10 Tips+Trik Cara Menjadi Developer Aplikasi yang Andal!

Cara Menjadi Developer
Cara Menjadi Developer

Siapa sih yang gak tertarik jadi developer? Ya, setiap orang rasanya mau tahu gimana cara menjadi developer. Menjadi developer, entah itu sebagai pengembang web, pengembang perangkat lunak, atau pengembang aplikasi tentu saja sangat menarik. Selain pekerjaannya yang menantang, penghasilannya pun gak main-main.

Para developer tentu saja memainkan peran penting dalam membangun dunia digital tempat kita tinggal saat ini. Menjadi developer pastinya bukan hanya harus masuk ke perusahaan tertentu, sebab jika kamu pandai mengelola skill yang kamu punya, maka bukan hal mustahil jika kamu mampu berdiri sendiri sebagai developer.

Namun jika belum mampu ke arah sana, mungkin dengan bekerja di perusahaan tertentu menjadi pertimbangan awal untuk mendapatkan pengalaman terlebih dahulu. Lalu, gimana cara menjadi developer pengembang aplikasi?

Developer pengembang web tentu saja berbeda dari developer properti. Jika kamu bergelut di bidang developer properti, pastikan untuk tahu cara cek developer anggota REI yang sebelumnya kita bahas!

Cara Menjadi Developer

Cara Menjadi Developer
Cara Menjadi Developer

Jika kamu tertarik untuk mengejar karir di bidang pengembangan, ada beberapa tips dan trik cara menjadi developer yang sukses sesuai bidang yang diminati. Simak panduannya berikut :

1. Pilih Bidang Sesuai Skill

Sebelum memulai perjalanan sebagai seorang developer, kamu wajib memilih bidang yang sesuai dengan skill dan minatmu terlebih dahulu. Ada berbagai bidang yang bisa kamu pilih dalam pengembangan perangkat lunak, diantaranya:

  • Web Development: Ini adalah bidang yang paling populer yang berfokus pada layanan pengembangan situs web dan aplikasi web.
  • Mobile App Development: Jika Kamu lebih tertarik pada aplikasi seluler, maka kamu bisa menjadi pengembang aplikasi mobile baik untuk iOS atau untuk Android.
  • Software Development: Ini mencakup pengembangan perangkat lunak desktop, perangkat lunak perusahaan, dan perangkat lunak yang berbasis server.
  • Data Science: Bagi mereka yang suka analisis data dan pembelajaran mesin, maka bidang ini akan cocok karena menawarkan peluang yang besar.
  • Game Development: Jika Kamu pecinta game, Kamu dapat menjadi pengembang game dan menciptakan dunia virtual yang menakjubkan.

2. Memahami Bahasa Pemrograman

Cara menjadi developer selanjutnya yaitu kamu harus memahami bahasa pemrograman. Setiap bidang dalam pengembangan perangkat lunak memiliki bahasa pemrograman yang umumnya digunakan saat ini.

Penting untuk memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan bidang yang Kamu minati. Beberapa bahasa pemrograman yang populer saat ini diantaranya:

  • JavaScript: Digunakan untuk pengembangan web.
  • Python: Sangat ideal untuk data science dan aplikasi umum.
  • Java: Penting digunakan untuk pengembangan Android.
  • Swift: Digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis iOS.
  • C++ dan C#: Digunakan untuk pengembangan game dan aplikasi untuk desktop.

Bagi kamu yang ingin menjadi developer, ada baiknya pahami dasar-dasar terkait bahasa pemrograman yang Kamu pilih.

Kamu dapat melakukannya dengan cara mengikuti kursus online, membaca buku khusus mengenai developer, atau mengikuti tutorial yang dapat kamu temukan melalui berbagai macam platform.

3. Mempelajari Dasar-dasar Pemrograman

Sebelum membangun software atau aplikasi yang kompleks, sebaiknya pahami dulu dasar-dasar pemrograman. Ini termasuk konsep yang meliputi variabel, tipe data, perulangan, dan pengkondisian.

Cobalah untuk memahami algoritma dan struktur data yang cukup kompleks, karena ini merupakan pondasi utama dalam pengembangan perangkat lunak yang akan kamu ciptakan.

4. Kenali Tools dan Lingkungan Pengembangan

Cara menjadi developer selanjutnya, wajib banget untuk mengenal berbagai alat (tools) dan lingkungan pengembangan yang digunakan dalam bidang yang akan Kamu geluti. Sebagai contoh tools yang perlu kamu ketahui yaitu:

  • Text Editor atau IDE (Integrated Development Environment): Kamu akan membutuhkan alat ini yang digunakan untuk menulis dan menguji kode yang kamu kembangkan. Contoh IDE populer diantaranya Visual Studio Code, PyCharm, atau Android Studio.
  • Version Control: Kamu perlu memahami sistem pengendalian versi seperti Git untuk mengelola perubahan dalam kode yang kamu kembangkan tersebut.
  • Terminal atau Command Line: Ini merupakan alat yang sangat kuat untuk menjalankan perintah dan tugas-tugas lain dalam pengembangan perangkat lunak. Tidak menggunakan alat ini maka akan kesulitan menjalankan perintah dan tugas-tugas tertentu.

5. Ikuti Kursus dan Tutorial Online

Terdapat banyak sumber daya online yang dapat membantu Kamu mempelajari pengembangan perangkat lunak. Kamu dapat mengikuti berbagai kursus online di platform seperti Coursera, edX, Udemy, dan Codecademy.

Selain itu, kanal YouTube dan blog teknologi juga merupakan sumber belajar yang dapat mendukung kamu lebih memahami menjadi seorang developer.

6. Praktikkan Skill yang Kamu Punya

Suka tidak suka, ternyata belajar pemrograman mirip dengan belajar bahasa asing, oleh karena itu praktik yang dilakukan terus menerus merupakan kunci keberhasilan menjadi seorang developer. Caranya cukup mencoba membuat proyek-proyek kecil yang relevan dengan bidang Kamu.

Misalnya jika Kamu ingin menjadi seorang yang ahli dalam pengembangan web, Kamu bisa mencoba membangun situs web sederhana. Jangan ragu untuk mencari proyek open source yang bisa kamu kontribusikan, ini akan membantu Kamu dalam belajar dari pengembang berpengalaman sehingg kamu menjadi lebih ahli dibidangnya.

7. Bergabung dengan Komunitas Pengembang

Komunitas pengembang adalah tempat yang sangat bagus untuk belajar karena di sama akan dibahas mengenai berbagi pengetahuan dan tentunya dapat membangun jaringan. Kamu dapat bergabung dengan forum online seperti Stack Overflow atau GitHub untuk berinteraksi dengan pengembang lainnya terutama yang satu bidang denganmu.

Selain itu, ikutilah acara-acara dan konferensi teknologi karena hal tersebut dapat dijadikan sebagai ajang buat menambah wawasan dan salingĀ sharing pengetahuan terkaitĀ skill pengembang.

8. Menjadi Developer dengan Bangun Portofolio Kamu

Selama kamu belajar dan mengembangkan keterampilan yang kamu miliki, penting untuk membangun portofolio proyek-proyek yang dapat kamu tunjukkan kepada calon employer atau klien.

Portofolio ini akan memberikan bukti konkret tentang kemampuan Kamu dan apa yang telah Kamu capai dalam dunia pengembangan perangkat lunak.

9. Terus Belajar dan Berkembang

Dunia teknologi semakin hari akan terus berubah dan berkembang. Karena itu, menjadi seorang pengembang berarti Kamu harus bersedia untuk terus belajar sepanjang karir Kamu dengan cara mengikuti perkembangan teknologi yang terbarukan.

Pelajari alat dan bahasa baru dan yang paling utama cari cara untuk meningkatkan keterampilan Kamu.

10. Siapkan Diri untuk Proses Wawancara

Setelah Kamu merasa siap untuk mencari pekerjaan sebagai pengembang, selanjutnya persiapkan diri buat mengikuti proses lamaran dan wawancara yang akan dilakukan. Persiapkan diri Kamu dengan baik, pelajari pertanyaan wawancara yang umum kemudian praktikkan jawabanmu.

Jangan lupakan soft skills seperti cara komunikasi yang baik dan cara kerja bersama tim karena ini juga sangat penting dalam dunia kerja.

Menjadi seorang developer adalah perjalanan yang sangat menantang dan penuh dengan belajar sampai kapan saja karena harus mengikuti teknologi yang semakin maju dan berkembang.

Namun, dengan tekad, disiplin, dan kerja keras, Kamu dapat mencapai tujuan tersebut dalam dunia pengembangan perangkat lunak.

Ingatlah bahwa perjalanan ini tidak berhenti setelah Kamu mendapatkan pekerjaan pertama Kamu, justru jadikan hal tersebut menjadi awal dari karir yang panjang dan menarik di dunia teknologi.

Selalu bersemangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri Kamu menjadi lebih baik, dan Kamu akan berhasil menjadi seorang developer yang sukses sesuai yang dicita-citakan. Selamat mengejar impian dalam dunia pengembangan perangkat lunak dan ikuti trik cara menjadi developer yang sukses seperti di atas!