Cara Ajukan Pengembalian di Shopee

Ingin belanja tapi malas keluar rumah? Gampang banget. Sekarang kalian bisa langsung saja klik salah satu platform yang bisa dijadikan sebagai akses untuk berbelanja. Salah satunya adalah Shopee. Dimana, mereka juga sudah menyediakan metode pembayaran secara COD. Jadi lebih praktis, tanpa perlu isi Shopeepay. Ada cara ajukan pengembalian di Shopee juga!

Semakin menarik, dengan tampilan headline aplikasinya yang disesuaikan dengan tema saat ini. Karena sebentar lagi akan menyambut bulan suci Ramadhan, kebanyakan iklan yang tampil di laman utamanya bernuansa islami. Mulai dari produk-produk baju, makanan ringan, dan lain sebagainya. Selain itu, pihaknya juga menawarkan harga murah. Biar pembeli hemat.

Pelanggan senang, penjualpun ikut merasa bahagia karena dagangannya laris manis. Perlu kalian ketahui juga, kalau belum lama ini ada metode pembayaran baru dari Shopee. Disebut dengan Shopeepay later. Cicilan belanja yang bisa kamu bayarkan setiap bulannya secara online. Menggunakan bantuan pihak ketiga seperti Kredivo. Kalau telat, nanti ada sanksinya.

Cara Ajukan Pengembalian di Shopee

Cara Ajukan Pengembalian di Shopee
Cara Ajukan Pengembalian di Shopee

Cara Ajukan Pengembalian di Shopee Setelah Pesanan Diterima

Adapun buat kalian yang belum terlalu memahami sistem pembayaran Shopeepay later ini, kamu bisa langsung cek saja melalui aplikasi Shopee. Caranya, pilih menu “Saya”. Kemudian, masuk ke “Shopeepay later” dan pilih “Tagihan Saya”. Lanjutkan dengan memilih “Tagihan Shopeepay later”. Kemudian, klik opsi “Bayar Sekarang”. Pilih satu metode pembayarannya.

Selain itu, cara daftarnya juga dapat kalian lakukan via online. Akan tetapi, butuh beberapa hari sampai kamu bisa mendapatkan verifikasi pemberitahuan bahwa akunmu diizinkan untuk menggunakan fitur pay later tersebut. Nantinya, ketika user akan melakukan checkout barang, maka muncul opsi Shopeepay later. Jangan lupa dibayar cicilannya, sebelum jatuh tempo ya…

Terkait:  Cara Ikut Flash Sale Shopee

Cara ajukan pengembalian di Shopee setelah pesanan diterima, pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Asalkan, pelanggan mengetahui prosedur dan ketentuan yang berlaku. Jangan asal main grasak grusuk saja. Semuanya harus dilakukan step by step. Itupun, perlu ada bukti berupa video unboxing. Nantinya, hal tersebut dijadikan sebagai bukti valid dari pelanggan.

  • Mulai pengajuan dengan memilih menu “Saya” atau profile akun Shopee yang terdapat di samping ikon notifikasi
  • Pilih tab “Dikirim” yang terdapat di deretan status pesanan saya
  • Klik “Ajukan Pengembalian”
  • Lihat di “Rincian Pesanan”, lalu centang produk yang ingin kalian pilih untuk dikembalikan ke toko
  • Ketik “Alasan” kalian, kenapa ingin mengajukan permohonan pengembalian produk tersebut

Adapun beberapa alasan yang telah disediakan oleh pihak Shopee, diantaranya sebagai berikut:

  • “Mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan pesanan”. Misalnya, warna yang dikirimkan oleh toko berbeda, ukurannya salah, atau bahkan jenis produknya yang beda
  • “Produk yang diterima bukan barang asli atau orisinilitasnya diragukan”
  • “Mendapatkan produk yang cacat atau terdapat kerusakan di bagian fisiknya”. Misalnya, ada retak, horesan, penyok di bagian kemasan
  • “Produk yang diterima telah rusak atau cacat sepenuhnya”. Misalnya, produk tidak dapat beroperasi atau berfungsi sesuai kegunaannya
  • “Pesanan tidak kunjung sampai ke tangan penerima”
  • “Produk yang diterima kurang atau tidak lengkap”. Misalnya, ada produk yang tidak dikirimkan atau hilang dari kemasan

Langkah berikutnya, kalian langsung saja sertakan bukti dan rincian deskripsi (bila ada). Lalu, mulai pilih “Solusi”. Kolom pilihan akan muncul, dan kamu dapat menemukan juga beberapa opsi lainnya. Seperti, “Dana Pengembalian” atau “Opsi Pengiriman”. Artinya, pelangggan akan mengembalikan ke pihak penjual melalui jasa pengiriman yang tersedia. Klik Kirimkan.

Terkait:  Cara Komplain di Shopee

Cara Ajukan Pengembalian di Shopee COD

Shopee COD..Shopee COD… Bayar langsung di tempat. Pasti dapat gratis ongkir. User pasti tahu potongan kalimat iklan yang sering ditemukan di berbagai kesempatan tersebut kan? Ya, dengan latar pedesaan yang khas, aktor utamanya yaitu seorang artis kondang bernama Tukul Arwana. Tentu menjadi pemandangan yang tidak mudah terlupakan. Namanya juga iklan.

Kalau tidak membuat penontonnya terus terngiang-ngiang artinya cara pemasarannya kurang berhasil. Oleh sebab itu, banyaknya pengguna Shopee yang memanfaatkan layanan COD ini. Membuktikan kalau iklan yang mereka tayangkan sudah dikatakan sukses. Perbedaan antara bayar COD dengan harga asli produk tidak terlalu jauh. Paling juga nambah Rp 1 atau 2 ribu.

Cara ajukan pengembalian di Shopee COD, juga menjadi pertanda kalau pihak Shopee fokus untuk memberikan kenyaman kepada para pembeli. Dimana, sebelum kalian membuka isi paketnya diharapkan untuk melunasi pembayaran terlebih dahulu melalui kurir. Jangan salah ya kawan. Kan sudah ada ketentuannya. Jadi, harus dipatuhi supaya semua pihak tidak rugi.

Terlepas dari persoalan tersebut, kini kita beralih membahas apa saja benefit yang menanti di sistem pembayaran COD atau Cash On Delivery. Kalau mau belanja, jadi tidak perlu bingung harus isi Shopeepay atau ke ATM dahulu. Apalagi, kalau pembelian produk diatas harga Rp 1 juta. Biar sama-sama nyaman dan aman, coba dibayarkan secara tunai. Berikut manfaatnya.

1. Bisa Batalkan Pesanan Meskipun Barang Sudah Diterima

Buat kalian yang tidak ingin ribet praktekan cara ajukan pengembalian di Shopee. Melalui sistem COD. Barangnya bisa dikembalikan langsung ke toko. Umumnya, kejadian tersebut muncul ketika pihak pembeli tidak ada di lokasi atau tidak mau bayar pesanannya ke kurir. Akan tetapi, hal ini juga dapat mengancam akun Shopee customer. Bisa kena banned loh…

Terkait:  Cara Bayar Shopee lewat Indomaret

Hati-hati deh makanya sebelum mulai order. Pastikan, toko dan produk yang dipilih memang sesuai dengan kebutuhan. Lalu, lakukan pengecekan secara berkala di menu “Pesanan Saya”. Biar, kalau kurir sedang dalam perjalanan mengantarkan pesananmu. Bisa minta tolong titip ke tetangga. Soalnya,  kalau 2 kali ditolak berturut-turut, akunmu dinonaktifkan oleh Shopee.

2. Bebas Khawatir dari Ancaman Barang Tidak Dikirim oleh Toko

Kekhawatiran yang muncul setiap kali kalian melakukan pembelian barang via online, sudah bukan lagi hal baru di era digital seperti saat ini. Apalagi, dengan banyaknya kasus penipuan. Tentu siapapun jadi lebih berhati-hati ketika membeli produk. Makanya, sistem pembayaran tunai ini, dapat meminimalisir angka kekecewaan customer. Meningkatkan kepercayaan juga.

Baik pembeli dan penjual, jadi saling percaya. Membangun kepercayaan memang sulit, tapi bukan hal yang mustahil. Buat kalian yang melakukan pembelian produk smartphone atau barang yang harganya diatas Rp 1 juta. Sebaiknya, manfaatkan sistem pembayaran tunai. Biar, tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Barang sampai ke tangan, hati senang, semua aman.

3. Bayarnya Nanti, Setelah Barang Datang

Meminimalisir resiko, sudah menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak pengguna Shopee. Entah pembeli atau penjual. Makanya, di Shopee COD. Kalian dapat melakukan pemesanan tanpa perlu menunggu isi Shopeepay atau bayar melalui mesin ATM terlebih dahulu. Ribet juga kan? Kalau kamu mau praktis, bayar secara tunai saja deh!

Tenang, fitur pembayaran satu ini juga menyediakan voucher cashback yang menguntungkan untuk para pembeli. Sekian penjelasan mengenai cara ajukan pengembalian di Shopee kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, sleep tight, and greet the morning with bright smile. Bye bye!

Related posts