galeri Samsung lainnya sebagai alternatif.

Cara Kunci Galeri Samsung

Cara Kunci Galeri Samsung
Kunci Galeri Samsung

Tutorial Kunci Galeri Samsung

Ada beberapa cara kunci galeri Samsung, bagi para pengguna Samsung yang ingin memproteksi galerinya agar tidak mudah dibuka sembarang orang. Berikut ulasannya :

1. Mengaktifkan Layanan Secure Folder

Kamu bisa mencoba mengunci galeri di Smartphone Samsung dengan mengaktifkan layanan Secure Folder. Caranya dengan mengakses menu Settings dan ikuti langkahnya berikut :

  • Buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Silahkan masuk ke ‘Biometrics and security’, bisa juga memilih ‘Lock Screen and Security’.
  • Tekan ‘Secure Folder’.
  • Lalu klik ‘Sign In’ tekan ‘continue’ atau pilih ‘Agree’.
  • Silahkan masuk memakai akun Samsung atau bisa membuat akun terlebih dahulu bila dibutuhkan.
  • Tekan ‘Metode Penguncian’.
  • Klik PIN jika ingin mengatur PIN untuk mengunci.
  • Tekan’Pattern’ dengan memakai pola yang dijadikan sebagai kunci.
  • Klik ‘password’ jika ingin menggunakan password sebagai kunci.
  • Silahkan aktifkan dukungan biometrik, berupa Fingerprint untuk mempermudah.
  • Tekan next.
  • Buat pola, password atau PIN berdasarkan metode yang kamu pilih.
  • Klik ‘Continue’.
  • Inputkan ulang pola, PIN, dan password sesuai yang kamu buat.
  • Sesudah berhasil, nantinya akan ada ikon bertuliskan secure folder dalam daftar aplikasi.

Fitur secure folder adalah bagian terpenting pada sistem keamanan Samsung. Sesuai namanya, kamu dapat menggunakan fitur bawaan tersebut sebagai ruangan khusus yang dapat menyimpan foto, aplikasi, dokumen, video maupun berkas yang terpisah.

2. Menggunakan App Lock Samsung

Jika ingin mengunci galeri pada perangkat Samsung, kamu bisa melakukannya dengan cara kunci galeri Samsung di tiap-tiap perangkat yang berbeda. Biasanya tergantung dari versi OS yang kamu pakai. Mengunci galeri Samsung secara default bisa dilakukan tanpa harus menginstal aplikasi apapun di beberapa tipe Samsung. Terlebih pada hp Samsung dengan sistem terbaru.

Misalnya saja, pada Samsung Galaxy S7 yang memungkinkan para pengguna bisa mengunci aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Galery menggunakan pemindai pola, sidik jari, sandi, dan PIN tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ini dia caranya :

  • Silahkan buka menu ‘Settings’ pada perangkat Samsung kamu.
  • Geser ke bagian bawah, lalu pilih ‘Advanced Features’.
  • Pada menu ini, kamu akan menemukan App Lock.
  • Lalu aktifkan slider dengan memindahkan tombol off ke dalam tombol on.
  • Jika sudah, kamu akan langsung dibawa ke dalam menu penguncian, pilih opsi penguncian yang digunakan. Lalu atur kunci berdasarkan metode yang dipakai.
  • Setelah selesai mengatur lock yang akan dipakai, silahkan gulir layar ke bagian bawah kemudian cari Gallery.
  • Kamu bisa mengaktifkan kunci, caranya tekan tombol slider di sebelah kanan pada Gallery ke dalam pilihan mode on.

Cara kunci galeri Samsung di atas hanya berlak bagi beberapa perangkat ponsel Samsung, khususnya perangkat yang menggunakan OS terbaru. Bagi pengguna yang tidak menjumpai fitur tersebut pada perangkat, kamu bisa memakai aplikasi untuk penguncian galeri di Samsung.

Cara Mengunci Galeri Samsung Menggunakan Aplikasi

Selain cara kunci galeri Samsung di atas, kamu juga bisa mengunakan aplikasi pihak ketiga jika diperlukan. Berikut pilhan aplikasi yang bisa kamu coba :

1. Keepsafe Photo Vault

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunci galeri Samsung yaitu aplikasi Keepsafe Photo Vault. Ini adalah aplikasi gratis untuk memproteksi galeri hp dengan menguncinya agar lebih aman. Dengan memakai aplikasi ini, kamu bisa mengunci galeri ponsel dengan memakai PIN, pola dan fingerprint.

Selain itu, Keepsafe Photo Vault Apps juga siap menangkap siapa saja yang ingin membobol kata sandi galeri ponsel kamu. Sehingga kamu tidak khawatir lagi dengan sistem keamanan galeri pada hpmu.

2. Private Zone

Selain Keepsafe Photo Vault, kamu juga bisa mencoba cara kunci galeri iPhone dengan aplikasi Private Zone. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur cukup tangguh pada aplikasi ini, yang digunakan untuk mengamankan video, foto atau lainnya pada galeri hp.

Private Zone tidak hanya dijadikan sebagai aplikasi untuk mengunci galeri, namun aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam fitur. Beberapa fitur tersebut diantaranya Free Private VPN Service, Phone Anti Theft Features, Boost-RAM Manager, Custom lock Screen App, Spam Call Intercept, dan lainnya.

3. Hide Something

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Hide Something. Ini adalah aplikasi untuk mengunci galeri HP gratis, lengkap dan mudah dioperasikan. Sama seperti aplikasi lainnya, Hide Something menyajikan penguncian menggunakan PIN, fingerprint dan pattern. 

Adapun perbedaan aplikasi Hide Something dengan yang lainnya  yaitu kamu dapat menyembunyikan file atau data yang sedang dipindahkan. Sehingga, kamu tidak hanya bisa mengunci galeri, tetapi juga dengan aplikasi yang satu ini kamu bisa menyembunyikan berbagai fie yang ditransfer.

4. Hide Files

Hide Files juga dapat digunakan sebagai aplikasi untuk mengunci galeri ponsel Samsung. Kamu bisa memakai aplikasi ini untuk lock galeri dengan menggunakan algoritma military dengan grade AES 256. Selain itu, keamanannya dipadukan dengan fitur descryption speeds dan super fast encryption.

5. Lockit

Aplikasi lockit juga dapat diandalkan untuk mengunci galeri hp Samsung. Ini adalah aplikasi yang menawarkan fitur untuk mengunci data-data penting, seperti foto, video hingga data game. Sehingga semua data tersebut dapat terjamin keamanannya saat kamu memakai Lockit.

Saat seseorang berusaha membobol atau membuka kunci,secara otomatis Lockit akan memotret pelakunya langsung. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur bernama fake cover yang dapat mengelabui orang jahil yang berupaya membuka privasi kamu.

Semua aplikasi di atas bisa kamu pilih ke dalam cara kunci galeri Samsung, dengan catatan kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Metode penguncian galeri hp Samsung dengan aplikasi dapat dilakukan apabila kamu tidak bisa menggunakan penguncian melalui fitur bawaan.

 

Related posts