Cara Membuat Gratis Ongkir Shopee

  • Whatsapp

Gratis ongkir dari Shopee tentunya sangat penting bagi penjual di Shopee yang akan mempromosikan produk mereka tanpa perlu menyertakan jasa ekspedisi pengiriman. Hal ini tentu saja akan lebih menghemat tambahan biaya yang dikeluarkan oleh seller. Di samping itu, dengan layanan gratis ongkir juga dapat memberikan keuntungan bagi pembeli yang akan berbelanja tanpa perlu repot lagi membayar jasa ekspedisi. Lalu, bagaimana cara membuat gratis ongkir Shopee?

Sebelum kita mengetahui cara mengaktifkan gratis ongkir Shopee, maka Kamu harus tahu dulu apa itu free ongkir. Free ongkir adalah layanan gratis ongkir yang termasuk fitur Shopee untuk memungkinkan para penjual tak perlu menambah biaya jasa ekspedisi.

Read More

Namun fitur yang satu ini bisa diaktifkan bagi sebagian produk. Misalnya saja pada produk instalasi, produk digital atau produk dengan bobot yang tak mungkin dapat dikirimkan lewat jasa pengiriman. Akan tetapi biasanya untuk barang yang berkapasitas berat baru bisa dikirimkan lewat kargo.

Produk-Produk yang Mendukung Layanan Gratis Ongkir Shopee

Tujuan untuk mengaktifkan layanan termasuk ongkir Shopee pastinya untuk menghindari tambahan biaya pengiriman atau ekspedisi yang dibayar oleh pembeli. Berikut ini ada beberapa produk pendukung fitur yang termasuk ongkos kirim Shopee, diantaranya sebagai berikut :

1. Produk Digital atau Non Fisik

Ada beberapa contoh untuk produk non fisik atau digital, diantaranya adalah paket data, pulsa, ebook, voucher game, token listrik, pulsa tranfer dan produk lainnya yang sejenis. Secara logika, produk digital memang tidak bisa dikirimkan mengingat sifatnya non fisik. Maka dari itu, penjual harus mengaktifkan layanan termasuk gratis ongkos kirim Shopee agar produk digital dapat dikirimkan ke buyer.

Kemudian jika produk telah dikirimkan, selanjutnya penjual akan meminta pembeli melakukan konfirmasi pesanan sudah diterima supaya dana langsung diteruskan menuju penjual.

Terkait:  Cara Gratis Ongkir di Shopee

2. Produk yang Memerlukan Penanganan Khusus

Adapun produk yang memerlukan penanganan khusus umumnya terdiri dari produk berbahaya dan berbahan kimia. Oleh karena itu, produk ini membutuhkan penanganan secara khusus dari penjual supaya produk tak membahayakan ketika diterima oleh seller.

Apabila pesanan langsung diantar seller, ongkos kirim akan langsung dibayarkan saat produk diterima seller melalui sistem COD (Cash on Delivery).

3. Produk yang Membutuhkan Instalasi

Beberapa produk yang membutuhkan instalasi, diantaranya seperti kulkas, TV, AC dan produk lainnya. Seller biasanya menggabungkan antara harga produk, jasa instalasi dan ongkos kirim ke harga produk. Sehingga pembeli sudah tak perlu lagi membayar ongkor kirim sesudah produk diterima. Biasanya produk yang membutuhkan instalasi hanya dijual berdasarkan jangkauan seller.

Misalnya saja, untuk produk penjualan AC yang berlaku hanya satu wilayah atau daerah. Jadi saat ada pembelian dan instalasi AC, penjual pun akan mengirimkan barang dan memasangkan AC tersebut ke rumah pembeli. Namun pembayaran tetap di marketplace Shopee.

4. Produk-Produk Berat

Produk yang membutuhkan penanganan khusus adalah produk yang mempunyai bobot besar misalnya dan memungkinkan pengiriman dilakukan melalui kargo atau langsung dikirimkan penjual. Ini artinya seller atau penjual harus menanggung ongkir berdasarkan kesepakatan dengan pembeli untuk produk berbobot besar.

Guna keperluan gudang, biasanya pembeli melakukan pembelian produk berjumlah besar alias grosiran. Apabila telah melebihi batas pengiriman darat, barang harus dikirimkan melalui kargo.

5. Produk yang Tidak Membutuhkan Ongkir Lainnya

Selain produk-produk yang disebutkan di atas, Kamu pun bisa memasukkan produk tertentu yang menurutmu memang tak membutuhkan ongkos pengiriman. Dengan kata lain, Kamu dapat menuliskan produk ketika mendaftar termasuk layanan ongkir Shopee. Kemudian Shopee pun akan langsung mengulas lagi apakah produkmu sesuai kebijakan Shopee atau tidak.

Terkait:  Cara Membuat Filter Aquarium

Cara Membuat Gratis Ongkir Shopee

Cara Membuat Gratis Ongkir Shopee
Membuat Gratis Ongkir Shopee

Bagaimana Cara Mengaktifkan Gratis Ongkir Shopee?

Seperti kita ketahui bahwa gratis ongkir Shopee adalah program yang paling diminati oleh para konsumen. Tentu saja ada banyak pengguna yang tertarik berbelanja melalui program gratis ongkos pengiriman. Walaupun setiap pembeli bisa mendapatkan voucher ongkir gratis dengan mudah tanpa harus klaim atau membayar.

Namun dalam cara membuat gratis ongkir Shopee bagi penjual sendiri, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seller itu sendiri. Ingin tahu, apa saja ketentuannya? Simak ulasannya di bawah ini!

Ketentuan dan Syarat Daftar Ongkir Gratis di Shopee

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh toko atau seller yang ingin mengaktifkan fitur daftar gratis ongkir di Shopee.

  • Akun sudah terverifikasi
  • Toko mempunyai performa yang baik
  • Selalu ada penjual di setiap harinya
  • Mempunyai e-KTP seller
  • Semua data yang telah diberikan asli, dan tidak adanya kecurangan untuk kepentingan pribadi.
  • Shopee berhak menghapus atau mengganti program ongkir gratis Shopee.

Tutorial Membuat Layanan Gratis Ongkir di Shopee

Setelah memenuhi persyaratan dan ketentuan di atas, kini Kamu bisa mencoba cara membuat gratis ongkir Shopee. Ada 2 cara yang dapat Kamu lakukan diantaranya berikut ini :

1. Membuat Layanan Ongkrir Gratis di Shopee via PC

  • Pertama-tama, silahkan buka web resmi Shopee, kemudian lanjutkan dengan login ke akun Shopee-mu.
  • Setelah memasuki tampilan utamanya, pilih “Gratis Ongkir Xtra”.
  • Jika sudah, pilih “Semua Gratis Ongkir” kemudian dilanjutkan dengan menekan “Daftar Sekarang”.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan QR Code, lanjutkan dengan scan melalui aplikasi Shopee.
  • Selanjutnya Kamu akan diarahkan menuju halaman verifikasi untuk e-KTP, masukan foto KTP elektronikmu dan lanjutkan dengan foto selfie sembari memegang KTP.
  • Kemudian ketuk ceklis dan “Kirim”.
  • Maka proses berikutnya tinggal menunggu balasan Shopee selama 3×24 jam.
Terkait:  Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual

2. Membuat Layanan Gratis Ongkir Shopee via Aplikasi

  • Pertama-tama silahkan akses aplikasi Shopee melalui smartphone.
  • Lalu klik “Gratis Ongkir Xtra”.
  • Setelah itu, tekan opsi “Semua Gratis Ongkir” di bawah.
  • Kemudian gulir layar ke bawah dan Kamu akan menemukan syarat dan ketentuan, simak dengan teliti. Lanjutkan dengan memilih “Daftar Sekarang”.
  • Jika sudah, upload e-KTPmu beserta foto selfie sembari memegang e-KTP.
  • Selanjutnya ketuk ceklis dan pilih “Kirim”.
  • Lalu tunggu balasan dari pihak Shopee selama 3×24 jam.

Mengaktifkan Fitur Termasuk Ongkir Shopee

Sedangkan jika Kamu ingin mengaktifkan fitur termasuk ongkos kirim di Shopee pada tokomu, maka pastikan ada beberapa data yang harus dipersiapkan berikut :

  • Akun Email.
  • Nama lengkap.
  • Nomor SIM/KTP/Kartu Keluarga.
  • Username Shopee.
  • Nomor akun Bank.
  • Foto Buku Tabungan.
  • Alasan mengaktifkan layanan termasuk ongkir.
  • Produk yang dijual.

Jika sudah memastikan data-data tersebut di atas sudah dipersiapkan. Langkah berikutnya ketuk link pendaftaran di sini.

Selanjutnya isi formulir untuk aktivasi non integrated channel Shopee. Lalu, pastikan Kamu sudah mengisi data-data tersebut dengan benar. Apabila Kamu sudah mengisi data dengan benar, kemudian klik “Kirim”. Lalu tunggu proses untuk verifikasi data selama 3-5 hari kerja.

  • Apabila registrasi fitur termasuk ongkir Shopee ditolak, Kamu pun harus meningkatkan performa dari toko online terlebih dahulu dan cek kesesuaian produk. Jika sudah dievaluasi kembali, Kamu bisa mengajukan pendaftaran ulang fitur termasuk ongkir Shopee.
  • Apabila selama 5 hari waktu pengajuan aktivasi fitur Shopee belum dibalas, maka Kamu bisa menghubungi CS Shopee di link ini.

Notifikasi pengajuan registrasi layanan termasuk gratis ongkir ini nantinya dikirimkan melalui email yang didaftarkan sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan selalu mengecek email dengan berkala.

Demikian ulasan terkait cara membuat gratis ongkir Shopee yang bisa Kamu coba berikut ketentuan dan persyaratan yang harus Kamu penuhi!

Related posts