Cara Cek Kuota Belajar Indosat

Apa itu kuota belajar Indosat? Bagaimana cara mendapatkan kuota belajar Indosat? Bagaimana cara cek Kuota Belajar Indosat? Ditengah pandemi yang sedang ramai saat ini, banyak sekali sektor sektor yang harus dirumahkan, atau melakukan kegiatan dan aktivitas mereka secara online ataupun daring dari rumah, termasuk juga dengan kegiatan belajar mengajar.

Sebagaimana kita tau, semenjak bulan maret 2020 lalu, wabah pandemi sudah sangat membahayakan semua orang, dan menjadi momok menakutkan bagi warga indonesia. Sebab itulah pemerintah menganjurkan untuk setiap kegiatan atau aktivitas seperti bekerja, belajar dan beribadah, dilakukan secara online dirumah saja.

Maka dari itu, pemerintah tetap berusaha menjaga stabilitas para warganya dalam melakukan kegiatan online. Mulai dari mengadakan bantuan kepada warga, dan juga bantuan kepada para pelajar dan pendidik melalui kuota belajar.

Apa itu Kuota Belajar?

Singkatnya, kuota belajar adalah program dari para provider jaringan data seluler yang dikhususkan untuk para pelajar dalam mengaksess beberapa aplikasi dan Instansi untuk tujuan edukasi. Seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Rumah Belajar, Google Classroom, dan lainnya serta ke lebih dari 300 portal universitas di Indonesia yang bisa digunakan selama 24 jam.

Itulah mengapa, indosat ikut serta membantu pemerintah dengan mengadakan kuota belajar yang dikhususkan untuk para siswa, guru, masiswa, dan juga dosen yang memiliki nomor Indosat yang masih aktif.

Selain itu kuota yang diberikan juga cukup besar, yakni mulai dari 20 GB (untuk PAUD), 35 GB (SISWA), 42GB (untuk guru), 50 GB (untuk dosen) dan dapat digunakan selama 24 Jam. Dan hebatnya lagi adalah, kuota belajar Indosat ini bisa kamu beli hanya dengan harga Rp. 1 saja (satu rupiah)

Bagaimana Cara Mendapatkan Kuota Belajar Indosat?

Untuk mendapatkan kuota belajar dari indosat sendiri, pastinya kamu harus memiliki nomor indosat yang masih aktif dan sudah terdaftar dengan NIK dan juga KK yang masih aktif (untuk pelajar) dan untuk pengajar seperti guru atau Dosen, tentu juga harus memiliki nomor indosat yang sudah terdaftar di DAPODIK (Data Pokok Pendidikan dan Pangkal Data Pendidikan Tinggi)

Cara Cek Kuota Belajar Indosat

Cara Cek Kuota Belajar Indosat
Cek Kuota Belajar Indosat

Nah untuk mengetahui apakah nomor kalian sudah mendapatkan kuota belajar dari Indosat, kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

Melalui Dial Phone / Kode USSD

Langkah pertama adalah dengan menggunakan panggilan telpon atau kode USSD yang biasa dilakukan seperti pengecekan pulsa.

  • Buka Aplikasi Telpon / Phone yang ada di Android atau iOS kalian
  • Ketikkan *123*075#
  • Kemudian tekan tombol Call / Panggil

Tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan pop up notifikasi sisa kuota belajar kalian. Apabila tidak muncul atau tidak ada keterangan sisa kuota belajar, kemungkinan kalian belum mendapatkan kuota belajar dari Indosat.

Solusinya adalah kalian bisa menghubungi pihak sekolah atau kampus, dan melakukan konfirmasi bahwa kalian belum menerima Bantuan Kuota Belajar dari Indosat.

Oh iya, pastikan juga kalian memiliki jaringan yang stabil dan tidak berada didalam ruangan yang tertutup. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi Error pada saat menjalankan Kode USSD tadi.

Melalui Aplikasi MyIM3

Cara kedua adalah dengan menggunakan Aplikasi MyIM3. Sebagaimana kita tau, Aplikasi MyIM3 memang memudahkan para penggunanya.

Bukan hanya sekedar memeriksa sisa kuota belajar indosat saja. Melainkan juga kalian bisa mengetahui sisa pulsa, masa aktif, sisa kuota paket data reguler yang kalian miliki.

Untuk itu, cara cek kuota belajar indosat lewat aplikasi MyIM3 adalah sebagai berikut

  • Download Aplikasi MyIM3 di Play Store atau App Store
  • Setelah aplikasi terinstall, jalankan Aplikasi tersebut
  • Lakukan login seperti biasa dengan menggunakan nomor telpon atau nomor indosat yang masih aktif, dan sudah didaftarkan untuk mendapatkan layanan bantuan kuota belajar
  • Setelah itu, cek pada bagian sisa kuota
  • Kamu bisa melihat detail dari sisa kuota dengan menekan tombol detail atau lanjut untuk mengetahui sisa kuota mana saja yang masih aktif (kuota reguler dan kuota belajar)

Untuk beberapa kasus, aplikasi MyIM3 mungkin mengharuskan kalian untuk melakukan pendaftaran melalui email dan password. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan email yang masih aktif, ya.

Melalui Situs MyIM3

Cara terakhir adalah kamu bisa menggunakan layanan situs MyIM3 apabila kamu sedang terlalu fokus berada didepan laptop atau kompuer, dan tidak memiliki waktu untuk mendownload aplikasi ataupun mengirim SMS.

Nah, adanya portal atau situs MyIM3 ini berguna untuk melakukan pengecekan sisa pulsa, masa aktif dan juga kuota dari nomor indosat atau IM3 yang kalian miliki. Caranya juga gampang kok.

  • Buka Browser kesayangan kalian yang ada di komputer atau laptop (chrome atau mozilla)
  • Kemudian, kunjungi situs https://myim3app.indosatooredoo.com/#/login
  • Lakukan login atau masuk dengan menggunakan nomor Indosat yang masih aktif
  • Tunggu sampai kalian menerima kode OTP atau kode verifikasi dari Indosat
  • Masukkan kode verifikasi tersebut untuk melanjutkan login
  • Terakhir, kamu bisa melihat sisa kuota belajar, kuota reguler, masa aktif, dan sisa pulsa dari nomor Indosatmu.

Perlu dicatat untuk teman teman, pada saat menggunakan cara yang ketiga ini, pastikan nomor telpon kalian tidak mengalami kendala dalam menerima kode OTP atau verifikasi dari Indosat.

Cek Kuota Belajar Indosat

Pastikan juga kamu membawa serta ponsel yang masih aktif agar tidak terjadi kendala pada saat akan menerima sms yang berisikan kode OTP tadi.

Apabila kode OTP tidak dikirim setelah 5 menit, mintalah request kode baru untuk mendapatkan kode OTP yang dikirimkan dari Indosat.

Sedikit mengulas tentang kuota belajar Indosat. Mungkin ada saja pengguna yang bertanya tanya. Kenapa kita harus mengecek kuota belajar Indosat? Jawabannya sederhana. Ketika kalian mengaksess beberapa situs belajar online, mungkin akan ada kuota reguler yang kalian habiskan sehingga bisa saja membuat kuotamu cepat habis sebelum 30 hari.

Nah dengan adanya kuota belajar, nantinya koutamu akan terbagi 2. Yakni kuota reguler, dan kuota utama. Fungsinya juga agar ketika kalian harus melakukan belajar online (misal lewat google meet) selama 2 jam lebih, maka kuota yang terpotong adalah kuota belajar tadi.

Dan bahkan jika mungkin kamu mencari jawaban dari situs semacam quipper atau brainly, maka kuota utamamu tidak akan terganggu dan juga terpotong.

Sehingga, ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat kuota, dan membuat aktivitas belajar mengajar secara online akan makin mudah.

Untuk itu kalian bisa mengkoordinasikan dengan pihak sekolah atau kampus, apabila dirasa belum mendapatkan kuota belajar, baik ketika memeriksa nya melalui dial phone, aplikasi MyIM3, atau bahkan melalui situs MyIM3 tadi.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara cek kuota belajar Indosat yang bisa kamu terapkan. Semoga bsia menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi