Cara Jaga Kesehatan

Cara Jaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan memiliki peranan yang sangat berharga, tapi sayang banyak orang yang mengabaikannya. Padahal jika sudah sakit, biaya pengobatan dan perawatan yang harus dikeluarkan banyak. Maka dari itu, penting sekali menerapkan cara jaga kesehatan tubuh dengan baik.

Supaya tubuh tetap dalam kondisi fit, kamu harus menjalankan gaya hidup sehat. Selain itu, perlu niat dan konsisten tinggi agar kesehatan dapat terjaga dengan baik. Beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah beristirahat yang cukup dan melakukan olahraga teratur.

Cara Jaga Kesehatan

Cara Jaga Kesehatan Tubuh
Menjaga Kesehatan Tubuh

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh?

Meskipun rutinitas harianmu sangat padat, jangan pernah melewatkan cara jaga kesehatan tubuh agar vitalitas tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat :

1. Berikan Waktu Untuk Beristirahat

Tubuh bukanlah mesin yang bisa bekerja 24 jam tanpa jeda. Maka dari itu, seberapa banyak aktivitas yang kamu lakukan, tetap luangkan waktu untuk beristirahat. Pastikan untuk tidak begadang di malam hari.

Pada saat malam hari ketika kamu beristirahat, merupakan waktu metabolisme tubuh bekerja, bahkan bagi kulit menjadi waktu yang tepat untuk regenerasi sel-sel kulit. Di waktu inilah seluruh anggota tubuh bekerja. Sehingga saat pagi hari, kamu bisa melakukan rutinitas seperti biasa karena tubuh kembali bugar.

Bayangkan saja, jika kamu sering begadang di malam hari. Ini artinya, kamu tidak memberikan waktu untuk tubuh bekerja hingga akhirnya bisa merusak sistem metabolisme yang seharusnya bekerja dengan baik. Hal ini juga bisa berdampak pada menurunnya produktivitas dan konsentrasi di keesokan harinya.

2. Jangan Lupakan Buah dan Sayur

Cara jaga kesehatan yang juga sangat penting adalah konsumsi sayuran dan buah-buahan. Luangkan waktu untuk membeli sayuran dan buah-buahan. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai snack tambahan sekaligus pelengkap nutrisi yang kurang dari makanan.

Dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung mineral, probiotik, vitamin hingga zat antioksidan membuat tubuh memiliki pertahanan yang baik dari serangan penyakit.

3. Bersih Itu Sehat

Selain menjaga pola hidup, lengkapi juga dengan kebersihan lingkungan dan tubuh agar tetap terjaga. Dengan mandi secara teratur, menjaga kebersihan rumah, dan lingkungan sekitar, bisa membuatmu terhindar dari kuman dan virus yang berbahaya.

4. Pola Makan Teratur itu Wajib

Jika kamu sering melewatkan jam makan karena saking sibuknya, ini salah besar. Loyalitas pada perusahaan mungkin penting, tapi justru yang paling penting adalah loyalitas kamu terhadap kesehatan tubuh. Karena tumbuhnya produktivitas dan konsentrasi saat bekerja, hadir dari tubuh yang sehat.

Lantas, bagaimana cara jaga kesehatan tubuh? Tentu saja dari menjaga pola makan. Makan tiga kali sehari di jam yang sama, dengan tetap memperhatikan gizi yang terkandung pada makanan, adalah cara yang tepat agar penyakit enggan singgah ke dalam tubuhmu.

5. Pentingnya Berat Badan Ideal

Berat badan ideal sebenarnya bukan soal visualitas tubuh semata di hadapan orang lain, tapi juga bisa membuatmu tetap sehat. Baik itu berat badan di bawah standar ataupun melebihi standar, sangat tidak disarankan. Karena bisa membuatmu mudah terserang penyakit.

Lalu, bagaimana cara mengetahui berat badan ideal? Kamu bisa mengecek IMT (Indeks Masa Tubuh) secara berkala. Ingat, IMT lebih dari 30 bisa beresiko mengalami gangguan sistemik lho!

6. Kesehatan Berawal dari Kebersihan Tangan

Pernyataan ini berarti kamu harus selalu menjaga kebersihan tangan. Karena awal mula datangnya kuman atau penyakit yaitu berasal dari tangan. Oleh sebab itu, penting menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan secara teratur.

Hal ini dikarenakan, kita tidak akan pernah tahu kebersihan benda-benda tertentu yang pernah atau sering disentuh. Bahkan kuman tersebut bisa langsung masuk ke tubuh. Bagaimana dampaknya? Hal ini bisa menyebabkan resiko penularan penyakit yang semakin meningkat.

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, sesudah batuk atau bersin, hingga sehabis memakai toilet. Pastikan kamu telah membersihkan tangan dengan menyeluruh selama 20 detik.

7. Hindari Konsumsi Junk Food

Junk Food termasuk makanan yang lezat dan gurih, yang membuat semua orang tidak bisa menghindarinya. Alhasil, banyak yang mengonsumsinya berlebihan secara tanpa sadar.

Tahukah kamu bahwa junk food justru mengandung lemak jahat? Bahkan makanan ini tidak mengandung protein dan serat. Jika sesekali mungkin boleh, tapi ingat jangan terlalu sering konsumsi makanan ini!

8. Hindari Sinar Ultraviolet

Kesehatan tubuh juga meliputi kesehatan kulit. Salah satu cara jaga kesehatan kulit adalah dengan menghindari paparan sinar ultraviolet dari matahari. Inilah alasan kenapa banyak ahli menyarankan untuk memakai tabir surya agar kulit dapat terlindungi secara efektif.

Kenakan baju yang berlengan panjang ketika kamu beraktivitas di lapangan atau di luar ruangan. Dengan menghindari paparan sinar UV, maka bisa mencegah timbulnya efek penuaan dini pada kulit.

9. Jadikan Olahraga Sebagai Rutinitas

Menjaga kebugaran tubuh juga penting, dan kamu bisa mendapatkannya dengan berolahraga secara rutin. Jangan lewatkan salah satu cara jaga kesehatan tubuh yang satu ini. Karena selain tubuh lebih bugar, berolahraga juga melatih jasmani untuk mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

Kamu hanya memerlukan waktu setidaknya 15 menit sehari. Bisa memulainya dari berjalan kaki, jogging, bersepeda, atau berenang.

10. Konsumsi Suplemen

Cara jaga kesehatan tubuh yang tidak kalah penting yaitu dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan multivitamin. Tujuannya untuk menguatkan imunitas tubuh. Sebab zat besi memiliki peranan untuk menambah kadar hemoglobin pada jaringan, sel hingga organ yang dapat membantu penyembuhan luka.

Hemoglobin merupakan protein yang terdapat pada sel darah merah. Fungsinmya adalah untuk menyuplai oksigen ke semua jaringan tubuh yang berasal dari paru-paru. Suplai oksigen dengan baik, dapat mencegah timbulnya degenerasi bahkan kerusakan sel yang disebabkan oleh iskemia jaringan.

11. Jangan Stress

Stress akibat pekerjaan menumpuk atau tekanan hidup mungkin sering terjadi. Tapi justru, stress yang berlebihan bisa memicu sistem metabolisme terganggu, hingga akhirnya membuat kadar kortisol meningkat.

Bagaimana cara mengelola stress? Coba lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia atau menyenangkan. Bisa juga dengan melatih teknik pernafasan dan meditasi.

12. Jangan Berlebihan Konsumsi Gula

Banyak studi yang menunjukkan jika terlalu banyak asupan gula yang dikonsumsi, bisa meningkatkan banyak resiko kesehatan. Beberapa diantaranya yakni berat badan bertambah tidak terkendali, hipertensi dan kerusakan pada gigi. Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa mulai mengurangi asupan gula pada makanan atau minuman.

13. Big No, Buat Rokok dan Alkohol!

Ingat, rokok tidak hanya merusak organ paru-paru, tetapi juga bisa memicu berbagai macam masalah pada organ tubuh yang lainnya. Sementara alkohol, jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan seseorang mengalami infeksi virus dan bakteri.

14. Konsumsi Air yang Cukup

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi air secukupnya. Karena asupan air yang cukup bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Jika kamu sudah tahu cara jaga kesehatan dengan langkah-langkah di atas, kini waktunya untuk mempraktekkannya secara konsisten. Sebab The greatest wealth is Health dan tugasmu adalah menjaganya dengan baik!

Related posts