Cara Jualan di Tiktok

Cara Jualan di Tiktok

Selain cara jualan di Shopee atau marketplace lain yang sedang digandrungi, banyak pebisnis online yang kini mulai mencari informasi cara jualan di Tiktok. Mengingat Tiktok kini tidak hanya dijadikan sebagai aplikasi hiburan semata, tetapi juga bisa dimanfaatkan para pebisnis online untuk mempromosikan produknya. Mereka bisa membuat konten live di Tiktok untuk memperkenalkan produk yang mereka jual.

Mengenal Tiktok Shop

Tiktok Shop adalah salah satu fitur yang ditawarkan kepada pengguna Tiktok untuk berbelanja, sama seperti berbelanja di marketplace. Selain itu, fitur yang satu ini juga dapat digunakan oleh para penjual di Tiktok. Fitur ini adalah langkah Tiktok untuk mengembangkan bisnisnya menjadi e-commerce.

Read More

Penggunaan fitur Tiktok Shop telah diluncurkan sejak bulan April 2021 di Indonesia. Fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk berjualan ataupun berbelanja lewat aplikasinya. Untuk bisa berjualan di Tiktok, kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu.

Cara Jualan di Tiktok Shop

Cara Jualan di Tiktok
Jualan di Tiktok

Tutorial Jualan di Tiktok Shop Agar Cepat Sukses

Sesudah mengenali Tiktok Shop, selanjutnya kamu bisa mengikuti tutorial cara jualan di Tiktok Shop berikut ini :

1. Membuat Akun Bisnis

Untuk bisa berjualan di layanan Tiktok Shop, kamu hanya perlu menjadikan akun pribadi di Tiktok ke dalam aun bisnis. Berikut ulasannya :

  • Pilih ‘Saya’ dan klik opsi tiga titik di pojok atas.
  • Tekan ‘Kelola Akun’ lalu tekan ‘Alihkan ke dalam akun bisnis’.
  • Setelah itu, pilih kategori usaha yang tepat.
  • Jika sudah, kamu bisa mengubah profil, caranya pasang foto profil dan isi bio pada profil dengan menuliskan keterangan bisnis.
  • Tambahkan link online shop kamu.

2. Buat Konten Menarik di Tiktok

Cara jualan di Tiktok sesudah kamu mempunyai akun di layanan Tiktok Shop, silahkan buat konten Tiktok menarik. Caranya unggah konten di Tiktok yang menarik, kamu bisa memikat para pengguna Tiktok lainnya agar mereka penasaran dan melihat produk yang dijual. Pastikan untuk meluangkan sedikit waktu dan buat konten menarik di Tiktok.

Contohnya, kamu cukup membuat konten untuk menampilkan bisnis yang kamu miliki. Setelah itu, buat konten berisi perkenalan produk, sistem penjualan, proses packaging atau lainnya. Silahkan pilih filter atau lagu yang tren di Tiktok untuk membuat konten bisnismu menjadi viral.

3. Buat Caption Unik

Kamu harus menuliskan caption menarik jika ingin mengenalkan produk dan brand yang kamu miliki dengan menarik. Silahkan perhatikan nama produk, harga produk, informasi tentang produk dan lainnya. Dengan semakin menarik caption yang kamu tulis, tentu saja semakin besar peluang pengguna Tiktok melihat produk yang kamu jual.

4. Gunakan Fitur Tiktok

Cara jualan di Tiktok selanjutnya yaitu gunakan berbagai macam fitur pada aplikasi Tiktok. Kamu bisa memanfaatkan fitur untuk membuat konten videomu semakin memikat perhatian konsumen. Fitur yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah Unique Solution.

Dengan fitur ini, memungkinkan kamu dapat berkomunikasi bersama konsumen melalui cara yang menarik. Di samping membalas komentar, kamu juga dapat merespons pertanyaan atau komentar dengan video lewat fitur tersebut. Dengan demikian, Unique Engagement solution bisa menjadi alternatif menarik agar bisnis yang dijalankan lebih dekat kepada pembeli.

5. Posting Konten di Waktu Ideal

Cara jualan di Tiktok yang efektif adalah dengan mempromosikan produk melalui video konten Tiktok di waktu ideal. Silahkan unggah konten Tiktok dari jam 10.00 hingga jam 13.00 atau saat malam hari. Sebab biasanya di waktu-waktu inilah biasanya anak kuliahan, sekolahan hingga karyawan mengisi waktu senggang mereka dengan menikmati konten video di aplikasi Tiktok.

6. Harus Konsisten

Dalam branding produk, kamu tentu saja harus konsisten mengupload konten. Karena apabila kamu sering mengupload konten video, tentu saja peluang konten video yang kamu unggah untuk menjangkau audiens lebih banyak menjadi lebih besar.

Ada kemungkinan pula mereka menyukai bahkan memberikan komentar pada konten video yang kamu buat, serta membuat banyak orang menyukai video tersebut. Video kamu bisa terlihat pada halaman For Your Page atau FYP Tiktok. Dengan demikian, dapat meningkatkan brand awareness kepada para followersmu di Tiktok.

7. Selalu Pakai Hashtag

Sama halnya dengan berpromosi di Instagram, jangan lupa menggunakan hashtag ketika kamu berjualan di Tiktok. Hal ini dikarenakan hashtag bisa menciptakan visibilitas lebih baik bahkan dapat membantumu untuk menjangkau audiens lebih banyak. Melalui hashtag sesuai produk yang kamu tawarkan, tentu saja lebih banyak lagi orang yang dapat menyaksikan konten video dari produk yang kamu promosikan.

Hashtag ini mempunyai pengaruh sangat besar, sebab bisa membuat konten untuk promosi produk maupun bisnis lebih mudah dikenal orang banyak. Jadi, jangan ragu menuliskan beberapa hashtag viral pada konten video promosi yang kamu buat.

8. Tambahkan Dengan Memasang Iklan

Apabila kamu mempunyai budget yang berlebih, kamu juga bisa memasang iklan di Tiktok, melalui Tiktok Ads. Program ini bisa membuat usahamu lebih dikenal banyak orang. Ada beberapa macam iklan yang bisa kamu manfaatkan di Tiktok Ads, diantaranya :

  • Promosi dengan tantangan hashtag, merupakan cara supaya pengguna memanfaatkan hashtag khusus.
  • Iklan yang terdapat dalam feed, sebagai jenis iklan biasanya muncul ketika pengguna melakukan scroll feed.
  • Efek bermerek, merupakan filter efek secara khusus bagi pembuat konten. Sebenarnya filter tersebut hampir mirip seperti yang ada di Snapchat dan Instagram. Namun biasanya menampilkan informasi secara khusus pada merk atau brand tertentu.
  • Iklan pra putar, merupakan jenis iklan yang biasanya muncul sesudah pengguna membuka Tiktok Apps.

9. Bekerjasama Dengan Para Influencer di Tiktok

Jika ingin memikat konsumen lebih banyak lagi, caranya dengan melakukan kerjasama bersama content creator atau influencer Tiktok lain. Sebab tanpa kamu sadari, ada banyak sekali brand yang memakai influencer sebagai strategi marketing untuk meningkatkan branding produk.

Tapi ingat jangan salah memilih influencer, sebab kamu harus tetap mempertimbangkan persona dari target pembeli sekaligus tujuan promosi kamu. Contohnya, jika kamu berjualan pakaian misalnya, maka kamu dapat memilih influencer tertentu yang kontennya hanya fokus memperkenalkan outfit untuk hangout atau lainnya.

Keuntungan Berjualan di Tiktok Shop

Jika kamu berjualan di Tiktok Shop, maka ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan berikut ini :

1. Jual Produk Bebas

Maksud dari bebas disini adalah, kamu bisa menjual apapun asalkan tidak menjual produk-produk yang dilarang. Dengan menjual produk yang kamu miliki di Tiktok, maka kamu bisa menjangkau pasar lebih banyak dan luas. Hal ini dikarenakan Tiktok saat ini telah menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak serta sering dikunjungi.

2. Tingkat Penjualan Tinggi

Tiktok Shop juga memungkinkan tingkat penjualan produkmu lebih tinggi. Karena aplikasi ini memililki 800 juta lebih pengguna aktif. Selain itu, kebanyakan pengguna aktif Tiktok biasanya membuka aplikasi hingga 8 kali sehari. Inilah yang membuat Tiktok termasuk salah satut aplikasi yang pas untuk berjualan dan berbelanja online.

Menariknya lagi dengan menggunakan Tiktok Shop membuat para pengguna Tiktok lebih mudah untuk berbelanja. Sehingga bisa leluasa untuk membeli produk apapun, dan pengguna Tiktok lain tentu saja bisa berpeluang untuk membeli produkmu. Asalkan kamu melakukan branding dan cara jualan di Tiktok secara efektif.

Related posts